12 Tips dan Cara Mengobati Asam Lambung dengan Cepat dan Alami

12 Tips dan Cara Mengobati Asam Lambung dengan Cepat dan Alami -- Cara Mengatasi Asam Lambung secara Alami, Cara Menurunkan Asam Lambung Secara Alami Dengan Cepat, Cara Mengatasi Asam Lambung Tanpa Obat, Cara Mengobati Asam Lambung Tinggi Secara Alami, Cara Mengatasi Asam Lambung Kambuh, Cara Mengobati Asam Lambung secara Total dan Alami.


Tips dan Cara Mengobati Asam Lambung dengan Cepat dan Alami -- Penyakit asam lambung atau dalam istilah medis dikenal dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah jenis penyakit yang ditandai dengan gejala rasa sakit di bagian ulu hati dengan sensasi dada seperti terbakar.

Kondisi tersebut dipicu oleh tingginya kadar asam lambung yang naik hingga ke esofagus. Esofagus sendiri dikenal juga dengan sebutan kerongkongan, yaitu salah satu bagian saluran pencernaan yang menghubungkan antara mulut dan lambung di dalam tubuh manusia.

A. Penyebab dan Gejala Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung memang termasuk jenis penyakit yang umum dialami oleh banyak orang. Penyebab penyakit asam lambung sendiri umumnya terjadi dikarenakan sudah tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES), yaitu sebuah lingkaran otot yang terletak di bagian bawah esofagus.

LES sendiri berperan penting sebagai pintu otomatis yang dapat terbuka ketika menelan makanan atau minuman agar turun menuju lambung, setelah makanan atau air minum masuk LES pun akan kembali menutup dengan sendirinya sehingga dapat mencegah makanan dan asam yang ada di dalam lambung tidak kembali naik ke saluran esofagus.

Apabila LES tersebut menjadi longgar dan tidak mampu menutup secara maksimal, maka kemungkinan besar asam lambung bisa keluar dari perut dan memicu penyakit asam lambung. 

Orang yang menderita penyakit ini biasanya ada kaitannya dengan faktor keturunan, sering stres, memiliki berat badan berlebih, menderita penyakit hiatus hernia, ketika sedang hamil, sering konsumsi makanan berlemak tinggi dan pengaruh konsumsi obat-obatan tertentu.

Gejala dari penyakit GERD yang umum dialami banyak orang yaitu sensasi rasa panas seperti terbakar di sekitar dada dan nyeri di ulu hati. Orang yang menderita penyakit ini juga merasakan tidak nyaman setiap selesai makan. 

Selain itu, di area mulut pun akan terasa sangat tidak nyaman. Bahkan orang yang menderita penyakit ini akan merasakan rasa sakit dan kesulitan saat menelan makanan atau minuman. Tentunya perawatan serius harus segera dilakukan apabila gejala dari penyakit GERD ini muncul terus-menerus.

B. Komplikasi Akibat Asam Lambung atau GERD

Jika penyakit asam lambung ini tidak segera diobati, baik dengan pengobatan medis ataupun tradisional, maka bisa mengakibatkan terjadinya komplikasi. 

Komplikasi yang paling umum dan sering terjadi pada penderita penyakit asam lambung salah satunya yaitu esofagitis. Esofagitis adalah kondisi dimana terjadi peradangan atau inflamasi di bagian dinding esofagus.

Jika kondisi peradangan yang terjadi sudah sangat parah para penderitanya akan mengalami kesulitan untuk menelan akibat munculnya tukak. Tukak sendiri akan terbentuk ketika pada bagian lapisan dinding esofagus tererosi, sehingga dapat menyebabkan luka dan bahkan lebih parahnya lagi bisa memicu penyakit kanker esofagus.

Oleh sebab itu, jangan tunggu kondisi bertambah parah ketika anda memiliki riwayat penyakit asam lambung. Pastikan anda selalu rutin melakukan pemeriksaan medis dan pengobatan sesuai anjuran dokter. 

