Manfaat Talas untuk Kesehatan dan Diet, serta Cara Mengolahnya

Manfaat Talas untuk Kesehatan dan Diet, serta Cara Mengolahnya -- Khasiat & Manfaat Umbi Talas untuk Diet dan Cara Mengolahnya, Khasiat & Manfaat Umbi Talas Bagi Kesehatan, Khasiat & Manfaat Talas Rebus Untuk Kesehatan dan Bagi Penderita Diabetes, Khasiat & Manfaat Umbi Talas untuk Ibu Hamil, Manfaat Kesehatan dari Umbi Talas, Kandungan Gizi & Nutrisi dari Umbi Talas.


Manfaat Talas untuk Kesehatan dan Diet -- Selain beras, ternyata masih banyak lagi jenis makanan pokok yang bisa kita konsumsi, salah satunya yaitu talas. Pada tanaman talas, pada bagian umbinya dapat dijadikan sebagai makanan pokon pengganti nasi. Hal ini dikarenakan, di dalam talas mengandung karbohidrat dan juga kandungan nutrisi lainnya.

Seperti hal nya di Papua dan juga kepukauan Mentawai, umbi talas ini sudah menjadi makanan pokok sebagai pengganti nasi, karena di disana tanaman padi tidak bisa tumbuh dan sulit untuk mendapatkan beras.

Sedangkan di daerah lain, umbi talas ini sering diolah untuk dijadikan sebagai cemilan. Pada tanaman talas tidak hanya dapat dimanfaatkan pada bagian umbinya saja, tetapi juga beberapa bagian lainnya seperti daun dan juga tangkai daunnya yang bisa dimanfaatkan bagi kehidupan manusia. Amun dalam artikel yang akan kami bahas kali ini hanya akan mengulas lebih dalam mengenai manfaat umbi talas.

Umbi talas sendiri tidak hanya dapat dikonsumsi, tetapi juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan. Bagi anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat umbi talas, anda bisa simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

A. Kandungan Gizi dan Nutrisi di dalam Umbi Talas

Selain memilki rasa yang enak, ternyata di dalam umbi talas juga mengandung beragam jenis nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di dalam umbi talas mengandung vitamin A, vitamin C, serat, zat besi, magnesium dan masih banyak lagi kandungan gizi dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan menyimpan beragam kandungan gizi dan nutrisi tersebut, umbi talas membawa banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh dan kebutuhan lainnya.

B. Manfaat Umbi Talas untuk Kesehatan Tubuh

1. Sumber Energi

Seperti yang telah kami jelaskan di atas bahwa umbi talas idak hanya dapat dijadikan cemilan saja, melainkan dapat dijadikan sebagai makanan pokok. Hal ini dikarenakan, di dalam umbi talas mengandung karbohidrat yang cukup tinggi yang dapat menjadi sumber energi bagi tubuh sama hal nya dengan beberapa jenis makanan pokok lainnya seperti beras, jagung, sagu, gandum, ubi jalar dan masih banyak lagi jenis makanan pokok lainnya yang dapat memberikan sumber energi bagi tubuh.

2. Baik untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi umbi talas tidak hanya baik dijadikan sebagai makanan pokok sebagai pengganti nasi, tetapi juga bisa kita manfaatkan sebagai makanan yang baik untuk memelihara kesehatan organ jantung, sehingga organ jantung dapat bekerja denga baik dan optimal. Hal ini dikarenakan, di dalam umbi talas mengandung beberapa mineral penting yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh, seperti zat besi, mangan, magnesium dan juga seng.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain mengandung kalsium, ternyata di dalam umbi talas juga mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga daya tahan tubuh akan menjadi lebih kuat dan mampu melawan serangan berbagai virus dan bakteri jahat penyebab penyakit.

