19 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

19 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat dan Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan, Khasiat Buah Naga Ungu, Manfaat Buah Naga Merah untuk Diet -untuk Jerawat - untuk Pengobatan - untuk Bayi - untuk Pria & Wanita, Efek Samping Buah Naga, Manfaat Kulit Buah Naga, Kandungan Gizi Buah Naga, Khasiat & Manfaat Jus Buah Naga.


Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Siapa coba yang tidak mengenal buah naga (Dragon Fruit)? Pastinya anda semua mengenalnya dan bahkan sering makan buah ini. Buah yang mempunyai tampilan unik ini ternyata tidak hanya memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, tetapi juga memiliki banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita dengan rutin mengkonsumsinya. Seperti yang kita tahu dan temukan bahwa buah naga terdiri dari dua jenis yang dibedakan berdasarkan warnanya, ada buah naga merah dan juga buah naga putih.

Harga Buah naga sendiri memang tergolong cukup mahal dipasaran dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya, namun mahalnya buah ini sebanding dengan manfaat yang akan kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsinya untuk kesehatan dan kecantikan. Sebab, di dalam buah naga mengandung gizi dan nutrisi yang lengkap dan dapat memenuhi asupan nutrisi harian tubuh.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Penting di dalam Buah Naga

Di dalam buah naga memiliki beragam kandungan gizi dan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh, beberapa diantaranya mengandung vitamin A, vitamin B1, B2, B3 dan vitamin C. Selain itu, buah naga juga memiliki beberapa kandungan mineral dan senyawa penting yang sangat bermanfaat seperti kalsium, kalium, magnesium, zat besi, fosfor, pektin, protein, flavonoid dan masih banyak lagi kandungan nutrisi dan zat-zat lain di dalamnya.

Dengan banyaknya kandungan gizi dan nutrisi penting yang terkandung di dalam buah naga ini, pantas saja jika buah ini sangat terkenal memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Bagaimana, penasaran ingin tahu apa saja manfaat buah naga ini? Mari kita simak satu per satu manfaatnya pada ulasan dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan rutin mengkonsumsi buah naga bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Mengobati Asam Urat

Berkat kandungan nutrisi dan senyawa yang terkandung di dalam buah naga ini diduga sangat efektif untuk membantu mengurangi gejala penyakit asam urat, diketahui bahwa dengan rutin mengkonsumsi buah naga setiap hari dapat membantu melarutkan zat purin yang menumpuk di dalam tubuh pasien penderita asam urat dan kemudian akan dibuang melalui urin dan keringat.

Cara mengobati penyakit asam urat ini cukup dengan rutin minum jus buah naga setiap hari sebanyak 2 gelas perhari.

2. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Manfaat buah naga berikutnya yaitu diduga mampu membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh penderita penyakit diabetes, sebab di dalam buah naga mengandung vitamin B3 yang sangat baik untuk membantu menurunkan kadar gula darah berlebih dalam tubuh. Maka dari itu, banyak dokter yang sangat menyarankan kepada pasien penderita diabetes untuk rutin mengkonsumsi atau minum jus buah naga setiap hari. Minum jus buah naga secara rutin dan teratur setiap hari dapat menjadi solusi alternatif cara mengobati penyakit diabetes secara alami yang bisa anda lakukan dirumah.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Di dalam buah naga mengandung vitamin A dan juga betakaroten yang dapat memberikan pegaruh positif terhadap kesehatan mata, sehingga dengan rutin minum jus buah naga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Sebab, kandungan vitamin A dan betakaroten yang terdapat di dalam buah ini tidak kalah tinggi dengan yang terkandung di dalam wortel dan tomat.

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Buah naga dapat dijadikan sebagai pilihan makanan sehat untuk mendapatkan asupan mineral penting bagi tubuh seperti kalsium dan fosfor, karena kedua jenis mineral penting ini sangat bermanfaat untuk menutrisi dan memelihara kesehatan tulang dan gigi. Maka dari itu, makan buah naga atau minum jus buah naga ini sangat baik diberikan kepada anak-anak untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi anak agar dapat berkembang dengan baik, sedangkan bagi orang dewasa yang rutin mengkonsumsi buah naga ini sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya berbagai penyakit yang menyerang tulang dan gigi.

5. Melancarkan Pencernaan

Buah naga dikenal mengandung serat yang cukup tinggi, kandungan serat tersebut sangat baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Dengan adanya serat pada makanan yang biasa kita konsumsi setiap hari, maka dapat membantu pergerakan makanan menjadi lebih lancar saat dicerna. Dengan demikian, rutin mengkonsumsi atau minum jus buah naga sangat baik untuk mencegah dan mengatasi berbagai gangguan pada pencernaan.

