18 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Rambut secara Alami

18 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Rambut secara Alami -- Cara Merawat Rambut Alami, Tips Rambut Sehat dan Kuat bagi Pria & Wanita, Cara Merawat Rambut Rusak - Rontok - Mengembang - Keriting Tanpa ke Salon, Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat dan Berkilau dan Cantik Alami, Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala Tetap Sehat Alami.

https://www.infokesehatan.web.id/

Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Rambut secara Alami -- Meskipun kelihatannya sederhana, namun ternyata menjaga kesehatan rambut bisa dibilang gampang-gampang susah. Meski demikian, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk mempraktekannya dirumah.

Memiliki rambut yang tampak indah delum tentu bebas dari masalah. Karena beberapa faktor seperti aktivitas yang padat, cuaca, polusi, produk perawatan rambut yang dipakai dan makanan yang biasa dikonsumsi bisa saja membuat rambut menjadi kering, bercabang dan bahkan mengalami kerontokan.

Cuaca dan polusi lingkungan memang paling berperan besar mempengaruhi kesehatan rambut, belum lagi dengan terlalu sering menggunakan alat pengering rambut, catokan rambut atau pewarna rambut. Hal tersebut dapat menjadikan rambut anda mengalami kerusakan dan kurang mendapatkan asupan nutrisi.

Untuk menjaga kesehatan rambut, ada beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan dan terapkan dalam keseharian anda. Untuk mengetahui bagaimana cara merawat rambut agar sehat dan indah, langsung saja disimak ulasannya berikut ini.

Beragam Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Rambut

Berikut ini beberapa tips dan cara yang bisa anda terapkan dalam menjaga kesehatan rambut, antara lain yaitu :

1. Mulailah dengan Memperhatikan Konsumsi Makanan Sehari-hari

Langkah pertama yang penting untuk anda perhatikan dan lakukan yaitu dengan memilih dan mengkonsumsi makanan sehat mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh rambut. Rambut juga sagnat membutuhkan asupan gizi dan nutrisi cukup dari makanan, seperti misalnya protein dan zat besi.

Menurut penjelasan para pakar rambut, sel-sel di dalam rambut sangat cepat sekali berkembang dalam tubuh. Namun sel-sel tersebut juga mudah sekali terpengaruh apabila tubuh kurang mendapatkan asupan nutrisi yang diperoleh dari makanan yang kita konsumsi.

Maka dari itu, jika kita ingin memiliki rambut yang sehat dan indah, perhatikan jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari. pilih makanan yang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi. Ada banyak sekali jenis makanan yang sangat baik untuk rambut seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, buncis, keju, susu kedelai, ikan dan yogurt.

2. Jangan Terlalu Sering Memakai Shampo

Masih banyak orang yang menganggap jika memakai shampo setiap hari dapat menjadikan rambut sehat, namun ternyata anggapan tersebut salah besar. 

Menurut penjelasan dari para ahli, mencuci rambut dengan menggunakan shampo paling ideal yaitu 2 hari sekali. Sebab jika terlalu sering memakai shampo dapat menyebabkan hilangnya kelembaban alami pada rambut, maka lambat laun dapat menyebabkan rambut menjadi kering, rapuh dan tampak kusam.

3. Pilih Produk Shampo Berkualitas Tinggi

Shampo adalah salah satu produk perawatan rambut yang sangat penting dan wajib digunakan untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Hanya saja ada banyak sekali produk shampo berkualitas rendah yang dijual dipasaran saat ini, salah satu cara untuk mengenali ciri-ciri dari produk shampo berkualitas rendah yaitu harganya sangat murah.

Produk shampo tersebut meski dapat membersihkan rambut dan kulit kepala, tetapi di dalam shampo tersebut mengandung nutrisi yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Bahkan di dalam shampo tersebut banyak mengandung bahan kimia yang justru dapat merusak rambut kita. Maka dari itu pilihlah produk shampo berkualitas tinggi, meski harganya lebih mahal tetapi sebanding dengan manfaat yang akan kita peroleh.

