Makanan yang Mengandung Karbohidrat, dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Makanan yang Mengandung Karbohidrat -- Manfaat Karbohidrat untuk Kesehatan, Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi & Rendah, Buah dan Sayur Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Manfaat Karbohidrat untuk Kesehatan dan Diet, Makanan Sumber Karbohidrat dengan Serat Tinggi, Daftar Makanan Berkarbohidrat Tinggi & Rendah, Sumber Karbohidrat Selain Nasi.


Makanan yang Mengandung Karbohidrat, dan Manfaatnya untuk Kesehatan -- Konsumsi makanan berkarbohidrat memang sangat penting dan diperlukan oleh tubuh, karena karbohidrat memiliki banyak sekali manfaatnya salah satunya dapat menghasilkan energi dan juga sebagai penyeimbang dalam proses oksidasi lemak yang kurang sempurna dalam tubuh.

Selain itu, peran dari karbohidrat juga sangat penting untuk menjalankan proses penting lainnya yang terjadi dalam tubuh. Karbohidrat ini dapat membantu agar kandungan protein yang didapatkan oleh tubuh mampu bekerja dengan baik dan optimal. Maka dari itu, penting sekali untuk mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi untuk dikonsumsi sehari-hari oleh tubuh kita.

Nasi sebagai salah satu sumber karbohidrat utama, khususnya bagi orang-orang Indonesia yang menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Di dalam nasi, terdapat karbohidat yang cukup bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi nasi, maka kebutuhan karbohidrat dapat terpenuhi. Selain nasi, tentunya masih banyak lagi jenis makanan lainnya yang memiliki kandungan karbohidrat. Berikut daftarnya.

A. Daftar Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Berikut ini berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, dalam daftar ini akan kami urutkan mulai dari kadar karbohidrat yang paling kecil ke yang tinggi. yaitu :

1. Semangka

Makanan berkarbohidrat tinggi pertama yang kami rekomendasikan untuk anda yaitu semangka, mengkonsumsi buah semangka ini dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan, meki kelihatannya buah semangka ini memiliki banyak kandungan mineral, namun siapa sangka jika ternyata semangka juga mengandung karbohidrat yang cukup tingi. Di dalam setiap 100 gram buah semangka memiliki jumlah karbohidrat sebanyak 8 gram, itulah alasan kenapa makan buah semangka dapat membuat kita cepat kenyang.

2. Melon

Sama hal nya dengan buang semangka, mengkonsumsi melon juga dapat membuat perut menjadi cepat kenyang. Hal ini dikarenakan, di dalam buah melon juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dan bahkan sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan buah semangka. Di dalam setiap 100 gram buah melon mengandung karbohidrat sebanyak 8.6 gram.

3. Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan salah jenis makanan sumber karbohidrat, karena di dalam setiap 100 gram kacang kedelai mengandung karbohidrat sebanyak 11 gram. Maka kedelai ini cocok untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari, karena sangat baik untuk kesehatan tubuh.

4. Jeruk

Kebanyakan masyarakat hanya tahu jika buah jeruk hanya mengandung sumber vtamin C saja, teoai pada kenyataannya buah jeruk juga termasuk jenis makanan sumber karbohidrat. Di dalam setiap 100 gram buah jeruk mengandung karbohidrat sebanyak 12 gram.

5. Keluarga Berry

Jenis buah-buahan yang termasuk ke dalam keluarga Berry seperti srawberry, blueberry dan juga blackberry juga ternyata mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Di dalam setiap 100 gram buah yang termasuk keluarga berry ini mengandung karbohidrat dalam sebanyak 14 hingga 21 gram.

6. Apel

Jenis makanan lain yang memiliki karbohidrat dalam jumlah tinggi yaitu buah apel, karena di dalam setiap 100 gram buah apel mengandung karbohidrat sebanyak 23 gram. Itulah kenapa banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi buah apel ketika sedang lapar atau bagi mereka yang sedang menjalankan program diet sebagai menu makan malam. Hal ini dikarenakan, konsumsi buah apel dapat memberikan rasa kenyang dalam waktu yang cukup lama bagi sebagia orang. Selain itu, buah apel juga dapat dijadikan sebagai makanan penutup setiap selesai makan.

