18 Tips dan Cara Menjaga Kebugaran Jasmani dan Kesehatan Tubuh

18 Tips dan Cara Menjaga Kebugaran Jasmani dan Kesehatan Tubuh -- Cara Menjaga Kesehatan Badan, Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari Berbagai Penyakit, Cara Menjaga Kebugaran Jasmani, Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita - Pria - Anak2, Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh, Tips Kesehatan Singkat, Informasi Tentang Kesehatan Tubuh, Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Jasmani, Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Jasmani dan Rohani Tubuh.

https://www.infokesehatan.web.id/

Tips dan Cara Menjaga Kebugaran Jasmani dan Kesehatan Tubuh -- Memiliki tubuh yang sehat dan bugar memang keinginan semua orang, karena dengan tubuh yang sehat dan bugar menjadi modal utama dalam melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas sehari-hari agar dapat berjalan dengan lancar.

Kesehatan adalah suatu kenikmatan yang sangat berharga yang telah dikaruniakan tuhan kepada kita, sehingga kita patut untuk mensyukuri nikmat tuhan tersebut. Salah satu cara untuk mensyukuri nikmat tuhan tersebut yaitu dengan menjaga kebugaran jasmani dan juga kesehatan tubuh.

Sebenarnya sehat itu mahal, kenapa? Karena jika kita sakit tentu kita membutuhkan obat-obatan atau bahkan harus pergi ke dokter untuk berobat agar bisa cepat sembuh, belum lagi jika penyakit yang diderita sudah sangat parah dan perlu mendapatkan penanganan rumah sakit.

Baca Juga : Manfaat Jamu Kunyit, Jahe, dan Kencur untuk Kesehatan

Oleh sebab itu, penting sekali bagi kita untuk senantiasa menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Banyak cara yang bisa kita lakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Tips dan Cara Menjaga Kebugaran Jasmani dan Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Mandi Pagi dengan Air Dingin

Menjaga kebersihan tubuh menjadi langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, karena dengan rutin mandi pagi setiap hari dapat membuat tubuh kita menjadi segar dan pastinya sangat menyehatkan. 

Namun jangan mandi pagi dengan air hangat, madi air dingin di pagi hari memang terasa dingin namun setelahnya tubuh akan terasa lebih segar dan siap menjalani rutinitas anda sepanjang hari.

2. Jangan Lewatkan Sarapan Pagi

Sarapan pagi sangat penting untuk dijalankan setiap hari, karena pada pagi hari kondisi perut masih dalam keadaan kosong. Jadwal sarapan pagi yang paling tepat yaitu sebelum pukul 9 pagi sebelum anda berangkat kerja, karena dengan sarapan dapat memberikan sumber energi bagi tubuh untuk mendukung aktivitas yang akan hingga tiba jam makan siang.

Maka dari itu, usahakan agar tidak melewatkan sarapan pagi agar tubuh tetap bugar dan bertenaga serta dapat berpikir dengan baik. Kemudian pada anak-anak juga sarapan bisa memberikan banyak manfaat, yaitu dapat meningkatkan kekuatan dan kecerdasan bagi otak mereka, sehingga berpeluang besar untuk meningkatkan prestasi belajar.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat sepanjang hari, usahakan agar anda dapat memenuhi asupan gizi dan nutrisi seimbang dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna setiap hari. Ada banyak sekali jenis makanan yang termasuk ke dalam kelompok makanan 4 sehat 5 sempurna, seperti sayuran, buah-buahan, nasi, lauk pauk, susu, daging, telur dan masih banyak lagi jenis makan sehat lainnya.

Di dalam makanan-makanan tersebut mengandung gizi dan nutrisi yang lengkap dan dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, protein, mineral dan juga vitamin. Dengan rutin mengkosnumsi makanan sehat, maka tubuh akan ternutrisi dengan baik sehingga kebugaran dan kesehatan tubuh pun akan tetap terjaga sepanjang hari.