Selain itu, pilih juga jenis shampo yang sesuai dengan kondisi rambut anda. Karena saat ini ada banyak sekali jenis shampo yang beredar dipasaran mulai dari jenis shampo untuk rambut kering, rambut berminyak, rambut rontok dan lain sebagainya. Pemilihan jenis shampo yang tepat juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut anda. Jadi, jika anda ingin memiliki rambut yang sehat jangan sembarang memakai jenis shampo.

4. Perhatikan Letak Mengaplikasikan Shampo

Menurut para ahli menjelaskan bahwa, cara dalam mengalikasikan shampo saat keramas pun dapat berpengaruh terhadap kesehatan dan keindahan rambut.

Cara terbaik dalam mengaplikasikan shampo yaitu bukan langsung pada rambutnya, melainkan pada bagian kulit kepala. Sebab, ketika membilas kulit kepala rambut akan ikut terbilas, sehingga nutrisi yang terkandung di dalam shampo tersebut akan lebih banyak terserap oleh kulit kepala.

Beda hal nya jika dilakukan langsung pada rambut, maka saat dibilas nutrisi pada shampo akan terbuang bersama air pada saat mencuci rambut. Hal ini dikarenakan, yang dapat menyerap nutrisi yang terkandung di dalam shampo tersebut bukanlah rambut melainkan akar rambutnya dan disalurkan hingga ke ujung rambut.

5. Lakukan Pemijatan pada Kulit Kepala dengan Lembut

Manfaat utama dalam melakukan pemijatan pada kulit kepala yaitu untuk membantu melancarkan peradaran darah, karena jika aliran darah pada kulit kepala lancar dapat menyalurkan nutrisi dengan optimal. Dengan demikian, rambut akan tumbuh dengan sehat dan lebih subur.

Selain itu, tehnik pemijatah pada kulit kepala juga sangat bermanfaat untuk mengangkat tumpukan sel kulit mati dan sekaligus melakukan detoksifikasi pada kulit kepala.

6. Hindari Kebiasaan Mencuci Rambut dengan Air Hangat

Kebiasaan mencuci rambut dengan menggunakan air hangat sangat tidak baik dan bahkan dapat merusak rambut, kebiasaan ini dapat menjadikan rambut kering dan bahkan mudah rontok. Cukup dengan menggunakan air biasa saja, karena air dingin biasa dapat menyegarkan rambut dan kulit kepala.

7. Gunakan Conditioner dengan  Baik dan Benar

Menurut para pakar rambut, ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan dalam pengaplikasian conditioner yang baik dan benar.

# Gunakan produk conditioner berkualitas tinggi, karena produk conditioner berkualitas mengandung banyak nutrisi yang baik untuk rambut dan kulit kepala. Berbeda dengan produk conditioner murahan, di dalamnya cenderung tidak sangat minim kandungan nutrisi sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada rambut jika dipakai terus menerus.

# Hindari pengggunaan produk conditioner langsung pada bagian kulit kepala, karena dapat menyebabkan kulit kepala mudah berminyak. Usahakan mengoleskan conditioner hanya pada bagian rambut saja.

# Setelah selesai keramas, pastikan anda mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan conditioner. Karena jika rambut masih dalam kondisi basah conditioner akan mengalami kesulitan untuk meresap ke dalam rambut.

Dengan pemakaian conditioner secara benar, maka hasil yang akan anda dapatkan pun akan optimal. Rambut akan terasa lebih lembut, mudah diatur dan tampak berkilau alami.

8. Hindari Penggunaan Sikat Rambut ketika Rambut Masih dalam Kondisi Basah

Ketika rambut masih dalam kondisi basah, sebaiknya hindar penggunaan sikar rambut. Sebab, ketika dalam kondisi basah rambut dalam keadaan rapuh dan mudah patah. Maka sebaiknya hindar menggunakan sikat rambut, anda bisa menggunakan sisir bergigi jarang untuk merapihkan rambut agar tidak kusut dan tidak mudah patah.

