15 Cara Mengobati Flu & Radang Tenggorokan Alami untuk Orang Dewasa dan Anak-anak

15 Cara Mengobati Flu & Sakit Tenggorokan Alami untuk Orang Dewasa dan Anak-anak-- Obat Radang Tenggorokan Dewasa dan Anak-anak, Obat Radang Tenggorokan Alami Untuk Orang Dewasa, Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh, Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Alami, Cara untuk Mengatasi Flu Tanpa Obat, Cara Mengobati Radang Tenggorokan dan Batuk, Radang Tenggorokan: Gejala, Penyebab, dan Obat Penyakit, Obat Sakit Tenggorokan Dan Batuk, Makanan Penyebab Radang Tenggorokan, Obat Radang Tengorakan dan Flu di Apotik.

https://www.infokesehatan.web.id/

Cara Mengobati Flu & Sakit Tenggorokan Alami untuk Orang Dewasa dan Anak-anak -- Ketika sedang terserang flu, biasanya akan disertai dengan munculnya gejala lain seperti batuk, demam, hidung berair, sakit kepala dan juga sakit tenggorokan yang dapat membuat penderitanya merasa sakit saat menelan. Flu yang disertai dengan sakit tenggorokan ini memang akan sangat menyiksa dan mengganggu, sehingga dapat menyebabkan terjadinya penurunan nafsu makan.

Baca Juga : Cara Meningkatkan dan Menurunkan Nafsu Makan secara Alami

Kenapa sakit flu sering disertai dengan sakit tenggorokan?

Penyakit flu atau influenza ini adalah kondisi dimana tubuh terkena infeksi virus yang menyerang sistem pernafasan, yaitu terdiri dari hidung, tenggorokan dan juga organ paru-paru. Virus flu atau influenza ini dapat menyerang tubuh melalui jaringan halus yang ada pada hidung dan juga bagian belakang dari tenggorokan, sehingga dapat menyebabkan terjadinya iritasi dan peradangan yang membuat anda merasa sakit saat menelan makanan atau minuman.

Rasa sakit dan nyeri saat menelan tentunya dapat membuat anda merasa tidak nyaman ketika sedang makan atau minum, sedangkan orang yang sedang terserang flu juga sangat memerlukan asupan gizi dan nutrisi cukup dari makanan ataupun minuman, terlebih lagi jika anda juga sedang menderita diare.

Selain itu, pada saat mulut dan tenggorokan dalam keadaan kering, maka lapisan pada dinding tenggorokan dapat mengalami iritasi yang tentunya akan memperparah peradangan.

Lalu, bagaimana cara Mengobati flu yang disertai dengan sakit tenggorokan?

Tentunya ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan gejala flu yang disertai dengan sakit tenggorokan tersebut, bisa dilakukan dengan cara alami atau dengan minum obat flu yang bisa anda dapatkan di apotik atau dengan mengunjungi dokter. 

Namun pada artikel kesehatan kali ini, kami akan membagikan beberapa tips kepada anda untuk menyembuhkan flu dan sakit tenggorokan yang bisa anda lakukan di rumah.

15 Cara Mengobati Flu & Radang Tenggorokan Alami untuk Orang Dewasa dan Anak-anak

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda coba lakukan untuk menyembuhkan flu dan sakit tenggorokan di rumah, yaitu :

1. Istirahat Cukup

Istirahat cukup memang menjadi hal penting yang harus anda lakukan dan terapkan setiap hari, apalagi jika tubuh anda dalam kondisi sakit. Dengan istirahat cukup sangat penting dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan, bahkan beberapa jenis penyakit seperti flu ini dapat sembuh dengan sendirinya hanya dengan istirahat cukup. 

