11 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Kuku Tangan dan Kaki

11 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Kuku Tangan dan Kaki -- Cara Merawat Kesehatan Kuku Tangan dan Kaki, Cara Menjaga Kesehatan Kuku dan Perawatannya, Tips Perawatan Kuku Supaya Tetap Sehat dan Cantik, Tips Cantik Merawat Kuku Tangan dan Kaki, Cara Merawat Kuku Kaki dan Tangan Agar Tetap Sehat, Tips Kesehatan Menjaga Kesehatan Kuku Tangan dan Kaki.


Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Kuku Tangan dan Kaki -- Bukan hanya organ dalam tubuh saja yang penting untuk di jaga kesehatannya, bagian tubuh yang berada di luar tubuh pun penting untuk kita jaga kesehatannya dengan baik setiap hari. ada banyak sekali anggota tubuh yang sangat membutuhkan perhatian khusus, salah satunya yaitu kuku baik itu kaki tangan ataupun kuku kaki.

Kuku adalah bagian tubuh yang rentan sekali mengalami luka, misalnya saja tanpa sengaja tertimpa sesuatu atau terjepit pintu. Kuku mudah sekali mengalami retak, patah atau bahkan terlepas dari jari tangan dan jari kaki.

Selain itu, kuku juga rentan terkena beberapa masalah kesehatan seperti berjamur, menguning dan bahkan menghitam. Lebih paranya lagi, kotoran yang menumpuk di sela-sela kuku bisa menjadi busuk dan mengeluarkan aroma tak sedap yang cukup menyengat. Tentunya kita semua tidak ingin mengalami hal seperti ini, bukan?

A. Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Kuku Tangan dan Kaki

Untuk menjaga kesehatan kuku tangan dan kaki, ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Dengan melakukan cara-cara ini kuku bisa menjadi lebih bersih, sehat dan kuat. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kuku tetap sehat dan kuat, diantaranya yaitu :

1. Rutin Memotong Kuku

Agar kuku anda tetap sehat dan terhindar dari bebagai masalah pasa kuku, baik kuku tangan maupun kuku kaki. Maka sebaiknya anda rutin melakukan pemotongan pada kuku paling tidak seminggu sekali. Hal ini dikarenakan, jika kuku semakin panjang kuku tersebut akan semakin rapuh dan rentan patah. Memiliki kuku yang terlalu panjang dapat menyebabkan kotoran mudah masuk ke dalam kuku dan menimbulkan aroma tak sedap, terutama pada kuku kaki.

Selain itu, memiliki kuku yang terlalu panjang juga bisa menyebabkan penampilan menjadi kurang menarik dan pastinya dapat mengganggu aktivitas pekerjaan sehari-hari. Oleh sebab itu, penting sekali untuk kita selalu rutin memotong kuku jika terlhat sudah panjang. Namun pastikan gunakan gunting kuku yang tajam dan kuat, karena jika menggunakan alat lain seperti silt atau cutter bisa membuat bentuk kuku menjadi rusak.

Cara yang baik untuk memotong kuku yaitu, pertama-tama rendam terlebih dahulu tangan dan kaki anda di dalam baskom yang berisi air hangat selama beberapa menit. Setelah itu angkat dan keringkan, kemudian anda bisa mulai melakukan pemotongan kuku. Cara ini dapat menjadikan kuku lebih lentur dan mudah dipotong, sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan pada kuku.

2. Rutin Membersihkan Kuku

Setelah memotong kuku, sebaiknya segera bersihkan kuku dengan menggunakan air hangat. Cara membersihkan kuku yang baru di potong pun sangat baik jika dilakukan dengan menggunakan air hangat, lalu gunakan sabun dan bilas hingga bersih hingga ke sela-sela kuku dan jari tangan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, anda juga bisa menggosok kuku menggunakan jeruk lemon agar kuku tampak lebih bersih, halus dan tampak lebih cerah.

