12 Tips dan Cara Mengatasi Maag Tanpa Obat Agar Tidak Kambuh Lagi

12 Tips dan Cara Mengatasi Maag Tanpa Obat Agar Tidak Kambuh Lagi -- Tips dan Cara Mengatasi Maag yang Aman dan Ampuh secara Alami, Cara Alami Meredakan Sakit Maag, Tips Mengatasi Maag, Cara Mengatasi Maag Tanpa Obat, Cara Mengatasi Maag Kambuh secara Alami, Cara Menyembuhkan Penyakit Maag Secara Total, Cara Mengatasi Maag Tiba-Tiba, Penyebab dan Gejala Maag. Bahan-bahan Alami Pereda Sakit Maag, Solusi Mengatasi Maag yang Kambuh.

https://www.infokesehatan.web.id/

Tips dan Cara Mengatasi Maag Tanpa Obat Agar Tidak Kambuh Lagi -- Penyakit maag atau Gastritis adalah jenis penyakit yang muncul akibat adanya gangguan kesehatan pada lambung yang dipicu oleh kadar asam lambung yang berlebih.

Peningkatana asam lambung yang berlangsung cukup lama dapat menimbulkan peradangan pada lambung atau yang dikenal dengan istilah tukak lambung, sehinga orang yang menderita sakit maag ini akan merasakan rasa sakit pada lambung dan juga ulu hati. Rasa sakit ini juga biasanya akan disertai dengan adanya rasa perih dan mulas di bagian perut.

A. Gejala Penyakit Maag

Penyakit maag memang umum diderita oleh masyarakat, kondisi ini sering terjadi dan menimpa banyak orang akibat dari pola makan yang tidak sehat dan teratur.

Selain itu, jenis makanan yang dikonsumsi pun dapat mempengaruhi peningkatan kadar asam lambung dalam tubuh. 

Orang-orang yang terserang penyakit maag ini biasanya akan merasakan beberapa gejala seperti :
  • Rasa sakit pada lambung dan ulu hati
  • Perut menjadi kembung apabila terlambat makan
  • Perut akan terasa sakit setelah selesai makan
  • Rasa mual berlebih, sehingga menyebabkan muntah-muntah
  • Sering sendawa ketika dalam kondisi perut lapar
  • Terjadi penurunan nafsu makan, wajah tampak pucat, keluar keringat dingin dan disertai dengan kepala pusing

B. Penyebab Penyakit Maag

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit maag, maka anda bisa melakukan pencegahan agar penyakit maag tersebut tidak kembali menyerang dan kondisinya semakin parah. Salah satu caranya yaitu dengan mengetahui berbagai hal yang dapat menjadi penyebabnya.

Berikut ini beberapa penyebab seseorang terkena penyakit maag, diantaranya yaitu :
  • Sering melakukan gaya hidup.
  • Pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur.
  • Terlalu sering dan banyak makan makanan yang mengandung lemak tinggi.
  • Sering mengalami stres, kelelahan dan tekanan emosi yang besar.
  • Terlalu sering begadang hingga larut malam.
  • Terlalu sering dan banyak minum kopi.
  • Kecanduan minuman beralkohol.
  • Konsumsi jenis obat tertentu dalam jangka panjang.
  • Bakteri atau mikroorganisme yang dapat merugikan (helycobacter pylori), karena bakteri ini akan mengeluarkan suatu zat yang dapat merangsang peningkatan kadar asam lambung berlebih dalam tubuh.

Itulah beberapa penyebab yang harus anda hindari untuk mencegah agar penyakit maag tidak mudah menyerang kembali. Begitu pun dengan anda yang tidak memiliki riwayat penyakit maag, dengan menghindari hal-hal diatas tentu kemungkinan untuk mengalami penyakit maag akan semakin kecil.

Apakah penyakit maag bisa di obati dengan cara alami? Tentu saja bisa, ada banyak cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengobati penyakit maag. Bagi anda yang ingin memilih cara pengobatan alami dalam mengtatasi penyakit maag ini, maka anda bisa coba salah satu cara yang telah kami sajikan pada ulasan di bawah ini.

