10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, serta Jenis Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit -- Tips & Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Lemah, Makanan (Buah & Sayur) untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Cara Agar Daya Tahan Tubuh Kuat dan Tidak Mudah Sakit, Tips & Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami, Suplemen dan Vitamin Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Tips & Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Stamina, Tips & Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh.


Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit -- Kondisi cuaca saat ini memang sudah tidak menentu, tentunya anda wajib tahu bagaimana cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang tepat dan sesuai. Pasalnya, penurunan daya tahan tubuh pada tubuh seseorang dapat membuat tubuh mudah sakit dan memicu berbagai jenis penyakit menghampiri Anda.

Pada dasarnya, tubuh setiap orang mempunyai sistem imunitas tubuh yang mampu untuk melawan mikroorganisme yang dapat menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit dan dapat menurunkan daya tahan tubuh. Kendati demikian, bukan berarti sistem imunitas ini tidak akan mengalami kegagalan dalam menjaga kesehatan tubuh anda. Terkadang, kuman bisa lebih kuat untuk membuat tubuh anda sakit.

Oleh karenanya, penting sekali bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara menjadikan daya tahan tubuh kita lebih kuat. Sehingga tubuh kita dapat terhindar dari apa saja yang dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh. Daya tahan tubuh yang sehat dan kuat dapat terbentuk dengan menerapkan pola hidup sehat dan konsumsi makanan sehat.

Bagi anda yang belum tahu bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh, dalam artikel kali ini akan kami bahas secara lengkap tips meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat kita lakukan agar tubuh tidak mudah sakit dan terserang penyakit. Langsung saja kita simak informasi selengkapnya dibawah berikut ini.

A. Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

1. Menerapkan Pola Makan

Cara pertama yang dapat kita lakukan agar daya tahan tubuh menjadi lebih kuat yaitu dengan menjaga pola makan, jangan pernah melewatkan sarapan pagi dan usahakan agar jam makan selalu teratur. Bagi orang yang tidak bisa menjaga pola makan yang sehat dan baik, maka tubuhnya akan mudah sekali terkena penyakit, salah satunya yaitu penyakit maag.

2. Penuhi Gizi Seimbang

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita dengan istlah 4 sehat dan 5 sempurna. Makanan dengan gizi seimbang yaitu yang 4 sehat dan 5 sempurna. Semua kandungan gizi bisa didapatkan dari makanan 4 sehat dan 5 sempurna. Mungkin dikarenakan faktor ekonomi, banyak kalangan masyarakat di Indonesia tidak bisa menerapkan pola makan sehat seperti itu. Pola makan yang umum di Indonesia, jika sudah ada sayur maka lauknya menjadi tidak ada, kalaupun kedua makanan tersebut tersedia, masih banyak masyarakat yang tidak bisa minum susu setiap hari sehingga untuk menerapkan pola makan makanan 4 sehat 5 sempurna itu sulit untuk diterapkan.

Di dalam memenuhi gizi seimbang, maka anda perlu memilih makanan sehat yang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi penting seperti vitamin, serat, karbohidrat dan berbagai kandungan gizi serta nutrisi penting lainnya.

3. Hindari Makan Terlalu Banyak

Kebiasaan makan terlalu banyak memang tidak baik untuk kesehatan tubuh, salah satu dampak buruk dari kebiasaan makan terlalu banyak yaitu dapat menyebabkan penambahan berat badan berlebih (obesitas). Jika tubuh mengalami obesitas, sudah tentu dapat menjadi penyebab munculnya berbagai jenis penyakit serius, beberapa diantaranya terkena penyakit diabetes, darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit jantung dan bahkan stroke.

4. Mencuci Tangan dan Makanan

Ketika anda hendak makan, sebaiknya anda mencuci tangan terlebih dahulu agar tangan anda terbebas dari kuman, virus dan juga bakteri yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh. Selain itu, biasakan anda mencuci makanan sebelum di masak atau di makan. Pastikan juga anda selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun setiap kali anda keluar dari toilet.

5. Cukupi Cairan Tubuh

Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik dan tahan terhadap serangan penyakit, maka tubuh membutuhkan asupan cairan dalam jumlah cukup setiap harinya. Hal ini dikarenakan, dengan mendapatkan asupan cairan dalam jumlah cukup, maka tubuh akan tetap dalam kondisi segar dan bugar. Tubuh yang mengalami kekurangan cairan dapat berdampak buruk bagi tubuh, karena cairan di dalam tubuh berperan dalam melancarkan sirkulasi darah dan oksigen pada pembuluh darah.

Maka, jika tubuh mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi, maka aliran darah dan organ dalam tubuh dapat terganggu, sehingga tubuh akan mudah lelah, lesu dan daya tahan tubuh pun akan melemah. Untuk membantu memenuhi carian tubuh, anda bisa mendapatkannya dengan minum air putih dan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan air di dalamnya.

