7 Jenis Penyakit pada Gigi & Mulut, serta 15 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut

7 Jenis Penyakit Gigi & Mulut, serta 15 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut -- Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Secara Optimal, Masalah Gigi dan Mulut yang Sering Terjadi, Cara Menggosok / Menyikat Gigi yang Baik &  Benar, Cara Sederhana untuk Merawat / Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Secara Alami agar Tetap Sehat dan Bersih, Cara Merawat Gigi & Mulut yang Baik dan Benar, Urutan Menggosok Gigi yang Benar, Penyakit pada Gigi dan Mulut.


Jenis Penyakit pada Gigi & Mulut, serta Tips & Cara Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut -- Gigi dan mulut adalah dua komponen yang berperan sangat penting dalam proses pencernaan. Namun sayang, gigi dan mulut kerap mengalami masalah kesehatan akibat kurang mendapatkan perawatan atau mungkin karena sering mengkonsumsi makanan yang dapat membuat gigi dan mulut mengalami masalah.

Selain itu, munculnya masalah gigi dan mulut juga bisa terjadi akibat kurang mendapatkan asupan nutrisi tertentu, seperti misalnya kekurangan vitamin C, kalsium dan berbagai kandungan nutrisi penting lainnya.

A. Jenis Penyakit yang Sering Terjadi pada Gigi dan Mulut

Ada banyak masalah yang sering terjadi pada gigi dan mulut, diantaranya yaitu :

1. Bau Mulut

Bau mulut adalah salah satu gangguan pada mulut yang paling sering di alami oleh hampir semua orang. Penyebab dari bau mulut sendiri dapat disebabkan oleh karena seseorang malas untuk membersihkan mulut. Infeksi yang terjadi pada gusi juga sering menjadi pemicu dari bau mulut, biasanya infeksi pada gusi dapat terjadi karena adanya gigi yang sudah berkerak sehingga membuat gusi mudah sekali mengalami infeksi dan peradangan.

2. Sariawan

Sariawan pada awalnya bisa muncul karena adanya jamur yang berkembang di dalam mulut seseorang, tetapi biasanya yang sering menjadi pemicunya yaitu terjadinya penurunan sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini biasanya dapat diatasi dengan cara mendapatkan asupan vitamin C, sehingga dengan rutin menkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C dapat membantu mengatasi sariawan dengan cepat.

3. Radang Gusi

Radang gusi adalah salah satu gangguan pada gusi yang kerap dialami oleh orang dewasa, jika sudah parah dapat menyebabkan gigi terlepas. Radang gusi sendiri dapat dikenali dengan munculnya beberapa gejala, seperti gusi memerah, gusi bengkak, berdarah, sakit, bau mulut dan jika kondisinya sudah parah dapat menyebabkan gusi bernanah hingga menyebabkan gigi goyang dan terlepas.

Radang gusi umumnya disebabkan oleh karena adanya karang gigi, gigi yang jarang sekali dibersihkan dapat menyebabkan terjadi perkembangan pada karang gigi dengan sangat cepat, sehingga dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada gusi.

4. Gusi Berdarah

Gusi berdarah bisanya akan mulai diketahui ketika sedang menyikat gigi, karena pada saat mengosok gigi biasanya gusi akan berdarah secara spontan dan menyebabkan gusi merah dan terjadi pembengkakan. Gusi berdarah juga dapat dipicu oleh berkembangnya bakteru yang ada di dalam rongga antara gigi dan gusi. Pada wanita hamil atau orang yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu akan lebih mudah mengalami gusi berdarah.

5. Abses Gusi

Abses gusi adalah kondisi dimana pada gusi terjadi pembengkakan sehingga menyebabkan muncul rasa sakit dan juga keluar nanah. Penyebab dari abses gusi ini biasanya dapat dipicu oleh akar gigi atau di sekitar gigi yang terasa ngilu dan terkena infeksi. Infeksi yang terjadi tersebut dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan, bahkan pada kebanyakan kasus yang terjadi pembengkakan bisa terjadi pada bagian wajah.

