12 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Tulang, serta Jenis Makanan yang Baik untuk Tulang

12 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Tulang, serta Jenis Makanan yang Baik untuk Tulang -- Cara Alami Menjaga Kesehatan Tulang Agar Tetap Kuat dan Padat, Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Tulang Dengan Benar, Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Tulang, Makanan Sehat untuk Tulang Kuat, Tips Kesehatan Menjaga Tulang dan Sendi, Makanan untuk Kesehatan Tulang & Sendi

https://www.infokesehatan.web.id/

Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Tulang -- Tulang merupakan salah satu organ yang ada dalam tubuh, fungsi dari tulang ini sangatlah penting untuk menopang dan menggerakan anggota tubuh sesuai keinginan. Maka dari itu, penting sekali bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan tulang karena memiliki tulang yang kuat dan sehat dapat membuat tubuh bergerak dengan bebas tanpa hambatan.

A. Struktur Tulang Tubuh Manusia

Tulang pada tubuh manusia sendiri memiliki struktur yang keras dan kaku, sehingga dapat menjadi penopang utama dalam tubuh. Tulang yang ada pada tubuh manusia sendiri terdiri dari banyak jenisnya, mulai dari ukuran tulang yang paling kecil, besar, pendek dan juga panjang.

Setiap jenis dan ukuran dari tulang tersebut tersebar di seluruh tubuh dan saling menyambung antara tulang yang satu dengan yang lainnya, tulang-tulang tersebut disambungkan oleh sendi-sendi. Inilah alasan kenapa tulang bisa bergerak dengan bebas seperti memutar, menyiku dan gerakan-gerakan lainnya.

Maka untuk terhindar dari gangguan-gangguan kesehatan tulang, maka kita harus selalu memperhatikan asupan nutrisi untuk tulang dan melakukan latihan-latihan tertentu agar tulang tetap sehat dan kuat. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang, informasi lebih lengkapnya anda bisa simak ulasannya berikut ini.

B. Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Berikut ini beberapa hal penting yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang, diantaranya yaitu :

1. Atur Posisi Duduk yang Benar

Ketika anda sedang duduk, maka penting sekali agar anda mengatur posisi duduk yang baik dan benar. Sebab jika posisi duduk anda salah bisa menyebabkan saking tulang pinggang, tulang punggung dan bagian tulang tubuh lainnya. 

Posisi duduk yang baik dan benar harus ergonomis, yaitu :
  • Posisi tubuh harus tegak dan rileks.
  • Ketika sedang duduk, kedua kaki harus menempel ke lantai.
  • Pastikan posisi kepala tidak menengadah ke atas ketika sedang duduk.
  • Gunakan kursi untuk duduk yang memiliki sandaran penuh hingga ke bagian kepala.

Jika posisi duduk anda salah, maka dapat menyebabkan tubuh terasa pegal-pegal seperti di bagian leher, tulang belakang, pinggang dan bagian tubuh lainnya. Jika hal ini terus-menerus anda alami, maka dapat menyebabkan tulang belakang mengalami ganguan dan kemungkinan nyeri punggung akan sering menyerang anda.

Oleh karena itu, pastikan anda duduk dengan posisi yang tepat terutama bagi anda yang seharian bekerja belakang layar komputer.

2. Gunakan Kasur yang Empuk dan Nyaman Ketika Tidur

Penyebab lain yang sering membuat tubuh terasa pegal-pegal dan mengakibatkan nyeri pada bagian tulang yaitu akibat dari posisi tidur yang salah, bahkan tidak sedikit orang yang tidur tanpa menggunakan kasur atau kondisi kasur yang digunakan terlalu keras. Tidur pada kasur yang keras akan menyebabkan badan terasa pegal-pegal, terutama pada tulang bagian belakang

Maka dari itu, jika anda tidak ingin hal tersebut terjadi sebaiknya gunakan karus yang empuk dan nyaman untuk menjaga tulang tetap sehat.

