23 Manfaat Kentang untuk Kesehatan dan Kecantikan

23 Manfaat Kentang untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat dan Manfaat Kentang bagi Kesehatan dan Kecantikan, Khasiat & Manfaat Kentang Mentah - Kentang Goreng - Kentang Kukus - Kentang Rebus, Manfaat Kentang untuk Obat - untuk Diet - untuk Maag - untuk Kulit Wajah, Kandungan Gizi dan Nutrisi di dalam Kentang, Manfaat Masker Kentang untuk Kecantikan Wajah.


Manfaat Kentang untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Ayo siapa coba yang tidak kenal dengan kentang? Pastinya anda semua sudah sangal mengenal umbi-umbian yang satu ini. Kentang termasuk salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi dan bisa dijadikan sebagai makanan yang dapat memberikan sumber energi bagi tubuh.

Di beberapa negara kentang sudah menjadi salah satu makanan pokok utama sebagai pengganti nasi dan juga gandum, karena kentang dinilai lebih sehat dibandingkan dengan nasi. Sedangkan di Indonesia, kentang lebih sering diolah untuk dijadikan sebagai lauk pauk yang dikonsumsi bersama dengan nasi. 

Padahal kebiasaan tersebut kurang tepat, tetapi sangat sulit dihilangkan di masyarakat kita. Sebaiknya kentang dijadikan sebagai pengganti nasi, karena kentang dan nasi sama-sama jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sehingga tidak cocok untuk dijadikan lauk pauk.

Kandungan Gizi dan Nutrisi di dalam Kentang

Kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam kentang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu nutrisi makro dan juga nutrisi mikro. Nutrisi makro artinya kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang besar, sedangkan kandungan nutrisi mikro yaitu kandungan nutrisi dalam jumlah kecil atau sedikit

Di dalam setiap 100 gram kentang, mengandung :
  • Kalori sebanyak 77 kkal
  • Folat sebanyak 0,1 gram
  • Sodium sebanyak 6 mg
  • Potassium sebanyak 421 mg
  • Karbohidrat sebanyak 17 gram
  • Serat fiber sebanyak 2,2 gram
  • Gula sebanyak 0,8 gram
  • Protein sebanyak 2 gram

Selain itu, di dalam kentang juga mengandung nutrisi penting lainnya meski jumlahnya hanya sedikit, diantaranya yaitu mengandung vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, kalsium, magnesium dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya yang terkandung di dalam kentang.

Setelah mengetahui beragam kandungan gizi dan nutrisi penting yang ada dalam kentang, akan kami bahas informasi mengenai manfaat kentang secara lengkap dibawah ini baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Berikut informasinya.

Beragam Manfaat Kentang untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Kentang untuk Kesehatan Tubuh

Dilihat berdasarkan kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalamnya, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya bagi kesehatn tubuh kita. Apa saja itu, simak ulasannya dibawah berikut ini,

1. Mengatasi Penyakit Kolesterol Tinggi

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kentang ini dapat dijadikan sebagai makanan pokok utama pengganti nasi untuk dikonsumsi sehari-hari, karena kentang di nilai mengandung karbohidrat yang cukup tinggi.

Selain itu, kentang juga mengandung potassium dalam jumlah cukup untuk tubuh, sehingga kentang diduga ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat berlebih dalam darah. Maka jika anda mengolahnya dengan tepat, kentang ini sangat bermanfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi setiap hari. Kentang dinilai rendah gula dan kolesterol, sehingga sangat cocok jika dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit kolesterol tinggi.

2. Mencegah Kanker

Di dalam kentang mengandung vitamin B6 yang diduga sangat baik untuk mencegah kanker dan tumor, terutam jenis kanker prostat. Selain itu, konsumsi kentang juga berkhasiat untuk mencegah perkembangan kanker serta penyebarannya dengan cepat ke bagian tubuh lainnya.

3. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Penyebab penyakit batu ginjal sendiri dikarenakan tubuh kurang mendapakan asupan serat dan juga jarang mengkonsumsi sayuran. Sebenarnya kandungan kalsium dan juga zat besi yang ada dalam kentang dapat memicu penyakit batu ginjal, namun untungnya di dalam kentang juga mengandung magnesium yang mampu menolak masuknya kalsium ke dalam jaringan organ ginjal. Meskipun jarang mengkonsumsi kentang, namun penderita batu ginjal biasanya sering mengkonsumsi olahan makanan yang melibatkan kentang.

4. Menjaga Kesehatan dan Meningkatkan Kekuatan Tulang

Dikarenakan mengandung kalsium, tentu saja dengan rajin mengkonsumsi kentang akan berpengaruh terhadap tulang. Dengan sering mengkonsumsi kentang rebus, maka dapat menjadikan tulang tetap terjaga kesehatannya dan menjadikan tulang lebih kuat dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan, di dalam kentang mengandung kalsium, fosfor dan juga magnesium. Terlebih lagi pada lansia yang sedang mengalami penurunan kesehatan dan kekuatan tulang pada tubuhnya.

5. Mencegah dan Menurunkan Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi atau hipertensi memang menjadi salah satu jenis penyakit yang cukup ditakuti oleh banyak kalangan masyarakat, karena penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Untuk anda yang sudah terkena penyakit ini tidak perlu khawatir, anda bisa menurunkan tekanan darah tinggi dengan rutin mengkonsumsi kentang rebus setiap hari.

Hal ini dikarenakan, di dalam kentang mengandung kalsium dan juga kalium yang sudah terbukti efektif mampu menurunkan tekanan darah hingga ke batas normal. Selain itu, mengkonsumsi kentang rebus secara rutin juga dapat mencegah tekanan darah dalam tubuh kembali meningkat.

6. Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Selain dapat mencegah hipertensi, mengkonsumsi kentang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan organ jantung. Sebab, di dalam kentang mengandung serat dan juga kalium yang mampu menurunkan resiko penyakit jantung. selain itu, dengan rutin mengkonsumsi kentang dapat meningkatkan fungsi organ jantung agar dapat bekerja secara optimal.

7. Memperbaiki Sel Tubuh yang Rusak

Di dalam kentang juga mengandung vitamin B6 dalam jumlah yang cukup banyak, vitamin ini sangat baik untuk para manula dan juga anak-anak yang dapat membantu melancarkan proses regenerasi sel tubuh agar dapat kembali berfungsi dengan baik. Maka jika anda sedang sakit, sebaiknya sering-seringlah mengkonsumsi kentang yang hanya direbus secara rutin sampai sembuh.

8. Menjaga Kesehatan Saraf dan Otak

Di dalam kentang mengandung vitamin B6 dan potassium yang sangat baik untuk memelihara kesehatan saraf. Selain itu, kedua kandungan tersebut juga mampu menjaga kesehatan dan meningkatkan kerja otak. Maka dengan rutin mengkonsumsi kentang dapat menjaga sistem saraf dan otak tetap terjaga dengan baik, serta dapat meningkatkan kecerdasan otak.

9. Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Mengkonsumsi ketang tidak hanya baik untuk orang dewasa dan lansia saja, tetapi juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak yang masih berada pada masa pertumbuhan. Sebab, di dalam kentang mengandung kalsium, kalium dan juga fosfor yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Jika anda ingin anak anda tubuh sehat, memiliki tulang dan gigi yang kuat sebaiknya sering-seringlah memberikan anak anda makan kentang.

10. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mengkonsumsi kentang secara rutin dan teratur dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, sehingga pencernaan dapat terhindar dari berbagai gangguan seperti sering sembelit, diare dan juga susah buang air besar.

11. Mencegah Peradangan

Peradangan dapat terjadi akibat dari seringnya mengkonsumsi makanan yang memiliki efek “panas” pada tubuh, sehingga menyebabkan tubuh mengalami panas dalam. Namun dengan rutin mengkonsumsi kentang, tubuh akan menyerap vitamin dan juga zat besi yang sangat efektif untuk menyembuhkan peradangan dalam tubuh.