3. Gunakan Pelembab

Mungkin anda berpikir jika hanya kulit saja yang membutuhkan pelembab, tetapi ternyata kuku pun membutuhkan pelembab. Manfaat penggunaan pelembab kuku ini bisa menjadikan kuku tangan dan kaku anda lebih halus, sehat dan kuat. 

Namun pastikan anda menggunakan pelembab khusus untuk kuku, bukan produk pelembab yang biasa digunakan untuk kulit. Namun jika anda memang tidak memiliki curticle cream, anda bisa menggunakan body butter atau body lotion.

Akan tetapi, kami lebih menyarankan agar anda memakai cuticle cream yang telah diformulasikan khusus untuk kuku. Hal ini dikarenakan, di dalam produk tersebut telah diperkaya dengan kandungan vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kuku. Dengan menggunakan pelembab khusus kuku ini, maka kuku akan menjadi lebih sehat, kuat dan terhindar dari berbagai masalah kuku.

4. Foot Bath

Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara diatas, aktivitas foot bath ini sama dengan merendam tangan dan kaki dengan air hangat untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kuku. Cara ini sangat disarankan untuk dilakukan oleh anda yang memiliki masalah kuku hitam dan beraroma busuk.

Caranya sangat mudah, siapkan air hangat ke dalam baskom yang berukuran cukup besar, lalu tambahkan dua sendok garam dapur dan satu sendok makan air perasan jeruk lemon segar. Lalu aduk-aduk sampai garam dan air perasan lemon tersebut larut dengan air. Setelah itu, rendamkan kaki dan tangan minimal selama 15 menit sambil digosok-gosok secara perlahan menggunakan sikat gigi bekas.

Setelah itu, angkat dan keringkan dengan handuk bersih. Jika ada luka pada kuku anda, maka luka tersebut akan cepat kering dan sembuh. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap anda selesai memotong kuku atau minimal seminggu sekali. Rutin melakukan foot bath ini sangat baik untuk mencegah penumpukan kototan, kuman, bakteri dan infeks pada kuku.

5. Gunakan Belimbing Wuluh

Tahukah anda, jika ternyata belimbing wuluh tidak hanya dapat kita manfaatkan sebagai sayuran atau lalapan saja, tetapi juga bisa kita manfaatkan untuk membantu membersihkan dan mencegah munculnya berbagai masalah pada kuku tangan dan juga kaki. 

Hal tersebut dikarenakan, di dalam belimbing wuluh sendiri mengandung senyawa yang bernama flavonoid, senyawa ini bersifat sebagai antibakteri. Selain itu, di dalam belimbing wuluh juga mengandung beberapa jenis vitamin, mineral dan asam amino yang cukup tinggi.

Dengan berbagai kandungan yang ada di dalamnya, manfaat belimbing wuluh ini dapat membantu mempercepat penyembuhan pada kuku tangan dan kaki yang terkena infeksi. Selain itu, manfaat sayuran ini juga dapat membersihkan kuku dari kotoran, kuman, bakteri dan sekaligus mencerahkan warna kuku.

Cara menggunakannya sangatlah mudah sekali, anda cukup memotong belimbing wuluh menjadi dua bagian saja. Setelah itu, gosok-gosokan belimbing wuluh tersebut pada kuku dan kaki anda secara merata dan perlahan. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 10 menit dan bilas hingga benar-benar bersih. Lakukan cara ini minimal 2 minggu sekali, selain dapat membersihkan dan menutrisi kuku juga dapat menjadikan kuku terlihat cantik.

6. Gunakan Kulit Jeruk

Selain bisa melakukan perawatan dengan menggunakan belimbing wuluh, cara alami menjaga kesehatan kuku tangan dan kaki juga bisa dilakukan dengan menggunakan kulit jeruk. Sebab, di dalam kulit jeruk mengandung vitamin C yang tinggi dan bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan buahnya. Maka dari itu, melakukan perawatan kuku dengan menggunakan kulit jeruk ini baik untuk mencegah berbagai jenis penyakit dan masalah kesehatan pada kuku.

