22 Cara Meningkatkan dan Mengurangi Nafsu Makan Secara Alami

22 Cara Meningkatkan dan Mengurangi Nafsu Makan Secara Alami -- Tips & Cara Meningkatkan Nafsu Makan, Tips & Cara Mengurangi Nafsu Makan, Cara Alami Mengurangi Nafsu Makan, Cara Menambah Nafsu Makan, Cara Mudah Membangkitkan Nafsu Makan, Tips Penambah Nafsu Makan Secara Cepat dan Alami, Penambah Nafsu Makan Alami, Makanan Penambah dan Pengurang Nafsu Makan, Cara untuk Mengurangi Nafsu Makan, Cara Agar Nafsu Makan Hilang, Obat Tradisional Mengurangi Nafsu Makan. Cara Menurunkan dan Menambah Berat Badan Alami.


Cara Meningkatkan dan Mengurangi Nafsu Makan Secara Alami -- Makan merupakan kebutuhan setiap mahluk hidup, terutama bagi manusia. Orang yang tidak makan selama berhari-hari bisa menyebabkan tubuh kekurangan asupan energi dan nutrisi penting dalam tubuhnya, sehingga tubuhnya bisa lemas, sakit dan bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Ada dua hal yang sering menyebabkan gangguan proses makan sesesorang, yaitu nafsu makan yang tinggi (rakus) atau kurang nafsu makan. Sebenarnya kedua masalah ini tidak baik bagi kesehatan jika tidak segera diatasi dengan cepat dan tepat.

Bagi orang yang memiliki nafsu makan tinggi atau berlebih dapat beresiko menyebabkan kegemukan (obesitas), sedangkan orang yang nafsu makannya kurang atau jarang makan juga tidak baik karena dapat menyebabkan tubuh kurang mendapat asupan gizi dan nutrisi yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kesimpulan dari kedua masalah tersebut, alangkah baiknya jika kita mengambil jalan tengah saja yaitu makan cukup dan teratur.


Maka dari itu, bagi anda yang sedang mengalami masalah nafsu makan berlebih atau kurang nafsu makan. Pada artikel kali ini kami akan coba menjelaskan bagaimana cara meningkatkan nafsu makan dan mengurangi nafsu makan secara alami dan aman. Untuk penjelasan lengkapnya, anda bisa simak berikut ini.

A. Cara Meningkatkan Nafsu Makan Secara Alami

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan nafsu makan secara alami. Untuk anda yang sedang mengalami penurunan nafsu makan, sebaiknya simak baik-baik ulasan dibawah berikut ini.

1. Rajin Berolahraga

Cara pertama yang bisa anda coba lakukan untuk meningkatkan nafsu makan yaitu dengan rutin berolahraga setiap hari. Hal ini dikarenakan, ketika tubuh sedang berolahraga, akan banyak sekali kalori yang terbakar di dalam tubuh. Kondisi demikian dapat menurunkan jumlah kalori di dalam tubuh, sehingga perut akan menjadi terasa lapar dan nafsu makan pun akan kembali meningkat.


2. Pilih Makanan Favorit

Cara menambah nafsu makan berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan memasak atau membeli makanan favorit. Dengan memilih menu favorit untuk hidangan makan siang atau makan malam anda, maka nafsu makan anda akan lebih meningkat dan yang tadinya tidak berselera makan pun akan menjadi lahap dan bersemangat untuk makan.

3. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah merupakan jenis makanan sehat yan sangat baik untuk mencukupi asupan gizi dan nutrisi tubuh, ini dikarenakan kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat di dalam sayur dan buah-buahan dapat membantu mengembalikan nafsu makan. Selain itu, konsumsi sayur dan buah juga kaya akan serat yang sanngat baik untuk pencernaan, sehingga nafu makan bisa kembali normal.

4. Minum Jamu Tradisional

Dengan rutin minum jamu tradisional sangat baik untuk kesehatan, karena selain dapat menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai jenis pen, ternyata minum ramuan tradisional (jamu tradisonal) dpat membantu mengelmbalikan nafsu makan. Untuk mendpatkannya, anda bisa pergi ke toko jamu untuk membeli jamu penambah nafsu makan, baik untuk anak-anak atau orang dewasa.

