Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Pinggang dengan Cepat dan Alami

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Pinggang dengan Cepat dan Alami -- Kumpulan Obat Sakit Pinggang Herbal Alami / Tradisional, Cara Mengobati Sakit Pinggang pada Pria & Wanita, Cara Ampuh Mengatasi Sakit Pinggang, Gerakan Penyembuh Sakit Pinggang, Obat Sakit Pinggang Alami Terbaik, Mengatasi Sakit Pinggang Dengan Pose Yoga, Cara Mengatasi Sakit Pinggang Dengan Berolahraga, Cara Mengobati Sakit Pinggang Sebelah Kanan dan Sebelah Kiri secara Cepat & Alami.

https://www.infokesehatan.web.id/

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Pinggang dengan Cepat dan Alami -- Sakit pinggang atau dalam istilah medis dikenal dengan nama lumbago adalah rasa sakit dan nyeri yang terasa di sekitar tulang lumbar, diantara bagian cakram, otot, jaringan dan juga saraf tulang punggung. Bahkan rasa sakit dan nyeri yang dirasakan pun bisa merambah ke bagian panggul, perut dan sekitarnya.

Kondisi seperti ini sering kali di alami oleh orang dewasa dengan usia antara 30 - 50 tahun dengan intensitas rasa nyeri tingkat ringan hingga berat. Pada penderita sakit pinggang ini kebanyakan dikarenakan faktor gaya hidup dari mereka yang sering duduk dalam jangka waktu lama tanpa diimbangi dengan olahraga teratur, terlalu sering mengangkat beban berat, akibat kecelakaan dan beberapa penyebab lainya.

Sakit pinggang sendiri terdiri dari 3 tahapan, yaitu sakit pinggang akut yang biasanya rasa nyeri hanya berlangsung dalam beberapa hari saja, sakit pinggang sub-akut yang biasanya dirasakan sekitar 4-12 minggu dan sakit pinggang kronis yang para penderintanya akan merasakan rasa sakit cukup lama lebih dari 12 minggu. Lamanya rasa sakit dan nyeri pada bagian pinggang ini dapat dipengaruhi oleh intensitasi keparahan dari cedera atau dari faktor penyebabnya.

Biasanya gejala sakit pinggang yang umum dirasakan yaitu seperti rasa sakit yang menusuk, bahkan penderitanya akan mengalami mati rasa secara mendadak atau pada saat dan setelah melakukan aktivitas fisik tertentu. Kondisi seperti ini umumnya akan sembuh dengan melakukan perawatan di rumah, namun anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika gejala sakit pinggang yang anda rasakan sudah berlangsung lebih dari 3 hari.

Selain itu, penderita sakit pinggang juga harus segera mengunjungi dokter apabila sakit pinggang disertai dengan gejala lain seperti demam, kaki terasa lemas, terasa nyeri ketika batuk atau berkemih, tidak mampu menahan kemih dan juga diare.

A. Penyebab Sakit Pinggang

Pada umumnya, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit pinggang, diantaranya yaitu :

1. Keseleo

Cedera yang menyebabkan terjadi tekanan berlebih pada tendon atau otot ketika terpeleset, posisi duduk yang salah, terlalu sering mengangkat beban berat atau terlalu sering melakukan peregangan secara berlebihan. Jika kondisinya sudah sangat parah, maka bisa menyebabkan ligamen robek.

2. Pengikisan Cakram Tulang Belakang

Terjadinya penurunan kemampuan cakram di bagian tulang belakang untuk menahan beban, menunduk dan melakukan aktivitas lainnya.

3. Perubahan Struktur Tulang

Kondisi seperti ini umumnya banyak di alami oleh orang-orang yang berusia senja, sehingga menyebabkan perubahan pada postur tubuh yang buruk. Skoliosis, lordosis dan kyphosis adalah beberapa faktoryang dapat mempengaruhi perubahan pada sruktur tulang.

4. Cedera di Bagian Cakram Tulang Belakang

Kondisi seperti ini terjadi akibat probekan atau penyelipan di bagian cakram ketika seseorang terjatuh atau terpelintir. Dalam kondisi tertentu, cakram ini akan menekan bagian saraf tulang belakang sehingga dapat menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang cukup menyiksa seperti tertusuk atau terbakar di sekitar pinggang hingga ke bagian kaki (sciatika).