7. Mangga

Mangga merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi. Selain dapat dijadikan sebagai makanan penambah stamina dan energi, ternyata mengkonsumsi buah mangga juga dapat menjadi salah satu makanan sehat yang sangat cocok untuk anda yang sedang menjalani diet. Karena di dalam setiap 100 gram buah mangga mengandung 17 gram karbohidrat.

8. Nanas

Konsumsi buah nanas juga sangat baik untuk anda jadikan sebagai makanan untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat harian anda. Hal ini dikarenakan, di dalam setiap 100 gram buah nanas mengandung karbohidrat sebanyak 18 gram. Jumlah tersebut tentunya sudah mampu membantu memenuhi jumlah karbohidrat harian yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

9. Kentang

Kentang merupakan salah satu jenis sayuran yang di beberapa negara sudah dijadikan sebagai bahan makanan pokok, karena kentang memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi dan bahkan hampir mengimbangi jumlah karbohidrat yang terkandung di dalam nasi. Mengkonsumsi kentang dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, bahkan satu cangkir kentang rebus sudah dapat memberikan efek kenyang perut, karena di dalam setiap 100 gram kentang mengandung 21 gram karbohidrat.

10. Ubi

Sama seperti kentang, ubi memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dan mampu memberikan efek rasa kenyang lebih lama setelah mengkonsumsinya. di dalam setiap 100 gram ubi mengandung sekitar 21 gram karbohidrat. Maka dari itu, selain kentang, ubi juga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani diet, karena dengan mengkonsumsi secangkir ubi rebus sudah dapat menunda rasa lapar seharian.

11. Pisang

Selain kaya akan kandungan serat, kalsium, kalium, potasium dan berbagai jenis vitamin. Buah pisang juga termasuk salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang dapat memberikan efek mengenyangkan. Banyak para ahli yang menyarankan untuk rutin mengkonsumsi buah pisang setiap hari, karena selain kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan, di dalam satu buah pisang juga mengandung 24 gram karbohidrat.

12. Barley

Biji Barley juga termasuk salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat, tetapi karbohidrat yang terkandung di dalam biji Barley termasuk ke dalam jenis karbohidrat sederhana. Selain itu, biji Barley juga memiliki beragam kandungan nutrisi penting lainnya termasuk serat. Banyak para ahli kesehatan yang mengungkapkan bahwa biji Barley dapat dijadikan sebagai salah satu bahan alami untuk mencegah penyakit kanker jika rutin dikonsumsi dalam bentuk teh. Bahkan di Korea dan juga di Jepang, biji Barley sering di manfaatkan sebagai teh dan diminum tanpa menggunakan tambahan gula.

13. Pasta

Seperti yang telah kita semua ketahui bahwa masyarakat yang tinggi di Eropa sering memanfaatkan pasta sebagai bahan makanan utama mereka, karena di dalam pasta memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dan dapat memberikan efek mengenyangkan jika dikonsumsi sehari-hari. Kandungan karbohidrat yang ada dalam pasta dapat menghasilkan energi dalam jumlah yang banyak dan cocok untuk dijadikan sebagai santapan di siang hari dan di campur saus, daging dan juga aneka sayuran. Di dalam setiap 100 gram pasta mengandung karbohidrat sebanyak 31 gram dan di dalam setiap satu porsi spaghetti mengandung 97 gram karbohidrat.

14. Singkong

Singkong juga hampir sama dengan ubi dan juga kentang, karena singkong memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi dan dapat dijadikan sebagai makanan utama pengganti nasi. Di dalam setiap 100 gram singkong mengandung 38 gram karbohidrat, sehingga dengan rutin mengkonsumsi singkong dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama meski hanya dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit.

