16 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Cara Membuat Masker Alpukat

16 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat & Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Buah Alpukat Untuk Wajah - Untuk Diet - Untuk Pengobatan - Untuk Bayi - Untuk Ibu Hamil / Untuk Program Hamil, Efek Samping Buah Alpukat, Manfaat Buah Alpukat dan Bijinya, Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan, Kecantikan, dan Rambut.


Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Cara Membuat Masker Alpukat -- Buah alpukat adalah salah satu jenis buah yang sudah sangat populer di Indonesia. Sebenarnya buah alpukat bukanlah buas asli dari Indonesia, tetapi berasal dari Amerikan Serikat dan Meksiko. Namun sudah sejak lama buah alpukat ini banyak dibudidayakan di Indonesia, sehingga buah alpukat mudah skali kita temukan di pasar-pasar tradisional, toko buah hingga di supermarket.

Rasa buah alpukat memang sangat nikmat dan memiliki tekstur daging buahnya yang sangat lembut, sehinga buah ini sangat disukai oleh banyak kalangan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang tua. Biasanya buah alpukat sering dijadikan aneka jenis minuman seperti jus buah, es krim atau campuran es buah.

Selain memiliki rasa yang nikmat, ternyata buah alpukat juga memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh, bahkan buah alpukat juga sering dijadikan bahan dasar dalam pembuatan produk kecantikan dan juga perawatan kecantikan alami. Sebab, di dalam buah alpukat memiliki banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh dan juga untuk perawatan kulit.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Di Dalam Buah Alpukat

Berdasarkan dari hasil penelitian, di dalam setiap 100 gram buah alpukat mengandung karbohidrat sekitar 8,5 gram, serat sekitar 6,7 gram dan kalori sekitar 160 kkal. Selain itu, di dalam buah alpukat juga mengandung sejumlah vitamin penting seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan juga vitamin K yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh.

Jika kita lihat dari beragam kandungan nurtisi penting yang ada dalam buah alpukat ini, maka sudah tidak perlu diragukan lagi jika buah alpukat memang benar-benar buah yang sangat baik dan memiliki segudang manfaat. Lantas, apa saja manfaatnya? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan lengkapnya dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat dan Khasiat Buah Alpukat untuk Kesehatan

1. Memberikan Rasa Kenyang Lebih Lama

Buah alpukat ini sering dianggap sebagai buah yang harus dihindari oleh mereka yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, karena alpukat dianggap sebagai buah yang mengandung kadar lemak tinggi. Padahal jenis lemak yang terkandung di dalam buah alpukat ini adalah jenis lemak baik atau lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat.

Dengan menambahkan buah alpukat ke dalam menu diet anda, maka anda akan dapat mengontrol nafsu makan berlebih. Hal ini dikarenakan, kandungan lemak tak jenuh yang ada dalam buah alpukat ini dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama sehingga dapat dengan cepat membantu menurunkan berat badan.

2. Mengandung Sumber Kalium

Kalium atau dikenal juga dengan potassium adalah salah satu jenis mineral penting yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Hal ini dikarenakan, di dalam buah alpukat mengandung kalium yang sangat tinggi yang dapat berfungsi sebagai elektrolit. Mineral penting tersebut mampu melaksanakan fungsi listrik yang dibantu dengan kandungan mineral penting lainnya seperti kalsium, natrium, klorida dan magnesium dalam menjaga fungsi otak, jantung, otot dan juga sistem pencernaan.

Bagi seseorang yang mengalami kekurangan asupan kalium dalam tubuhnya atau dalam istilah medis dikenal dengan Hipokalemia, tubuhnya akan terasa lemah dan kurang bertenaga, sering mengalami kram otot, mengalami gangguan perut, detak jantung menjadi tidak teratur dan bahkan fungsi jantungnya pun tidak akan bekerja dengan baik. Lebih parahnya lagi, jika kondisi tubuh yang kekurangan kalium tidak segera ditangangi secara serius beresiko menyebabkan kematian.