Baca Juga : Cara Menumbuhkan Jenggot, Brewok, dan Kumis secara Cepat dan Lebat

9. Rutin Membersihkan Sikat atau Sisir Rambut Sebelum Digunakan

Terlalu sering memakai sikat dan sisir rambut dapat menyebabkan kotoran dan bakteri ikut menempel pada sela-sela sikat atau sisir tersebut. Jika jarang dibersihkan, maka bakteri akan berkembang biak dan kemudian akan pindah ke rambut dan ketika menggunakan sisir tersebut.

Maka dari itu, pastikan anda sering membersihkan sisir dan sikar rambut yang biasa anda pakai setiap seminggu sekali. Cara membersihkannya cukup dengan menyikatnya dengan mengunakan sikat gigi bekas dan shampo. Jika memang perlu, setelah sisir dibersihkan rendam di dalam air yang dicampur dengan baking soda untuk menghilangkan bakterinya.

10. Minum Air Putih dalam Jumlah Cukup Setiap Hari

Seperti hal nya tubuh, kulit kepala dan rambut juga membutuhkan asupan cairan dalam jumlah cukup setiap harinya agar tetap sehat dan subur. Cukupi cairan tubuh anda dengan minum air putih minimal 2 liter air putih setiap harinya agar tubuh anda tetap terhidrasi dengan baik, sehingga kesehatan rambut dan kulit kepala akan selalu terjaga sepanjang hari.

11. Gunakan Madu Murni untuk Menutrisi Rambut

Madu adalah bahan alami yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk juga kesehatan rambut dan kulit kepala. Madu ini memiliki sifat antibakteri alami yang dapat membantu melindungi kulit kepala dari bakteri dan menutrisi rambut serta kulit kepala.

Bagi anda yang memiliki masalah rambut kering, kusam dan bercabang. Maka anda bisa memanfaatkan madu murni ini sebagai solusinya. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam madu mampu mengembalikan kelembaban alami pada kulit kepala dan rambut, sehingga rambut akan tumbuh subur, sehat dan tampak indah berkilau.

Cara menggunakannya cukup mudah, namun sebelumnya basahi terlebih dahulu rambut dan kulit kepala dengan air biasa dan keringkan. Selanjutnya oleskan madu secukupnya pada ujung-ujung jari. Setelah itu oleskan dan lakukan pemijatan dengan lembut pada kulit kepala, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas dengan menggukan shampo seperti biasa. Lakukan perawatan rambut ini minimal seminggu sekali.

12. Gunakan Sarung Bantal Berbahan Sutra

Penyebab lain dari kerusakan pada rambut bisa disebabkan oleh karena penggunaan sarung bantal yang tidak bagus. Berdasarkan penjelasan dari para ahli, sarung bantal yang bagus dan aman untuk menjaga kesehatan rambut dan mencegah kerusakan pada rambut yaitu sarung bantal berbahan sutra.

13. Batasi Penggunaan Alat Pelurus Rambut atau Catok

Apapun merk dari alat pelurus rambut atau catok rambut yang anda gunakan, mulai saat ini jangan terlalu sering menggunakan alat tersebut. Hal ini dikarenakan, suhu panas yang dihasilkan pada alat tersebut dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak.

Sebaiknya keringkan rambut secara alami, anda juga jangan terlalu lama mengosok-gosok rambut dengan handuk untuk tujuan mengeringkannya. Lakukan sebentar saja, lalu biarkan rambut kering dengan sendirinya.

14. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kuat

Kebiasaan mengikat atau menarik rambut terlalu kuat sangat tidak disarankan untuk dilakukan, karena kebiasaan tersebut dapat membuat rambut menjadi stres dan mudah rusak. Jika anda ingin rambut tidak terlihat berantakan saat bangun tidur, sebaiknya ikat rambut anda dengan ikatan yang longgar sebelum tidur.

Selain itu, gunakan juga ikat rambut yang berbahan lebut, jangan gunakan karet atau bahan keras lainnya yang bisa menyebabkan rambut rusak.