Ketika anda sedang terserang flu yang disertai dengan sakit tenggorokan, maka daya tahan tubuh anda akan mengalami penurunan dan tubuh akan lebih rentan terserang berbagai jenis penyakit lainnya. Maka dari itu, usahakan agar anda bisa istirahat dengan cukup dan jika memang memungkinkan sebaiknya anda tidak dulu melakukan aktivitas hingga sembuh.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh secara Alami

2. Minum Teh Hangat

Minum air teh hangat juga bisa kita manfaatkan sebagai obat alami untuk menyembuhkan flu dan sakit tenggorokan, karena di dalam teh mengandung zat antioksidan dan juga zat penting lainnya yang mampu membasmi virus dan bakteri serta meringankan peradangan. Selain itu, minum air teh hangat juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

3. Konsumsi Permen Pelega Tenggorokan

Cara lain untuk meyembuhkan flu dan sakit tenggorokan yang bisa anda lakukan dirumah yaitu dengan makan perman pelega tenggorokan. Ada banyak permen pelega tenggorokan yang bisa anda dapatkan dengan mudah di apotik ataupon toko-tokok.

Namun perlu anda ingat, jangan makan permen biasa sebagai pengganti dari permen pelega tenggorokan karena malah akan memperparah sakit tenggorokan yang anda derita. Selain itu, permen pelega tenggorokan juga baik untuk membantu meredakan gejala flu lainnya seperti batuk dan hidung tersumbat.

4. Berkumur Dengan Air Garam

Garam yang biasanya sering manfaatkan untuk penambah rasa pada masakan atau makanan, ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menyembuhkan flu dan sakit tenggorokan. Hal ini dikarenakan, di dalam garam mengandung senyawa yang mampu membasmi kuman dan bakteri yang ada di dalam tubuh terutama di dalam mulut dan saluran tenggorokan. 

Garam ini bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk membuat obat kumur bukan untuk diminum, sebab dengan rutin berkumur menggunakan air garam dapat membantu meredakan gejala flu dan mengatasi iritasi pada tenggorokan.

Cara membuatnya sangat sederhana, anda cukup melarutkan satu sendok makan garam dapur ke dalam segelas air hangat, aduk hingga larut dan gunakan untuk berkumur setiap pagi dan malam sebelum tidur.

5. Jahe dan Gula Merah

Jahe merupakan jenis rempah-rempah yang sudah tidak perlu diragukan lagi akan khasiatnya untuk pengobatan, rempah tradisional ini tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan minuman untuk menghangatkan badan saja tetapi juga dapat menangkal serta menyembuhkan berbagai jenis penyakit ringan maupun kronis. 

Hal ini dikarenakan, di dalam jahe mengandung zat dan senyawa yang banyak dan baik untuk kesehatan tubuh. Selah satu manfaat jahe yaitu dapat membantu meredakan flu dan juga sakit tenggorokan.

Jika pada poin diatas hanya memanfaatkan jahe saja, namun pada ramuan kali ini anda bisa mengkombinasikannya dengan gula merah.

Cara menyembuhkan flu dan sakit tenggorokan dengan jahe sangat mudah sekali, anda cukup siapkan rempah jahe segar 1-2 ruas, lalu parut hingga habis. Siapkan juga gula merah secukupnya. Setelah itu, rebus kedua bahan alami tersebut dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih dan hanya tinggal tersisa 1 gelas saja.

Kemudian angkat dan dinginkan, lalu saring dan tuangkan ke dalam gelas dan minum sampai habis selagi hangat. Rasakan sensasi hangatnya di tenggorokan, flu dan sakit tenggorokan pun akan segera sembuh.

6. Makan Daun Kemangi

Cara berikutnya yang bisa anda coba lakukan dirumah untuk menyembuhkan flu dan sakit tengorokan yaitu dengan makan daun kemangi, karena di dalam duan kemangi mengandung senyawa yang terbukti efektif untuk membantu menetralisir berbagai jenis racun di dalam tubuh. Selain itu, daun kemangi juga bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh karena gejala flu.

Cara membuat obat alami dengan memanfaatkan daun kemangi yaitu sangatlah mudah, anda cukup merebus segenggam daun kemangi segar dengan segelas air. Gunakan air rebusan daun kemangi tersebut berkumur dan diminum selagi hangat.

Baca Juga : Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan Kecantikan

7. Menghirup Uap Air Panas

Cara lainnya yang bisa anda coba lakukan untuk meredakan gejala flu yang disertai dengan sakit tenggorokan bisa dengan menghirup uap air panas. 