4. Mencegah Penuaan Dini

Mengkonsumsi umbi talas juga dipercaya ampuh untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit terutama kulit wajah, sehingga kulit menjadi lebih sehat dan terlihat awet muda. Dalam hal ini, di dalam umbi talas mengandung zat antioksidan yang dapat berfungsi sebagai penangkal serangan radikal bebas yang dapat menyerang sel kulit dan meningkatkan proses regenerasi sel kulit.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Di dalam umbi talas juga mengandung kalium yang terbukti berkhasiat untuk membantu menurukan tekanan darah tinggi dan menjaganya agar tetap stabil. Selain itu, masih ada sejumlah kandungan nutrisi lainnya yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Maka dari itu, bagi anda yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi atau hipertensi disarankan untuk rutin mengkonsumsi umbi talas setiap hari agar peredaran darah menjadi lancar.

6. Dapat Menyehatkan Sistem Pencernaan

Umbi jalar juga diketahui memiliki kandungan serat alami yang sangat baik untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan, sehingga kerja dari sistem pencernaan akan menjadi lebih lancar dan dapat terhindar dari berbagai gangguan pada sistem pencernaan seperti susa BAB, sembelit dan juga wasir.

7. Mencegah Diabetes

Di dalam umbi talas memilki kandungan indeks glikemik yang sangat rendah apabila dibandingkan dengan jenis makanan lainnya seperti kentang dan juga beras, sehingga banyak mengkonsumsi umbi talas ini tidak akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat.

Maka dari itu, umbi talas ini sangat baik dikonsumsi oleh para penderita penyakit diabetes, bahkan umbi talas ini dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah berlebih pada penderita diabetes.

8. Mencegah Kanker

Manfaat mengkonsumsi umbi talas secara rutin juga ternyaa memiliki kemampuan dalam mencegah pembentukan dan perkembangan kanker di dalam tubuh. Seperti yang kta ketahui bahwa kanker adalah salah satu jenis penyakit berbahaya yang mematikan, bahkan kanker menjadi salah sau penyakit penyebab kematian paling tinggi nomor 1 di dunia. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk kita selalu menjaga kesehatan agar dapat terhindar dari resiko terkena penyakit kanker, salah satunya yaitu dengan rutin mengkonsumsi umbi talas.

Hal ini dikarenakan, di dalam umbi talas mengandung sejumlah zat yang berfungsi sebagai antioksidan yang sangat kuat untuk menangkal serangan radikal bebas berbahaya, radikal bebas inilah yang menjadi salah satu pemicu dari terjadinya pembetukan dan perkembangan sel kanker apabila masuk dalam tubuh.

9. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Di dalam umbi talas juga mengandung mineral zat besi yang memiliki peranan sangat penting dalam membantu mencegah dan juga mengatasi penyakit anemia atau penyakit kekurangan sel darah merah. Zat besi inilah yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah, sehingga dengan rutin mengkonsumsi umbi talas dapat memenuhi kebutuhan sel darah merah keseluruh tubuh.

10. Memelihara Kesehatan Mata

Meskipun selama ini kita hanya mengenal wortel dan tomat sebagai makanan yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata, tetapi ternyata umbi talas juga sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata. Hal ini dikarenakan, di dalam umbi talas memiliki kandungan vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk menutrisi mata, sehingga kesehatan dan daya penglihatan mata akan tetap terjaga serta terhindar dari berbagai masalah kesehatan mata.

11. Memelihara Kesehatan Kulit

Di dalam umbi talas juga memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E yang sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit, sehingga dapat menjadikan kulit terlihat lebih sehat dan cantik serta terhindar dari berbagai masalah kulit.

12. Mengobati Bisul

Bisul merupakan salah satu penyakit kulit yang memang sangat mengganggu, karena seseorang yang memiliki bisul akan merasa tidak nyaman akibat dari rasa sakit yang ditimbulkannya. Bisul sendiri disebabkan oleh karena adanya infeksi bakteri yang menyebabkan terjadi peradangan pada permukaan kulit, sehingga menimbulkan benjolan pada kulit yang disertai dengan rasa sakit.

