20 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

20 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan, Manfaat Minyak Zaitun untuk Payudara - untuk Rambut - untuk Wajah - untuk Kulit , Manfaat Minum Minyak Zaitun Untuk Pria & Wanita, Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Efek Samping Minyak Zaitun.

https://www.infokesehatan.web.id/2018/07/manfaat-minyak-zaitun-untuk-kesehatan-dan-kecantikan.html

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Minyak zaitun atau jika dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Olive oil. Minyak zaitun ini termasuk salah satu jenis minyak essensial yang dihasilkan dari buah zaitun (Olea europaea), pohon zaitun sendiri termasuk tumbuhan yang banyak ditemukan di wilayah Mediterania. 

Minyak zaitun mempunyai banyak sekali kandungan nutrisi dan juga vitamin yang terdiri dari vitamin E, vitamin K, lemak dan juga mengandung sedikit zat besi. Maka dari itu, tidak heran jika banyak sekali manfaat minyak zaitun yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan dan mengatasi berbagai masalah kecantikan seperti kulit dan rambut. Bagi anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan, anda bisa simak ulasan lengkapnya dibawah berikut ini.

Ragam Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak sekali manfaat yang penting untuk kita semua ketahui dari minyak zaitun ini bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Mencegah Stroke

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa para ahli menjelaskan bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi minyak zaitun memiliki resiko terserang stroke lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang jarang atau bahkan tidak pernah mengkonsumsinya. Itu artinya, manfaat mengkonsumsi minyak zaitun akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh dan masa depan.

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

2. Mencegah Kanker

Selain bermanfaat untuk mencegah stroke, konsumsi minyak zaitun juga bermanfaat untuk mencegah tubuh terkena penyakit kanker. Sebab, di dalam minyak zaitun memiliki kandungan zat antioksidan yang sangat kuat dan memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas berbahaya yang sering kali menjadi pemicu kanker. Agar tubuh kita terhindar dari resiko terkena penyakit kanker, kita cukup menambahkan minyak zaitun secukupnya pada masakan kita sehari-hari sebagai pengganti dari minyak kelapa.

3. Mencegah Penyakit Alzheimer

Menurut darin hasil penelitian dari para ahli dari University of Massachusetts Amhrest mengingkapkan bahwa, konsumsi minyak zaitun bermanfaat untuk membantu meningkatkan kemampuan otak hingga 25 persen dan sekaligus menjaga sel-sel dalam otak dari kerusakan. Selain itu, konsumsi minyak zaitun secara rutin juga dapat bermanfaat untuk mencegah terkena penyakit Alzheimer dan berbagai jenis penyakit otak lainnya.

4. Mencegah Penyakit Diabetes

Penyait diabetes atau yang lebih akrab dikenal oleh masyarakat dengan sebutan penyakit kencing manis, merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya dan telah banyak sekali menelan korban jiwa setiap tahunnya. Penyebab dari penyakit diabetes ini yaitu akibat dari pola dan gaya hidup yang tidak sehat, sehingga tubuh tidak mampu lagi untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh yang dapat merusak organ tubuh lainnya.

Menurut dari hasil penelitian menjelaskan bahwa konsumsi minyak zaitun mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah, meningkatkan tingkat sensitivitas dari kadar insulin dan juga dapat mencegah diabetes.

Baca Juga : Manfaat Air Zam-zam untuk Kesehatan dan Kecantikan

5.  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh pada tubuh manusia merupakan sistem pertahanan yang dapat mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh kuman, virus dan juga bakteri. Jika sistem kekebalan pada tubuh kita sedang dalam kondisi yang baik dan kuat, maka tubuh mampu melawan serangan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. 

Begitu pun sebaliknya, jika sistem kekebalan tubuh sedang lemak, maka tubuh sangat rentan sekali terserang berbagai jenis penyakit. Hal ini dikarenakan, di dalam minyak zaitun mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi, sehingga mampu melindungi tubuh kita dari serangan penyakit dan juga paparan radikal bebas berbahaya.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Berdasarkan hasil penelitian lainnya, minyak ziatun juga ternyata sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang dan juga kekuatan tulang. Minyak zaitun ini bisa dikonsumsi bersamaan dengan jenis makanan lain, karena sangat dipercaya mampu meningkatkan penyerapan kalsium dalam makanan. Dengan demikian, tulang akan tetap terjaga kesehatannya dan terhindar dari berbagai malasah kesehatan tulang seperti osteoporosis.

7. Mengobai Sakit Maag

Minyak zaitun juga dipercaya sangat bermanfaat untuk mengobati sakit maag, penyakit yang sering me yerang bagian lambung ini memang sering diderita oleh banyak orang. Penyakit ini dapat disebabkan oleh karena pola makan yang tidak teratur dan sering mengkonsumsi makanan pedas.