5. Radikulopati

Adalah kondisi dimana terjadi imflamasi atau penekanan berlebih pada bagian saraf tulang belakang, kondisi ini dapat terjadi ketika cakram yang yang terselip mengalami penekanan berlebih pada bagian saraf tulang belakang. Akibatnya, bagian yang yang tersarafi akan terasa sakit, kesemutan dan bahkan bisa mengalami mati rasa.

6. Stenosis Spinal

Terjadinya penekanan di bagian saraf sumsum tulang yang disebabkan oleh karena adanya penyempitan yang terjadi pada saluran saraf tulang belakang, sehingga kondisi ini dapat menyebabkan orang yang menderitanya akan merasakan rasa sakit, kram, lemas dan mati rasa, terutama ketika sedang berdiri dan berjalan.

7. Spondylolisthesis

Sakit pinggang juga bisa disebabkan oleh karena gangguan Spondylolisthesis, yaitu gangguan akibat salah sau atau beberapa bagian ruas tulang mengalami pergeseran dan kemudian menekan saraf yang ada pada bagian tulang belakang.

Sakit pinggang juga bisa disebabkan oleh penyakit medis tertentu seperti penyakit ginjal, osteoporosis, radang sendi, tumor, aneurisma aorta, kanker dan beberapa jenis penyakit lain. Selain dipengaruhi oleh faktor usia, faktor genetik, haya hidup, kurang minum, berat badan berlebih, jarang berolahraga dan kehamilan pun bisa menjadi penyebab seseorang terserang sakit pinggang.

B. Jenis-jenis Sakit Pinggang

Perlu dikatahui juga bahwa sakit pinggang juga terdri dari beberapa jenis berdasarkan faktor penyebabnya, yaitu :

1. Sakit Pinggang Nonspesifik

Pada jenis sakit pinggang ini, rasa sakit yang muncul tanpa adanya penyebab yang jelas. Sakit pinggang akut termasuk ke dalam jenis ini, tingkat rasa nyeri yang dirasakan mulai dari tingkat ringan hingga berat.

2. Sciatica

Hampir dua puluh persen orang yang menderita sakit pinggang jenis sciatica ini disebabkan oleh karena adanya kerusakan pada saraf tulang belakang atau bisa juga karena terjepit. Cakram yang terlepas atau terselip akan adalah salah satunya, sehingga dapat menyebabkan rasa sakit dengan intensitas sub-akut hingga kronis. Rasa sakit yang dirasakan seperti tertusuk atau bahkan mengalami mati rasa mulai dari bagian sekitar pinggang hingga ke bagian kaki.

3. Sindrom Cauda Equina

Jenis sakit pinggang yang terakhir yaitu disebut dengan Sindrom cauda equina, kondisi ini memang jarang ditemukan tetapi sangat berbahaya. Orang yang mengalami kondisi ini dapat mengakibatkan bagian saraf tulang belakang yang letaknya paling bawah mengalami tekanan berlebih, sehingga orang yang mengalaminya akan menderita rasa sakit yang sengat hebat, mengalami gangguan pada kemih, anus mengalami mati rasa dan bahkan menyebabkan lemahnya salah satu atau bahkan kedua kaki.

C. Tips dan Cara Mengobati Sakit Pinggang dengan Cepat dan Alami

Apabila sakit pinggang yang anda derita masih berada pada tahap akut, maka anda bisa mengobatinya sendiri d rumah. Tetapi jika kondisinya sudah cukup parah dan kronis, maka sangat diperlukan penanganan dan perawatan secara medis dan bahkan perlu dilakukan prosedur bedah pada kondisi tertentu.

Berikut ini beberapa tips dan cara mengobati sakit pinggang dengan cepat dan alami di rumah, diantaranya yaitu :

1. Merubah Posisi Tidur

Posisi tidur yang salah adalah penyebab sakit pinggang yang umum terjadi pada kebanyak orang, sebab otot pada tubuh belum terbiasa dengan posisi tubuh tertentu. Maka salah satu cara alami untuk mengobatinya yaitu dengan merubah posisi tidur. Jika anda terbiasa tidur dengan posisi miring, maka anda bisa menarik sedikit kaki anda ke bagian dada dan letakan bantal di antara dua kaki. Sedangkan jika posisi tidur terlentang, maka letakan bantal di bagian bawah lutut.