4. Menjaga Kebersihkan dan Kehigienisan Makanan

Sebelum anda mengkonsumsi makanan seperti sayuran dan buah-buahan, sebaiknya anda membersihkan makanan tersebut dengan air mengalir agar bebas kuman dan zat-zat kimia seperti pestisida.

Selain itu, jika anda akan memasak daging, ikan dan telur, pastikan anda memasaknya hingga matang sempurna agar bakteri yang ada dalam makanan tersebut hilang. Mengkonsumsi makanan yang masih mengandung pestisida dan bakteri dapat membahayakan kesehatan tubuh anda, sehingga jangan sepelekan hal ini agar kesehatan tubuh anda tetap terjaga dan terhindar dari serangan penyakit.

5. Hindari Konsumsi Makanan Instan

Konsumsi makanan instan memang dinilai lebih praktis, akan tetapi memiliki banyak sekali dampak buruknya bagi kesehatan tubuh. Makanan instan memang sering menjadi sahabat bagi orang-orang yang memiliki aktivitas pekerjaan yang padat atau bagi para mahasiswa yang sedang kost. Salah satu jenis makanan instan yang paling digemari yaitu mie instan.

Namun kami menyarankan agar anda sebaiknya menghindari terlalu sering mengkonsumsi makanan instan, apalagi jika anda menjadikan makanan instan sebagai makanan utama sehari-hari. 

Tahukah anda, di dalam makanan instan mengandung bahan kimia berbahaya seperti natrium karbonat, natrium polifosfat, kalium karbonat, zat lilin, zat pewarna dan zat-zat kimia lainnya yang tidak baik bagi kesehatan tubuh apabila sering masuk ke dalam tubuh.

6. Hindari Makan Berlebih

Porsi makan yang terlalu berlebihan juga dapat berpengaruh terhadap kebugaran dan kesehatan tubuh, karena kebiasaan makan dengan porsi yang berlebihan dapat menyebabkan kegemukan, gangguan pencernaan dan bahkan dapat meningkatkan resiko terkena berbagai jenis penyakit berbahaya seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit berbahaya lainnya.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda bisa mengendalikan nafsu makan anda dan makan dengan porsi cukup. Dengan demikian, kebugaran dan kesehatan tubuh akan senantiasa terjaga sehingga dapat terhindar dari resiko terkena berbagai jenis penyakit berbahaya.

7. Minum Air Putih

Pada dasarnya, 70 persen tubuh kita terdiri dari air. Maka dari itu penting sekali agar kita selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan baik setiap harinya, tubuh membutuhkan minimal 2 liter air setiap harinya atau setara dengan 8 gelas air. Dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, maka tubuh pun akan tetap bugar dan sehat.

Tubuh yang kurang mendapatkan cairan bisa menyebabkan dehidrasi, tubuh yang mengalami dehidrasi sangat rentan terhadap serangan berbagai jenis penyakit dan dapat menyebabkan tubuh terasa lemas dan kurang bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

8. Batasi Minum Kopi

Bagi anda para penggemar kopi, sebaiknya mulai dari sekarang batasi minum kopi jika anda ingin memiliki tubuh yang sehat. Di dalam minuman kopi menganung kafein yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, apalagi jika menambahkan gula dalam jumlah yang cukup banyak sehingga meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes. Selain itu, terlalu banyak minum kopi juga dapat menyebabkan kerja organ jantung menjadi lambat,

9. Hindari Terlalu Sering Konsumsi Minuman Isotonik

Konsumsi minuman isotonik memang dapat menyegarkan tubuh, terutama ketika sudah berolahraga atau bekerja seharian. Namun jika anda terlalu sering atau bahkan mengutamakan minuman isotonik ketimbang air putih atau air mineral, maka dapat menyebabkan ketergantungan dan membahayakan kesehatan tubuh anda sendiri.

Perlu anda ketahui bahwa di dalam minuman isotonik mengandung zat-zat kimia dan pengawet yang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang, sehingga sebaiknya anda membatasi minuman isotonik dan lebih banyak minum air putih dan jus buah-buahan atau air kelapa sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.