Untuk mencegah agar tubuh tidak mengalami kekurangan kalium, maka salah satu solusinya yaitu dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat. Karena di dalam setiap 100 gram buah alpukat mampu memenuhi asupan kalium sebanyak 14% dari total kalium yang dibutuhkan tubuh perharinya. Jumlah ini lebih besar dari kandungan kalium yang ada dalam buah pisang, karena buah dalam setiap 100 gram buah pisang hanya mampu memenuhi asupan kalium sebanyak 10% saja dari total kalium harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Baik Dikonsumsi Oleh Pasien Penderita Diabetes

Pada umumnya, dokter akan mewajibkan kepada setiap pasien penderita diabetes untuk membatasi asupan makanan yang mengandung kadar gula tinggi, bahkan jika kondisinya sudah cukup parah mereka sama sekali tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kadar gula tinggi. Karena jika tidak dibatasi, kadar gula darah dalam tubuhnya akan terus naik setiap kali selesai makan dan tentunya hal tersebut dapat memperburuk kondisi kesehatannya.

Maka, untuk membantu menurunkan kadar gula darahnya, dokter biasanya akan menyarankan mereka untuk perbanyak mengkonsumsi makanan kaya serat, rendah kalori dan mengandung karbohidrat cukup. Salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk membantu menurunkan kadat gula darah pada pasien penderita diabetes yaitu dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat.

Bahkan menurut informasi yang dipublikasikan oleh Journal of The American Board of Family Medicine mengatakan bahwa kandungan serat sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah saat puasa dan juga menurunkan kadar hemoglobin A1C pada tubuh pasien penderita diabetes. Selain itu, mereka pun menyebutkan jika dengan rutin mengkonsumsi separuh buah alpukat ketika makan siang, maka dapat memberikan rasa kenyang selama kurang lebih 5 jam ke depan.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah panca indera yang memiliki fungsi sangat vital bagi manusia dan mata juga merupakan sepasang organ tubuh yang mencerminkan kepribadian seseorang. Selain itu, penglihatan mata juga sangat bergantung pada kapiler darah kecil yang bekerja untuk menyuplai nutrisi dan juga oksigen menuju ke retina dan juga ke bagian mata yang lainnya.

Menurut dari hasil penelitian menjelaskan bahwa, dengan rutin mendapatkan asupan vitamin C, vitamin E, beta-karoten, lutein dan juga zeaxanthin mampu membantu menurunkan resiko terkena penyakit degenerasi makula pada mata akibat dari faktor penambahan usia. Selain itu, di dalam buah alpukat juga mengandung lemak yang diduga sangat efektif untuk membantu proses penyerapan karotenoid yang didapatkan dari berbagai jenis buah dan sayuran berwarna kuning atau orange seperti wortel dan tomat.

Selain mengandung pigmen karotenoid, di dalam buah alpukat juga mengandung vitamin C dan E yang berperan penting sebagai senyawa antioksidan yang cukup kuat untuk menangkal radikal bebas. selain itu, buah alpukat juga mengandung zat besi yang mampu mencegah pembentukan katarak pada mata.

5. Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat lain dari buah alpukat juga ternyata sangat baik untuk ibu hamil, karena selama masa kehamilan tubuh ibu perlu mendapatkan asupan makanan sehat dan bernutrisi tinggi untuk diserap oleh tubuh ibu dan janin dalam kandungan. Buah alpukat sendiri dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan serat, mineral, vitamin dan juga antioksidan yang mampu melengkapi kebutuhan harian bagi ibu hamil. Selain itu, di dalam buah alpukat juga mengandung asam folat yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang saraf otak janin.

6. Menjaga Kesehatan Gigi

Buah alpukat memang memiliki ukuran kecil, namun buah ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan termasuk untuk menjaga kesehatan gigi. Dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat, maka kesehatan gigi akan selalu terjaga dengan baik.

