10 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah, serta Jenis Makanan yang Baik untuk Kulit Wajah

10 Tips dam Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah secara Alami -- Tips & Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Kulit Wajah, Cara Menjaga Kesehatan Wajah Secara Alami, Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah, Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh, Cara Menjaga Kesehatan Kulit Secara Alami, Tips Menjaga Kesehatan Wajah Secara Alami, Cara Perawatan Wajah Sehari-Hari, Cara Merawat Kulit Wajah Agar Putih, Cara Merawat Wajah Agar Awet Muda dan Tetap Cantik Alami.


Tips & Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah, serta Jenis Makanan yang Baik untuk Kulit Wajah -- Bisa dikatakan jika hampir setiap orang pasti selalu memperhatikan kondisi kesehatan kulit wajahnya, karena wajah merupakan bagian tubuh yang paling pertama kali mendapatkan perhatian. Maka, jika pada kulit wajah muncul masalah dapat membuat seseorang yang mengalaminya akan merasa kurang percaya diri.

Dengan demikian, melakukan perawatan untuk menjaga kesehatan kulit wajah sangatlah peneting. Tidak hanya untuk para kaum wanita saja, tetapi juga bagi para kaum pria. Bahkan tidak sedikit orang terutama kaun hawa yang rela untuk mengeluarkan budget yang banyak hanya untuk memanjakan kulit wajahnya agar dapat terlihat cantik dan menarik. Namun sayangnya, tidak semua orang mampu untuk melakukannya dikarenakan masalah finansial.

Namun sebenarnya, untuk melakukan perawatan kulit wajah agar tetap sehat dan terawat tidak harus mahal dan bukan pula hal yang sulit untuk dilakukan. Tidak harus pergi ke salon atau klinik kecantikan atau membeli produk perawatan kulit wajah yang harganya selangit. Hanya saja diperlukan sedikit kemauan dan menghilangkan rasa malas untuk melakukan perawatan.

Penasaran, bagaimana cara menjaga kesehatan kulit wajah dirumah? Untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

A. Tips & Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Berikut ini beberapa langkah penting yang perlu anda lakukan untuk menjaga agar wajah anda terjaga kesehatannya dan bisa tampil menarik, diantaranya yaitu :

1. Jadilah Pribadi yang Mudah Tersenyum

Tersenyum adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja dan ternyata tersenyum itu banyak sekali manfaatnya, karena tersenyum dapat membuat seseorang yang melakukannya akan memilih tubuh sehat. Dengan tersenyum wajah pun akan terlihat lebih cerah dan banyak orang yang akan senang melihatnya.

Berdasarkan dari hasil penelitian, bahwa orang yang berusia diatas 40 tahun akan terlihat lebih mudah jika sering tersenyum, berbeda dengan orang yang jarang tersenyum. Menurut penjelasan secara ilmiah, dengan sering tersenyum dapat membuat seseorang terlihat lebih muda dari usianya, karena otot-otot pada wajah yang sering bergerak naik ke atas akan membuat kulit wajah terangkat sehingga dapat mengencangkan kulit wajah dan membuat kulit wajah tampak awet muda.

2. Cukupi Cairan Tubuh

Sekitar 70% tubuh kota terdiri dari air, sehingga jika tubuh kurang mendapatkan cairan dapat menyebabkan masalah yang cukup serius pada kesehatan tubuh termasuk kulit wajah. Namun jika tubuh mendapatkan asupan cairan dalam jumlah cukup setiap harinya, makan kesehatan tubuh akan senantiasa terjaga dan begitu pula dengan kulit wajah. Maka salah satu manfaat minum air putih dipercaya dapat menjadikan kulit wajah tampak awet muda.

Beda hal nya dengan tubuh yang mengalami dehidrasi, maka dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar. Maka minum air putih dalam jumlah cukup sangat baik untuk membantu menjaga kelembaban kulit, sehingga dapat membuat kulit terasa lebih lembut. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan kulit mengalami penurunan elastisitasnya, sehingga menyebabkan kulit lebih rentan mengalami proses penuaan dini seperti kulit keriput.