Dengan memilih minum jus buah atau air kelapa sangat baik bagi kesehatan tubuh, karena di dalam minuman sehat tersebut kaya akan kandungan vitamin dan juga nutrisi penting lainnya yang dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat sepanjang hari. Selain itu, jus buah atau air kelapa bermanfaat untuk mengeluarkan zat-zat racun dan toksin berbagai yang mengendap di dalam tubuh.

10. Hindari Kebiasaan Bergadang

Bagi anda yang memiliki banyak kegiatan di siang hari, maka sebaiknya anda menghindari bergadang hingga larut malam. Akibat dari kebiasaan bergadang di malam hari tentu sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh dan dapat menyebabkan stamina tubuh di siang hari menjadi tidak fit.

Selain itu, kebiasaan tidak sehat ini juga dapat menyebabkan masalah berat badan, penurunan daya tahan tubuh dan menyebabkan muncul berbagai jenis penyakit. Dengan mengetahui resiko yang ditimbulkan akibat dari terlalu sering bergadang, maka sebaiknya anda hindari kebiasaan bergadang jika tidak terlalu penting.

11. Biasakan Minum Air Putih Hangat Sebelum dan Setelah Tidur

Manfaat minum air putih hangat setiap hari sangat baik bagi kesehatan tubuh, terutama saat sebelum dan setelah tidur. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rutin melakukan kebiasaan ini, air putih hangat dapat membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh dan mengeluarkan racun-racun yang mengandung di dalam tubuh.

Selain itu, manfaat minum air putih hangat ketika bangun tidur dapat menjadikan tubuh terasa lebih bugar dan siap untuk menjalankan aktivitas di pagi hari.

12. Konsumsi Multivitamin

Multivitamin juga sangat penting dilakukan untuk menambah asupan vitamin bagi tubuh, sehingga kesehatan dan kebugaran tubuh akan tetap terjaga sepanjang hari. Anda bisa mendapatkan multivitamin di apotik-apotik terdekat, minum secara teratur sesuai anjuran yang tertera pada kemasannya.

Namun perlu anda ingat, meski konsumsi multivitamin ini sangat bermanfaat untuk menutrisi tubuh. Sebaiknya anda tidak terlalu sering mengkonsumsi multivitamin, imbangi dengan mendapatkan vitamin dari makanan sehat dalam bentuk segar seperti sayuran dan buah-buahan segar.

13. Rutin Berolahraga

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar sepanjang hari tidak hanya cukup dengan konsumsi makanan sehat dan istirahat cukup, tetapi juga harus diimbangi dengan rutin berolahraga setiap hari paling tidak 30 menit setiap harinya. Hal ini dikarenakan, dengan rutin berolahraga dapat merefresh tubuh sehingga tubuh akan menjadi bugar dan lebih tahap terhadap serangan penyakit.

Anda tidak selalu harus berolahraga dengan menggunakan alat-alat modern dan juga tidak perlu menjalankan olahraga berat, cukup dengan rutin jogging, jalan kaki, bersepeda ataupun aerobik. 

Asalkan dilakukan secara rutin dan teratur, maka kesehatan dan kebugaran tubuh akan tetap terjaga serta tubuh tidak mudah sakit. Maka dari itu, usahakan untuk menyempatkan waktu minimal 30 menit di pagi hari sebelum anda berangkat kerja dan melakukan rutinitas sehari-hari.

14. Biasakan Untuk Tidur Lebih Awal dan Bagun Pagi

Membiasakan diri untuk selalu bangun pagi sangat baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Ketika bangun tidur di pagi hari, anda bisa menghirup udara segar yang masih belum terkontaminasi dengan polusi udara, sehingga oksigen yang masuk ke dalam tubuh lebih bersih dan menyehatkan. 

Menghirup udara pagi yang bersih dan segar sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak, sehingga pikiran pun akan lebih tenang dan mampu menghasilkan ide-ide yang kreatif.

Maka dari itu, usahakan untuk tidur lebih awal waktu yaitu tidak lewat dari jam 21.00 dan usahakan untuk bangun pagi hari sekitar jam 04.00 pagi. Selain itu, pastikan anda tidur dalam kondisi pikiran tenang agar pada saat bangun pagi bisa kembali fresh.