C. Tips dan Cara Mengatasi Maag yang Aman dan Ampuh secara Alami

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda coba lakukan untuk membantu mengatasi sakit maag dengan aman dan ampuh, diantaranya yaitu :

1. Konsumsi Sari Kedelai

Cara alami pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi penyakit maag ini, anda bisa mencoba dengan mengkonsumsi sari kacang kedelai. Ada banyak produk yang dibuat dari sari kacang kedelai. 

Sari kacang kedelai ini sangat efektif untuk membantu meredakan rasa sakit akibat sakit maag. Hal ini dikarenakan, di dalam sari kacang kedelai mengandung beberapa kandungan zat dan nutrisi penting seperti antioksidan, vitamin, protein, lemak nabati dan masih banyak nutrisi penting lainnya.

Semua kandungan nutrisi yang terkandung di dalam sari kacang kedelai dipercaya ampuh untuk mengobati sakit maag dengan cepat. 

Cara mengobati maag dengan sari kedelai yaitu :
  • Langkah pertama sangrai biji kedelai dengan api kecil sampai berwarna kecoklatan.
  • Setelah itu, dinginkan sebentar dan haluskan dengan cara di blender sampai halus.
  • Selanjutnya, ambil 3 sendok tepung kacang kedelai dan seduh dengan segelas air panas dan aduk-aduk.
  • Tunggu sampai airnya hangat, lalu minum sampai habis.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari sampai sakit maag anda membaik.

2. Obati dengan Biji Pepaya

Cara mengobati sakit maag secara alami berikutnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan biji pepaya. Sudah sejak lama biji pepaya ini dipercaya dapat mengobati beragam jenis penyakit, mulai dari penyakit ringan sampai berat. Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan dengan biji pepaya yaitu penyakit maag.

Cara mengobati sakit maag dengan biji pepaya, yaitu :
  • Ambil biji pepaya dan jemur sampai kering di bawah panas matahari.
  • Setelah benar-benar kering, haluskan biji pepaya dengan menggunakan blender atau bisa juga ditumbuk sampai benar-benar halus.
  • Selanjutnya, seduh 1 sendok makan bubuk biji pepaya dengan air panas dan aduk-aduk.
  • Tunggu sampai airnya hangat, lalu minum sampai habis. Agar rasanya lebih nikmat, anda bisa menambahkan 1 sendok makan madu.
  • Lakukan pengobatan alami ini secara rutin dan teratur 1 kali sehari sampai sakit maag anda sembuh.

3. Obati dengan Kunyit atau Kunir

Kunyit ini memang sudah dari dulu digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan sakit maag, bahkan dalam dunia medis pun mengakui akan manfaat kunyit ini untuk kesehatan tubuh. Selain dapat mengobati sakit maag, kunyit juga sangat dipercaya dapat menambah nafsu makan dan membantu melancarkan sistem pencernaan.

Cara mengobati sakit maag dengan kunyit, yaitu :
  • Ambil kunyit secukupnya, lalu cuci sampai bersih dan parut.
  • Setelah itu, peras kunyit yang telah diperut tadi menggunakan saringan.
  • Pastikan air peasan kunyit itu banyaknya sekitar setengah gelas kecil, lalu tambahkan 1 sendok makan madu dan seduh dengan air panas sampai penuh menjad satu gelas.
  • Aduk-aduk dan tunggu sampai hangat, lalu minum sampai habis.
  • Minum secara rutin setiap pagi sebelum sarapan dan malam sebelum tidur.

4. Obati dengan Temulawak

Bahan alami berikutnya yang dipercaya ampuh untuk menyembuhkan sakit maag yaitu dengan menggunakan temulawak. Temulawak ini memang salah satu jenia tanaman obat yang dipercaya sangaht ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit maag. Selain itu, minum ramuan tradisional dari temulawak ini juga dapat meningkatkan nafsu makan dan membantu melancarkan serta menjaga kesehatan organ pencernaan dalam tubuh.