Caranya sangat mudah, anda tinggal siapkan air ke dalam panci dan didihkan. Setelah mendidih, matikan apinya dan masukan berbagai macam irisan rempah-rempah seperti jahe, kunyit dan cengkeh. Kemudian dekatkan wajah anda dengan panci dan hirup uap tersebut. Agar uapnya tidak banyak terbuang, tutup belakang kepala anda dengan handuk. Agar flu dan sakit tenggorokan yang anda derita dapat segera sembuh, lakukan cara ini secara rutin setiap pagi dan malam sebelum tidur.

8. Minum Air Rebusan Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sudah sangat terkenal dalam dunia kesehatan, terutama dalam pengobatan tradisonal yang sudah digunakan sejal dulu oleh nenek moyang kita. selain bermanfaat untuk menghangatkan badan dan meningkatkan daya tahan tubuh, jahe juga daoat dijadikan salah satu obat tradisonal untuk menyembuhkan flu dan sakit tenggorokan dengan cepat dan aman tanpa efek samping.

Caranya yaitu, rebus beberapa irisan jahe dengan segelas air hingga mendidih. Kemudian tambahkan sedikit madu, aduk hingga tercampur merata dan diamkan hingga cukup hangat untuk diminum. Minum sampai habis selagi hangat setiap pagi dan malam sebelum tidur. Cara ini sangat ampuh untuk meredakan berbagai gejala flu dan meredakan sakit tenggorokan.

Baca Juga : Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Obat

9. Bawang Putih

Masih diseputaran bumbu dapur, bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk menyembuhkan flu dan sakit tenggorokan yaitu dengan bawang putih. Beberapa para ahli mengatakan bahwa di dalam bawang putih mengandung senyawa alicin yang terbukti efektif untuk membasmi bakteri dan juga meringankan peradangan.

Caranya sangatlah mudah, anda cukup siapkan satu siung bawang putih dan kunyah hingga halus kemudian telan. Setelah itu, anda ambil air putih hangat dan gunakan untuk berkumur. Untuk menghilangkan rasa tidak enak dan aromanya yang menyengat, anda bisa minum air hangat yang dicampur dengan madu.

10. Madu dan Lemon

Madu dan lemon memang merupakan bahan alami yang sudah sejfak lama digunakan dalam dunia pengobatan herbal, karena di dalam kedua bahan alami ini mengandung nutrisi yang lengkap dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Di dalam buah lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi, vitamin ini dapat membantu mengembalikan sistem imunitas tubuh yang lemah agar kembali kuat. Sedangkan madu bermanfaat untuk membantu meredakan peradangan yang terjadi pada tenggorokan.

Cara menyembuhkan flu dan sakit tenggorokan dengan madu dan lemon cukup sederhana, pertama-tama anda siapkan satu buah lemon segar dan satu sendok makan madu. Peras air lemon dan tuangkan ke dalam gelas kecil, lalu tambahkan madu sebanyak 1 sendok makan. Setelah seduh dengan air hangat, aduk dan minum. Minum secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari sampai sembuh.
11. Sup Kaldu Ayam

Ketika kita sedang terserang flu dan disertai dengan sakit tenggorokan yang menyebabkan rasa sakit saat menelan makanan ataupun minuman, maka pastinya nafsu makan pun akan ikut menurun. Nah, untuk membantu mengobatinya anda bisa menikmati semangkuk sup kaldu ayam hangat.

Selain rasanya enak, ternyata dengan menikmati sup berkuah kaldu ayam hangat dapat membantu meredakan peradangan pada tenggorokan dan meringankan gejala flu. Namun hindari menambahkan sambal terlalu banyak, karena rasa pedas berlebih justru akan memperparah peradangan yang anda alami dan bahkan dapat menyebabkan luka pada tenggorokan anda.

12. Konsumsi Buah-Buhan Bervitamin C

Jika anda mengalami kurang nafsu makan, maka bantu lengkapi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anda dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C. Hal ini dikarenakan, manfaat vitamin C ini dapat membantu melawan bakteri dan juga virus yang menjadi penyebab flu dan sakit tenggorokan.