Maka, untuk menjaga kesehatan kulit wajah sebaiknya cukupi cairan tubuh dengan minum air putih dalam jumlah cukup dan bantu juga dengan konsumsi buah-buahan yang mengandung kadar air tinggi sepertu buah apel, semangka, melon dan laiin sebagainya.

3. Istirahat Cukup

Salah satu kebiasaan yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit wajah diantaranya yaitu kebiasaan sering bergadang. Jika memang terpaksa, begadang memang boleh-boleh saja tetapi hanya sesekali saja dan jangan keterusan. Jika anda terus menerus bergadang, maka dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit dan juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jika sering tidur larut malam dapat beresiko menyebabkan kulit menjadi kusan dan juga rentan mengalami dehidrasi. Penting sekali agar selalu mendapatkan waktu tidur yang cukup, karena pada malam hari kulit akan melakukan proses regenerasi agar menjadi lebih sehat, terlihat lebih cerah dan tampak indah. Maka untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan indah, maka tidurlah pada awal malam sehingga anda bisa bangun pada awal pagi. Selain itu, udara pada awal pagi atau waktu shubuh ini udaranya masih sangat segar yang sangat baik untuk kulit.

Agar mendapatkan tidur yang berkualitas, maka sebaiknya matikan lampu, televisi, laptop dan ponsel anda pada saat anda hendak tidur. Tidur dengan keadaan gelap sangat baik untuk kesehatan tubuh dan wajah, karena pada saat kondisi ruangan gelap gulita tubuh akan memproduksi hormon yang bernama melatonin. Manfaat dari hormon melatonin ini yaitu untuk membantu memperbaiki dan kualitas dari siklus tidur seseorang, sehingga dapat membuat tidur lebih nyenyak dan nyaman.

4. Hindar Terkena Paparan Sinar Matahari secara Langsung

Sinar matahari pagi sebenarnya sangat baik untuk kulit dan tubuh, sinar matahari yang bermanfaat dimulai sejak terbitnya matahari sampai pukul 09.00 pagi. Namun jika sudah menginjak waktu tengah hari atau sekitar pukul 12.00, paparan sinar matahari ini sudah bagus lagi untuk tubuh dan kulit. bahkan jika terus menerus terkena paparan sinar matahari secara langsung dapat berbahaya dan berakibat buruk bagi kesehatan kulit wajah dan tubuh secara umum.

Maka bagi anda yang dituntut harus bekerja dilapangan dan diharuskan berlama-lama terkena paapran sinar matahari seharian, lindungi kulit wajah dan tubuh anda dengan menggunakan sunblock atau krim tabir surya yang memiliki kandungan SPF 45.

5. Jangan Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Kulit wajah memang bagian tubuh yang paling sensitif dibandingkan dengan kulit di bagian tubuh lainnya, sehingga kita harus lebih peka terhadap bagian tubuh yang satu ini. Hindari kebiasaan menyentuh kulit wajah dengan menggunakan tangan, apalagi jika tangan yang digunakan sebelumnya sudah menyentuh sesuatu yang kotor. Jika hal ini sering anda lakukan, maka kuman dan bakteri pada kulit wajah anda akan merajalela dan berkembang dengan cepat. Pada akhirnya, berbagai masalah kulit wajah pun bisa bermunculan. Salah satunya jerawat!

Munculnya jerawat memang menjadi salah satu masalah kulit yang dianggap sebagai momok yang sangat menakutkan dan sering dialami oleh banyak orang, baik itu pada kaum pria maupun wanita. Bagi anda yang memiliki masalah kulit wajah berjerawat, usahakan agar anda tidak menyentuhnya dengan tangan apalagi jika tangan anda kotor, karena dapat menyebabkan jerawat bertambah parah dan lebih sulit untuk dibersihkan.