Cara menjaga kesehatan kuku dengan kulit jeruk sangatlah mudah, anda hanya perlu menggosok-gosokan bagian dalam kulit jeruk secara perlahan pada bagian kuku tangan dan kaki. Setelah itu, biarkan beberapa menit dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin minimal 2 minggu sekali, maka kuku anda akan terjaga kesehatannya dan terhindar dari terkena jamur kuku.

7. Menghilangkan Jamur Kuku

Jamur kuku atau dalam istilah medis dikenal dengan Onikomikosis dapat dilakukan identifikasi dengan mudah. Jika kuku berubah warna menjadi kuning atau terdapat bintik-bintik putih pada kuku, maka kemungkinan besar kuku tangan atau kaki anda terkena jamur kuku. Namun biasanya jamur kuku ini lebih sering menyerang kuku yang terdapat pada ibu jari kaki.

Jika jamur kuku ini tidak segera diatas atau dihilangkan, maka jamur kuku akan menyebar ke bagian kuku yang lain hingga ke bagian kuku tangan. Kuku akan berubah warna menjadi kuning dan bahkan hitam, kemudian jamur kuku tersebut akan menebal, retak dan akihirnya patah.

Cara terbaik untuk menghilangkan jamur kuku tersebut, maka sebaiknya gunakan cream khusus untuk menghilangkan jamur kuku yang bisa diperoleh dengan mudah di apotik-apotik. Tetapi jika kondisinya sudah parah, masalh jamur kuku ini harus ditangani oleh dokter dan bahkan harus dihilangkan dengan cara tindakan operasi kecil.

8. Foot Spa

Foot spa atau lebih populer dengan sebutan spa kaki ini merupakan perawatan kuku yang dapat membantu menghilangkan berbagai masalah pada kuku kaki dan bagian kulit kaki lainnya. Spa kaki ini dapat dilakukan di salon kecantikan, namun jika anda ingin melakukannya sendiri bisa juga dilakukan di rumah. 

Manfaat dari melakukan perawatan spa kaki atau foot spa ini yaitu dapat membantu menjadikan tubuh lebih rileks, sehingga dapat membangkitkan mood menjadi lebih baik. Sambil melakukan spa kaki, anda bisa mendengarkan musik favorit anda, sehingga anda bisa menikmati liburan akhir pekan dengan sangat nyaman dan menyehatkan.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam melakukan spa kaki ini, salah satu cara yang paling umum dilakukan yaitu dengan menggunakan handuk panas. Caranya sangat mudah, anda cukup merendam handuk kecil di dalam ember berisi air panas yang telah di campur dengan minyak zaitun, air perasan lemon dan garam. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Selanjutnya, bungkus kaki anda dengan handuk tersebut dan biarkan sampai handuk menjadi dingin.

Lakukan cara ini secara rutin minimal 1 minggu sekali, dalam beberapa minggu kulit kaki dan kuku pun akan menjadi lebih lembu dan tampak lebih cerah.

9. Hati-hati Ketika Melakukan Pedikur

Ketika anda melakukan perawatan pedikur di tempat spa atau salon khusus, maka biasanya para ahli terapis akan melakukan pemotongan kutikel dan juga kulit kering yang ada di sekitar kuku tangan dan kaki anda. Namun ternyata cara tersebut sangat tidak baik, karena dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh dan mudah terkena infeksi kuman ataupun bakteri.

Selain itu, pada saat anda akan melakukan pengecatan pada kuku tangan ataupun kaki, maka kami menyarankan agar jenis cat kuku yang digunakan berbahan organik seperti organic nail polish yang di dalam cat kuku ini bebas bahan kimia berbahaya. 

Sebab, penggunaan cat kuku non organik bisa menyebabkan kuku menjadi menguning. Untuk mendapatkan hasil optimal, pastikan juga anda menggunakan naik polish remover yang menggunakan bahan dasar alami, sehingga enamel kuku akan tetap terjaga dan tidak akan terkikis.