Cara mengobati bisul dengan umbi talas cukup sederhana, anda cukup menghaluskan umbi talas mentah secukupnya saja. Setelah itu bungkus dengan daun sirih, lalu kukus selama beberapa menit. Selanjutnya, angkat dan dinginkan sampai cukup hangat. Tempelkan terlebih dahulu umbi talas pada bisul, lalu tutup dengan daun sirih dan bungkus dengan kain perban atau kasa. Diamkan selama semalaman, lalu buka pada keesokan harinya. Lakukan secara rutin dan teratur cara mengobati bisul secara alami ini setiap malam, bisul akan segera mati dan sembuh.

13. Mengatasi Kelelahan

Di dalam umbi talas mengandung indeks glikemik yang sangat rendah, kandungan zat inilah yang diperlukan oleh tubuh pada saat sedang mengalami kelelahan. Mendapatkan sumber energi tambahan  tanpa harus menambahkan glukosa yang dapat memberikan efek dalam jangka panjang, sehingga umbi talas ini sangat cocok untuk dikonsumsi bagi anda yang memiliki aktivitas pekerjaan berat dan padat setiap harinya agar tubuh tidak cepat mengalami kelelahan.

14. Sebagai Anti-aging

Umbi talas juga memiliki kemampuan dalam menghilangkan radikal bebas dan membantu proses regenerasi sel yang dapat memelihara kesehatan sel dalam tubuh termasuk kulit, sehingga konsumsi talas ini juga sangat baik untuk mencegah dan mengatasi penuaan dini.

15. Mengobati Asam Urat dan Rematik

Mengkonsumsi umbi talas rebus juga dipercaya sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada penderita penyakit asam urat dan juga rematik. Hal ini dikarenakan, kandungan nutrisi dan mineral penting yang ada dalam umbi talas ini sangat baik untuk mengurangi kadar asam urat berlebih yang diproduksi oleh tubuh.

16. Mengobati Luka

Manfaat umbi talas jika bisa kita manfaatkan sebagai obat luka luar, terutama luka iris. Umbi talas ini bisa dijadikan sebagai obat pertolongan pertama untuk mengobati luka ketika terkena irisan pisau.

Caranya yaitu kupas cangkang umbi talasnya, lalu keruk daging umbi talas sedikit saja dan tempelkan pada luka iris. Dalam sekejap, darah yang keluar akan berhenti dan luka pun akan cepat kering dan sembuh. Hal ini dikarenakan, kandungan zat yang ada dalam umbi talas dapat bersifat sebagai antiseptik alami, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka.

Baca Juga : Manfaat Singkong dan Ubi Jalar untuk Kesehatan

C. Manfaat Talas untuk Diet dan Cara Mengolahnya

Hampir setiap kaum wanita pastinya sangat mendambakan tubuh yang langsing dan ideal, karena memiliki bentuk tubuh yang indah dan langsing menjadi kebanggaan tersendiri bagi para kaum wanita agar terlihat lebih cantik dan menarik.

Bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih atau tubuh gemuk tentunya diperlukan usaha ekstra untuk bisa menurunkan berat badan, salah satunya dengan menjalani program diet seimbang dan rajin berolahraga. Disamping itu, pola hidup sehat pun harus diterapkan agar usaha dan kerja keras yang sudah dilakukan tidak sia-sia.

Untuk mendapat hasil hasil optimal dalam progran diet yang sedang dijalankan untuk mendapatkan berat badan ideal, anda bisa memilih umbi talas untuk dijasikan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Sebab, umbi talas termasuk salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat dan rendah gula.

Seseorang yang sedang menjalani diet diharuskan untuk membatasi konsumsi nasi putih, karena nasi putih mengandung gula yang lebih tinggi dibandingkan dengan umbi talas. Hal ini dikarenakan, nasi dapat menjadi pemicu utama dari peningkatan berat badan berlebih.

Maka dari itu, sebaiknya beralihlah dengan mengkonsumsi umbi talas agar program diet yang sedang anda jalani mendapatkan hasil yang optimal. Sebab, selain kaya akan kandungan karbohidrat umbi talas juga kaya akan serat.