6. Rajin Membersihkan Kulit Wajah

Hal penting yang tidak boleh anda lewatkan yaitu dengan rutin membersihkan kulit wajah secara teratur, apalagi setelah anda bepergian. Sebab, polusi udara yang ada di luar dapat dengan mudah menempel pada kulit wajah dan menyumbat pori-pori kulit wajah. Maka jika kulit wajah anda jarang dibersihkan setiap hari, dikhawatirkan akan membuat kuman dan bakteri menyebar dan pada akhirnya, kulit wajah anda akan kusam, berminyak, komedo dan bahkan muncul jerawat.

Maka dari itu, sangat penting sekali untuk anda rutin membersihkan wajah dengan menggunakan sabun wajah dan air bersih yang sesuai dengan jenis kulit anda. Lakukan maksimal 2 kali sehari, kecuali jika anda sering pergi keluar rumah.

7. Rajin Berolahraga

Cara menjaga kesehatan wajah berikutnya yang bisa kita lakukan yaitu dengan berolahraga, karena dengan olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, sehingga tubuh sirkulasi darah semakin optimal. Peredaran darah yang normal dapat mempermudah suplai oksigen dan proses penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Selain itu, peredaran darah yang lancar juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah, kulit wajah akan tampak lebih bersih dan berseri. Selain itu, dengan berolahraga dapat membantu membersihkan kotoran, racun dan zat-zat berbahaya yang menyumbat pori-pori kulit wajah. Dengan demikian, kulit wajah pun akan terlihat lebih bersih dan bebas dari berbagai masalah kulit.

8. Gunakan Moisturizer yang Cocok Sesuai dengan Jenis Kulit Wajah

Tujuan dari penggunaan moisturizer ini sangat cocok untuk kulit wajah agar terhindar dari dehidrasi dan kekeringan. Penggunaan dari moisturizer ini dapat membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini dan juga mencegah berbagai masalah kulit lainnya yang disebabkan oleh karena kekeringan. Setelah anda mencucinya, anda bisa memakai produk pelembab wajah.

Dalam memilih produk moisturizer yang tepat, maka pilihlah produk yang sudah terjamin kualitasnya dan cocok sesuai dengan jenis kulit anda. Misalnya jika kulit wajah anda termasuk kulit kering, maka sebaiknya gunakan produk khusus untuk kulit kering, sedangkan jika anda memiliki kulit yang berminyak gunakan produk khusus untuk kulit berminyak.

9. Batasi Konsumsi Makanan yang Mengandung Gula

Konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada sel kulit, sehingga sangat penting sekali bagi anda untuk membatasinya termasuk nasi putih. Meskipun di dalam nasi putih mengandung karbohidrat dan kalori yang sangat bermanfaat untuk tubuh, namun kadar gulanya yang tinggi sebaiknya anda membatasinya.

Sebagai solusinya, anda bisa mengimbanginya dengan nasi merah karena di dalam nasi merah rendah gula. Selain itu, batasi juga teh manis dan kopi, minuman beralkohol dan juga minuman bersoda. Hal ini dikarenakan, makanan dan minuman manis tidak bagi untuk kesehatan kulit terutama kulit wajah.

10. Biasakan Membersihkan Make Up Sebelum Tidur

Ketika hendak akan tidur, jangan lupa untuk membersihkan wajah dari make up sebelum tidur. Tidur bersama dengan make up dapat menyebabkan terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit wajah, sehingga pada akhirnya dapat memicu munculnya berbagai masalah kulit yang serius pada kulit wajah anda seperti muncul tanda-tanda penuaan dini, kulit berminyak, jerawat, komedo dan pori-pori besar.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan wajah yang bisa anda lakukan setiap hari. Namun untuk medapatkan hasil optimal, sebaiknya imbangi dengan rutin mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan kulit wajah.

B. Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit Wajah

Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan wajah, diantaranya yaitu :

1. Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis buah atau sayuran yang tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan untuk masakan, tetapi juga sangat bermanfaat untuk merawat kulit wajah akan terjaga kesehatannya dan terlihat cantik. Hal ini dikarenakan, di dalam buah tomat mengandung vitamin C dan nutrisi penting lainnya yang bermanfaat untuk kulit wajah. Dengan rutin mengkonsumsi buah tomat, maka kulit wajah anda terlindungi dari berbagai masalah kulit wajah.

2. Alpukat

Di dalam buah alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan juga kelembaban kulit wajah secara alami. Tetapi usahakan jangan menambahkan gula pada saat mengkonsumsi alpukat, karena dapat menurunkan manfaatnya untuk kulit.

3. Wortel

Makanan sehat yang baik untuk kesehatan kulit wajah berikutnya yaitu wortel, karena di dalam wortel mengandung vitamin A, vitamin C dan juga potasium yang bermanfaat untuk menutrisi kulit. maka jika anda ingin memiliki kulit yang sehat, usahakan anda memasukan wortel ke dalam menu makanan harian anda.

4. Strawberry

Dari hasil penelitian yang telah dipublikasikan oleh The American Journal of Clinical Nutrition, di dalam stoberi mengandung vitamin C yang sangat tinggi yang dapat menghambat proses penuaan dan juga masalah kulit yang kering yang disebabkan oleh penuaan. Selain itu, vitamin C juga dapat menangkal serangan radikal bebas akibat paparan dari sinar UV dan mendorong proses terjadinya sintesis kolagen yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit.

5. Pepaya

Makanan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan kulit berikutnya yaitu buah pepaya. Di dal;am buah pepaya kaya akan kandungan vitamin C dan E yang dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar UV, sedangkan vitamin E sangat baik untuk menjaga kelembaban alami kulit wajah. Dengan mengkonsumsi buah pepaya, kulit wajah anda akan terlihat lebih bersih, sehat dan cerah.

6. Paprika Merah

Paprika merah memiliki ukuran yang sedang dan dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C sebanyak 200 persen perhari. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C lebih banyak dapat membantu anda melindungi sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan dapat memperbaiki kerusakan DNA yang disebabkan oleh sinar UV.

7. Labu

Di dalam labu mengandung betakaroten yang cukup tinggi, kandungan betakaroten ini sangat baik untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Selain itu, betakaroten ini dapat di ubah menjadi vitamin A yang sangat baik untuk tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin A tidak hanya baik untuk kulit, tetapi juga untuk  kesehatan mata, tulang dan juga sistem imunitas tubuh.

8. Bayam

Di dalam bayam mengandung kadar lutein yang sangat tinggi, lutein ini dapat berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya kerusakan akibat sinar UV. Pada saat anda hendak membeli bayam, sebaiknya pilihb dan ambil bayam yang ada pada tumpukan paling atas yang paling banyak terkena cahaya matahari. 

Berdasarkan dari hasil penelitian terbaru yang telah dipublikasikan oleh The Journal of Agricultural and Food Chemistry, menjelaskan bahwa bayam yang disimpan dibawah cahaya minimal 3 hari dapat menunjuukan peningkatan kadar vitamin C, E dan juga vitamin K. Selain itu, di dalam bayam juga mengandung beberapa zat penting seperti asam folat, lutein dan zeaxanthin.

9. Ikan Salmon

Mengkonsumsi ikan salmon secara rutin dan teratur bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah, karena di dala daging ikan salmon mengandung asam lemak omega 3, DHA dan juga EPA.

10. Ikan Tuna

Selain ikan salmon, makanan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan wajah yaitu dengan rutin mengkonsumsi ikan tuna.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Tubuh, Payudara, dan Organ Reproduksi Wanita

Itulah 10 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah, serta Jenis Makanan yang Baik untuk Kulit Wajah. Semoga ulasan yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca ulasan ini. Jangan lupa untuk sharing dan like halaman fb blog ini.Cukup sekian dan salam sehat.