20 Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

20 Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah -- Khasiat & Manfaat Air Tajin untuk Bayi - Anak - Orang Dewasa, Manfaat Air Tajin untuk  Lambung - Kulit Wajah - Rambut, Khasiat Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan - Kecantikan - Kesuburan - Ibu Hamil - Sperma, Cara Membuat Masker Wajah dari Air Tajin, Manfaat Air Tajin untuk Kecantikan Kulit Wajah Halus dan Lembut.

https://www.infokesehatan.web.id/2018/07/manfaat-air-tajin-untuk-kesehatan-dan-kecantikan.html

Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah – Apakah anda sebelumnya pernah minum air tajin? Bagi anda yang belum tahu apa itu air tajin, berikut admin berikan sedikit penjelasannya.

Air tajin merupakan air yang dihasilkan dari air rebusan beras yang berwarna putih. Masih banyak orang yang belum tahu jika ternyata air tajin ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, biasanya para orang tua dulu sering memanfaatkan air tajin ini untuk diberikan kepada bayi. Hal ini dikarenakan, air tajin merupakan salah satu kandungan air yang sangat mudah untuk dicerna oleh pencernaan bayi.

Selain baik untuk bayi, ternyata air tajin juga sering dimanfaatkan oleh orang tua dan juga dewasa untuk dikonsumsi. Air tajin ini memiliki rasa yang sangat gurih dan biasanya air tajin ini sering ditambahkan gula jawa agar rasanya manis dan gurih. Tidak sedikit orang yang meminum air tajin ini hanya suka dengan rasanya yang gurih, sedangkan mereka tidak tahu ternyata air tajin ini memiliki banyak sekali manfaatnya baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Beragam Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan dan Kecantikan

Air tajin bisa kita dapatkan baik dari beras putih, beras ketan ataupun beras merah. tetapi ketiganya sama-sama memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Penasaran apa saja manfaatnya, mari kita simak ulasannya satu per satu dibawah berikut ini.

A. Manfaat Air Tajin Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat minum air tajin untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Baik untuk Menambah Energi Tubuh

Di dalam air tajin mengandung karbohidrat yang sangat tinggi, kandungan karbohidrat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai salah satu sumber penambah energi bagi tubuh kita. selain baik untuk menambah sumber energi tubuh, air tajin ini terjamin keamanannya karena tanpa mengandung zat-zat kimia berbahaya seperti minuman berenergi yang beredar dipasaran. Air tajin ini tidak hanya baik diminum oleh orang tua dan dewasa saja, tetapi juga baik untuk semua umur.

Baca Juga : Tips dan Cara Meningkatkan Daya Tahapan Tubuh

2. Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan ditakuti oleh banyak orang, karena hingga saat ini belum ada obat yang benar-benar ampuh untuk membasmi kanker baik obat alami ataupun obat kimia. Semua obat-obatan hanya bersifat sebagai pencegah dan penghambat kanker, salah satu obat alami yang mampu mencegah timbulnya kanker yaitu air tajin.

Dengan rutin minum air tajin dapat menjadi solusi alternatif bagi anda yang ingin terhindar dari penyakit mematikan yang satu ini, bahkan kandungan antioksidannya yang tinggi mampu menghambat perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

3. Mencegah dan Mengatasi Berbagai Masalah Pencernaan

Minum air tajin bermanfaat juga untuk membantu mencegah dan mengatasi masalah pencernaan seperti sakit perut, sembelit, maag dan masalah kesehatan pencernaan lainnya.

Selain bermanfaat untuk pencernaan, ternyata air tajin juga dapat berfungsi sebagai elektrolit alami yang terbukti efektif untuk membantu menyembuhkan penyakit diare. Bahkan menurut dari hasil penelitian oleh bebrapa para ahli mengungkapkan bahwa, minum air tajin terbukti sangat efektif untuk menyembuhkan diare, bahkan lebih efektif dibandingkan dengan obat diare yang dijual dipasaran.