Tahukah anda, ternyata minyak zaitun ini sangat berkhasiat untuk mengobati sakit maag, karena minyak zaitun memiliki kemampuan untuk memperlambat proses pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab sakit maag yang bernama Helicobacter Pylori.
8. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat konsumsi mimyak zaitun juga sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh, karena rutin mengkonsumsi minyak zaitun dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan juga arteri. Maka dari itu, pantas saja jika minyak zaitun ini sangat baik dikonsunsi oleh penderita penyakit hipertensi, penyakit jantung dan juga orang yang terserang penyakit stroke. Bahkan manfaat minyak zaitun juga dapat mencegah resiko pecah pembuluh darah.

9. Mengurangi Gejala Penyakit Arthritis

Rheumatoid arthritis atau rematik yaitu jenis penyakit yang dapat memicu terjadinya peradangan, sehingga dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri, pembengkakan dan juga kaku pada persendian. Penyebab penyakit rematik sendiri diakibatkan oleh karena adanya gangguan pada autoimun, penyakit ini sering kali menyerang bagian tubuh seperti tangan, pergelangan tangan, lutut dan juga kaki.

Untuk meredakan rasa nyeri akibat penyakit Arthritis ini, banyak para ahli yang menyarankan untuk mengkonsumsi minyak zaitun. Sebab, di dalam minyak zaitun mengandung senyawa prostaglandin yang terbukti efektif untuk meredakan peradangan dan mengurangi rasa nyeri. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun ini pada bagian tubuh yang terasa sakit.

10. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah yaitu dengan mengkonsumsi minyak zaiun, karena di dalalm minyak zaitun mengandung zat yang sangat ampuh untuk menurunkan kadar koleserol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Baca Juga : Manfaat Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

B. Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata minyak zaiun juga bermanfaat untuk merawat dan mengaasi berbagai masalah kecatikan. Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk kecantikan, diantaranya yaitu :

1. Membasmi Jerawat

Jerawat memang sering dianggap sebagai masalag kulit yang paling menyebalkan, karena munculya jerawat pada kulit terutama kulit wajah dapat menjadikan penampilan menjadi kurang menarik. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat, namun banyak orang yang masih mengalami kesulitan untuk menghilangkan jerawat meski sudah menggunakan berbagai cara.

Jika anda sudah merasa bisa dengan memakai produk-produk atau obat penghilang jerawat, namun jerawat masih juga datang menyerang. Maka anda bisa mencoba cara alami yang terbukti ampuh dan aman untuk kulit, yaitu dengan menggunakan minyak zaitun. 

Caranya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun hangat pada bagian kulit yang berjerawat secara merata, diamkan minimal 15 menit dan bersihkan. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur, dalam 1-2 hari jerawat akan langsung hilang dan tidak akan kembali lagi.

Baca Juga : Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Mengecilkan Pori Pori Kulit Wajah

Apakah anda sedang mencari cara alami mengecilkan pori-pori kulit wajah? Minyak zaitun adalah salah satu solusinya. Kandungan zat linoleic yang terkandung di dalam minyak zaitun dapat membantu memperkecil lubang pori-pori kulit wajah yang besar, memiliki pori-pori kulit yang kecil dapat menjadikan kulit wajah anda tampak lebih halus. 

Caranya cukup rutin melakukan pemaskeran dengan minyak zaitun secara merata, diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan perawatan wajah alami ini secara rutin dan teratur minimal 2 kali seminggu.

3. Memerahkan dan Melembabkan Kulit Bibir

Miyak zaitun juga efektif untuk memerahkan bibir hitam atau gelap, caranya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit bibir secara rutin setiap hari. Kandungan vitamin E dan K pada minyak zaiun dapat meregenerasi sel kulit bibir, sehingga dengan rutin mengoleskan minyak zaitun kulit bibir akan terlihat lebih cerah dan merah alami. 

Selain dapat memerahkan kulit bibir yang gelap, ternyata rutin melakukan perawatan ini juga dapat melembabkan kulit bibir dan menjadikan kulit bibir lebih lembut.

4. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan lainnya yaitu dipercara sangat baik untuk mencegah penuaan dini. Bahkan menurut penelitian menyebutkan bahwa, mereka yang rutin mengkonsumsi danmelakukan perawatan kulit dengan masker minyak zaitun akan memiliki kulit yang terlihat lebih muda. Sebab, di dalam minyak zaitun mengandung squalane yang dapat menjaga tingkat elastisitas dan juga kekencangan kulit.

Baca Juga : Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Menghilangkan Selulit (Stretch Marks)

Selulit atau Stretch Marks kerap di alami oleg para kaum wanita setelah melahirkan, munculnya Stretch Marks sanga mengganggu sekali penampilan bisa tidak segera dihilangkan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan Stretch Marks pada kulit, salah satu caranya yaitu dengan melakukan perawatan memakai minyak zaitun. Kandungan squalene yang terkandung di dalam minyak zaitun, Stretch Marks pada tubuh bisa dihilangkan dengan bertahap.