15. Gunakan Produk Perawatan Rambut Seperlunya Saja

Saat ini ada banyak sekali produk-produk perawatan rambut yang beredar dipasaran, setiap produk memiliki fungsi yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya, rambut tidak membutuhkan perawatan khusus agar terkaga kesehatannya, cukup dengan menjaga kebersihan rambut dengan keramas secara teratur. Jika memang perlu, gunakan produk perawatan seperlunya saja.

Terlalu banyak menggunakan produk perawatan rambut, alih-alih ingin mendapatkan rambut sehat dan indah justru tanpa disadari akan merusakan rambut itu sendiri. Hal ini dikarenakan, kebanyakan produk perawatan rambut yang beredar dipasaran cenderung mengandung berbagai bahan kimia yang dapat mempengaruhi kesehatan rambut.

16. Lakukan Perawatan dengan Menggunakan Masker Rambut Berbahan Alami

Ketimbang menggunakan produk-produk berbahan kimia, akan lebih baik jika anda melakukan perawatan rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami. Ada banyak bahan-bahan alami yang bisa anda gunakan untuk menjaga kesehatan rambut, mulai dari minyak zaitun, lidah buaya, pepaya dan masih banyak lagi bahan alami lainnya.

Sebagai salah satu contohnya, di bawah ini telah kami siapkan langkah-langkah dalam merawat kesehatan rambut dengan menggunakan minyak zaitun. Untuk bahan alami yang digunakannya bisa anda ganti bahan lain jika memang tidak ada.

Di dalam minyak zaitun memiliki banyak sekali kandungan nutrisi penting yang diperlukan oleh rambut, seperti protein, mineral dan juga vitamin. Salah satu kandungan vitamin yang paling banyak terkandung di dalam minyak zaitun dan baik untuk menutrisi rambut yaitu vitamin E.

Cara membuat dan mengaplikasikannya, yaitu :

Pertama-tama basuh terlebih dahulu rambut dan kulit kepala anda dengan air bersih tanpa menggunakan shampo. Setelah itu, keringkan dengan handuk secara perlahan dan jangan terlalu kuat. Kemudian oleskan minyak zaitun secukupnya pada kulit kepala hingga ke ujung rambut secara merata, lalu pijat-pijat secara perlahan dan diamkan selama semalaman. Pada keesokan paginya, bilas rambut anda dengan cara keramas hingga bersih.

Anda bisa lakukan perawatan alami ini seminggu sekali, namun jika anda memiliki masalah rambut seperti rambut kering, rontok dan kusam bisa dilakukan secara rutin 2 kali seminggu.

17. Hindari Stres

Sering mengalami stres adalah salah satu penyebab yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan pada rambut, bahkan sering stres bisa menyebabkan rambut rontok cukup parah dan cepat beruban. Maka dari itu, disamping anda menerapkan tips dan cara menjaga kesehatan rambut yang telah kami sampaikan diatas sebaiknya hindari hal-hal yang bisa membuat anda merasa stres.

Cara untuk mencegah agar anda tidak stres, anda bisa mengalihkan pikiran anda dengan pergi berlibur, minum teh hangat sambil mendengarkan musik favorit, nonton film yang anda sukai atau pergi nongkrong bersama teman di café.

18. Istirahat Cukup

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, istirahat dengan tidur cukup juga sangat baik dan berpengaruh besar terhadap kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan, jika tubuh kurang mendapatkan jam tidur yang cukup, maka dapat berpengaruh pada kondisi emosional yang membuat anda mudah stres, sering pusing dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, pastikan anda mendapatkan jam istirahat yang cukup minimal 7 jam setiap malam. Selain dapat menjaga kesehatan rambut dan rambut terlihat indah, tidur cukup juga dapat menjadikan kulit wajah terlihat lebih bersih dan cerah bercahaya. Tentunya jika rambut yang sehat dan indah dipadupadankan dengan kulit wajah yang fresh, tentunya penampilan anda akan semakin terlihat menarik terutama bagi kaum wanita.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Telinga secara Alami

Itulah 18 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Rambut secara Alami yang bisa anda terapkan. Semoga apa yang kami sampaikan di atas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda semua yang setia menyimak informasi ini. Terima kasih dan salam sehat selalu. Please like and share