Namun jika kondisinya masih tahap ringan, maka tidak ada salahnya untuk melakukan pengobatan secara alami. Meski dianggap aman, sebelum melakukan pengobatan alami / tradisional pun harus ada anjuran dari dokter agar kondisi penyakit anda tidak bertambah parah. Nah, di bawah ini dijelasakan beberapa tips dan cara mengobati asam lambung secara alami.

C. Tips dan Cara Mengobati Asam Lambung dengan Cepat dan Alami

Berikut ini beberapa tips dan cara alami yang bisa anda coba untuk mengobati penyakit asam lambung yang sedang anda derita, diantaranya yaitu :

1. Obati dengan Ramuan Kunyit

Selain dapat dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan sakit maag, ternyata kunyit juga dipercaya ampuh untuk mengatasi penyakit asam lambung yang tinggi. 

Dengan berbagai kandungan zat yang ada di dalam kunyit, tanaman obat yang satu ini efektif untuk membantu menurunkan kadar asam lambung yang sedang tinggi dan mencegahnya agar tidak kembali naik.

Cara mengobati asam lambung dengan kunyit, yaitu :
  • Siapkan kunyit sebanyak 1-2 ruas saja, kemudian cuci sampai bersih dan iris-iris
  • Setelah itu, rebus irisan kunyit tersebut dengan satu gelas air sampai mendidih dan tunggu sampai air rebusannya hanya tinggal setengah gelas saja
  • Angkat dan saring air rebusannya, lalu tambahkan satu sendok madu lalu minum selagi hangat sampai habis
  • Lakukan pengobatan alami ini secara rutin dan teratur 2 kali sehari sampai kadar asam lambung anda kembali normal

2. Makan Buah Pisang

Manfaat buah pisang memang sudah sangat populer dan sudah diketahui sejak lama, salah satunya bermanfaat untuk membantu meredakan penyakit asam lambung dengan cepat. makan buah pisang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga sangat baik untuk membantu menurunkan kadar asam lambung berlebih dalam tubuh.

Manfaat buah pisang untuk asam lambung memang sudah tidak perlu diragukan lagi, karena di dalam buah pisang mengandung antasida yang bertugas untuk mencegah produksi zat HCI secara berlebihan dalam tubuh.

Berdasarkan dari fungsinya tersebut, maka buah pisang ini dapat menjadi salah satu obat alami untuk menyembuhkan penyakit asam lambung. Tetapi segera hentikan konsumsi buah pisang ini apabila penyakit asam lambung yang anda derita malah bertambah parah.

3. Obati dengan Jahe

Sama hal nya dengan kunyit, jahe juga termasuk jenis tanaman rimpang atau bumbu dapur yang sangat berkhasiat untuk kesehatan. Salah satu khasiat jahe ini yaitu dapat membantu menurunkan kadar asam lambung yang tinggi dengan cepat dan aman. Meski begitu, anda tetap tidak dianjurkan untuk konsumsi jahe secara berlebihan, karena efek samping yang ditimbulkan apabila dikonsumsi secara berlebihan cukup membahayakan bagi kesehatan.

Cara mengobati asam lambung dengan jahe, yaitu :
  • Siapkan jahe sebanyak 4 gram, lalu cuci sampai bersih dan iris-iris
  • Setelah itu, rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tunggu sampai air rebusan jahe tersebut hanya tinggal tersisa 1 gelas saja
  • Selanjutnya, angkat dan saring airnya kemudian tambahkan 2 sendok makan madu agar rasanya lebih nikmat
  • Terakhir, minum air rebusan jahe dan madu tersebut sampai habis selagi hangat
  • Lakukan pengobatan alami ini secara rutin dan teratur 2 kali sehari sampai sembuh

4. Obati dengan Baking Soda

Mungkin sebagian orang yang mengetahui jika baking soda adalah salah satu bahan tambahan dalam pembuatan kue atau roti, tetapi ternyata baking soda juga memiliki efek yang sangat baik untuk mengobati penyakit asam lambung. Hal ini dikarenakan, baking soda memiliki sifat basa, sehingga secara otomatis zat basa tersebut dapat membantu untuk menetralisir kadar asam lambung di dalam tubuh dengan baik.