5. Hindari Kebiasaan Stres

Kondisi pikiran dan pekerjan yang menumpuk akan dapat mempengaruhi terjadinya penurunan selera makan, sehingga kondisi stres ini harus kita hindari. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi tingkat stres agar nafsu makan anda bisa kembali normal, caranya yaitu anda wajib menghindari berbagai hal yang dapat menyebabkan anda stres.

Salah satu cara menghilangkan stres yaitu bisa dilakukan dengan cara sering nongkrong dengan teman-teman dan bercanda bersama, sehingga pikiran stres pun akan berkurang dan hilang serta nafsu makan pun bisa kembali normal.

6. Biasakan Sarapan Pagi Sebelum Berangkat Kerja / Sekolah / Bepergian

Sarapan kerap dianggap sepele oleh sebagian orang, padahal aktivitas sarapan pagi ini adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan. 

Namun tahukah anda, ternyata jika sering melewatkan aktivitas sarapan pagi dapat menyebabkan penurunan nafsu makan. Padahal sebenarnya sarapan pagi dapat membantu melancarkan proses metabolisme dalam tubuh, sehingga tubuh akan cepat merasa lapar kembali. Dengan demikian, nafsu makan pun akan meningkat.


7. Konsumsi Makanan yang Beraroma Harum

Bagi anda yang sedang mengalami penurunan nafsu makan, sebaiknya cari makanan yang memiliki aroma harum. Hal ini dikarenakan, makanan yang beraroma harum dapat membantu meningkatkan nafsu makan.

Untuk menghasilkan aroma yang harum pada masakan, anda bisa menambahkan salah satu bumbu dapur seperti kayu manis, adas, selasih, rosemary, oregano dan thyme. Bumbu dapur tersebut biasa digunakan oleh para ibu untuk memberikan aroma pada masakan agar lebih menggungah selera makan.

8. Makan Bersama

Makan bersama dengan orang-orang terdekat dan terkasih merupakan bisa menjadin solusi alternatif anda untuk meningkatkan nafsu makan, karena ketika sedang berkumpul bersama teman-teman atau keluarga akan menciptakan suasana yang menyenangkan dan menghidarkan kita dari stres. 

Dengan demikian, nafu makan pun akan kembali meningkat dan makanan yang anda makan pun akan terasa lebih nikmat saat makan bersama.

9. Gunakan Piring Besar

Cara yang satu ini memang dapat mempengaruhi konsisi dari psikologis anda, karena dengan menggunakan piring berukuran besar dapat membuat psikologis anda beranggapan bahwa makanan yang ada pada piring anda adalah porsi biasa. Dengan cara ini, nafsu makan pun biasanya akan kembali meningkat dan sekaligus anda akan makan lebih banyak dari biasanya.

10. Minum Air Perasan Jeruk Nipis

Cara terakhir yang bisa anda coba untuk meningkatkan nafsu makan yaitu dengan minum air perasan jeruk nipis, karena kandungan nutrisi yang ada pada jeruk nipis dapat membantu mengembalikan kadar HCI dalam lambung.

HCI sendiri adalah suatu kandungan cat yang terdapat di dalam lambung, zat inilah yang dapat mempengaruhi nafsu makan seseirang. Kandungan HCI ini dapat membantu melancarkan proses penguraian makanan, sehingga akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Dengan demikian, perut anda akan merasa lapar dan diimbangi dengan peningkatan nafsu makan.

Itulah beberapa cara yang bisa anda coba untuk meningkatkan nafsu makan. Sedangkan bagi anda yang memiliki berat badan berlebih dan sedang menjalani program diet, maka anda bisa melakukan usaha untuk mengurangi nafsu makan. Dengan demikian, program diet yang sedang anda jalankan akan membuahkan hasil optimal.


B. Cara Mengurangi Nafsu Makan Secara Alami

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda coba lakukan untuk mengurangi nafsu makan, diantaranya yaitu :

1. Minum Kopi atau Teh

Kopi dan teh merupakan jenis minuman yang dianggap sudah merakyat, karena kedua jenis minuman ini dapat dengan mudah didapatkan dan harganya pun murah. Namun tahukah anda, ternyata dengan rutin minum kopi atau teh dapat membantu menurunkan nafsu makan berlebih seperti yang sedang anda alami saat ini. 