3. Hindari Berdiam Diri Terlalu Lama

Terlalu lama berdiam diri dengan posisi tubuh yang sama tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan tulang, bahkan dapat menyebabkan rasa sakit dan pegal-pegal pada tulang.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan ketika anda diharuskan untuk berdiam diri di suatu tempat dalam jangka waktu yang lama, maka usahakan agar anda melakukan gerakan-gerakan ringan yang tujuannya untuk melenturkan otot dan persendian pada tulang.

Beberapa gerakan-gerakan ringan yang mungkin bisa anda lakukan ketika sedang bekerja, yaitu seperti sering menggelengkan kepala, memutarkan tubuh dan juga bisa dengan jalan-jalan sebentar di ruangan tempat anda bekerja. Hal ini dikarenakan, pada dasarnya tulang pada tubuh kita memerlukan pergerakan secara rutin dan terus menerus agar tulang tidak kaku dan tetap terjaga kesehatannya.

4. Rutin Berjalan Kaki dan Naik Turun Tangga

Aktivitas fisik berjalan kaki ini memang sangat penting untuk dilakukan, karena gerakan ini dapat menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Maka bagi anda yang tidak sempat untuk olahraga seperti lari atau jalan kaki sebelum bekerja, anda bisa rutin setiap hari menaiki anak tangga saat akan menuju ke kantor.

5. Memahami Cara Jatuh yang Benar

Mungkin kedengarannya sedikit aneh, tetapi ketika tanpa sengaja kita terjatuh dalam posisi tubuh yang salah akan berakibat fatal pada tulang. Ketika kita akan terjatuh, usahakan jangan langsung menahannya dengan tangan tapi usahakan badan lebih dulu terjatuh dengan posisi tubuh meringkuk dan menyamping. Jatuh dengan posisi ini akan menghindari kerusakan pada tulang akibat mendapatkan beban secara tiba-tiba.

6. Selalu Gunakan Alat Pengaman Ketika Berolahraga

Bagi anda para pecinta olahraga, ada banyak jenihs olahraga yang membutuhkan alat pengaman untuk meminimalisir resiko cedera pada tulang. Sebab jika tidak dilengkapi dengan penggunaan alat pengaman, beberapa jenis olahraga bisa beresiko mengalami kecelakaan seperti patah tulang, retak tulang dan keseleo.

Jenis-jenis olahraga yang membutuhkan alat pengaman diantaranya seperti bersepeda, sepakbola, futsal, basket dan masih banyak jenis-jenis olahraga lainnya.

7. Jangan Terlalu Memaksakan Diri

Maksudnya yaitu, ketika anda sudah merasa tidak mampu lagi untuk melanjutkan olahraga sebaiknya anda jangan terlalu memaksakannya. Misalnya saja ketika anda sedang lari pagi, maka anda mengalami kecelakaan kaki keseleo.

Pada saat anda mengalami kondisi seperti itu, maka sebaiknya anda tidak memaksakan untuk melanjurkan berlari, karena jika terus dipaksakan bisa berakibat fatal pada tulang dan persendian kaki anda sehingga bisa menambah rasa sakit.

8. Hindari Membawa Barang Bawaan Terlalu Berat

Ketika anda sedang bepergian, sebaiknya anda tidak membawa barang bawaan terlalu banyak dan terlalu berat. Karena saat membawa barang berat dalam jangka waktu lama bisa membebani tulang tubuh anda, terutama pada bagian tulang bahu, tangan dan kaki. Bahkan tulang belakang pada tubuh pun akan menjadi tidak normal akibat tidak mampu untuk menahan beban yang terlalu berat.

9. Hindari Terlalu Sering dan Terlalu Lama Membungkuk

Usahakan posisi tubuh kita selalu tegak, tujuannya yaitu agar kesehatan tulang tetap terjaga. Jika posisi tubuh kita sering membungkuk, maka dapat mempengaruhi struktur tulang terutama tulang bagian belakang.