7. Melancarkan Pencernaan

Seperti yang kita tahu bahwa di dalam buah aloukat mengandung serat yang sangat tinggi, kandungan serat ini sangat efektif untuk membantu melancarkan sistem perncernaan dan mencegah berbagai masalah kesehatan pada pencernaan seperti susah buang air besar, sembelit, disentri dan gangguan pencernaan lainnya.

8. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Manfaat buah alpukat berikutnya yaitu dipercaya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Hal ini dikarenakan, di dalam buah alpukat mengandung kalsium, fosfor, vitamin K dan juga vitamin D. Maka dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat, baik dikonsumsi secara langsung maupun di jadikan jus sangat berkhasiat untuk mencegah terjadinya kerusakan pada tulang.

Selain itu, pada buah berwarna hijau ini juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat penting dan bermanfaat untuk membantu proses pembentukan kolagen, yaitu jenis protein yang sangat dibutuhkan oleh tulang agar tetap terjaga kesehatannya dan terhindar dari berbagai resiko terkena penyakit tulang seperti osteoporosis.

9. Mencegah Penyakit Liver

Alpukat adalah jenis buah-buahan yang sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit liver, karena buah ini memiliki kandungan antioksidan dan juga zat bersifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mendukung kerja liver. Zat antioksidan tersebut dihasilkan dari vitamin C dan E yang mampu menangkal serangan radikal bebas, deaktivasi dari radikal bebas ini dapat mencegah sel liver mengalami kerusakan.

Selain itu, konsumsi alpukat juga sangat baik untuk membantu tubuh dalam memproduksi antioksidan yang dikenal dengan nama glutathione. Glutathione tersebut merupakan sejenis antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh keberadaannya untuk mencegah kerusakan pada liver.

10. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang dihasilkan dari vitamin C dan vitamin E ternyata juga sangat ampuh untuk mencegah pembentukan sel kanker yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat setiap hari, maka tubuh anda memiliki resiko lebih kecil untuk terkena penyakit kanker.

11. Memperbaiki Mood

Minum jus setiap pagi ternyata sangat bermanfaat untuk memperbaiki dan meningkatkan mood. Bahkan ada seorang pakar kesehatan yang mengungkapkan bahwa dengan rutin minum jus alpukat dapat membuat anda merasa lebih nyaman dan senang. Sebab, di dalam buah alpukat mengandung tirosin yang merupakan suatu zat yang dapat membantu memproduksi hormon dopamin. Hormon inilah yang berpean aktif dalam memperbaiki dan meningkatkan mood kita menjadi lebih baik.

B. Manfaat Buah Alpukat untuk Kecantikan Kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, ternyata buah alpukat juga sangat bermanfaat untuk memelihara kecantikan kulit. Dimana buah ini sering digunakan untuk membuat masker atau lulur alami untuk merawat kulit, bahkan banyak merk produk perawatan kecantikan kulit ternama yang memanfaatkan buah ini sebagai bahan dasar dalam pembuatan produknya.

Berikut ini beberapa manfaat buah alpukat untuk kecantikan kulit wajah, diantaranya yaitu :

1. Melembabkan Kulit Wajah

Memiliki masalah kulit wajah yang kering memang sering membuat kita merasa kurang nyaman dan kurang percaya diri ketika pergi keluar rumah. Kondisi seperti ini tentunya tidak baik jika kita biarkan terus menerus, karena kulit wajah akan menjadi rusak dan tampak kurang menarik. Agar kulit wajah kering kembali lemabab dan cantik terawat, tidak ada salahnya jika mencoba melakukan perawatan menggunakan masker alpukat secara rutin dan teratur. Hal ini dikarenakan, di dalam buah alpukat mengandung vitamin E yang sangat efektif untuk melembabkan kulit kering.