2. Mandi Air Hangat

Menurut beberapa para ahli menjelaskan, bahwa mandu dengan air hangat dapat membuat seluruh otot tubuh menjadi lebih rileks dan peredaran darah menjadi lancar. Maka jika anda sedang menderita sakit pinggang, sering-seringlah mandi dengan air hangat guna untuk membantu meredakan rasa sakit.

3. Melakukan Relaksasi

Cara alami berikutnya yang bisa anda lakukan untuk mengobati sakit pinggang yaitu dengan relaksasi, karena dengan melakukan relaksasi ini dapat membuat seluruh otot tubuh menjadi rileks dan juga membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Dengan demikian, rasa sakit pada otot pinggang akan berangsur-angsur reda dan tubuh pun dapat bergerak bebas dengan nyaman tanpa terasa sakit. Cara relaksasi terbaik, anda bisa melakukan latihan yoga atau melakukan meditasi.

4. Olahraga secara Rutin dan Teratur

Bagi anda yang masih bisa bergerak aktif, maka sangat dianjurkan agar anda rutin berolahraga. Dengan olahraga secara rutin dan teratur setiap hari dapat membantu mengurangi rasa sakit pada pinggang. Jenis olahraga terbaik untuk mengobati sakit pinggang yaitu seperti berenang, yoga, jalan kaki dan beberapa olahraga ringan lainnya.

5. Minum Obat Tradisional

Sejak jaman nenek moyang kita dulu, ketika mereka merasakan rasa sakit pada pinggang, mereka lebih sering melakukan pengobatan dengan menggunakan obat-obatan herbal yang diracik dari tanaman-tanaman obat seperti kumis kucing, kunyit, jahe, lidah buaya dan jenis tanaman obat lainnya. Selain mudah didapatkan, penggunakan obat tradisional lebih aman karena tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan bagi kesehatan.

Ada banyak sekali jenis-jenis tanaman obat yang bisa kita manfaatkan untuk mengobati sakit pinggang, diantaranya yaitu :

a. Obati dengan Daun Kumis Kucing

Sudah sejak dulu daun kumis kucing ini dijadikan sebagai bahan alami dalam pembuatan obat, kumis kucing ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit termasuk mengobati sakit pinggang. Meski belum ada penelitian secara detail terkait manfaat daun kumis kucing ini, namun keampuhan dari tanaman obat ini sudah dipercaya sejak dulu hingga sekarang.

Hal ini dikarenakan di dalam daun kumis kucing sendiri memiliki beberapa kandungan senyawa seperti genkosid orthosifonin, minyak atsiri, minyak nabati, asam lemak, saponin, sapofonin dan garam kalium. Kandungan senyawa tersebut dapat meredakan dan menyembuhkan gejala sakit pinggang dengan cepat dan aman tanpa efek samping.

b. Obati dengan Kunyit

Selain sering dimanfaatkan sebagai bumbu masak, kunyit juga ternyata sudah sejak ribuan tahun lalu sudah digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit termasuk sakit pinggang. Hal ini dikarenakan, di dalam kunyit memiliki kandungan zat anti inflamasi yang dapat meredakan sakit pinggang. Selain itu, kunyit juga sangat terkenal akan kemampuannya dalam mengobati penyakit ginjal, maag dan penyakit tulang.

Cara membuat ramuan kunyit untuk mengobati sakit pinggang, yaitu :

Pertama-tama ambil 2 ruas kunyit dan parut hingga habis. Setelah itu, rebus dengan segelas air sampai mendidih dan tunggu sampai air rebusannya hanya tersisa setengah gelas saja. Kemudian saring airnya, lalu dinginkan sebentar. Setelah cukup hangat, minum ramuan kunyit ini sampai habis. Untuk pengobatan, anda bisa minum 2 kali sehari agar sakit pinggang bisa cepat sembuh.

c. Obati dengan Jahe

Selain kunyit, rempah-rempah lainnya yang dipercaya ampuh untuk mengobati sakit pinggang yaitu jahe. Meskipun harus dilakukan penelitian lebih lanjut, namun banyak para ahli yang meyakini jika jahe mengandung fitokimia. Fitokimia sendiri adalah senyawa yang dapat membantu meredakan peradangan pada otot dan juga sendi. Untuk mendapatkan khasiat yang lebih optimal, gunakan jenis jahe merah.