15. Roti

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi lainnya yaitu roti. Roti merupakan jenis makanan yang memiliki banyak kandungan karbohidrat, terutama untuk jenis roti yang memiliki banyak kandungan gandumnya atau roti gandum. Di dalam setiap 100 gram roti mengandung karbohidrat sebanyak 57 gram, apalagi jika roti dikonsumsi bersama dengan tambahan daging dan sayuran seperti sandwich.

16. Mie

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi lainnya yaitu mie. Makan mie dapat memberikan efek mengenyangkan, karena di dalam mie mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Di dalam setiap 100 gram mie mengandung karbohidrat sebanyak 71 gram, tapi jenis mie yang baik dikonsumsi bukan produk mie instan, tetapi mie yang terbuat dari bahan dasar beras dan juga gandum. Akan lebih baik jika kita membuat mie sendiri, sehingga lebih sehat dan aman dikonsumsi setiap hari.

17. Jagung

Selain kacang kedelai, jagung juga merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Di dalam setiap 100 gram biji jagung mengandung karbohidrat sebanyak 74 gram karbohidrat. Maka dari itu, jangan juga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Selain itu, jagung juga sangat rendah kalori dan kaya vitamin, sehingga sangat baik dikonsumsi sehari-hari.

18. Sereal

Makanan kaya karbohidrat lainnya yaitu terdapat pada sereal. Ada banyak berbagai jenis sereal yang dapat kita temukan di supermarket, bahkan bagi sebagian orang sereal ini sudah menjadi menu wajib untuk dikonsumsi setiap pagi. Memang benar sekali, karena 98% dari semangkuk sereal terdiri dari karbohidrat. Maka dengan rutin mengkonsumsi sereal setiap pagi dapat memberikan sumber energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari, bahkan rasa kenyangnya bisa bertahan hingga tiba waktunya jam makan siang. Hal ini dikarenakan, di dalam 100 gram sereal mengandung 75 gram karbohidrat.

19. Tepung Sagu

Tepung sagu juga merupakan salah satu makanan yang mengandung sumber karbohidrat, tepung sagu sering dijadikan sebagai bahan dasar dari berbagai jenis makanan. Dengan rutin megkonsumsi makanan yang terbuat dari tepung sagu, maka tubuh dapat memproduksi energi dalam jumlah banyak dan membuat tubuh mampu menjalankan aktivitas dengan baik. Sebab, di dalam setiap 100 gram tepung sagu mengandung karbohidrat sebanyak 76 gram.

20. Gula

Gula juga termasuk jenis makanan yang mengandung sumber karbohidrat, namun anda harus hati-hati karena gula adalah jenis makanan yang harus dihindari oleh anda yang menderita penyakit diabetes. Meskipun anda tidak menderita penyakit diabetes, anda tetap harus membatasi konsumsi gula setiap harinya agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari resiko penyakit gula atau diabetes.

B. Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi Lainnya

1. Kacang – Kacangan

Jenis makanan yang mengandung sumber karbohidrat bisa anda temukan juga pada kacang-kacangan, dimana dengan rutin mengkonsumsi kacang-kacangan dapat membantu mengontrol berat badan. Kacang-kacangan juga sangat baik dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, bahkan kacang-kacangan juga bisa dikonsumsi oleh anda yang ingin menambah berat badan karena di dalam kacang-kacangan mengandung jumlah kalori yang cukup tinggi.

Selain itu, mengkonsumsi kacang-kacangan juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya gangguan pada pencernaan. Di dalam setiap 100 gram kacang-kacangan mengandung karbohidrat sebanyak 5.2 gram.

2. Buah – Buahan Kering

Aneka jenis buah-buahan yang sudah dikeringkan seperti plum dan kismis kering yang tidak diberi tambahan gula atau pemanis lain memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi seperti pada aneka buah-buahan segar lainnya. Pada setiap satu genggam buah-buahan kering, 75% bagiannya adalah karbohidrat dan sisanya terdiri dari nutrisi lain. Mengkonsumsi buah-buahan yang dikeringkan memiliki banyak sekali manfaatnya bagi mereka yang sedang menjalani program diet, karena dapat memberikan efek kenyang lebih lama tetapi memiliki kadar kalori yang lebih rendah.