10. Hindari Melompat dari Ketinggian

Melakukan lompatan-lompatan dari ketinggian akan sangat beresiko, karena bisa menyebabkan kecelakaan yang mengakibatkan patah atau retak tulang. Maka dari itu, agar tulang tetap sehat dan tubuh dapat bergerak bebas tanpa rasa sakit sebaiknya hindari melakukan lompatan-lompatan di tempat yang terlalu tinggi.

Ketika anda melakukan lompatan di tempat yang tinggi, maka ketika mendarat tubuh akan menerima beban secara tiba-tiba. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh besar pada tulang kaki, tulang pinggang dan juga tulang belakang pada tubuh kita. kebiasaan ini akan merusak tulang, apalagi jika dilakukan oleh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, karena bisa berpengaruh pada pertumbuhan tulangnya.

11. Konsumsi Suplemen

Sama hal nya dengan tubuh, tulang pun membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar kesehatan tulang tetap terjaga. Karena jika tulang kurang mendapatkan asupan nutrsi cukup setiap harinya, maka tulang akan cepat keropos dan menyebabkan munculnya penyakit tulang seperti osteoporosis.

Untuk mendapatkan asupan nutrisi anda bisa konsumsi suplemen khusus untuk tulang, karena di dalam suplemen tersebut terdapat berbagai nutrisi yang lengkap yang diperlukan oleh tulang seperti beberapa jenis vitamin dan mineral.

12. Konsumsi Makanan Sehat Berkalsium Tinggi

Dari sekian banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tulang, kalsium adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam jumlah besar setiap harinya terutama bagi anak-anak.

Hal ini dikarenakan, kalsium ada nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan serta struktur tulang agar tulang tetap kuat dan kokoh. Tulang yang mendapatkan asupan kalsium dalam jumlah cukup setiap harinya, maka akan terhindar dari penyakit osteoporosis di masa tuanya nanti.

Ada banyak jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi, diantaranya yaitu susu, keju, yogurt, kacang kedelai dan masih banyak lagi jenis makan berkalsium tinggi lainnya yang bisa anda konsumsi.

C. Jenis Makanan Sehat untuk Mendukung Kesehatan Tulang

Untuk menjaga kesehatan tulang, tidak hanya cukup dengan konsumsi suplemen dan makanan berkalsium tinggi. Hal ini dikarenakan, tulang juga membutuhkan asupan nutrisi lain seperti vitamin A, C, D, K, protein, magnesium, omega 3 dan nutrisi penting lainnya. Untuk mendapatkan asupan nutrisi lengkap pada tulang, anda bisa konsumsi beberapa jenis makanan berikut ini.

1. Jeruk

Jeruk merupakan salah jenis makanan berupa buah-buahan yang sangat baik untuk mendukung kesehatan tulang, karena di dalam buah jeruk ini mengandung vitamin C tinggi yang sangat bermanfaat untuk membantu pembentukan kolagen dan memberikan kontribusi untuk kesehatan tulang.

Selain itu, di dalam buah jeruk juga mengandung vitamin A yang berperan penting dalam membantu pertumbuhan skuletal dan diferensiasi pada sel.

2. Susu

Susu merupakan salah satu jenis minuman yang kaya akan kandungan kalsium, seperti yang kita tahu bahwa kalsium adalah mineral penting yang sangat baik dan diperlukan oleh tulang. Dengan rutin minum susu setiap hari, maka tulang akan tumbuh dengan sehat dan kuat.

Tahukah anda, ternya hanya dengan minum segelas susu sudah dapat memenuhi sepertiga dari total kalsium yang dibutuhkan oleh tulang perharinya.

Selain mengandung kalsium tinggi, susu juga mengandung vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium secara optimal ke dalam tubuh. Pastikan anda memilih susu yang rendah lemak, tujuannya yaitu untuk mengurangi asupan kalori berlebih dalam tubuh.

3. Keju Parmesan

Keju sendoro merupakan salah satu produk olahn susu yang juga sangat baik dikonsumsi untuk menutrisi tulang, karena di dalam susu permesan ini mengandung kalsium yang sangat tinggi. Selain itu, keju parmesan juga merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan protein dan juga mengandung vitamin A meski jumlahnya hanya sedikit.