Cara menghilangkan Stretch Marks dengan minyak zaitun sangatlah mudah, cukup dengan mengoleskan minyak zaitun yang telah dicampurkan dengan air perasan lemon secara merata pada kulit tubuh yang terdapat Stretch Marks. Setelah itu, diamkan minimal selama 15 menit dan bilas hingga bersih dengan air hangat. Lakukan secara rutin setiap kali akan mandi, maka Stretch Marks akan hilang secara bertahap.

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat minyak zaitun berikutnya yaitu terbukti sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan rambut dan mengatasi berbagai masalah rambut seperti, rambut rontok, rambut kering, rambut kusam, rambut bercabang dan menjadikan rambut indah berkilau.

Cara merawat kesehatan rambut dan mengatasi masalah rambut tersebut dengan minyak zaitun sangat mudah, anda cukup menjadikan minyak zaitun ini sebagai masker rambut alami dengan mengoleskanya secara merata pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat-pijat dengan lembut. Setelah itu, diamkan kurang lebih selama 25 menit, lalu bilas hingga bersih dengan melakukan keramas seperti biasa.

Jika menggunakan minyak zaitun ini sebagai perawatan, anda cukup melakukannya minimal seminggu sekali saja. Tetapi jika untuk mengatasi masalah rambut yang telah dijelaskan diatas, sebaiknya lakukan cara ini secara rutin 3 kali seminggu.

7. Membersihkan Sisa Make Up

Manfaat minyak zaitun juga dapat digunakan untuk membersihkan kulit wajah dari sisa make up, minyak zaitun ini sudah digunakan dalam berbagai produk pembersih make up. Maka tak perlu ragu lagi untuk memakai minyak zaitun sebagai pembersih make up alami, karena sudah terbukti efektif membersihkan kulit secara maksimal dari sisa make up dan aman untuk kulit.

Baca Juga : Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Bayi

8. Masker Wajah Alami

Minyak zaitun ini sudah dipercaya dan digunakan sejak dulu sebagai salah satu bahan alami yang ampuh untuk merawat kulit wajah, sehingga kulit wajah menjadi lebih sehat dan terawat. Untuk mendapatkan hasil terbaik, anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai bahan alami dalam pembuatan masker wajah.

Bahan-bahan yang digunakan membuat masker wajah alami dari minyak zaitun, yaitu :
  • Yoghurt, 1/3 cangkir
  • Air perasan lemon, 2 sendok teh
  • Minyak zaitun, 1 sendok makan

Cara Membuat Masker Wajah Alami dari Minyak Zaitun dan Pemakaiannya :

Pertama-tama campurkan semua bahan menjadi satu pada wadah kecil, aduk hingga benar-benar semua bahan tercampur rata. Sebelum memakainya, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah anda dengan air hangat dan keringkan. Lalu oleskan maskr wajah alami yang telah dibuat tadi secara merata pada kulit wajah anda, diamkan sekitar 20-30 menit atau sampai masker kering. Terakhir, bilas hingga bersih dengan air dingin biasa.

Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan kulit wajah ini secara rutin dan teratur minimal seminggu sekali.

9. Membasmi Kutu Rambut

Selain dapat menjadikan rambut indah berkilau, ternyata minyak zaitun juga bisa kita manfaatkan sebagai bahan alami untuk membasmi kutu rambut. Caranya sangat mudah, anda cukup mengoleskan minyak zaitun secara merata pada kulit kepala dan tutup dengan shower cup. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 25 menit dan bersihkan dengan cara keramas seperti biasa.

10. Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit

Manfaat minyak zaitun tidak hanya baik untuk melakukan perawatan kulit wajah saja, tetapi juga bermanfaat untuk merawat seluruh tubuh. Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai bahan alami untuk membersihkan, menghaluskan dan juga mencerahkan kulit tubuh.

Caranya yaitu, siapkan setengah cangkir minyak zaitun dan satu liter susu sapi murni, campurkan kedua bahan alami tersebut menjadi satu dengan cara merebusnya tapi jangan sampai mendidih. Setelah itu, campurkan ke dalam air bak tempat untuk berendam dan berendamlah selama kurang lebih 30 menit. Jika dilakukan secara rutin dan teratur minimal seminggu sekali, maka kulit tubuh akan akan menjadi lebih halus, lembut dan cerah.

Bagaimana, sangat banyak sekali bukan manfaat minyak zaitun ini?

Baca Juga : Manfaat Air Garam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Minyak zaitun memang memiliki banyak sekali manfaatnya, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Meski demikian, anda tetap harus memperhatikan cara penggunaannya. Jika ketika anda rutin melakukan perawatan diatas anda mengalami efek samping yang tidak nyaman, segera konsultasikan dengan dokter. 

Selain itu, jika anda akan menggunakan minyak zaitun untuk pengobatan penyakit yang sedang anda derita, sebaiknya mintalah saran dari dokter sebelum anda mengkonsumsinya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada kesehatan tubuh anda.

Demikianlah ulasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga artikel yang kami bagikan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua. Silahkan di share dan like fansfage kami. Thanks