6. Gigi Berlubang

Gigi berlubang adalah masalah gigi yang sering dialami oleh banyak orang, bahkan hampir setiap munculnya gangguan pada mulut sering diawali dengan munculnya gigi berlubang. Penyebab dari gigi berlubang ini biasanya disebabkan oleh karena kondisi gigi jarang dibersihkan, sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi dapat menyebabkan bakteri jahat berkembang dan merusak gigi sehingga gigi menjadi keropos dan mudah berlubang. Gejala yang sering diderita oleh mereka yang memiliki masalah gigi berlubang, yaitu terserang sakit gigi yang cukup menyiksa.

7. Karang Gigi

Masalah kesehatan gigi berikutnya yang kerap dialami oleh banyak orang yaitu munculnya karang gigi. Karang gigi tidak hanya dapat merusak penampilan saja, tetapi juga dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada gusi dan bahkan dapat menyebabkan gigi berlubang atau terlepas. Penyebab dari karang gigi sendiri biasanya dikarenakan aktivitas yang tidak baik yang terjadi di dalam mulut, seperti kebiasaan jarang menyikat gigi, kebiasaan merokok, minum kopi dan makan makanan manis.

B. Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Bagi anda yang ingin terhindar dari beberapa masalah gigi diatas, maka mulai dari sekarang jangan malas lagi untuk rajin menjaga kesehatan gigi setiap hari. Nah, bagi anda yang belum tahu bagaimana cara merawat gigi dan mulut yang baik dan benar, anda bisa simak caranya dibawah berikut ini.

1. Menggosok Gigi secara Rutin 2 Kali Sehari

Cara pertama yang harus anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yaitu dengan rajin menggosok gigi 2 kali sehari. Dengan rajin menggosok gigi, maka kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut akan hilang. Selain itu, dengan rutin menggosok gigi setiap hari dapat membantu memutihkan gigi anda secara perlahan. Biasakan untuk menggosok gigi pada pagi pada saat bangun tidur dan malam sebelum tidur, namun akan jauh lebih baik anda selalu membersihkan gigi setiap kali makan dan minum yang manis-manis.

2. Gunakan Obat Kumur

Setelah anda menggosok gigi, usahakan untuk berkumur-kumur dengan menggunakan obat kumur. Hal ini dikarenakan, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut tidaklah cukup hanya dengan menggosok gigi minimal 2 kali sehari, karena bisa jadi masih ada kuman dan bakteri yang masih tertinggal dan tidak terjangkau dengan sikat gigi.

Maka dari itu, sebagai solusinya anda bisa menggunakan obat kumur. Anda bisa membeli obat kumur yang beredar di pasaran, atau anda bisa membuat obat kumur alami sendiri dengan malarutkan 1 sendok teh baking soda dengan segelas air, lalu aduk hingga larut dan gunakan untuk berkumur. Dengan rutin menggunakan obat kumur dapat membersihkan gigi dan area mulut secara maksimal, serta membantu mengatasi masalah gigi dan mulut seperti sariawan, gusi berdarah, infeksi mulut, karang gigi dan menghilangkan bau mulut.

3. Gunakan Benang untuk Membersihkan Gigi (Flossing)

Perawatan gigi adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan gigi secara menyeluruh pada bagian sela-sela gigi dari kuman dan bakteri, karena dengan menggunakan benang khusus untuk membersihkan gigi ini dapat menjangkau sela-sela gigi yang sulit untuk dibersihkan. Penggunaan benang gigi dan obat kumur adalah cara yang efektif untuk membersihkan gigi dan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun anda harus berhati-hati dalam penggunaan benang atau tali gigi ini, karena dapat menyebabkan gusi terluka dan berdarah.

4. Gunakan Kawat Gigi

Penggunaan kawat gigi berfungsi untuk merapihkan gigi, sehingga bagi anda yang memiliki gigi tumbuh secara tidak beraturan, maka penggunaan kawat gigi ini bisa menjadi solusi terbaik bagi anda yang ingin memiliki gigi rapih dan beraturan. Pertumbuhan gigi yang tidak normal dapat menyebabkan penumpukan kotoran dan akan sangat mengganggu pastinya. Namun perlu anda ingat bahwa dengan menggunakan kawat gigi atau behel ini bukan hanya sekedar untuk gaya-gayaan saja.