4. Bayam

Jenis makanan sehat berikutnya yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang yaitu bayam, sayuran hijau yang satu ini di dalamnya mengandung kalsium, vitamin A, C dan juga vitamin K yang cukup tinggi. Konsumsi bayam sangat baik untuk semua orang karena sayuran ini termasuk jenis makanan yang rendah kalori.

5. Kacang Mete

Bagi anda yang suka makan kacang-kacangan, sebaiknya selali sediakan kacang mete sebagai cemilan sehat dirumah. Hal ini dikarenakan, di dalam kacang mete mengandung vitamin K dan juga kalsium yang cukup tinggi.

Bahkan di dalam kacang mete juga mengandung magnesiun dan beberapa mineral lainya, ditambah lagi dengan adanya kandungan vitamin A, K dan juga protein yang sangat baik untuk dijadikan asupan nutrisi harian tubuh dan tulang.

6. Buah Kiwi

Buah kiwi juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, karena di dalam buah kiwi memiliki kandungan vitamin C dan juga mengandung magnesium yang cukup tinggi.

Bukan hanya itu saja, di dalam buah kiwi juga mengandung kalsium, vitamin A dan vitamin K yang sangat baik untuk memenuhi asupan nutrisi pada tulang. Bahkan buah kiwi ini sangat baik dikonsumsi oleh siapa saja, karena meski rasanya sangat manis tetap buah ini rendah kalori.

7. Ikan Salmon

Konsumsi ikan salmon juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, karena di dalam daging ikan salmon mengandung asam lemak omega 3, vitamin D serta protein yang cukup tinggi. Meskipun di dalam daging ikan salmon mengandung asam lemak dalam jumlah yang sangat tinggi, tetap ikan salmon memiliki kandungan kalori yang sangat rendah.

8. Biji Labu

Apakah anda suka makan biji labu, mungkin hanya sedikit orang yang suka makan biji labu ini. namun tahukah anda, ternyata biji labu ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan terutama tulang.

Hal itu dikarenakan, di dalam biji labu mengandung beberapa nutrisi penting seperti kalsium, asam lemak omega 3 dan protein. Selain itu, biji labu juga memiliki kandungan serat alami yang sangat tinggi sehingga sering dijadikan untuk membuat cemilan atau bahan tambahan pada salad.

9. Paprika Manis

Paprika merah manis ini sangat baik untuk kesehatan tulang, karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin A, C dan vitamin K. Selain itu, paprika merah manis juga baik dikonsumsi oleh anda yang sedang diet karena di dalam sayuran ini mengandung kadar kalori yang sangat rendah dan kaya akan serat serta vitamin B. Maka bagi anda yang ingin memiliki tulang sehat dan kuat, rutinlah mengkonsumsi paprika manis ini.

10. Kale

Kale termasuk ke dalam jenis sayuran cruciferous yang masih berkerabat dengan kembang kol dan juga brokoli, kale sendiri termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang hampir semua jenis vitamin dan mineral ada pada makanan ini.

Maka dari itu, kale ini sangat baik dikonsumsi untuk menjaga agar tulang tetap sehat dan kuat. Kandungan utama yang paling tinggi di dalam kale ini diantaranya yaitu vitamin A, C, K dan kalsium.

Hanya saja tidak semua orang baik mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, karena akibat kondisi kesehatan tertentu salah satu makanan tersebut belum tentu baik untuk anda konsumsi. Maka dari itu, akan lebih baik jika anda mengkonsultasikan dengan dokter atau ahli gizi dalam menentukan jenis makanan sehat apa saja yang baik untuk kondisi kesehatan anda.

Itulah tadi uraian yang bisa kami sampaikan mengenai 12 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Tulang, serta Jenis Makanan yang Baik untuk Tulang. Semoga apa yang kami uraikan di atas dapat menambah wawasan kita semua. Terima kasih atas waktunya untuk menyimak artikel ini, semoga bermanfaat dan salam sehat selalu. Please like and share.