Namun bagi anda yang saat ini sedang menjalankan program diet, sebaiknya minum kopi atau teh tanpa gula. Hal ini dikarenakan, penggunaan gula dapat menggagalkan diet anda karena di dalam gula memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi.

2. Minum Air Rebusan Jahe

Di dalam jahe mengandung banyak sekali kandungan zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan jahe juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk membuat ramuan herbal. Salah satu manfaat jahe yaitu dapat membantu mengurangi nafsu makan berlebih.

Cara membuat ramuannya sangat mudah, anda cukup merebus 2 gram jahe dengan dua gelas air. Rebus hingga mendidih dan biarkan sampai air rebusannya tersisa 1 gelas saja. Kemudian minum air rebusan jahe secara rutin sebelum makan.


3. Konsumsi Buah Sebelum Makan

Kebanyakan orang mengkonsumsi buah-buahan segar sering dijadikan sebagai pencuci mulut setelah makan, padahal sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan dilakukan sebelum makan. Hal ini bertujuan untuk mencegah agar kita tidak makan berlebih dan mampu menekan rasa lapar berlebih hingga waktu yang kita tentukan.

Selain itu, mengkonsumsi buah-buahan sebelum makan juga bermanfaat untuk mengendalikan asupan kalori berlebih dari makanan berat yang kita konsumsi. Dengan demikian, berat badan pun akan tetap terjaga dengan baik terutama bagi anda yang sedang menjalani program diet.

4. Makan Secara Perlahan

Kektika nafsu makan sedang dalam kondisi naik, maka biasanya kita akan makan tergesa-gesa seperti orang yang sedang kelaparan. Untuk mengendalikan nafsu makan yang berlebih, sebaiknya kita makan secara perlahan.

Awali dengan makan satu sendok makan, kunyah hingga makanan benar-benar lembut dan baru anda menelannya. Setelah beberapa sendok makan, anda bisa mengimbanginya dengan minum seteguk air putih dengan tujuan agar anda bisa lebih cepat merasa kenyang.

Manfaat makan secara perlahan lainnya dapat mencegah kita tersedak dan makan pun akan terasa lebih nikmat. Cara ini juga dapat meningkatkan kualitas makan dan mengurangi prilaku makan berlebih yang memang tidak baik dilakukan karena dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan.

5. Minum Air Putih

Minum air putih juga bermanfaat untuk membantu mengurangi nafsu makan berlebih, karena banyak minum air putih dapat menekan rasa lapar dan dapat membuat perut cepat kenyang. Dengan demikian, selera makan dan rasa lapar yang anda alami akan dapat dikendalikan.

Selain itu, minum air putih juga dapat melancarkan kerja metabolisme tubuh dan dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi serta melancarkan kerja organ pencernaan dalam mencerna makanan.


6. Jangan Lewatkan Sarapan Pagi

Tidak hanya dapat meningkatkan nafsu makan, dengan tidak melewatkan jam sarapan pagi juga dapat membantu mengendalikan nafsu makan berlebih. Dengan demikian, perut anda tidak akan merasa keroncongan ketika tiba waktunya jam makan siang.

Anda tidak perlu merasa takut gemuk dengan melakukan sarapan pagi, karena makanan yang dikonsumsi ketika sarapan pagi akan dibakar secara tuntas ketika anda sedang menjalani aktivitas sehari-hari. Dengan tidak melewatkan jam sarapan pagi, makan dapat mencegah untuk makan cemilan berlebih yang justru akan mengakibatkan kegemukan.

7. Hindari Makan Siang Terlalu Banyak

Jika pada pagi hari sebelum berangkat kerja anda sudah sarapan, maka pada saat tiba jam makan siang anda tidak akan mengalami rasa lapar berlebih, sehingga anda tidak perlu makan terlalu banyak. Untuk menjaga nafsu makan anda agar tetap terkendali, sebaiknya anda tidak makan terlalu banyak pada jam makan siang. Jika anda memang sudah biasa makan satu porsi nasi, anda bisa menguranginya menjadi setengah porsi.