Cara mengobati sakit maag dengan temulawak, yaitu :
  • Siapkan temulawak sebesar ibu jari tangan, lalu cuci persih dan iris-iris.
  • Setelah itu, rebus irisan temulawak tersebut dengan segelas air sampai mendidih.
  • Tunggu sampai air rebusan temulawak tersebut hanya tinggal tersisa setengah gelas saja, lalu angkat dan saring airnya.
  • Tambahkan satu sendok makan madu, aduk-aduk dan minum selagi hangat.
  • Minum secara rutin dan teratur 2 kali sehari sampai sakit maag yang anda derita sembuh.

5. Obati dengan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, salah satu manfaat lidah buaya yaitu dipercaya ampuh mengobati sakit maag. Lidah buaya ini dapat memberikan sensadi dingin pada lambung dan usus, serta dapat membantu menurunkan kadar asam lambung berlebih.

Cara mengobati sakit maag dengan lidah buaya, yaitu :
  • Ambil satu batang daun lidah buaya, lalu kupas kulitnya dan ambil daging tanaman lidah buaya tersebut.
  • Setelah itu, haluskan dengan cara di blender dan tambahkan madu secukupnya.
  • Minum jus lidah buaya tersebut secara rutin 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

6. Obati dengan Mengkonsumsi Pisang Raja

Sudah dari dulu bahwa buah pisang raja dipercaya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun sebaiknya buah pisang ini tidak dikonsumsi secara berlebihan bagi penderita penyakit maag karena dapat menimbulkan efek samping.

Pisang raja bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan sakit maag, karena di dalam pisang raja ini mengandung zat yang dapat membantu menurunkan kadar asam lambung berlebih. Selain itu, di dalam buah pisang raja juga mengandung zat pektin, yaitu jenis zat yang dapat melindungi selaput lendir yang ada di dalam lambung.

Jika selaput lendir ini tidak dijaga dengan baik, maka selaput lendir rentan mengalami tabrakan dengan kadar asam lambung.

Selain itu, jika selaput lendir ini langsung berhubungan dengan asam lembung, maka salaput lendir tersebut akan terkikis habis oleh asam lambung. Itulah kenapa orang yang menderita sakit maag cukup parah akan merasakan rasa perih dan terasa sakit, karena salaput lendir yang ada di dalam lambung akan terus menipis dan lama kelamaan akan menimbulkan luka.

Cara mengobati sakit maag dengan pisang raja yaitu dengan mengkonsumsinya secara rutin dan teratur dua buah perhari, lakukan terus cara ini sampai sakit maag yang anda alami sembuh.

7. Obati dengan Mengkonsumsi Kacang Hijau

Cara alami berikutnya yang bisa anda coba lakukan untuk mengobati sakit maag yaitu dengan mengkonsumsi kacang hijau. anda bisa mengolah kacang hijau menjadi beraneka ragam jenis olahan makanan mulai dari bubur kacang hijau, selai kacang hijau, minuman sari kacang hijau dan lain sebagainya.

Selain dapat mengatasi sakit maag, anda juga bisa mengkonsumsi kacang hijau ini untuk mencegah agar kadar asam lambung tidak terus naik.

Cara mengobati sakit maag dengan kacang hijau, yaitu :
  • Siapkan kacang hijau sebanyak setengah gelas, lalu rebus selama 30 menit dengan air sebanyak 2 gelas air.
  • Rebus hingga airnya hanya tersisa 1 gelas saja, lalu saring dan tuangkan airnya ke dalam gelas.
  • Minum air rebusan kacang hijau tersebut selagi hangat sampai habis.
  • Untuk mendapatkan khasiat optimal, anda bisa minum air rebusan kacang hijau ini 2 kali sehari sampai maag yang anda derita sembuh.

8. Obati dengan Minum Susu Kambing Etawa

Mungkin anda sudah sering mendengar susu kambing etawa. Ya, susu kambing etawa adalah produk susu kambing yang dikenal sangat bermanfaat untuk kesehatan. selain itu, susu kambing etawa juga dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit salah satunya penyakit maag.

Untuk mendapatkan susu kambing etawa, anda bisa membelinya dengan mudah dipasaran bahkan susu kambing etawa juga banyak dijual secara online.

