10 Cara Memutihkan Kulit Wajah secara Alami dan Cepat

10 Cara Memutihkan Kulit Wajah secara Alami dan Cepat -- Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami Tanpa Kosmetik, Cara Memutihkan Wajah Pakai Bahan Alami Murah - Mudah - Aman, Cara Mencerahkan Wajah Kusam Secara Alami, Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Permanen, Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat dalam 1 Hari, Cara Memutihkan Kulit Wajah untuk Pria dan Wanita.



https://www.infokesehatan.web.id/

Cara Memutihkan Kulit Wajah secara Alami dan Cepat -- Setiap orang tentunya ingin sekali memiliki kulit wajah yang bersih dan tampak putih bercahaya, terutama bagi kaum wanita. Oleh sebab itu, banyak dari mereka yang melakukan berbagai cara agar kulit wajahnya terlihat bersih dan putih.

Salah satu cara yang paling banyak digunakan yaitu dengan menggunakan produk cream pemutih kulit wajah yang saat ini beredar dipasaran, bahkan tidak sedikit pula yang lebih memilih menggunakan cara alami yang dianggap lebih aman.

Banyak cara alami yang bisa dilakukan agar kulit wajah kita terlihat putih dan bercahaya. Namun sebelum mengulas lebih jauh mengenai cara memutihkan kulit wajah secara alami, mungkin penting juga bagi kita semua untuk mengetahui berbagai penyebab kenapa kulit kita menjadi terlihat hitam atau gelap.

A. Penyebab Kulit Wajah Hitam dan Gelap

Beberapa faktor yang menyebabkan kulit wajah terlihat hitam dan gelap, diantaranya yaitu :

1. Faktor Genetik (Keturunan)

Jika kita berbicara mengenai genetika, mungkin sebagian dari anda ada yang merasa putus asa. Sebab, berdasarkan dari hasil penelitian menyebutkan, bahwa orang yang memiliki kulit hitam dikarenakan faktor keturunan akan sangat sulit untuk diubah agar bisa menjadi putih.

Meski demikian anda tidak perlu khawatir, karena warna kulit yang gelap karena disebabkan keturunan masih bisa tetap dilakukan upaya agar bisa terlihat lebih bersih dan putih bersinar.

2. Gaya Hidup Tidak Sehat

Faktor penyebab lain yang dapat membuat kulit wajah terlihat hitam dan gelap yaitu dikarenakan oleh gaya hidup yang tidak sehat, misalnya saja karena malas untuk membersihkan kulit wajah, jarang berolahraga dan konsumsi makanan tidak sehat yang menyebabkan kulit mengalami kekurangan nutrisi. 

Kebiasaan-kebiasaan tersebut seiring bertambahnya usia dapat membuat kulit tampak gelap, kusam dan tampak lebih tua dari usia aslinya. Ini menjadi salah satu penyebab hitam dan kusamnya wajah anda.

3. Faktor Usia

Faktor lain yang menyebabkan warna kulit wajah menjadi kusam dan gelap bisa juga disebabkan oleh karena faktor usia, karena seiring bertambah tus usia kita produksi kolagen di dalam kulit pun akan berkurang.

Berbeda dengan usia remaja, karena pada usia remaja yang sedang dalam masa pubertas kolagen ini akan diproduksi lebih banyak. Itulah kenapa anak-anak pada usia remaja lebih mudah untuk mendapatkan kulit bersih dan putih bercahaya.

Itulah beberapa penyebab warna kulit wajah hitam atau gelap. Lalu, bagaimana cara agar bisa memiliki kulit wajah bersih dan putih bersinar? Ada banya cara yang bisa kita lakukan untuk memutihkan kulit wajah, salah satunya yaitu dengan menggunakan cara alami. Untuk mengetahui informasi lebih jelasnya, anda bsia simak penjelasannya berikut ini.

B. Cara Memutihkan Kulit Wajah secara Alami

Berikut ini beberapa bahan alami yang dipercaya dapat membantu memutihkan kulit wajah yang hitan dan gelap, diantaranya yaitu :

1. Cara Memutihkan Kulit Wajah secara Alami dengan Tomat

Tomat merupaka buah atau sayuran yang didalamnya kaya akan kandungan vitamin C, citamin ini sangat bermanfaat untuk membantu memutihkan dan mencarahkan kulit wajah yang terlihat gelap.