Baca Juga : Manfaat Air Zam-zam untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Meredakan Panas Dalam

Panas dalam adalah salah satu masalah kesehatan yang memang bisa dikatakan penyakit ringan, tetapi jika tidak segera diobati tentunya akan sangat mengganggu aktivitas ketika sedang makan. Salah satu obat alami untuk meredakan panas dalam yaitu dapat diobati dengan minum air tajin secara rutin, salah satu jenis penyakit yang ditimbulkan akibat panas dalam yaitu terkena sariawan.

Sariawan juga memang bukan termasuk jenis penyakit yang berbahaya apalagi mematikan, namun seseorang yang menderita sariawan akan membuat dirinya mengalami ketidaknyamanan saat makan dan minum. Selain itu, tubuh yang mengalami sariawan akan mempengaruhi nafsu makan, tubuh lemas dan juga kurang bertenaga. Salah satu cara alami untuk mengobati sariawan yaitu dengan minum air tajin secara rutin sampai sembuh.

5. Mencegah Penyakit Alzheimer atau Kepikunan

Penyakit Alzheimer atau dikenal juga dengan penyakit kepikunan yaitu salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya, penyakit ini biasanya banyak diderita oleh para orang yang berusia lanjut. Pikun sendiri kondisi dimana terjadinya penurunan kemampuan otak untuk mengingat dan terganggunya syaraf-syaraf di otak. Selain itu, penyakit alzheimer juga bisa disebabkan oleh karena kurangnya melatih kemampuan otak dan kurangnya mendapatkan asupan nutrisi untuk otak.

Salah satu bahan alami yang baik untuk menutrisi otak dan mencegah resiko terkena penyakit Alzheimer yaitu dengan rutin minum air tajin. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam air tajin memiliki peranan penting dalam membantu perkembagan neurotransmitter, sehingga dapat mencegah resiko terkena penyakit alzheimer atau kepikunan.

Baca Juga : Manfaat Air Garam untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Mencegah Obesitas

Air tajin dihasilkan dari beras yang di dalamnya mengandung kalori yang sangat rendah dan mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berkat kandungan kalorinya yang sangat rendah, maka rutin minum air tajin ini sangat bermanfaat untuk mencegah kegemukan. Bahkan air tajin sangat cocok dijadikan sebagai minuman bagi anda yang sedang menjalani program diet. Minum air tajin ini mampu menurunkan berat badan secara berkala dan mampu mencegah kegemukan (obesitas).

7. Menstabilkan Kadar Kolesterol dan Mencegah Penyakit Jantung

Sama hal nya dengan kanker, penyakit jantung juga menjadi salah satu jenis penyakit berbahaya yang sering diderita oleh masyarakat luas. Apabila terkena penyakit jantung, maka harus segera ditangani dengan baik dan cepat karena jika telat sedikit saja bisa berujung pada kematian. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk kita agar senantiasa memelihara kesehatan jantung, salah satu cara alami mencegah penyakit jantung yaitu dengan rutin minum air tajin.

Selain itu, minum air tajin juga dipercaya sangat bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah agar tetap stabil.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung

8. Mengobati Infeksi Virus

Konsumsi air tajin juga bermanfaat untuk mengobati penyakit yang dipicu oleh infeksi virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, air tajin juga bermanfaat untuk menurunkan demam anak. Memberikan air tajin untuk anda yang sedang terserang demam, air tajin ini dapat dikonsumsi sebagai salah satu minuman sehat yang mampu mengembalikan nutrisi tubuh yang telah hilang. Selain itu, segelas air tajin dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan bagi mereka yang menderita demam.