12. Sumber Energi

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kentang ini bisa kita jadikan sebagai pengganti dari nasi yang biasa kita konsumsi setiap hari, karena di dalam kentang mengandung sumber karbohidrat yang klaim lebih baik dibandingkan dengan nasi. Hal ini menyebabkan proses pembakaran yang terjadi dalam tubuh lebih sehat, sehingga tubuh akan mendapatkan sumber energi dalam jumlah banyak dan tidak menyebabkan tubuh merasa lemas dan cepat lelah.

13. Mengurangi Nafsu Makan

Kentang merupakan salah satu jenis makakan yang sangat baik dimasukan ke dalam daftar menu diet harian anda, karena kandungan karbohidrat yang terkandung di dalam kentang cukup tinggi dan cocok dikonsumsi setiap hari oleh anda yang sedang menjalani program diet. Sebab, kandungan karbohidrat kompleks yang ada dalam kentang dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan pun akan berkurang yang membuat anda tidak ingin terlalu banyak makan.

14. Sumber Antioksidan

Senyawa antioksidan memang sangat penting dan diperlukan oleh tubuh, terutama dijaman seperti sekarang ini. polusi udara dan juga paparan sinar matahari yang tinggi akan sangat membahayakan tubuh apabila tidak dijaga dengan baik dengan mendapatkan asupna antioksidan cukup. Untuk mendapatkan asupan antioksidan tinggi, kita bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi kentang untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyerang tubuh.

15. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh memang sangat penting untuk selalu kita jaga, karena jika sistem kekebalan tubuh sedang lemah dapat membuat tubuh rentan terserang penyakit. Terutama untuk jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. 

Untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, kita bisa mengkonsumsi kentang karena di dalam kentang mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Di dalam setiap 100 gram kentang mampu memenuhi sekitar 32% dari total kebutuhan vitamin C harian tubuh. Dengan mengkonsumsi kentang secara rutin dan teratur, sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih kuat untuk melawan serangan virus dan bakteri yang membawa penyakit.

16. Meningkatkan Ion Tubuh

Di dalam kentang memiliki kandungan mineral penting seperti kalsium yang sangat baik untuk tubuh, sehingga dengan rutin mengkonsumsi kentang secara teratur dapat membantu meningkatkan jumlah ion dalam tubuh. Dengan selalu mendapatkan ion tubuh dalam jumlah cukup, maka tubuh akan menjadi lebih sehat dan tidak cepat lelah ketika melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari.

17. Menyembuhkan Penyakit Herpes

Manfaat kentang juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang terjangkit penyakit herpes, penyakit herpes memang bukanlah penyakit ringan sehingga sangat beresiko fatal jika tidak segera diobati dengan baik. Salah satu cara mengobati penyakit herpes ini bisa dengan mengkonsumsi kentang, karena di dalam kentang mengandung bioflavonoid yang sangat baik untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi pada penderita herpes.

Baca juga : 25 Manfaat Singkong dan Ubi Jalar untuk Kesehatan

B. Manfaat Kentang untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata kentang juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Ada banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit dan rambut, sehingga kentang ini bisa anda manfaatkan untuk melakukan perawatan kecantikan.

Berikut ini beberapa manfaat kentang yang sangat baik untuk melakukan perawatan kecantikan, diantaranya yaitu :

1. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat Membandel

Untuk anda yang memiliki masalah kulit berjerawat dan sudah mencoba berbagai cara, tapi jerawat tidak kunjung hilang? Jangan khawatir, anda bisa mencoba cara menghilangkan jerawat dengan kentang. Kemampuan kentang dalam menghilangkan jerawat memang sudah tidak perlu diragukan lagi, karena di dalam kentang mengandung vitamin C dan juga zat yang bersifat sebagai antibakterial. Kedua kandungan nutrisi tersebut terbukti ampun untuk membasmi jerawat dengan cepat.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menghaluskan kentang dengan menggunakan blender dan gunakan sebagai masker. Lakukan pemaskeran secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur, sebelum dibersihkan diamkan masker kurang lebih selama 30 menit. Pastikan sebelum melakukan pemaskeran, kulit wajah anda dibersihkan terlebih dahulu dengan air hangat dan bersihkan kembali dengan air dingin biasa setelah melakukan pemaskeran.