Berikut ini cara memutihkan kulit wajah dengan tomat, yaitu :
  • Langkah pertama yang perlu anda lakukan yaitu siapkan 1 buah tomat segar, lalu cuci sampai bersih.
  • Kemudian belah tomat tersebut menjadi dua bagian.
  • Setelah itu, gosok-gosokan bagian dalam dari tomat tersebut ke seluruh permukaan kulit wajah dan juga leher dengan gerakan memutar berlawanan arah jarum jam.
  • Langkah selanjutnya, biarkan masker kering minimal 15 menit.
  • Terakhir, basuh wajah anda hingga benar-benar bersih dan jangan gunakan sabun pembersih wajah.

Lakukan cara ini secara rutin setiap malam sebelum tidur, lakukan sampai mendapatkan hasil optimal sesuai harapan.

2. Cara Memutihkan Kulit Wajah secara Alami dengan Campuran Jeruk nipis dan Minyak Zaitun

Bahan alami lainnya yang bisa kita gunakan untuk mencerahkan kulit wajah yaitu bisa menggunakan jeruk nipis, karena di dalam jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat tinggi.

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu mengoptimalkan proses regenerasi sel kulit dan juga menangkal efek bahaya dari radikal bebas pada kulit. Hanya saja, bahan alami ini tidak cocok digunakan oleh anda yang memiliki kulit sensitif, karena dapat menyebabkan iritasi.

Berikut ini cara memutihkan kulit wajah dengan jeruk nipis, yaitu :
  • Pertama-tama siapkan satu buah jeruk nipis segar, belah dua dan peras airnya.
  • Setelah itu, tambahkan minyak zaitun sebanyak setengah sendok makan. Aduk-aduk hingga kedua bahan alami tersebut tercampur merata.
  • Sebelum digunakan, basuh dulu permukaan kulit wajah anda.
  • Setelah itu,  oleskan masker jeruk nipis tersebut secara merata pada permukaan kulit wajah.
  • Diamkan sekitar 30 menit hingga masker kering, lalu basuh dengan cuci muka seperti biasa dan keringkan.

Lakukan cara diatas secara rutin dan teratur 2-3 kali seminggu sampai mendapatkan hasil sesuai harapan.

3. Cara Memutihkan Kulit Wajah secara Alami dengan Campuran Alpukat dan Cuka Sari Apel

Alpukat memang sudah cukup dikenal oleh banyak masyarakat di Indonesia. Selain dapat dijadikan sebagai jus yang dapat membantu melangsingkan tubuh, ternyata bisa juga dimanfaatkan sebagai masker wajah yang dapat memutihkan kulit dengan cepat dan aman.

Selain itu, masker alpukat juga bermanfaat untuk mengencangkan, melembabkan dan sekaligus menjadikan kulit wajah tampak awet muda.

Cara memutihkan kulit wajah dengan alpukat, yaitu :
  • Seperti biasa, sebelum melakukan perawatan dengan masker alpukat. Sebaiknya bersihkan terlebih dahulu kulit wajah anda untuk menghilangkan kotoran yang menempel, sehingga hasil yang akan anda dapatkan bisa maksimal.
  • Setelah itu, siapkan daging buah alpukat secukupnya pada sebuah mangkuk kecil dan haluskan.
  • Tambahkan satu sendok makan sari cuka apel, lalu aduk hingga tercampur rata.
  • Setelah itu, gunakan masker alpukat yang sudah anda buat tadi secara merata pada permukaan kulit wajah dan leher. Cara mengoleskannya, anda bisa menggunakan jari tangan atau kuas khusus.
  • Diamkan sekitar 20-30 menit sampai masker benar-benar kering, lalu basuh hingga bersih dengan mencuci muka seperti biasa.

Jika anda ingin mendapatkan hasil optimal, lakukan proses pemaskeran ini minimal 3 kali seminggu sampai mendapatkan hasil maksimal.

4. Cara Memutihkan Kulit Wajah secara Alami dengan Campuran Pisang dan Madu

Buah pisang dan madu merupakan bahan alami yang sangat berkhasiat tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga bisa dijadikan sebagai masker untuk perawatan kecantikan.

Salah satunya dapat memutihkan kulit wajah, karena di dalam pisang dan madu nutrisi penting yang sangat baik untuk kulit mulai dari vitamin B, vitamin B6, vitamin C, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor dan beberapa kandungan zat lainnya yang bermanfaat untuk kulit.