6. Olahraga Secara Teratur

Cara meningkatkan daya tahan tubuh bisa dilakukan juga dengan rutin menjalani aktivitas olahraga secara rutin dan teratur setiap hari. Dengan berolahraga, aliran darah akan menjadi lancar dan dapat membantu membakar kelebihan leak dan kalori dalam tubuh manusia. Tanpa dilakukan olahraga, maka pembakaran lemak di dalam tubuh tidak akan maksimal, sehingga lemak akan terus menumpuk pada pembuluh darah dan menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Rutin menjalani aktivitas olahraga secara rutin juga dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar, sehingga daya tahan tubuh akan menjadi lebih kuat dan tubuh pun tidak akan mudah sakit serta terserang penyakit.

7. Istirahat Cukup

Setelah melakukan aktivitas dan rutinitas pekerjaan sehari-hari, maka tubuh sangat membutuhkan waktu untuk beristirahat dalam waktu cukup. Banyak orang yang menderita penyakit berbahaya akibat dari memiliki jam tidur yang tidak teratur. Maka dari itu, dengan menerapkan pola tidur cukup, maka tubuh akan lebih sehat dan segar. Pastikan anda mendapatkan watu untuk bisa tidur di malam hari selama 7 jam, sehingga pada saat bangun pagi tubuh akan terasa lebih segar dan dapat kembali menjalani aktivitas dengan baik.

8. Hindari Stres

Stress memang sering kali menjadi pemicu dari munculnya berbagai penyakit berbahaya, karena seseorang yang sedang dilanda stres, daya tahan tubuhnya akan mengalami penurunan secara drastis, sehingga orang yang sering stres akan mudah sakit dan terserang berbagai jenis penyakit berbayaya seperti penyakit hipertensi dan stroke.

Maka jika anda ingin memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan sehat, maka sebaiknya hindari sebisa mungkin hal-hal yang dapat membuat anda stres. Cara menghindari stres bisa dengan pergi jalan-jalan, nongkrong dengan teman, olahraga dan hal-hal lain yang dapat membuat anda terhibur dan merasa senang.

9. Cukupi Kebutuhan Vitamin

Tubuh kita sangat membutuhkan asupan vitamin dalam jumlah cukup, karena untuk meningkatkan daya tahan tubuh dapat terbentuk dari asupan berbagai jenis vitamin dalam tubuh. Beberapa jenis vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh yaitu seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D dan masih banyak lagi jenis vitamin lainnya. Untuk mendapatkan asupan vitamin dalam jumlah cukup, anda bisa mendapatkannya dari makanan atau bisa juga dengan mengkonsumsi suplemen makanan yang bisa anda dapatkan dengan mudah di apotik.

10. Berpikiran Positif

Untuk menciptakan daya tahan tubuh yang kuat, maka usahakan agar kita selalu berpikir positif. Pikiran yang positif sangatlah penting dalam kehidupan dan kesehatan tubuh anda. Bagi orang yang selalu berpikiran buruk, maka energi dan daya tahan tubuhnya akan mengalami penurunan. Oleh sebab itu, jika kita ingin hidup sehat dan terhindar dari bahaya penyakit, hindar stres dan usahakan agar selalu berpikiran positif.

B. Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Bawang Putih

Konsumsi bawang putih bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara melakukan regulasi hormon, menurunkan tekanan darah tinggi dan juga dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Di dalam bawang putih mengandung banyak zat dan senyawa penting yang bermanfaat untuk memperkuat sistem imunitas tubuh, beberapa diantaranya mengandung konsentrasi sulfur yang cukup tinggi, yaitu allicin yang bermanfaat untuk membasmi bakteri dan virus yang dapat menginfeksi tubuh.

2. Daging

Makanan berikutnya yang sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh yaitu dengab mengkonsumsi daging, karena di dalam daging mengandung zinc, eleman yang sangat bermanfaat untuk mendukung  produksi dan memperbanyak jumlah sel darah putih di dalam tubuh. Sel darah putih sendiri sangat bermanfaat untuk membantu melawan serangan virus dan bakteri pembawa penyakit.

3. Yoghurt

Yoghurt adalah makanan yang memiliki kandungan bakteri baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama usus dan pencernaan. Bakteri ini dapat menjaga kesehatan pada saluran pencernaan, karena pencernaan yang sehat dapat menunjang daya tahan tubuh yang kuat.

4. Gandum

Di dalam gandum juga mengandung serat potensial yang dikenal dengan beta-glucan dengan kandungan senyawa antioksidan, sehingga dapat memberikan efek luar biasa sebagai antimikroba. Sehingga gandum menjadi makanan yang sangat baik untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh.