3. Sayuran Hijau

Tahukah anda, ternyata aneka jenis sayuran hijau juga mengandung sumber karbohidrat yang cukup tinggi, meski jenis karbohidratnya termasuk jenis karbohidrat sederhana. Maka dengan rutin mengkonsumsi salad sebanyak satu porsi yang di dalamnya berisikan sayuran hijau akan memberikan efek mengenyangkan bagi perut kita. Selain itu, di dalam sayuran hijau juga mengandung beragam nutrisi penting yang sangat tinggi dan sangat baik untuk tubuh.

4. Susu

Di dalam susu dan produk olahannya juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, namun disarankan untuk memilih produk susu yang memiliki kandungan rendah lemak. Karena susu rendah lemak dinilai lebih sehat dan dapat terhindar dari resiko kolesterol tinggi. Selain mengandung karbohidrat, di dalam susu juga mengandung beragan jenis nutrisi lain seperti vitamin, mineral, protein, kalsium, magnesium, kalium dan nutrisi penting lainnya. Maka akan lebih baik jika anda menggabungkan antara sereal dengan susu, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi setiap pagi.

5. Jambu Biji

Makanan yang mengandung karbohidrat berikutnya yaitu jambu biji. Di dalam satu buah jambu biji mengandung karbohidrat dalam jumlah cukup tinggi dan mampu mencukupi kebutuhan karbohidrat harian tubuh kita. meskipun jenis karbohidrat yang terdapat di dalam jambu biji termasuk karbohidrat sederhana yang dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama dalam perut. Minum jus jambu biji juga sangat disarankan bagi mereka yang sedang menjalani progran diet yang ingin menurunkan berat badan.

C. Manfaat Karbohidrat Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mencukup kebutuhan karbohidrat bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Sumber Energi Tubuh

Konsumsi makanan yang mengandung sumber karbohidrat tinggi dapat mencukup pasokan energi bagi tubuh, sehingga tubuh dapat menjalankan aktivitas pekerjaan dengan baik dan lancar.

2. Mengendalikan Berat Badan

Manfaat mengkonsumsi makanan berkarbohidrat sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan dan juga menjaga berat badan agar tetap ideal.

3. Karbohidrat untuk Mencegah Penyakit

Konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi dalam jumlah cukup setiap harinya dapat mencegah tubuh dari berbagai jenis penyakit, baik penyakit ringan maupun berat.

4. Memelihara Kesehatan Jantung

Konsumsi makanan berkarbohidrat dalam jumlah cukup dapat menjaga kesehatan dan kerja organ jantung.

5. Mendukung Fungsi Pencernaan

Rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sangat baik untuk menjaga dan mengotimalkan fungsi dari pencernaan.

6. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi dalam jumlah cukup bermanfaat untuk meningkatkan proses penyerapan nutrisi bagi tubuh.

7. Mencegah Kerusakan Jaringan Otot

Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi diduga sangat baik untuk mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan otot.

8. Mengatur Kenaikan Kadar Gula dalam Darah

Manfaat konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi dalam jumlah cukup dapat mengendalikan kadar gula dalam darah, sehingga dapat terhindar dari penyakit diabetes.

9. Mencukupi Kebutuhan Fitonutrien

Baik untuk memenuhi kebutuhan asupan fitonutrien.

10. Mendukung Fungsi Otak

Bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan merangsang kecerdasan otak.

11. Mengatasi Kecemasan

Makanan berkarbohidrat sangat baik dikonsumsi bagi anda yang sering mengalami kecemasan dan stres.

Itulah jenis-jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang perlu anda ketahui dan dapat anda konsumsi agar dapat membuat anda merasa kenyang. Anda dapat mengkombinasikan makanan sumber karbohidrat dengan jenis makanan bernutrisi lainnya untuk mendapatkan asupan gizi yang seimbang.

Demikian ulasan mengenai Makanan yang Mengandung Karbohidrat, dan Manfaatnya untuk Kesehatan. Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih telah membaca artikel di blog ini. Silahkan share dan like fansfage kami. Cukup sekian dan salam sehat.