5. Hindari Minuman yang Terlalu Panas dan Terlalu Dingin

Untuk mencegah masalah pada gigi, gusi dan mulut, sebaiknya hindari makan dan minum minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin. Hal ini dikarenakan, makanan dan minuamn yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan atau abrasi pada gigi. Abrasi ini dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif, sehingga dapat membuat anda merasa tidak nyaman ketika minum air panas atau air dingin.

6. Hindari Minuman Bersoda

Bahaya dari kebiasaan minum minuman bersoda dapat memberikan efek buruk yang hampir sama dengan mengkonsumsi minuman panas atau dingin. Terlalu sering minum minuman bersoda dapat mengakibatkan terjadi oksidasi, sehingga dapat menyebabkan terjadinya abrasi pada gigi. Selain itu, terlalu sering minum minuman bersoda juga bisa menjadikan gigi lebih sensitif.

7. Hindari Kebiasan Merokok

Sebenarnya kebiasaan merokok tidak akan memberikan manfaat sama sekali bagi orang yang melakukannya. Bahkan merokok dapat menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit serius, seperti gangguan penapasan, gangguan pencernaan, munculnya masalah kesehayan gigi dan mulut. Berikut ini beberapa bahaya rokok bagi kesehatan gigi dan mulut, yaitu gigi menjadi kuning, bau mulut, gusi hitam dan juga gusi tampak pucat. Untuk mencegah hal tersebut, maka solusinya hentikan kebiasaan buruk merokok dari sekarang.

8. Gunakan Pasta Gigi Berflouride

Dalam membersihkan gigi, sebaiknya gunakan pasta gigi yang mengandung flouride. Sebab, pasta yang memiliki kandungan flouride dapat bermanfaat untuki membantu menguatkan struktur gigi, sehingga gigi tidak akan mengalami pengeroposan. Selain itu, pasta gigi yang mengandung flouride juga bermanfaat untuk memutihkan gigi kuning dan menghilangkan flak pada gigi.

9. Gunakan Gigi Hanya untuk Mengunyah yang Lunak

Fungsi dari gigi memang digunakan untuk mengunyah, tetapi akan kesehatan dan kekuatan gigi tetap terjaga dengan baik hindari mengunyah makanan yang keras, karena mengunyah makanan yang keras dapat menyebabkan gigi mengalami abrasi dan dapat menyebabkan terjadi abrasi pada gigi. Selain itu, kebiasaan mengunyah makanan yang keras juga dapat menyebabkan gigi lepas atau bahkan patah.

10. Batasi Makanan dan Minuman Manis

Agar gigi dan mulut tetap terjaga kesehatannya, maka sebaiknya batasi konsumsi makanan manis. Hal ini dikarenakan, terlalu sering makan dan minum yang manis-manis dapat menyebabkan gigi berlubang. Anda semua pastinya sudah pernah melihat anak kecil yang giginya berlubang dan korengan, bukan? Ya, itu adalah akibat dari sering makan dan minum yang manis-manis seperti permen, kopi, susu dan lain sebagainya.

11. Mulailah Sejak Kecil

Dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut sebaiknya di mulai sejak kecil, karena nantinya anak akan mulai terbiasa untuk menggosok gigi dan belikanlah perlengkapan untuk menggosok gigi untuk memancing keinginan anak untuk menggosok gigi. Selain itu, hindarkan anak-anak dari makan permen karena dapat merusak gigi anak.

12. Hindari Penggunaan Tusuk Gigi

Penggunaan tusuk gigi sebenarnya boleh dilakukan, asalkan dalam batas yang wajar. Karena penggunaan tusuk gigi dapat menyebabkan adanya celah antara gigi yang satu dengan gigi yang lainnya.

13. Hindari Pemutih Gigi

Penggunaan pemutih gigi sebaiknya anda hindari jika memang anda ingin memiliki gigi yang sehat dan kuat, karena sebenarnya produk pemutih gigi sangatlah berbahaya untuk kesehatan gigi jika digunakan dalam jangka panjang. Hal ini dikarekanan, penggunaan pemutih gigi ini sama saja dengan membersihkan gigi secara paksa, sehingga jika terus dilakukan dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan bahkan dapat memicu kanker mulut.

