19 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet

19 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet -- Khasiat dan Manfaat Buah Pepaya Matang, Manfaat Makan Buah Pepaya Setiap Hari, Khasiat dan Manfaat Buah Pepaya Muda, Efek Samping Buah Pepaya, Manfaat Buah Pepaya Untuk Pria & Wanita, Manfaat Buah Pepaya Untuk Payudara, Khasiat & Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah.


Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Pepaya adalah salah satu jenis buah tropis yang sangat mudah kita temukan di setiap daerah di Indonesia. Rasa dari buah pepaya ini memang sangat nikmat dan menyegarkan, karena daging buah pepaya memiliki tektur yang sangat lembut dan tinggi akan kadar airnya. Meskipun buah pepaya termasuk buah favorit bagi banyak kalangan masyarakat di tanah air, namun harga buah pepaya dipasaran sangat terjangkau.

Sama hal nya dengan buah alpukat, buah pepaya juga termasuk jenis buah bernutrisi tinggi yang sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Sayangnya, masih banyak kalangan masyarakat yang belum mengetahui khasiat dan manfaat dari buah pepaya ini serta beragam kandunga nutrisi yang terkandung di dalamnya. Maka dari itu, sebelum mengulas lebih dalam mengenai manfaat buah pepaya ini, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beragam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi dari Buah Pepaya

Buah yang termasuk ke dalam famili Caricaeae ini sebenarnya bukanlah buah asli Indonesia, melainkan buat yang berasal dari Meksiko. Meskipun bukan asli dari dalam negeri, ternyata pohon buah pepaya dapat tumbuh subur di Indonesia dan saat ini ada banyak sekali jenis-jenis buah pepaya yang dibudidayakan di Indonesia. Meski demikian, semua jenis buah pepaya memiliki kandungan nurisi yang hampir sama.

Di dalam buah pepaya memiliki kandungan lemak yang sangat rendah dan tanpa mengandung kolesterol, namun buah ini sangat kaya akan kandungan nutrisi yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Buah pepaya memiliki kandungan Carbohydrates sekitar 9.81 gram dan serat alami sekitar 1.80 gram atau setara dengan 4,5% dari total serat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Buah pepaya juga mengandung vitamin B kompleks dalam jumlah cukup, mulai dari asam folat, Pantothenic acid, Niacin, Riboflavin, Pyridoxine, Thiamin dan beberapa jenis Vitamin penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa jenis vitamin penting yang terkandung di dalam buah pepaya yaitu seperti vitamin A, C, E dan juga vitamin K.

Selain itu, di dalam buah pepaya juga mengandung elektrolit seperti kalium dan beberapa kandungan mineral penting seperti kalsium, fosfor, zat besi, magnesium dan juga zinc. Tidak hanya itu, di dalam buah pepaya juga ditemukan adanya fitonutrien penting berupa betakaroten sekitar (276 µg), Beta Crypto-xanthin sekitar (761 µg) dan juga Lutein-zeaxanthin sekitar (75 µg).

Di dalam buah pepaya juga telah ditemukan suatu jenis senyawa kimia yang dikenal dengan sebutan papain. Papain sendiri sering digunakan oleh tubuh dalam membantu kerja pencernaan, lebih tepatnya lagi biasa digunakan untuk mempromosikan pencernaan protein secara lengkap. Keberadaan kandungan senyawa papain ini jelas lebih menguntungkan, karena senyawa ini dapat bekerja pada berbagai tingkat pH, sedangkan untuk enzim dalam pencernaan yang diproduksi langsung oleh tubuh membutuhkan tingkat keasaman dalam jumlah tertentu agar dapat ikut membantu.

Jika dilihat dari banyaknya kandungan nutrisi penting yang terkandung di dalam buah pepaya nini, maka tak heran apabila buah pepaya ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Oleh sebab itu, maka tidak ada salahnya jika buah ini dijadikan cemilan sehat setiap hari.

Beragam Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat dirasakan dengan rutin mengkonsumsi buah pepaya untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Mencegah dan Mengatasi Gangguan Pencernaan

Sudah banyak yang mengetahui jika ternyata buah pepaya ini sangat berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada pencernaan serta membantu melancarkan buang air besar. Sebab, di dalam buah pepaya mengandung senyawa papain yang sangat berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi berbagai gangguan kesehatan pencernaan, terutama yang ada di area lambung dan juga usus.

Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa kandungan enzim papain yang terdapat di dalam buah pepaya sangat efektif untuk membasmi perkembangan parasit yang sering menjadi penyebab munculnya berbagai gangguan kesehatan pada pencernaan.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat lain dari mengkonsumsi buah pepaya untuk kesehatan yaitu diduga sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan juga kerja dari organ ginjal, karena di dalam buah mengandung senyawa phenotic dan flavonoid yang sangat berkhasiat untuk melindungi organ ginjal dari resiko terkena penyakit dan juga membantu meningkatkan fungsinya agar dapat bekerja dengan optimal.