6. Mencegah Kanker

Di dalam buah naga juga terkenal dengan kandungan antioksidannya yang sangat tinggi, senyawa antioksidan ini sangat ampuh untuk melawan radikal bebas yang sering kali menyerang sel-sel dan juga DNA dalam tubuh, sehingga dapat membuat sel-sel dalam tubuh mengalami kerusakan dan bahkan dapat menyebabkan terjadi mutasi sel. Mutasi sel inilah yang menyebabkan muncul dan berkembangnya sel kanker di dalam tubuh, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah naga diduga sangat efektif untuk membantu mencegah kanker.

7. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Tingginya kadar kolesterol dalam darah tentunya dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan tubuh kita, karena jika kadar kolesterol dalam tubuh terlampau tinggi sangat beresiko menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya dan mematikan seperti penyakit jantung dan stroke. Untuk itu, salah satu cara menurunkan kolesterol tinggi bisa dilakukan dengan cara rutin minum jus buah naga, karena di dalam buah naga mengandung zat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan cepat.

8. Meredakan Batuk

Di dalam buah naga mengandung vitamin B3 yang diduga sangat efektif untuk meredakan batuk, cara meredakan batuk dengan buah naga ini terbukti aman tanpa menimbulkan efek samping berbahaya. Namun apabila gejala batuk yang diderita tidak kunjung sembuh dalam 3 hari sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.

9. Meredakan Asma

Buah naga juga ternyata diduga sangat berkhasiat untuk meredakan gejala asma, jenis penyakit pernapasan yang sifatnya kambuhan ini sering kali dipicu oleh beberapa faktor seperti suhu udara yang dingin dan juga polusi udara seperti debu dan pengaruh asap rokok. Oleh sebab itu, penting sekali bagi anda yang menderita penyakit asma untuk menghindari faktor penyebab tersebut agar penyakit asma yang anda derita tidak mudah kambuh.

Selain itu, daya tahan tubuh yang kuat juga dapat membantu mencegah penyakit asma kambuh. Maka dari itu, dengan demikian rutin mengkonsumsi atau minum jus buah naga bisa anda coba untuk menjaga agar daya tahan tubuh tetap stabil.

10. Mengedalikan Tekanan Darah dalam Tubuh

Menderita penyakit tekanan darah tinggi dapat berersiko menyebabkan munculnya komplikasi berbagai jenis penyakit berbahaya, sehingga penyakit darah tinggi atau hipertensi harus segera diatasi agar kondisinya tidak bertambah parah. Salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami yang sudah terbukti ampuh yaitu dengan rutin minum jus buah naga, karena di dalam buah naga mengandung kalium dalam jumlah yang cukup tinggi dan juga mengandung vitamin B3 yang dapat mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil.

11. Mencegah Penyakit Osteoporosis

Dengan rutin makan atau minum jus buah naga sangat baik untuk membantu mencegah munculnya berbagai jenis penyakit yang biasa dialami oleh orang tua, salah satunya yaitu penyakit osteoporosis. Maka dengan rutin makan atau minum jus buah naga sejak masih mud dapat menurunkan resiko terkena penyakit osteoporosis pada masa tua.

Penyakit osteoporosis ini dapat menyebabkan tulang mengalami pengeroposan dan keretakan, sebab kekuatan tulang akan terus mengalami penurunan apabila tidak dijaga sejak dini. Maka dari itu, jika anda ingin terhindar dari resiko terkena penyakit osteoporosis atau penyakit tulang lainnya rutin-rutinlah mengkonsumsi buah naga. Sebab, di dalam buah naga mengandung kalsium dan fosfor yang cukup tinggi dan dapat membantu meningkatkan kesehatan serta kepadatan tulang.

12. Mencegah Peradangan

Rutin minum jus buah naga setiap hari diduga mampu mencegah munculnya peradangan yang mungkin dapat terjadi pada salah satu anggota tubuh, karena di dalam buah naga mengandung senyawa flavonoid yang dapat berperan aktif dalam menghambat proses perkembangan sel-sel radang di dalam tubuh.

B. Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah naga juga ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kecantikan. Apa saja itu? Simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

1. Mencegah Penuaan Dini

Munculnya tanda-tanda seperti kulit keriput, kulit kendur, kulit kusam, flek hitam dan garis halus sebelum waktunya merupakan suatu tanda jika anda mengalami proses penuaan dini. Masalah ini tentu tidak kita harapkan kemunculannya, karena munculnya tanda penuaan dini dapat membuat kita merasa kurang percaya diri dengan adanya perubahan yang terjadi pada kulit kita. Jika anda tidak ingin mengalami hal tersebut, maka salah satu cara mencegah penuaan dini bisa anda lakukan dengan rutin mengkonsumsi atau minum jus buah naga.

Hal ini dikarenakan, di dalam buah naga mengandung senyawa antioksidan yang cukup kuat, sehingga terbutki sangat efektif untuk membantu melawan serangan radikal bebas dan juga memperlambat proses penuaan pada kulit. Maka dengan rutin minum jus buah naga setiap hari, kulit akan menjadi lebih halus dan mulus seperti yang diharapkan.