Kombinasi antara buah pisang dan madu ini sangat cocok untuk digunakan sebagai masker wajah, karena selain dapat memutihkan kulit wajah juga dapat menghaluskan, menghilangkan noda bekas jerawat dan mengangkat sel kulit mati. Dengan melakukan perawatan menggunakan masker pisang dan madu, maka kulit wajah anda akan terlihat lebih bersih, sehat dan putih bercahaya.

Cara memutihkan kulit wajah dengan pisang dan madu, yaitu :
  • Siapkan buah pisang ambon matang secukupnya, lalu kupas kulitnya dan haluskan daging buahnya.
  • Setelah itu, tuangkan 1 sendok makan madu murni dan aduk hingga kedua bahan alami ini tercampur rata.
  • Selanjutnya, bersihkan permukaan kulit wajah anda dari kotoran dan sisa make up yang masih menempel. Lalu keringkan dengan handuk bersih dan lembut.
  • Kemudian oleskan masker pisang dan madu yang sudah anda buat tadi secara merata pada permukaan kulit wajah dan leher.
  • Tunggu kurang lebih 15-30 menit, lalu basuh hingga bersih dengan air.

Untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya anda lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur 2-3 kali seminggu.

5. Cara Memutihkan Kulit Wajah secara Alami dengan Putih Telur

Putih telur tidak hanya bermanfaat untuk melembabkan dan mengencangkan kulit saja, tetapi juga efektif untuk menghaluskan dan memutihkan kulit wajah yang gelap akibat terlalu sering terbakar sinar matahari.

Bagi anda yang ingin memiliki kulit putih bercahaya, anda bisa rutin melakukan perawatan menggunakan masker putih telur secara rutin dan teratur.

Cara memutihkan kulit wajah dengan putih telur, yaitu :
  • Ambil satu butir telur ayam kampung atau telur bebek, kemudian pecahkan sedikit dan pisahkan antara putih dan kuning telurnya.
  • Tuangkan putih telur tersebut pada mangkuk kecil, lalu kocok hingga berbusa menggunakan mixer. Kalau anda tidak punyak mixer, anda bisa kocok pakai kocokan telur manual.
  • Setelah itu, sebelum anda menggunakannya bersihkan terlebih dahulu wajah anda dengan air bersih dan keringkan.
  • Kemudian oleskan masker putih telur yang sudah anda buat tadi secara merata pada permukaan kulit wajah dan leher, lalu tunggu selama 30 menit sampai masker meresap dan kering.
  • Terakhir, basuh wajah anda dengan air seperti biasa.

Lakukan cara memutihkan kulit wajah secara alami dengan putih telur ini secara rutin 2-3 kali seminggu.

6. Cara Memutihkan Kulit Wajah secara Alami dengan Air Beras

Banyak orang yang tidak tahu jika air bekas mencuci beras memiliki banyak sekali manfaatnya, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. 

Salah satunya yaitu bermanfaat untuk memutihkan kulit wajah, sehingga jika anda sering menbasuh wajah dengan menggunakan air bekas cucian beras ini kulit wajah anda akan terlihat lebih putih dan bersih. Maka setiap anda mencuci beras, jangan buang airnya dan gunakan untuk mencuci wajah anda setiap pagi dam malam sebelum tidur.

Berikut cara membuat masker dari beras, yaitu :
  • Ambil segenggam beras, lalu tumbuh hingga halus dan seduh dengan sedikit air hingga membentuk krim atau masker.
  • Setelah itu, oleskan sambil digosok-gosok secara perlahan ke seluruh permukaan kulit wajah anda.
  • Tunggu sekitar 15-30 menit sampai kering, lalu bilas hingga bersih dengan air bersih.

Lakukan cara ini secara rutin minimal 3 kali seminggu, lakukan terus sampai mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan anda.

7. Cara Memutihkan Kulit Wajah secara Alami dengan Gel Lidah Buaya

Kebanyak orang hanya mengetahui jika tanaman lidah buaya ini dapat digunakan untuk melakukan perawatan rambut saja, namun nyatanya tanaman hias ini juga bisa kita manfaatkan sebagai bahan alami untuk memutihkan kulit wajah dan sekaligus menghaluskan serta melembabkan kulit yang kering.