3. Mencegah dan Mengatasi Gejala Flu

Buah pepaya juga ternyata bisa kita manfaatkan sebagai makanan sehat yang ampuh untuk mencegah dan mengobati gejala flu. Hal ini dikarenakan, di dalam buah pepaya mengandung vitamin C yang mampu menangkal serangan virus penyebab flu. Perlu kita semua ketahui bahwa, vitamin C memang terkenal memiliki kemampuan dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Maka, bagi anda yang sering terserang flu sebaiknya anda rutin mengkonsumsi buah pepaya setiap hari agar daya tahan tubuh anda tetap terjaga dengan baik.

4. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Buah pepaya juga memiliki kandungan mineral penting dan juga nutrisi serta antioksidan yang cukup kuat. Dengan adanya senyawa antioksidan ini di dalam buah pepaya, ternyata mampu mencegah proses oksidasi kolesterol, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah pepaya setiap hari dapat membantu mencegah seseorang terkena penyakit jantung dan terserang penyakit stroke secara tiba-tiba. Selain itu, berkat adanya kandungan antioksidan dalam jumlah yang cukup tinggi, konsumsi buah pepaya dapat membantu menjaga tekanan darah dalam tubuh tetap stabil.

5. Menajamkan Penglihatan

Manfaat buah pepaya juga ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, sehingga bagi anda yang memiliki masalah dengan gangguan penglihatan agar lebih sering mengkonsumsi buah pepaya, baik dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan jus buah. Hal ini dikarenakan, di dalam buah pepaya mengandung vitamin A yang cukup tinggi, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah ini dapat memelihata kesehatan mata dan mempertajam daya penglihatan mata.

7. Meningkatkan Vitalitas Pria

Manfaat mengkonsumsi buah pepaya juga ternyata sangat ampuh untuk membangkitkan vitalitas pria dewasa. Hal ini dikarenakan, di dalam buah pepaya mengandung enzim arginine yang sangat berkhasiat untuk membantu melancarkan peredaran darah dan juga merileksasi otot-otot yang kendur di area pribadi para kaum pria.

8. Sebagai Obat Anti Radang atau Anti-Inflamasi

Buah pepaya juga sudah terbukti efektif dan dipercaya mampu mengobati peradangan dan sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka, mulai dari luka sayatan, terjatuh ataupun luka bakar. Sebab, di dalam buah pepaya memiliki kandungan chymopapain dan papain yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan luka dan meredakan efek peradangan. Selain dapat menyembuhkan luka pada kulit, buah pepaya juga bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit dan luka.

9. Membantu Diet untuk Penderita Diabetes

Tentunya anda semua tahu jika penyakit diabetes disebabkan oleh karena kadar gula darah dalam tubuh mereke terlalu tinggi, sehingga biasanya dokter sering menyarankan kepada para penderita diabetes untuk melakukan diet, khususnya menjalani program diet gula.

Meskipun sebenarnya buah pepaya ini memiliki rasa manis, tetapi buah pepaya termasuk jenis buah yang aman untuk dikonsumsi oleh pasien penderita penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan, rasa manis pada buah pepaya dihasilkan dar gula alami dan di dalam buah pepaya juga mengandung serat dan juga antioksidan yang tinggi yang mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil.

10. Membantu Mencegah Asma

Penyakit asma adalah salah satu jenis penyakit kambuhan yang sering menyerang saluran pernapasan, pasien penderita asma akan sering kambuh jika kurang mampu untuk menjaga daya tahan tubuh dan menghindari hal-hal yang dapat memicu penyakit asma kambuh seperti merokok, polusi udara, suhu udara dingin dan konsumsi makanan tertentu yang dapat menyebabkan asma kambuh.

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa di dalam buah pepaya ini mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi, vitamin C ini sangat berperan aktif dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah pepaya ini dapat membantu mencegah penyakit asma sering kambuh.

11. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah pepaya selanjutnya yaitu diduga sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang, karena dari hasil penelitian menemukan adanya kandungan vitamin K yang dalam jumlah cukup tinggi. Vitamin K sendiri bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu mengoptimalkan proses penyerapan kalsium yang didapatkan dari makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

12. Mencegah Tubuh Dehidrasi

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa buah pepaya mengandung kadar air sangat tinggi, kadar air dalam buah pepaya ini dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh, sehingga tubuh akan terhindar dari resiko mengalami dehidrasi.

13. Baik untuk Diet Agar Tubuh Langsing

Memiliki berat dan bentuk tubuh ideal memang menjadi harapan setiap orang, terutama bagi para kaum hawa karena dengan memiliki tubuh langsung dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Maka dari itu, banyak para kaum hawa yang ingin memiliki tubuh langsing dan cantik dengan melakukan diet. Untuk membantu mempercepat penurunan berat badan, maka disarankan agar anda rutin minum jus pepaya setiap pagi sebelum sarapan pagi.

14. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat buah pepaya untuk kecantikan berikutnya yaitu untuk menutrisi rambut dan kulit kepala, karena di dalam buah pepaya ini mengandung nutrisi yang lengkap dan baik untuk memelihata kesehatan dan kecantikan rambut dan kulit kepala.

Berikut ini beberapa manfaat buah pepaya untuk rambut, diantaranya yaitu :
  • Menyuburkan rambut dan memperkuat rambut agar tidak mudah putus, serta mengalami kerontokan rambut.
  • Dapat membuat rambu terlihat lebih sehat dan berkilau, karena masker buah pepaya bisa anda jadika sebagai kondisioner.
  • Buah pepaya memang mengabndung nutrisi penting dan lengkap seperti vitamin, mineral dan juga enzim. Kandungan nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah rambut kering dan berminyak, sehingga rambut akan terlihat lebih bersih, indah dan menawan.
  • Melakukan perawatan dengan menggunakan masker pepaya pada rambut dan kulit kepala, dipercaya sangat ampuh untuk membasmi ketombe dan bahkan kutu rambut.

B. Manfaat Buah Pepaya untuk Kecantikan Kulit Wajah

Berikut ini beberapa manfaat buah pepaya untuk memelihara kecantikan kulit, diantaranya yaitu :

1. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini memang sering menjadi masalah kecantikan yang sering dialami oleh banyak kalangan masyarakat umum, sebenarnya banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ini dan salah satunya yaitu dengan melakukan perawatan menggunakan masker wajah alami yang terbuat dari bahan dasar buah pepaya.

Kemampuan masker buah pepaya untuk mencegah dan mengatasi tanda penuaan dini ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi, karena di dalam buah pepaya mengandung nutrisi penting dan lengkap yang dibutuhkan oleh kulit seperti vitamin dan antioksidan tinggi yang ampuh menangkal serangan radikal bebas berbahay yang dapat merusak kulit.

2. Mencerahkan Kulit Agar Tidak Tampak Kusam

Manfaat buah pepaya untuk kecantikan berikutnya yaitu diyakini sudah sejak dulu, dengan rutin melakukan perawatan kulit menggunakan masker buah pepaya secara rutin dan teratur, kulit wajah akan terlihat lebih bersih dan cerah bercahaya. Sebab, di dalam buah pepaya memiliki kandungan vitamin A, C dan E yang sangat bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam.

3. Mampu Menghaluskan Tumit Kaki Pecah Pecah

Memiliki tumit kaki pecah-pecah memang sering kali membuat kita merasa kurang percaya diri, apalagi pada saat pergi ke acara-acara penting seperti pesta atau acara penting lainnya yang mengharuskan untuk memakai sepatu terbuka. Namun anda tidak perlu khawatir, karena cara mengatasi kulit tumit kaki yang pecah-pecah bisa diatasi dengan cepat dengan melakukan perawatan memakai masker pepaya.

Caranya sangat mudah, cukup haluskan daging buah pepaya secukupnya, lalu gosok-gosokan secara perlahan pada tumit yang pecah-pecah. Tunggu mininal selama 15 menit dan bersihkan. Namun pastikan sebelum melakukan perawatan ini, bersihkan terlebih dahulu tumit dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur.

4. Membantu Mencegah Timbulnya Jerawat serta Menghilangkannya

Bagi anda yang ingin terhindar dari kemunculan jerawat atau ingin terbebas dari jerawat, salah satu solusi tepat dan cepat yaitu dengan melakukan perawatan menggunakan masker buah pepaya. Dengan melakukan perawatan secara rutin dan teratur, kulit wajah akan terlihat lebih bersih dan bebas jerawat.

5. Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah

Muncul flek hitam pada kulit wajah memang sering menjadi masalah yang umum di alami oleh setiap orang, terutama oleh para kaum wanita. Cara untuk menghilangkan flek hitam bisa anda lakukan dengan melakukan perawatan kecantikan kulit dengan masker buah pepaya, karena di dalam buah pepaya mengandung nurisi lengkap dan baik seperti vitamin C, vitamin E dan nutrisi lain untuk menyamarkan flek dan noda hitam pada permukaan kulit wajah.

Dengan mengkonsumsi buah pepaya setiap pagi dapat dijadikan sebagai pengganti sarapan pagi anda di atas meja, sehingga anda akan merasa kenyang lebih lama hingga tiba waktunya jam makan siang. Selain itu, mengkonsumsi buah pepaya secara rutin juga dapat membantu mengurangi proses penyerapan lemak pada tubuh.

Itulah pembahasan kami mengenai 19 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet. Semoga pembahasan di atas bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini. Jangan lupa untuk berbagi dan juga like halaman fb blog ini.

Perlu diingat bahwa, meskipun harga buah pepaya sendiri sangat murah, namun jangan pernah anda meremehkan khasiat dan manfaat buah pepaya ini untuk kesehatan maupun kecantikan. Khasiat dan manfaatnya sungguh luar biasa. Cukup sekian informasi ini, dan salam sehat.