Selain itu, konsumsi berbagai jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh akan lebih kuat dan bisa cepat sembuh. Beberapa jenis buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C diantaranya yaitu seperti buah jeruk, apel, semangka, jambu dan lain sebagainya.

Baca Juga : Masalah pada Gigi dan Mulut serta Cara Menjaga Kesehatannya

13. Kayu Manis dan Madu

Selain dapat dikombinasikan dengan air perasan lemon, jahe dan bahan alami lain, madu juga dapat dikombinasikan dengan kayu manis. Kayu manis sendiri merupakan salah satu jenis rempah-rempah berkhasiat yang dapat membantu mengobati flu dan sakit tenggorokan dengan cepat dan aman tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan.

Hal ini dikarenakan, di dalam kayu manis mengandung zat yang bersifat sebagai antimikrona yang memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan bakteri dan juga berbagai jenis mikroorganisme lainnya.

Cara membuat ramuannya sangat sederhana, anda cukup tuangkan satu sendok teh kayu manis bubuk ke dalam gelas, lalu tambahkan satu sendok maka madu dan seduh dengan air panas. Aduk hingga larut dan diamkan beberapa menit sampai cukup hangat untuk diminum.

Minum ramuan kayu manis dan madu ini secara rutin dan teratur 2 kali sehari pada pagi dan malam sebelum tidur, lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur setiap hari sampai sembuh.

14. Banyak Minum Air Putih Hangat

Umumnya, ketika tubuh sedang terserang sakit flu dapat membuat tubuh cepat kehilangan cairan dan tenggorokan menjadi kering. Jika tubuh anda kurang mendapatkan asupan cairan dalam jumlah cukup, maka tubuh anda akan mengalami dehidrasi yang menyebabkan terjadi iritasi pada tenggorokan dan berakibat kondisi kesehatan anda bisa bertambah parah. 

Untuk mencegah hal ini terjadi dan mempercepat penyembuhannya, sebaiknya banyak-banyaklah minum air putih hangat untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi dan menyembuhkan flu yang disertai dengan sakit tenggorokan.

Baca Juga : Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan

15. Berhenti Merokok

Memang tidak dapat dipungkiri, kebiasaan merokok dapat menjadi salah satu pemicu anda menderita flu dan sakit tenggorokan. Pengobatan diatas pun tidak akan terlalu efektif jika anda tetap melakukan kebiasaan merokok, sehingga jangan heran jika flu dan sakit tenggorokan yang anda alami akan lama sembuh jika masih tetap merokok.

Hal ini dikarenakan, di dalam rokok mengandung berbagai jenis zat kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan dan peradangan pada dinding tenggorokan, bahkan peradangan yang terjadi bisa semakin parah dan berkembang menjadi kanker tenggorokan.

Itulah kenapa berhenti merokok kami jadikan salah satu cara agar flu dan sakit tenggorokan bisa cepat sembuh, bahkan bagi anda perokok pasif pun sangat disarankan untuk menjauhi asap rokok. Sebab, paparan asap rokok ini bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan anda meski anda tidak merokok.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk menemui dokter?

Meskipun biasanya flu dan sakit tenggorokan bisa sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu paling lama satu minggu, namun sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter apabila anda mengalami beberapa hal berikut ini.
  • Peradangan yang terjadi pada tenggorokan dan flu yang tidak kunjung membaik dalam jangka waktu 1 minggu.
  • Sudah tidak mampu diredakan dengan obat flu dan obat anti nyeri.
  • Flu dan sakit tenggorokan yang disertai dengan demam tinggi selama beberapa hari dengan suhu mencapai 38 derajat Celcius.
  • Batu berdarah.


Jika salah satu gejala seperti yang disebutkan diatas terjadi pada diri anda, maka segera periksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.

Itulah tadi ulasan yang dapat kami sampaikan kepada anda semua mengenai 15 Cara Mengobati Flu & Sakit Tenggorokan Alami untuk Orang Dewasa dan Anak-anak. Semoga ulasan kesehatan di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sehat.