2. Menghilangkan Garis-Garis Halus Pada Kulit Wajah

Munculnya garis-garis halus merupakan masalah kulit wajah yang disebabkan oleh faktor usia, namun jika munculnya ketika usia dibawah 30 tahun bisa disebabkan oleh karena faktor penuaan dini. Salah satu cara menghilangkannya, anda bisa melakukan perawatan secara rutin dan teratur menggunakan masker kentang seperti cara yang telah kami jelaskan diatas. Sebab, kandungan vitamin C dan vitamin A yang terkandung di dalam kentang sudah terbukti efektif untuk mencegah dan sekaligus menghilangkan tanda-tanda penuaan.

3. Mencerahkan Kulit Wajah Kusam

Selain bermanfaat untuk menghilangkan jerawat membandel, ternyata masker kentang juga sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah kusam. Hal ini dikarenakan, kandungan nutrisi yang terkadung di dalam kentang sangat efektif untuk meregenerasi sel kulit mati. Dengan melakukan perawatan ini secara rutin dan teratur, kulit wajah kusam akan tampak lebih cerah dan bersinar.

4. Melangsingkan Tubuh

Memiliki bentuk tubuh yang langsing dan indah memang dapat memaksimalkan aura kecantikan kita sebagai kaum hawa, karena dengan memiliki bentuk tubuh yang langsing dapat meningkatkan rasa percaya diri kita sebagai wanita. Untuk mendapatkan tubuh yang langsing bisa dilakukan dengan cara menambahkan kentang rebus ke dalam menu diet harian anda. Disamping itu, anda tetap dituntut untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur agar hasil yang didapatkan maksimal.

5. Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rotok memang bukan masalah yang sepele, karena jika dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan kebotakan. Tentunya hal ini tidak ingin terjadi pada diri anda, bukan? Apalagi bagi seorang wanita, karena bagi para kaum wanita rambut adalah mahkota yang harus selalu dijaga kesehatan dan keindahannya. 

Untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok, anda bisa melakukan perawatan dengan menggunakan kondisioner alami yang terbuat dari kentang. Hal ini dikarenakan, di dalam kentang mengandung nutrisi yang tidak hanya baik untuk kesehatan saja, tetapi juga dibutuhkan oleh rambut agar terhindar dari kerontokan.

6. Mengatasi Rambut Beruban

Seiring bertambahnya usia, perubahan pada tubuh akan terjadi, salah satunya perubahan warna rambut. Rambut yang dulunya hitam dan berkilau indah bisa mengalami perubahan warna menjadi putih, hal ini memang wajar terjadi. Namun terkadang muncul uban bisa lebih cepat sebelum waktunya, ini bisa terjadi akibat beberapa faktor, salah satunya akibat penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok dan tidak sesuai dengan jenis rambut anda.

Salah satu cara menghitamkan rambut beruban yaitu bisa dilakukan dengan cara melakukan perawatan menggunakan masker kentang. Lakukan perawatan menggunakan kondisioner alami dari kentang ini secara rutin minimal 3 kali seminggu, dalam beberapa minggu rambut pun akan kembali hitam dan indah.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba melakukan perawatan dengan masker kentang?

Baca juga : 17 Manfaat Umbi Talas untuk Kesehatan dan Diet

Sekian ulasan yang bisa kami uraikan mengenai Manfaat Kentang untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga ulasan yang telah kami bahas bisa bermanfaat untuk anda semua. Demikian, Selamat mencoba dan salah sehat. Jangan lupa untuk sharing artikel ini pada teman lainnya. Sukai juga halaman fb blog ini. Terima kasih.