2. Meremajakan Kulit Wajah

Kulit wajah yang sering terkena paparan sinar matahari dan terkena polusi udara, maka kulit wajah anda akan mudah sekali terkena dampak dari radikal bebas. Hal ini tentunya dapat berpengaruh buruk terhadap kondisi kulit anda. Berkat kandungan vitamin C, E dan juga senyawa flavonoid dapat membantu melawan serangan radikal bebas dan membantu proses pengelupasan sel kulit mati yang disebabkan oleh karena kulit mengalami kekurangan cairan. Maka, dengan rutin melakukan perawatan kulit wajah menggunakan masker alpukat dapat membuat kulit wajah tampak lebih sehat dan awet muda.

3. Menghaluskan Kulit

Memiliki kulit kasar tentunya tidak pernah anda inginkan, bukan? Karena memiliki kulit yang terasa kasar dapat membuat kita merasa kurang percaya diri ketika berjumpa dengan orang-orang terdekat kita, terlebih pada bagian kulit tangan. Banyak sekali ibu-ibu rumah tangga yang pada telapak tangannya terasa kasar, karena para ibu rumah tangga ini sering melakukan pekerjaan rumah yang cukup padat dan tidak pernah ada hentinya.

Meski demikian, tidak sedikit pula para ibu rumah tangga yang mempunyai kulit telapak tangan yang halus dan lembut. Mereka pun tentunta tidak akan pernah terlepas dari melakukan perawatan, salah satu perawatan yang bisa dilakukan untuk mendapakan kulit halus dan lembut yaitu dengan mengguakan masker alpukat. Tidak hanya dapat menghaluskan kulit telapak tangan saja, tetapi juga dapat digunakan untuk kulit wajah dan kulit tubuh lainnya.

4. Mencerahkan Kulit

Memiliki masalah kulit wajah kusam tentu akan menurunkan rasa percaya diri, ada banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi terlihat kusam. Beberapa penyebabnya yaitu seperti terlalu sering terkena paparan sinar matahari dalam waktu lama, ketidakcocokan penggunaan produk kosmetik dan produk perawatan kecantikan kulit, jarang mengkonsumsi buah dan sayur, jarang membersihkan wajah dan masih banyak penyebab lainnya yang dapat membuat kulit wajah terlihat kusam.

Salah satu cara alami yang terbukti ampuh untuk mencerahkan kulit wajah kusam dalam waktu yang relatif cepat yaitu, anda bisa melakukan perawatan dengan menggunakan masker buah alpukat secara rutin dan teratur. Buah alpukat mengandung vitamin C dan E yang sangat efektif untuk mencerahkan kulit wajah secara alami, sehingga terjamin lebih aman tanpa menimbulkan efek samping berbahaya pada kulit wajah.

5. Mengatasi Kulit Berminyak

Manfaat buah alpukat untuk kecantikan lainnya yaitu dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi kulit wajah yahg berminyak, sehingga selain dapat mencerahkan kulit wajah kusam masker alpukat juga sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit wajah yang cenderung berminyak.

C. Cara Membuat Masker Alpukat

Untuk melakukan perawatan kulit, anda bisa membuat masker kulit sendiri dirumah dengan mengguakan buah alpukat. Caranya yaitu, tuangkan daging buah alpukat secukupnya dan tambahkan satu sendok teh air perasan jeruk nipis atau lemon dan 1 sendok teh minyak zaitun. Setelah itu, aduk semua bahan hingga tercampur merata dan masker sudah siap digunakan. Khusus untuk perawatan kulit berminyak, jangan tambahkan minyak zaitun tapi cukup buah alpukat dengan air perasan jeruk nipis atau lemon saja.

Untuk mendapatkan hasil optimal, lakuikan perawatan kecantikan kulit dengan masker alpukat ini secara rutin dan teratur minimal 2 kali seminggu.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai 16 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Cara Membuat Masker Alpukat. Semoga pembahasan diatas bermanfaat dan dapat memberikan pengetahuan bagi para pembaca sekalian. Silahkan berbagi pada teman lainnya. Jangan lupa like halaman fb blog ini. Terima kasih dan salam sehat.