14. Konsumsi Makan Berserat dan Rendah Lemak

Tips berikutnya yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yaitu dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi dan rendah lemak. Dengan rutin mengkonsumsi makanan kaya serat dan rendah lemak, maka kesehatan gigi akan selalu terjaga dan terhindar dari plak gigi yang merugikan. Selain itu, konsumsi makanan rendah lemak dan kolesterol juga dapat mengurangi pembentuka flak pada gigi.

15. Periksakan Gigi secara Rutin

Meskipun anda sudah menjalankan semua tips-tips menjaga kesehatan gigi, anda tetap harus rutin melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi tanpa harus menunggu gigi anda sakit. Selain sebagai pencegahan, dengan rutin melakukan perawatan gigi dan mulut ke dokter dapat mencegah munculnya berbagai masalah pada gigi dan mulut anda.

C. Tips dan Cara Menggosok / Menyikat Gigi yang Benar

Dalam melakukan perawatan gigi, maka sebaiknya anda mengetahui bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar, karena kesalahan ketika menyikat gigi dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah gigi dan mulut seperti bau mulut dan juga gigi berlubang. Anda pasti rajin menyikat gigi setiap hari, tapi apakah anda tahu bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar?

Untuk anda yang belum tahu bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar, anda bisa simak caranya di bawah ini :
  1. Awali menggosok gigi dari bagian depan
  2. Kemudian ke sisi kiri dan kanan depan 
  3. Selanjutnya masuk ke bagian gigi dalam hingga selesai

Berikut tips menggosok / menyikat gigi yang baik dan benar :
  1. Gerakan menggosok gigi yang benar yaitu dengan cara memutar
  2. Selalu gunakan sikat gigi yang berbulu sikat halus dan lembut
  3. Gunakan pasta gigi yang mengandung flouride
  4. Jangan terlalu keras menggosok gigi
  5. Gosok gigi anda minimal 3 menit secara menyeluruh
  6. Pastikan anda rutin mengganti sikat gigi minimal 3 bulan sekali.
  7. Hindari menggunakan sikat gigi secara bersamaan
  8. Bersihkan mulut dengan air bersih dan mouthwash setiap selesai menggosok gigi.

D. Makanan Sehat untuk Gigi dan Mulut

Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, diantaranya yaitu :

1. Susu dan Yoghurt Rendah Gula

Susu dan yoghurt adalah minuman sehat yang sangat baik untuk tubuh, termasuk sangat baik untuki gigi dan mulut. Namun jika ingin mendapatkan manfaat dari susu dan yoghurt untuk mulut, sebaikya polih susu dan yoghurt yang rendah gula atau plain. Hal ini dikarenakan, kedua jenis makanan ini dapat mencegah terjadinya erosi pada gigi, karena kaya akan kandungan kalsium.

2. Buah-buahan

Konsumsi buah-buahan yang memang memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan gigi dan mulut, kandungan vitamin C nya dapat mencega gigi dan mulut terkena penyakit.

3. Sayuran

Beberapa jenis sayuran yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehaan gigi dan gusi diantaranya yaitu brokoli, wortel, ubi jalar, dan labu. Semua jenis sayuran tersebut sangat baik dan bermanfaat untuk membangun enamel gigi, maka akan sangat baik jika dimakan mentah.

4. Bawang Merah

Bawang merah memiliki kandungan senyawa belerang yang bersifat sebagai antibakteri yang sangat kuat, bawang merah ini sangat efektif untuk membasmi kuman dan bakteri yang dapat membahayakan gigi dan gusi.

5. Seledri

Makanan berikunya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yaitu seledri. Dengan makan seledri mentah dapat bermanfaat untuk membersihkan gigi dan memproduksi air liur dalam mulut yang berfungsi untuk menetralkan bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Itulah tadi ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai 7 Jenis Penyakit pada Gigi & Mulut, serta 15 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut. Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk sharing dan like halaman fb blog ini. Cukup sekian dan salam sehat.