Cara mengobati penyakit asam lambung dengan baking soda, yaitu :

Hal yang perlu kita lakukan dalam membuat rmauan obat asam lambung tradisional dari baking soda yaitu:
  • Siapkan 1 sendok teh baking soda dan segelas air
  • Kemudian tuangkan baking soda tersebut ke dalam air dan aduk hingga larut
  • Lalu minum air tersebut secara rutin dan teratur 1-2 kali sehari. Dalam beberapa hari, anda bisa merasakan efek baiknya.

5. Obati dengan Lidah Buaya

Obat alami lainnya yang dipercaya ampuh untuk mengobati penyakit asam lambung yaitu tanaman lidah buaya. Banyak orang yang hanya tahu jika tanaman lidah buaya ini bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit dan rambut saja, namun nyatanya tanaman lidah buaya juga efektif untuk menyembuhkan penyakit asam lambung.

Cara mengobati penyakit asam lambung dengan lidah buaya yaitu dengan mengolah daging daun lidah buaya untuk dijadikan jus, kemudian minum jus lidah buaya tersebut secara rutin dan teratur setiap hari sampai sembuh. 

Selain bermanfaat untuk mengobati penyakit asam lambung, lidah buaya juga baik untuk menyehatkan sistem pencernaan dan melancarkan buang air besar.

6. Obati dengan Kemangi Hitam

Daun kemangi biasanya banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk lalapan, tapi ternyata dau kemangi juga memiliki banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan dan salah satunya efektif untuk menyembuhkan penyakit asam lambung. Hal ini dikarenakan, di dalam daun kemangi mengandung beberapa jenis senyawa yang efektif untuk membantu menurunkan kadar asam lambung berlebih dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi daun kemangi juga dapat mencegah penyakit asam lambung kembali kambuh.

Cara mengobati asam lambung dengan daun kemangi sangat mudah, anda hanya perlu rutin mengkonsumsi daun kemangi secara langsung dengan cara dijadikan lalapan. Konsumsi setiap hari agar penyakit asam lambung yang anda derita bisa cepat sembuh.

7. Obati dengan Minum Teh Chamomile

Seseorang yang menderita penyakit maag dan asam lambung tinggi memang tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman berkafein, karena kandungan kafein yang tinggi dapat menyebabkan penyakit asam lambung semakin parah.

Namun berbeda dengan teh Chamomile ini, karena di dalam teh ini mengandung senyawa yang bersifat anti-inflamasi sangat tinggi dan bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan kafeinnya. Oleh sebab itu, minum teh chamomile ini sangat baik untuk membantu menetralisir kadar asam lambung berlebih dalam tubuh.

Cara mengobati asam lambung dengan teh Chamomile, yaitu :
  • Siapkan satu kantung teh celup Chamomile dan segelas air panas
  • Setelah itu, celupkan teh Chamomile tersebut ke dalam gelas berisi air panas dan celup-celupkan beberapa kali sampai airnya berubah
  • Kemudian tutup dan diamkan selama 15 menit, lalu minum selagi hangat sampai habis
  • Lakukan pengobatan alami ini secara rutin dan teratur 2 kali sehari, yaitu pagi dan malam sebelum tidur.

8. Obati dengan Biji Pepaya

Ketika anda makan buah pepaya, sebaiknya biji pepaya yang ada di dalamnya jangan langsung anda buang begitu saja. Sebab, biji pepaya yang sudah matang tersebut memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh termasuk juga dapat digunakan sebagai bahan obat alami untuk menyembuhkan penyakit asam lambung.

Cara mengobati penyakit asam lambung dengan biji pepaya, yaitu :

Siapkan biji buah pepaya yang sudah matang, lalu jemur hingga benar-benar kering di bawah panas matahari selama seharian. Setelah kering, haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Setelah itu, gunakan sebagai obat dengan cara dijadikan sebagai kopi.