Bagi anda yang sedang menjalani diet, konsumsi makanan kaya serat adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Maka dari itu, bagi anda yang ingin memiliki berat badan ideal dan tubuh yang langsung, jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi umbi talas setiap hari sebagai pengganti nasi.

Cara mengolah umbi talas bisa dilakukan dengan berbagai cara, anda bisa merebusnya dan langsung mengkonsumsinya. Atau anda juga bisa mengolah umbi talas untuk dijadikan sebagai aneka jenis olahan makanan sesuai selera.

D. Peringatan Mengkonsumsi Umbi Talas

Talas termasuk salah satu umbi-umbian yang sangat populer di Indonesia. Tidak hanya dapat diolah untuk dijadikan makanan ringan atau cemilan seperti keripik, bolu dan aneka olahan makanan lainnya, tetapi juga talas ini dapat dijadikan sebagai makanan pokok sebagai pengganti nasi.

Di dalam umbi talas mengandung kadar air dan juga karbohidrat yang cukup tinggi. Selain itu, di dalam talas juga mengandung beberapa kandungan nutrisi penting lainnya seperti vitamin C, protein, sedikit lemak, kalsium, fosfor, zat besi, riboflavin, tiamin dan juga niasin yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

Meski demikian, perlu anda ketahui bahwa di dalam talas juga mengandung getah yang dapat menimbulkan rasa gatal jika terkena kulit atau tenggorokan. Namun bagi masyarakat Indonesia, kondisi ini termasuk lumrah dan diangap biasa.

Masalah paling besar dari talas ini bisa dikurangi dengan membersihkan dan menghilangkan getahnya, cara untuk menghilangkan getah pada talas yaitu dengan cara dikupas kulitnya, direnda, diiris dan di cuci kembali beberapa kali sampai benar-benar bersih.

Untuk menghilangkan kadar getah yang ada pada telas ini masyarakat biasanya sering merendam umbi talas dengan air garam, karena garam memiliki kemampuan dalam mengurangi kadar toksin dalam talas.

Meskipun cara tersebut sudah benar, namun perlu anda ketahui bahwa rasa gatal pada talas tersebut disebabkan oleh karena adanya kandungan kalsium oksalat. Kalsium oksalat ini berbentuk kristal yang mirip dengan jarum.

Selain mengandung kalsium oksalat, di dalam umbi talas juga memiliki kandungan asam oksalat berfungsi untuk membentuk kompleks dengan kalsium. Kandungan zat asam oksalat dapat larut dalam air, sementatra kalsium oksalat tidak dapat larut dalam air tetapi hanya dapat larut dalam kadar asam yang kuat.

Cara yang paling tepat untuk meghilangkan rasa gatal agar umbi talas ini aman dikonsumsi, maka kandungan oksalat dalam umbi talas harus dibuang. Caranya yaitu dengan merebus umbi talas, kemudian airnya dibuang. Hal ini dikarenakan, kandungan senyawa oksalat dapat larut dalam air rebusan.

Selain itu, umbi talas juga dapat direndam dalam air hangat, karena dengan dilakukan proses perkecambahan dan juga fermentasi dilakukan dengan tujuan untuk menurunkan kadar oksalat terlarut. Pengurangan kadar oksalat denganc ara dipanggang bukanlah cara yang tepat, karena penurunan kadar air selama proses pemanggangan akan menghasilkan akumulasi oksalat pada umbi talas tersebut.

Jadi, meski memiliki banyak manfaatnya jangan sembarangan mengkonsumsi umbi talas. Sebelum dikonsumsi, sebaiknya cuci sampai benar-benar bersih untuk menghilangkan kadar oksalat dalam talas untuk mengurangi efek rasa gatalnya.

Baca Juga : Manfaat Kentang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Itulah tadi pembahasan kita kali ini mengenai Manfaat Talas untuk Kesehatan dan Diet, serta Cara Mengolahnya. Semoga pembahasan di atas bermanfaat. Cukup sekian dan salam sehat. Silahkan baca juga artikel lainnya di blog ini. Jangan lupa like halaman blog ini. Terima kasih.