10. Gunakan Alas Kaki yang Nyaman dan Sesuai

Cara menjaga kesehatan kuku juga bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, yaitu dengan menggunakan alas kaki yang nyaman dan ukurannya sesuai dengan ukuran kaki anda. Alas kaki yang nyaman dan sesuai tidak akan menyebabkan pertumbuhan kuku terganggu. Namun jika anda sering menggunakan alas kaki yang terlalu sempit bisa menyebabkan kuku tumbuh ke dalam, menguning, menghitam, berjamur dan beraroma busuk.

Dalam pemilihan alas kaki baik sepatu ataupun sandal, pastikan juga pada alas kaki tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain itu, pastikan selalu menggunakan kaos kaki ketika anda memakai sepatu. Hindari memakai sepatu yang masih dalam kondisi basah atau lembab, karena dapat memicu pertumbuhan jamur dan bakteri pada kuku anda.

11. Menerapkan Pola Makan Sehat

Cara menjaga kesehatan gigi terakhir yang tidak kalah penting untuk anda terapkan yaitu dengan menjaga pola makan sehat setiap hari. pastikan anda mendapatkan asupan makanan yang masuk ke dalam kategori 4 sehat 5 sempurna, karena konsumsi makanan sehat setiap hari dapat membantu memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh kuku. Hal ini dikarenakan, kuku juga membutuhkan asupan gizi dan nutrisi seimbang dari makanan seperti vitamin, mineral, protein dan nutrisi penting lainnya.

Untuk mendapatkan asupan nutrisi cukup pada kuku, sebaiknya konsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, daging dan juga seafood. Jangan lupa juga untuk mendapatkan asupan nutrisi tambahan dengan konsumsi suplemen vitamin untuk membantu pertumbuhan kuku tangan dan kaki anda.

B. Cara Merawat Kuku Tangan dan Kaki dengan Manicure dan Pedicure

Jika anda ingin cara yang simpel dan cepat, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba melakukan perawatan dengan menggunakan metode Manicure dan Pedicure sendiri di rumah. Caranya yaitu :

1. Manicure

Manicure adalah salah satu cara untuk membersihkan dan merawat kuku tangan, caranya yaitu :
  1. Pertama-tama potong kuku menggunakan gunting kuku yang tajam dan bersih, lalu bersihkan kotoran pada kuku dengan menggunakan air hangat. Pastikan anda tidak memotong bagian kutikula yang menjadi pelindung dari kuku terhadap infeksi
  2. Setelah itu, siapkan juga air hangat ke dalam baskom besar yang telah diber campuran garam, minyak zaitun dan juga air perasan jeruk nipis
  3. Kemudian rendam tangan anda selama 10 menit sambil dipijat secara perlahan
  4. Terakhir, angkat dan keringkan dengan handuk bersih dan lembut
  5. Oleskan krim khusus untuk melembabkan kuku atau bisa juga menggunakan body lotion

2. Pedicure
  1. Langkah pertama, potong kuku kaki dan bersihkan kotorannya menggunakan air hangat
  2. Setelah, rendah kaki anda dengan air hangat yang dicampur dengan bahan lain seperti minyak zaitun, air perasan lemon dan garam secukupnya
  3. Sambil direndam, sikat kuku dan kaki secara perlahan dengan sikat berbulu halus untuk membersihkan kotoran dan sel-sel kulit mati
  4. Angkan dan keringkan dengan handuk bersih dan lembut
  5. Untuk menjaga kelembabannya, anda bisa mengoleskan krim khusus untuk melembabkan kuku

Kesehatan kuku ini memang sering dianggap sepele oleh sebagian orang, namun jika tidak diperhatikan dan dijaga kesehatannya bisa berdampak kurang baik bagi pemiliknya. Bahkan jika di alami oleh para kaum wanita, maka akan terlihat kurang menarik, karena kuku juga merupakan bagian tubuh yang sering mendapatkan perhatian selain wajah.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai 11 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Kuku Tangan dan Kaki yang bisa anda lakukan di rumah. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi kita semua. Ayo like dan share informasi ini pada teman-teman lainnya. Terima kasih.