Cara membuatnya, seduh 2 sendok makan bubuk biji pepaya tersebut dengan segelas air panas. Aduk hingga benar-benar larut, anda juga bisa menambahkan 1-2 sendok makan madu agar rasanya tidak terlalu pahit. Setelah itu, minum sampai habis selagi hangat dan lakukan secara rutin 2 kali sehari sampai penyakit asam lambung yang anda derita sembuh.

9. Usahakan Berdiri Tegak setelah Makan

Disamping anda melakukan pengobatan dengan cara alami, usahakan juga agar anda tidak langsung duduk lama setelah selesai makan. Biasakan untuk berdiri tegak selama beberapa menit sebelum anda melanjutkan kerja, kebiasaan ini dapat menyelamatkan anda dari bahaya penyakit asam lambung. Hal ini dikarenakan, postur tubuh pun dapat mempengaruhi keberhasilan dalam penyembuhan penyakit asam lambung.

Maka dari itu, tidak disarankan untuk duduk atau berbaring setelah makan. Perlu anda semua ketahui bahwa, ketika tubuh berbaring setelah makan, asam lambung akat naik ke atas hingga ke area esafagus. Jika kondisi ini sampai terjadi, maka akibatnya akan sangat fatal sekali bagi kesehatan tubuh anda.

10. Tidur dengan Posisi Menyamping

Agar kondisi penyakit asam lambung yang anda derita tidak semakin parah dan bisa cepat sembuh, maka hindari kebiasaan tidur dengan posisi telentang atau tengkurap, karena posisi tidur seperti itu dapat menyebabkan asam lambung naik dan semakin tinggi. 

Usahakan untuk mengatur posisi tidur anda, posisi yang paling disarankan untuk para penderita penyakit asam lambung yaitu dengan posisi menyamping ke kanan atau ke kiri.

11. Makan dengan Porsi Sedikit

Kebiasan makan berlebih memang dapat memicu peningkatan asam lambung berlebih dalam tubuh, sehingga jika dilakukan oleh para penderita penyakit asam lambung bisa menyebabkan penyakitnya semakin parah. 

Maka agar penyakit anda bisa cepat sembuh, disamping melakukan pengobatan dengan obat-obatan alami anda juga wajib mengatu porsi makan anda. Makanlah dengan porsi yang sedikit tapi sering, jangan makan banyak sekaligus karena akan menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan anda.

12. Kunyah Makanan Sampai Lembut

Kebiasaan makan cepat adalah hal yang sering dilakukan banyak orang, kebiasaan tersebut sangatlah tidak baik untuk kesehatan terutama bagi mereka yang menderita penyakit asam lambung tinggi. Maka dari itu, mulailah dengan membiasakan makan secara perlahan dan mengunyah makanan sampai benar-benar lembut sebelum di telan.

Makanan yang sudah lembut saat dikunyah tidak akan membuat lambung bekerja ekstra keras untuk mengurai makanan tersebut, sehinga kesehatan lambung akan senantiasa terjaga. Selain itu, hindari juga konsumsi makanan yang keras dan memiliki rasa asam. Sebab, makanan tersebut justru dapat menyebabkan kondisi penyakit asam lambung yang anda derita semakin parah.

Perhatian :
  • Perlu anda ketahui bahwa informasi yang kami bagikan diatas sifatnya hanya untuk pengetahuan saja, sehingga alangkah bijak jika anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan pengobatan dengan cara alami yang telah kami sampaikan di atas.

Usaha dalam melakukan pengobatan pada penyakit asam lambung ini tidak cukup dengan pengobatan medis dan alami, tetapi juga harus diimbangi dengan menerapkan pola hidup sehat setiap hari agar penyakit yang anda derita bisa cepat sembuh.

Demikianlah pembahasan yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai 12 Tips dan Cara Mengobati Asam Lambung dengan Cepat dan Alami, semoga apa yang kami sampaikan di atas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda semua. Terima kasih dan semoga lekas sembuh ya.