8. Makan Teratur dan Tepat Waktu

Bagi anda yang ingin mengurangi nafsu makan berlebih, sebaiknya anda selalu makan teratur dan tepat waktu. Jangan sampai anda sering melupakan jam makan anda, karena jika sering mengalami telat makan dapat menyebabkan perut keroncongan dan nafsu makan pun akan meningkat tajam serta tidak terkontrol.

Maka dari itu, usahakan agar anda selalu makan tepat waktu sebanyak 3 kali sehari. Selain itu, usahakan agar anda tidak merubah jam makan anda mulai dari jam sarapan pagi, jam makan siang dan jam makan malam.

9. Makan Dengan Piring Kecil

Jika pada penjelasan sebelumnya yang menjelaskan tentang cara meningkatkan nafsu makan diharuskan untuk menggunakan piring besar saat makan, sebaliknya jika anda ingin mengurangi nafsu makan gunakanlah piring yang ukurannya lebih kecil. Ini adalah cara untuk mengelabui psikologis anda, karena secara tidak sadar anda telah mengurangi porsi makan anda dari biasanya.
10. Rutin Berolahraga

Selain bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, ternyata dengan olahraga juga dapat membantu mengendalikan nafsu makan berlebih yang sedang anda alami saat ini. Hal ini dikarenakan, dengan berolahraga dapat menurunkan produksi hormon rasa lapar dan sekaligus meningkatkan rasa kenyang.

Ketika sedang berolahraga, perbanyak minum air putih karena air putih dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi dan juga memberikan efek kenyang lebih lama. Ada banyak jenis olahraga yang baik dilakukan untuk membantu menurunkan nafsu makan, misalnya saja seperti melakukan yoga, aerobik, bersepeda atau jalan santai.

11. Tidur Cukup

Dengan membiasakan tidur cukup tenyata dapat membantu mengendalikan nafsu makan berlebih, bahkan dapat menghindarkan kita akan tidak makan berlebih di malam hari yang justru tidak baik bagi tubuh karena dapat meningkatkan berat badan.

Berdasarkan dari hasil penelitian menjelaskan bahwa orang yang kurang tidur dan sering bergadang hingga larut malam akan mengalami peningkatan rasa lapar dan nafsu makan berlebih di malam hari. Oleh karena itu, hindari kebiasaan buruk bergadang hingga larut malam. Cukup jam tidur anda minimal 7 jam setiap malam, sehingga nafsu makan anda akan berkurang dan dapat dikendalikan dengan baik.

12. Hindari Stres

Stres juga menjadi hal yang dapat menjadi pemicu nafsu meningkat, karena ketika sedang mengalami stres tubuh akan memproduksi hormon kortisol lebih banyak. Hormon ini dapat menyebabkan seseorang memiliki hasrat yang sangat tinggi untuk makan banyakl dibandingkan dengan seseorang yang sedang dalam kondisi normal.

Oleh karena itu, usahakan agar anda dapat mengendalikan emosi dan pikiran anda agar tidak mudah mengalami stres. Ketika anda sedang banyak pikiran baik itu urusan kerjaan ataupun pribadi, sebaiknya anda mengalihkannya ke hal yang lebih bermanfaat seperti pergi jalan-jalan, nonton bioskop, mendengakan musik favorit atau olahraga.

Bagaimana, apakah anda ingin meningkatkan nafsu makan atau mengurangi nafsu makan?


Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai 22 Cara Meningkatkan dan Mengurangi Nafsu Makan Secara Alami yang bisa anda coba lakukan, semoga apa yang telah kami jelaskan diatas dapat bermanfaat dan memberikan pengetahuan kepada teman-teman semua.

Sedikit saran untuk teman-teman semua, jika anda sudah mencoba cara-cara di atas namun masih belum berhasil baik dalam meningkatkan nafsu makan ataupun mengurangi nafsu makan, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, sehingga dapat diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab utama dari keluhan anda tersebut. Cukup sekian & salam sehat. Please like & share