Cara memutihkan kulit wajah dengan gel lidah buaya, yaitu :
  • Langkah pertama, siapkan satu tanag tanaman lidah buaya yang berukuran sedang.
  • Kemudian kupas kulitnya dan ambil gel atau lendirnya saja.
  • Sebelum diioleskan pada wajah, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah anda agar kotoran seperti debu dan sisa make up yang masih menempel pada kulit wajah.
  • Setelah itu, oleskan gel atau lendir dari daging tanaman lidah buaya tersebut secara merata pada permukaan kulit wajah.
  • Biarkan sampai kering paling tidak 15 menit, lalu basuh hingga benar-benar bersih. 

Coba lakukan cara memutihkan kulit wajah yang kami jelaskankan diatas 2-3 kali seminggu. Dalam beberapa minggu, anda sudah bisa melihat hasilnya.

8. Cara Memutihkan Kulit Wajah secara Alami dengan Bengkoang

Apakah anda suka makan bengkoang, di dalam bengkoang memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan baik untuk kesehatan tubuh. Bagi siapa saja yang rutin mengkonsumsi atau minum jus bengkoang ini, maka dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. 

Di samping itu, bengkoang juga memiliki khasiat yang sudah dibuktikan ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan, salah satunya dapat mencerahkan atau memutihkan kulit wajah yang gelap dan kusam.

Cara memutihkan kulit dengan bengkoang, yaitu :
  • Siapkan bengkoang secukupnya, lalu kupas kulitnya dan bersihkan.
  • Setelah itu, haluskan bengkoang dengan cara diparut dan masukan ke dalam baskom kecil.
  • Tuangkan air bersih secukupnya, lalu remas-remas sampai sari pati atau ekstraknya keluar dengan maksimal.
  • Saring dan peras ainya, lalu endapkan selama semalaman di dalam lemari pendingin.
  • Nantinya gunakan endapat dari ekstrak bengkoang tersebut sebagai krim malam, gunakan krim ini secara ruti setiap malam sebelum tidur.

9. Cara Memutihkan Kulit Wajah secara Alami dengan Kentang

Di dalam kentang terdapat kandungan mineral yang sangat bermanfaat untuk menutrisi kulit wajah, mencegah penuaan dini, membantu proses regenerasi sel kulit dan juga memutihkan kulit wajah yang gelap. Selain itu, kandungan vitamin E yang terkadung di dalam kentang juga bermanfaat untuk mengencangkan dan juga melembabkan kulit.

Jika anda ingin memutihkan kulit wajah dengan menggunakan kentang, anda bisa membuat masker dari kentang, caranya yaitu :
  • Pertama-tama siapkan 1 buah kentang ukuran sedang, lalu rebus hingga matang dan lunak
  • Setelah itu, kupas kulitnya dan haluskan dengan ditumbuk hingga halus
  • Kemudian tambahkan susu sebanyak 2 sendok makan, lalu aduk-aduk hingga membentuk pasta atau krim
  • Cara menggunakannya, cukup balurkan atau oleskan masker alami yang sudah anda buat tersebut pada permukaan kulit wajah secara merata
  • Tunggu hingga kering kurang lebih sekitar 30 menit
  • Terakhir, bilas atau asuh hingga bersih dengan air bersih

Lakukan cara ini secara rutin dan teratur 2-3 kali seminggu, dalam beberapa minggu anda sudah bisa lihat perbedaannya.

10. Cara Memutihkan Kulit Wajah secara Alami dengan Yogurt

Ada banyak sekali manfaat yogurt yang bisa kita rasakan, mulai untuk kesehatan tubuh hingga perawatan kecantikan. Di dunia kecantikan, yogurt ini sering dimanfaatkan sebagai masker alami yang bermanfaat untuk membersihkan dan memutihkan kulit wajah.

Cara memutihkan kulit wajah secara alami dengan yogurt sangat mudah, cukup mudah yaitu dengan mengoleskan yogurt ini pada kulit wajah yang sebelumnya sudah anda bersihkan terlebih dulu. Setelah itu, diamkan kurang lebih sekitar 20-30 menit, lalu bersihkan. Untuk mendapatkan hasil optimal dari perawatan ini, lakukan minimal 3 kali seminggu sampai terlihat hasilnya.

Bagaimana, mudah sekali bukan?

Itulah tadi pembahasan yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini tentang bagaimana Cara Memutihkan Kulit Wajah secara Alami dan Cepat. Semoga apa yang telah disampaikan di atas bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo like dan share pada teman lainnya. Cukup sekian dan salam sehat selalu untuk semua.