Cara mengobati sakit maag dengan susu kambing etawa, anda cukup rutin minum susu kambing etawa 2 gelas perhari, lakukan terus sampai sakit maag yang anda derita membaik dan sembuh.

9. Obati dengan Mengkonsumsi Madu Asli

Manfaat madu asli memang sudah tidak perlu diragukan lagi untuk kesehatan tubuh, bahkan manfaat dan khasiat madu asli sudah dipercaya sejak ribuan tahun lalu. Namun sayangnya, saat ini cukup sulit untuk menemukan madu asli dipasaran.

Untuk mendapatkan madu murni tentunya hanya bisa didapat langsung dari sarangnya, tapi untuk mencari madu asli langsung dari sarangnya sangatlah sulit. Kalaupun ada yang manjual madu yang benar-benar asli, harganya sangatlah mahal.

Meski demikian, manfaat madu asli ini sudah terbukti ampuh untuk mengobati sakit maag dengan cepat dan aman. Selain bermanfaat untuk mengobati sakit maag, madu asli juga bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan dapat dijadikan untuk melembabkan kulit.

Cara mengobati sakit maag dengan madu, anda cukup mengkonsumsi 2 sendok madu asli sekali minum. Agar sakit maag bisa cepat sembuh, disarankan untuk mengkonsumsinya 2 kali sehari sampai sembuh.

10. Obati dengan Mengkinsumsi Alpukat

Buah alpukat adalah buah yang sangat nikmat, sehingga buah ini disukai oleh banyak orang. Selain sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan produk kecantikan, ternyata buah alpukat juga sangat baik dikonsumsi untuk mengobati sakit maag. Konsumsi buah alpukat dapat membantu menurunkan kadar asam lambung yang tinggi dan meredakan rasa sakit pada lambung.

Cara mengkonsumsinya, anda bisa mengkonsumsi buah alpukat secara langsung atau bisa juga dengan cara dijadikan jus. Untuk mengobati sakit maag, disarankan untuk minum jus buah aplukat secara rutin setiap sebelum sarapan dan malam sebelum tidur.

11. Rutin Konsumsi Gandum

Cara mengatasi sakit maag secara alami berikutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan rutin mengkonsumsi gandum, karena gandum sangat bermanfaat untuk menyehatkan organ pencernaan terutama lambung.

Di dalam gandum memiliki banyak kandungan nutrisi dan zat yang dapat membantu menstabilkan kadar asam di dalam lambung, sehingga dengan rutin mengkonsumsi gandum sakit maag pun bisa cepat disembuhkan. Selain dapat mengkonsumsi gandum utuh, anda juga bisa makan kue gandum sebagai cemilan di malam hari.

12. Obati dengan Konsumsi Bawang Putih

Cara alami untuk mengobati sakit maag berikutnya, anda bisa coba konsumsi bawang putih. Mungkin anda tidak akan mengira jika ternyata bawang putih ini sangat ampuh untuk mengobati sakit maag. Di dalam bawang mengandung zat yang dapat menetralisir kadar asam berlebih di dalam lambung, caranya cukup dengan mengkonsumsi 2 siung bawang putih setiap hari, satu siung di pagi hari dan satu siung di malam hari.

Disamping anda melakukan pengobatan penyakit maag dengan cara-cara diatas, pneting sekali bagi anda untuk menerapkan pola makan teratur, konsumsi makanan sehat dan istirahat cukup setiap hari. 

Selain itu, hindari konsumsi makanan yang dapat memicu peningkatan kadar asam lambung dan juga hindari konsumsi makanan berserat tinggi. Sebab, beberapa hal tersebut memiliki peran yang sangat besar dalam membantu menyembuhkan sakit maag.

Namun sebelum anda melakukan pengobatan penyakit maag alami yang kami bagikan diatas, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Apalagi jika kondisi maag anda sudah cukup parah dan harus segera mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai 12 Tips dan Cara Mengatasi Maag yang Aman dan Ampuh secara Alami. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan semoga lekas sembuh. Terima kasih telah membaca artikel ini. Cukup sekian dan salam sukses.