2. Mengobati Jerawat

Munculnya jerawat tentunya menjadi masalah besar bagi sebagian orang, terutama bagi para kaum wanita. Jerawat sendiri merupakan masalah kulit yang biasanya muncul pada mereka yang memiliki jenis kulit berminyak, sehingga salah satu cara mengobati jerawat harus dilakukan dengan rutin memersihkan kulit wajah agar produksi minyak bisa berkurang dan jerawat pun akan berangsur-angur berkurang dan hilang.

Salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami bisa anda lakukan dengan melakukan perawatan kulit wajah menggunakan masker jus buah naga, penggunaan masker buah naga ini dapat mengontrol produksi minyak berlebih yang menjadi pemicu utama dari tumbuhnya jerawat. Sebab, di dalam buah naga mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, mengurangi produksi minyak berlebih dan juga membasmi kuman ataupun bakteri penyebab jerawat.

Caranya sangat mudah, cukup oleskan jus buah naga yang anda buat tanpa tambahan air secara merata pada kulit wajah yang berjerawat, diamkan selama 15-30 menit sampai masker mengering. Lalu basuh kulit wajah anda hingga bersih, lakukan perawatan ini secara rutin setiap malam sampai jerawat pada kulit wajah anda hilang.

3. Melindungi Kulit Dari Sinar UV

Sering terkena paran sinar matahari di siang hari dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit, bahkan dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah kulit seperti kulit kering, kusam dan muncul tanda-tanda penuaan kulit lainnya yang dapat membuat penampilan menjadi tidak menarik. Lebih parahnya lagi, kulit yang terbakar akibat terlalu lama terkena sengatan panas matahari dapat beresiko menyebabkan kanker kulit. Maka dari itu, sangatlah penting untuk selalu merawat kulit agar terlindung dan terhindar dari bahaya sinar UV ini.

Salah satu cara melindungi kulit dari paparan sinar UV yaitu dengan melakukan perawatan menggunakan masker jus buah naga, karena di dalam buah naga mengandung vitamin C dan vitamin E yang dapat berperan penting dalam menenangkan kulit yang mengalami peradangan setelah seharian terpapar sinar matahari. Disamping itu, pada saat anda akan keluar rumah usahakan agar anda memakai pelembab atau sunblock agar kulit lebih terlindung dari sengatan panas matahari secara langsung

4. Mencerahkan Kulit Wajah

Bagi anda yang memiliki kulit wajah kusam, maka buah naga ini juga bisa anda manfaatkan sebagai bahan untuk membuat masker pencerah wajah kusam. Kandungan vitamin C dan nutrisi penting lainnya dapat membuat kulit wajah terlihat lebih bercahaya, caranya cukup dengan mengoleskan jus buah naga secara merata pada kulit wajah dan diamkan selama 30 menit sampai masker kering, kemudian bilas sampai bersih. Lakukan secara rutin minimal seminggu dua kali.

Untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya anda juga rutin minum jus buah naga secara rutin setiap pagi dan malam sebelum tidur untuk menutrisi kulit dari dalam. Di dalam buah naga ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu menangkis radikal bebas berbahaya yang masuk ke dalam kulit. Maka, dengan rutin minum jus buah naga setiap hari dapat membantu mencerahkan kulit wajah dan menjadikan kulit wajah lebih sehat dan terawat.

5. Memberikan Hidrasi pada Kulit

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa di dalam buah naga mengandung kadar air yang sangat tinggi mencapai 90%, tentunya hal ini sangat berperan penting dalam memberikan hidrasi pada kulit kita dan terhindar dari kulit kering dan kasar.

6. Mengurangi Efek Samping Penggunaan Cat Pewarna Rambut

Efek yang ditimbulkan dari penggunaan cat pewarna rambut dapat menyebabkan warna rambut menjadi pudar, mengalami kerusakan rambut, rambut kering dan bercabang dan bahkan menyebabkan kerontokan. Maka untuk mengurangi efek samping dari penggunaan cat rambut tersebut, anda bisa melakukan perawatan rambut dengan menggunakan masker jus buah naga.

Perawatan rambut dengan menggunakan jus buah naga ini dapat memberikan nutrisi pada rambut dan kulit kepala, sehingga dapat menetralisir zat-zat kimia yang meresap ke dalam kulit kepala anda. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu. Selama melakukan perawatan ini, hindari pemakaian cat pewarna rambut.

7. Menjadikan Rambut Tampak Sehat

Rutin minum jus buah naga dan melakukan perawatan rambut menggunakan masker buah naga, maka rambut anda aka terlihat lebih sehat dan terawat. Hal ini dikarenakan, di dalam buah naga mengandung banyak nutrisi penting yang sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Sekian ulasan yang bisa kami bahas pada kesempatan kali ini mengenai 19 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga anda semua dapat memetik manfaat dari pembahasan kita kali ini. Jangan lupa untuk sharing dan like halaman fb blog ini. Cukup sekian dan salam sehat.