Cara membuat ramuan obat sakit pinggang dengan jahe, yaitu :

Ambil 2 ruas jahe, iris-iris dan rebus dengan segelas air sampai mendidih. Tunggu sampai air rebusannya tersisa setengah gelas saja, lalu angkat dan saring airnya. Anda bisa tambahkan satu sendok teh air perasan jeruk nipis dan madu, aduk-aduk hingga larut dan minum sampai habis selagi hangat. Minum secara rutin 2 kali sehari sampai sembuh.

d. Obati dengan Lidah Buaya

Mungkin anda mengira jika tanaman lidah buaya hanya berfungsi sebagai tanaman hias atau hanya dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit dan rambut. Namun tahukah anda, ternyata lidah buaya juga bisa kita manfaatkan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan sakit pinggang, karena di dalam tanaman ini mengandung nutrisi dan beberapa zat yang efektif untuk mengurangi rasa sakit pada pinggang yang berkaitan dengan penyakit arthritis.

e. Obati dengan Bawang Putih

Selain bermanfaat untuk membantu menghilangkan jerawat, mengatasi masalah rambut dan menurunkan tekanan darah tinggi. Tenyata bawang putih juga bermanfaat untuk mengobati sakit pinggang dengan cepat, karena di dalam bawang putih mengandung zat dan senyawa penting yang ampuh meredakan peradangan dan rasa sakit pada pinggang.

Untuk mengobati sakit pinggang, anda bisa konsumsi 1 siung bawang putih 1 kali sehari setiap akan tidur. Lakukan setiap hari sampai sakit pinggang yang anda derita sembuh.

f. Obati dengan Mahkota Dewa

Obat alami yang ampuh untuk meredakan sakit pinggang lainnya yaitu mahkota dewa. Obat alami ini sudah digunakan sejak ribuan tahun lama, anda bisa membuat ramuannya sendiri dirumah dengan merebus buah mahkota dewa dan minum air rebusan buah mahkota dewa tersebut secara rutin dan teratur 2 kali sehari sampai sembuh.

g. Obati dengan Biji Mahoni

Biji mahoni juga sudah sangat terkenal akan kemapuhannya dalam mengobati sakit pinggang, meski rasanya sangat pahit tetapi dengan rutin mengkonsumsi rasa sakit di bagian pinggang akan segera hilang. Hal ini dikarenakan, di dalam biji buah mahoni ini mengandung zat anti-inflamasi yang efektif untuk meredakan rasa sakit dan peradangan.

h. Obati dengan Cabai Cayenne

Di dalam cabai Cayenne ini memiliki kandungan senyawa capsaicin yang bersifat penghilang rasa sakit, senyawa ini adalah kandungan yang memberikan rasa pedas. Meski rasanya cukup pedas, rutin konsumsi cabe cayenne ini dapat membantu meredakan rasa sakit yang sedang anda derita akibat sakit pinggang. Selain dapat dijadikan obat untuk dikonsumsi, cabe cayenne ini juga bisa anda jadikan sebagai bahan adalam pembuatan koyo atau krim untuk meredakan sakit pinggang yang anda derita.

i. Obati dengan Minyak Eucalyptus

Banyak orang yang mengetahui jika manfaat Minyak Eucalyptus yaitu untuk meredakan gejala flu dan batuk. Tapi tahukah anda, ternyata Minyak Eucalyptus juga bermanfaat untuk meredakan rasa sakit pinggang dan punggung dengan cepat dan alami. Cara menggunakannya, anda cukup mengoleskan Minyak Eucalyptus secara merata pada bagian pinggang yang terasa sakit, dengan mengoleskan minyak ini dapat memberikan sensasi hangat dan meresap hingga ke bagian tulang pinggang yang terasa sakit.

Selain itu, kandungan senyawa tanin yang ada dalam Minyak Eucalyptus ini dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Itulah beberapa Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Pinggang dengan Cepat dan Alami yang bisa anda coba lakukan sendiri di rumah, namun jika dalam waktu 3 hari kondisi anda malah semakin parah dan tubuh sulit bergerak bebas, maka segera kunjungi dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan dan perawat medis.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh. Aamiin