9. Mencukupi Nutrisi Tubuh Bayi

Sebelum maraknya peredaran produk susu formula untk bayi dan aneka jenis makanan bayi dipasaran, masyarakat dulu lebih memilih memberikan air tajin untuk mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bayi. Air tajin ini dapat menjadi pengganti dari susu formula seperti yang sudah dilakukan oleh masyarakat pada jaman dulu, bahkan masyarakat sekarang yang tinggal di daerah pedesaan masih ada yang memanfaatkan air tajin ini untuk diberikan kepada bayi mereka.
10. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat air tajin untuk kesehatan berikutnya yaitu bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga dengan rutin minum air tajin tekanan darah dalam tubuh anda akan stabil dan akan terhindar dari resiko stroke.

Itulah beberapa manfaat minum air tajin untuk kesehatan tubuh yang perlu anda semua ketahui. Selain baik untuk kesehatan tubuh, ternyata air tajin juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan bagi para keum wanita.

Baca Juga : Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

B. Manfaat Air Tajin untuk Kecantikan

Berikut ini beberapa manfaat air tajin untuk perawatan kecantikan, diantaranya yaitu :

1. Membantu Menyamarkan Noda dan Flek Hitam di Wajah

Munculnya noda dan flek hitam pada kulit wajah memang dapat membuat penampilan menjadi terlihat kurang menarik, apalagi jika di alami oleh para kaum wanita. Salah satu cara mengatasinya, anda bisa memanfaatkan campuran air tajin dengan bubuk kunyit. Kedua bahan alami ini dicampur dan diaduk rata, lalu aplikasikan pada kulit wajah secara merata.

Setelah itu, diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih dengan menggunakan air dingin. Dengan dilakukan secara rutin dan teratur, maka noda dan flek hitam pada kulit wajah akan tersamarkan dan kulit wajah akan terlihat lebih bersih dan cantik.

Baca Juga : Manfaat Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Membantu Meregenerasi Sel Kulit Baru

Anda bisa memanfaatkan air tajin sebagai toner alami yang dapat bermanfaat untuk membantu proses regenerasi sel kulit baru pada kulit wajah anda, sehingga tumpukan sel kulit mati akan terangkar secara menyeluruh dan digantikan dengan sel kulit yang baru.

Cara melakukannya sangatlah mudah, anda bisa siapkan kapas dan celupkan ke dalam air tajin. Setelah itu, aplikasikan kapas tersebut pada permukaan kulit wajah seperti penggunaan toner yang biasa anda lakukan. Lakukan perawatan kecantikan alami ini secara rutin dan teratur untuk mendapatkan manfaat air tajin ini secara optimal.

3. Melancarkan Peredaran Darah pada Wajah

Manfaat air tajin berikutnya yaitu dapat membantu melancarkan peredaran darah menuju ke bagian kulit wajah, sehingga seluruh permukaan kulit wajah akan mendapatkan suplai oksigen dan juga sari makanan dalam jumlah cukup. Dengan melakukan perawatan ini secara rutin dan teratur, maka kulit wajah akan terlihat lebih sehat, halus dan cerah alami.

Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Mencerahkan Kulit Wajah

Berkat proses regenerasi sel kulit dan peredaran darah yang lancar, maka dapat membuat kulit wajah anda terlihat lebih bersih dan cerah sehingga dapat meningkatkan penampilan wajah anda. Cara mencerahkan kulit wajah dengan air tajin sangat mudah, anda cukup rutin membersihkan kulit wajah dengan menggunakan air tajin secara rutin pada pagi dan malam sebelum tidur. Lakukan perawatan ini secara rutin setuao hari hingga mendapatkan hasil yang sesuai harapan.

5. Menjadikan Kulit Wajah Terasa Lebih Halus dan Lembut

Beberapa faktor seperti jerawat, sul kulit mati, polusi udara dan berbagai faktor lain dapat menjadi penyebab kulit wajah menjadi terasa kering dan kasar. Maka penting sekali untuk melakukan perawatan kecantikan pada kulit wajah secara rutin dan teratur agar kulit wajah kembali halus dan lembut. Salah satu bahan alami yang terbukti ampuh untuk menghaluskan dan melembutkan kulit wajah yang kasar yaitu dengan menggunakan air tajin, anda bisa gunakan air tajin ini sebagai toner wajah alami.