15. Berpuasa

Dengan berpuasa sudah terbukti sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena dengan berpuasa dapat mengistirahatkan organ pencernaan pada tubuh kita untuk sementara waktu. Tidak hanya tubuh, ternyata organ pencernaan juga memerlukan waktu untuk beristirahat agar fungsi dan kesehatannya tetap terjaga dengan baik.

Selain itu, dengan berpuasa juga dapat membantu menghilangkan racun-racun berbahaya yang mengendap dalam tubuh, proses ini dalam dunia medis disebut dengan proses detoksifikasi. 

Bahkan dalam agama Islam diwajibkan bagi umatnya untuk berpuasa satu bulan penuh di bulan ramadhan, bahkan dianjurkan juga untuk melakukan puasa dua kali seminggu di bulan-bulan lainnya yang dikenal dengan puasa senin kamis.

16. Menjaga Kebersihan Badan dan Lingkungan

Menjaga kebersihan badan dan lingkungan memang menjadi kunci utama dari kesehatan tubuh. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk menjaga kebersihan badan dengan melakukan mandi dua kali sehari pagi dan sore. Selain itu, anda juga harus selalu menjaga kebersihan lingkungan agar lingkungan rumah anda lebih sehat dan jauh dari sumber-sumber penyakit.

Hal ini dikarenakan, tubuh dan lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya dapat menjadi biang dari munculnya berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman ataupun bakteri. Beberapa jenis penyakit yang sering menyerang akibat kurang memperdulikan kebersihan diri dan lingkungan yaitu penyakit diare, sakit perut, demam berdarah (DBD), disentri dan masih banyak lagi penyakit lainnya.

17. Hindari Stres

Agar tubuh tetap sehat dan bugar sepanjang hari, sebaiknya anda menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan anda mengalami stres. Orang yang sering mengalami stres akan meningkatkan resiko terserang berbagai jenis penyakit, sehingga sangat dianjurkan agar anda mengindari berbagai hal yang dapat membuat anda merasa stres dan usahakan agar anda selalu berfikir positif. Dengan anda selalu berfikit positif, maka tubuh anda akan menjadi lebih sehat secara jasmani maupun rohani.

Untuk mencegah agar anda tidak mengalami stres, anda bisa mengalihkan perhatian anda dengan melakukan berbagai kegiatan yang lebih bermanfaat seperti olahraga, mendengarkan musik, membaca komik, nonton televisi acara favorit, pergi liburan bersama keluarga, memancing dan kegiatan-kegiatan lain yang dapat membuat anda terhibur.

18. Melakukan Meditasi

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk menjaga tubuh bugar dan sehat yaitu dengan rutin melakukan meditasi, anda bisa melakukan meditasi di pagi hari dengan duduk bersila dipekarangan rumah. 

Usahakan agar tubuh anda lebih rileks dan anda bisa menarik napas dalam-dalam dengan hidung, lalu tahan beberapa detik dan hembuskan melalui mulut. Lakukan latihan ini beberapa kali sesuai kemampuan, saat melakukannya usahakan sebisa mungkin untuk berkonsentrasi.

Dengan anda rutin melakukan meditasi setiap pagi, tidak hanya baik untuk kebugaran jasmani dan kesehatan tubuh tetapi juga baik untuk kesehatan rohani. Selain itu, manfaat meditasi juga dapat meningkatkan kemampuan dan kecerdasan otak. Maka dari itu, bagi anda para pelajar atau mahasiswa sangat dianjurkan untuk melakukan meditasi.

Bagaimana, sudahkah anda mencoba cara-cara di atas? 
Demikianlah pembahasan yang dapat kami bahas pada artikel kali ini mengenai 18 Tips dan Cara Menjaga Kebugaran Jasmani dan Kesehatan Tubuh. Semoga apa yang telah kami uraikan dalam artikel kesehatan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda semua yang telah membaca dari awal hingga akhir. Terima kasih dan salam sehat selalu. Please like dan sahre. Selamat mencoba.