5. Telur

Makanan berikutnya yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh yaitu telur, karena di dalam yelur mengandung vitamin D dan juga vitamin B kompleks yang sagat baik untuk membasmi penyakit dan juga membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

6. Jamur

Jamur dapat membantu tubuh dalam memproduksi sel darah putih, sel darah putih ini dapat berperan penting sebagai pelindung yang sangat baik untuk sistem imunitas tubuh. Di dalam jamur juga mengandung zinc yang sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh secara menyeluruh.

7. Ubi Jalar

Meski umbi-umbian yang satu ini sering dipandang sebelah mata, namun ubi jalar atau yang dikenal dengan nama ubi manis ini ternyata memiliki kandungan beta-karoten yang sangat tinggi dan juga kaya akan kandungan vitamin A.

Vitamin A sendiri termasuk jenis nutrisi yang dapat membantu memproduksi jaringan konektif, yaitu suatu jaringan yang menghubungkan antar jaringan yang ada dalam tubuh. Ubi jalar memiliki peranan yang sangat besar bagi kulit agar dapat mencegah serangan bakteri dan juga kuman yang membawa penyakit. Perlu anda ingat bahwa kulit yang sehat dapat menjadi sistem pertahanan tubuh yang sangat baik.

8. Alpukat

Buah alpukat juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena di dalam buah alpukat mengandung vitamin yang terdiri dari vitamkin A, B1, C dan juga vitamin E serta beberapa kandungan mineral penting lainnya.

Selain itu, di dalam buah alpukat ini juga mengandung beta-karoten dan glutation yang dapat berperan sebagai senyawa antioksidan yang sangat kuat untuk melawan serangan radikal bebsa yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian, sistem imunitas dalam tubuh akan menjadi lebih kuat dan dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker.

9. Beri-berian

Ada banyak jenis buah yang termasuk jenis beri-berian, buah yang termasuk ke dalam kelompok ini sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena di dalamnya mengandung vitamin dan zat penting yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit. Beberapa jenis buah yang termasuk ke dalam kelompok beri-berian ini diantaranya yaitu seperti strawberry, blueberry, blackberry dan masih banyak lagi yang lainnya.

10. Kubis / Kol

Di dalam kubis mengandung glutamin yang sangat tinggi. Glutamin sendiri adalah salah satu jenis asam amino essensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, tetapi harus didapatkan dari makanan. salah satu makanan yang kaya akan kandungan asam amino essensial ini yaitu kubis. Asupan glutamin dalam tubuh dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh, sehingga dengan rutin mengkonsumsi kubis tubuh tidaksakit dan terserang penyakit.

11. Lemon

Lemon merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin ini dapat berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mendapatkan asupan vitamin C dalam jumlah cukup sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh mampu menangkal serangan bakteri dan virus yang menyerang sistem pertahanan tubuh.

12. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B1 dan juga vitamin C serta kaya akan kandungan serat. Semua kandungan gizi dan nutrisi penting yang ada dalam sayuran hijau ini dapat berperan penting dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga sayuran hijau sangat baik dijadikan sebagai makanan sehat sehari-hari.

13. Jahe

Jahe sering kali dikonsumsi oleh mereka yang sedang terserang pilek dan juga flu. Di dalam jahe ini mengandung zat dan senyawa yang berperan aktif dalam melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit, seperti virus influenza.

Di dalam jahe mengandung bahan mikroba yang sangat penting bagi tubuh, selain itu jahe juga mengandung antioksidan dan mineral penting yang bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, minum air rebusan jahe sangat cocok ketika memasuki musim hujan karena dapat memberikan efek hangat pada tubuh.

14. Brokoli

Tentunya anda semua sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis sayuran yang satu ini. brokoli adalah sayuran yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi lengkap, di dalam brokoli mengandung vitamin A, C dan juga vitamin E serta beberapa kandungan mineral penting yang diperlukan oleh tubuh. Manfaat mengkonsumsi brokoli sendiri dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

15. Bayam

Mungkin tidak pernah terpikir oleh anda sebelumnya, jika ternyata di dalam bayam mengandung nutrisi yang lengkap dan baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan utama dari bayam ini yaitu seperti vitamin A, vitamin C, betakaroten, antioksidan, serat, zat besi dan masih banyak lagi kandungan nutrisi penting lainnya. Dengan memiliki kandungan nutrisi tersebut, mengkonsumsi bayam sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu dalam melawan infeksi.

Setelah mengetahui tips meningkatkan daya tahan tubuh yang baik dan benar, sayangi diri anda dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan-makanan sehat dengan kandungan gizi yang seimbang agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik. Disamping itu, jangan lupa untuk rutin berolahraga minimal seminggu sekali agar stamina dan daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik.

Demikianlah ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai 10Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk anda serta dapat menambah wawasan kita semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Cukup sekian dan terima kasih. Please share.