Dengan melakukan perawatan kulit wajah dengan menggunakan toner alami dari bahan air tajin secara rutin dan teratur, maka kulit wajah yang tadinya kering dan kasar akan menjadi halus dan lembut.

Baca Juga : Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Menghilangkan Komedo

Air tajin juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo yang membandel pada kulit, terutama pada kulit wajah. Cara menghilangkan komedo secara alami sangatlah mudah, anda bisa memanfaatkan air tajin secukupnya yang masih dalam keadaan hangat, kemudian basuhkan ke seluruh permukaan kulit wajah.

Setelah itu, diamkan selama selama beberapa menit hingga kering dan gosok dengan lembut menggunakan haduk bersiih yang lembut pada bagian kulit wajah yang berkomedo. Lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur setiap hari, maka kulit wajah anda akan terlihat lebih bersih dan bebas dari komedo.

7. Mengurangi Produksi Minyak Berlebih pada Kulit Wajah

Bagi anda yang memiliki kulit wajah berminyak dan sering merasa resah dengan produksi kadar minyak berlebih, salah satu solusinya yaitu dengan melakukan perawatan menggunakan air tajin secara rutin dan teratur setiap hari. Dengan rutin membersihkan kulit wajah menggunakan air tajin, maka produksi kadar minyak pada kulit wajah pun akan berkurang dan menjadi lebih terkontrol dengan baik.

Baca Juga : Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan

8. Menghilangkan Jerawat

Air tajin juga dipercaya sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah dan tubuh yahg dapat mengganggu penampilan. Meski ada banyak sekali berbagai jenis obat dan krim penghilang jerawat yang dijual dipasaran dari berbagai merk, tetapi penggunaan  obat jerawat alami jauh lebih efektif dan lebih aman tanpa menimbulkan efek samping. Selain itu, obat jerawat alami jauh lebih murah dibandingkan dengan obat-obatan bermerk.

Cara menghilangkan jerawat dengan air tajin sangat mudah, anda cukup rutin membasuh kulit yang berjerawat dengan air tajin yang masih hangat. Setelah itu, diamkan hingga kering dan lap dengan habduk bersih yang lembut. Lakukan cara alami ini secara rutin dan teratur setiap pagi dan malam sebelum tidur, sehingga jerawat pun akan segera hilang dan tidak akan muncul lagi.

9. Mencegah dan Mengatasi Penuaan Dini

Manfaat rutin membersihkan kulit wajah dengan air tajin ternyata sangat efektif untuk mencegah dan sekaligus mengatasi munculnya penuaan dini, seperti kulit keriput, garis-garis halus, kulit kusam dan berbagai tanda-tanda penuaan dini lainnya.

Baca Juga : Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

10. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Manfaat air tajin untuk kecantikan berikutnya yaitu dipercaya mampu mencegah berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet, bahaya terlalu sering terkena paparan dari sinar UV sangat tidak baik untuk kesehatan kulit yang dapat membuat kulit terbakar, iritasi dan bahkan memicu terjadinya kanker kulit.

Bagi anda yang sering beraktivitas diluar rumah dan terkena paparan sinar matahari seharian, maka sebaiknya anda melindungi kulit anda terutama kulit yang tidak terutup pakaian dengan menggunakan air tajin.

Caranya yaitu, gunakan air tajin ini untuk membasuh kulit wajah, leher, tangan dan bagian kulit tubuh lainnya yang ingin dilindungi. Pastikan anda memakai pelembab setelah melakukan perwatan dengan air tajin.

Banyak sekali bukan manfaat air tajin untuk kesehatan dan kecantikan?

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Itulah ulasan mengenai 20 Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah. Semoga ulasan yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat serta menambah wawasan bagi para pembaca semua. Silahkan dishare, dan baca juga artikel lainnya di blog ini ya. Thanks very much.