Manfaat Kecambah Kedelai untuk Kesuburan dan Kesehatan

Manfaat Kecambah Kedelai untuk Kesuburan dan Kesehatan -- Manfaat dan Khasiat Kecambah Kedelai untuk Kesehatan dan Kesuburan, Manfaat Tauge untuk Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil, Manfaat Kecambah untuk Kesuburan Pria dan Wanita, Manfaat Kecambah Kedelai untuk Program Hamil (Promil), Manfaat Tauge Kedelai untuk Kesuburan dan Kesehatan, Manfaat Toge.


Manfaat Kecambah Kedelai untuk Kesuburan dan Kesehatan -- Kecambah Kedelai adalah jenis kecambah yang terbuat dari kedelai. Kecambah kedelai merupakan salah satu jenis sayuran yang dihasilkan dari kacang kedelai. Kecambah jenis ini biasanya sering dijadikan sebagai sayuran oleh para ibu-ibu yang dimasak dengan cara ditumis. Kecambah kedelai memang peminatnya tidak sebanyak seperti jenis kecambah kacang hijau, masih jarang masyarakat yang memasak jenis kecambah ini.

Meski demikian, sebenarnya rasa dari kecambah kedelai ini cukup lezat, ukuran kepalanya lebih besar dari bagian batangnya inilah yang memilki rasa sangat enak apabila dimasak. Selain itu, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi kecambah kedelai ini, karena di dalam kecambah kedelai ini mengandung protein yang sangat tinggi. Dimana protein adalah nutrisi yang sangat baik utk kesehatan tubuh.

Mungkin masih banyak diantara anda yang belum tahu mengenai manfaat kecambah kedelai, bahkan tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga bermanfaat untuk kesuburan pria dan wanita. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, simak ulasannya dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Kecambah Kedelai untuk Kesuburan dan Kesehatan Pria Dan Wanita

A. Manfaat Kecambah Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi kecambah kedelai untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Sumber Protein

Seperti yang telah dijelaskan sebelummnya, bahwa kecambah kedelai ini mengandung protein yang sangat tinggi, karena kecambah ini terbuat dari bahan kacang kedelai dimana kacang kedelai memang kaya akan kandungan protein nabati. Dengan rutin mengkonsumsi kecambah kedelai secara rutin, tubuh akan terasa lebih segar dan bugar karena berbagai sel di dalam tubuh dapat berkembang secara optimal.

2. Sumber Lemak

Selain mengandung protein yang sangat tinggi, kecambah kedelai juga mengandung lemak yang sangat baik untuk menambah berat badan. Bagi anda yang memiliki tubuh kurus, maka ada baiknya anda rutin mengkonsumsi kecambah kedelai secara rutin setiap hari untuk menambah berat badan.

3. Mencegah Penyakit Kardiovaskuler

Mengkonsumsi kecambah kedelai ini sangat bermanfaat untuk membantu menyembuhkan penyakit kardiovaskular, sebaiknya kecambah kedelai ini dimasak dengan cara diebus hingga mencapai tingkat kelunakan cukup tinggi. Hindari menggoreng kecambah ini atau masaknya dengan menambahkan minyak, karena penggunaan minyak dapat meningkatkan kandungan kolesterol dalam tubuh anda nantinya.

4. Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Manfaat kecambah kedelai berikutnya yaitu efektif untuk mengatasi radang tenggorokan. Ketika anda sedang menderita masalah radang tenggorokan, sebaiknya anda rutin mengkonsumsi kecambah kedelai ini setiap hari. Namun pastikan anda memasak kecambah kedelai ini dengan cara direbus, hindar mengkonsumsi kecambah ini dalam keadaan mentah atau digoreng karena dapat memperparah peradangan pada tenggorokan anda.

5. Membantu Memproduksi Sel Darah Merah

Sel darah merah pada tubuh manusia senantiasa diproduksi setiap hari, namun siklus hidup dan matinya darah dapat selalu terjadi. Maka agar siklus darah dalam tubuh dapat berjalan dengan baik dan lancar, maka anda dapat mengkonsumsi kecambah kedelai ini secara rutin. Sebab, konsumsi kecambah kedelai bermanfaat untuk menjaga kesehatan sumsum tulang belakang pada tubuh anda, dimana tempat sel darah merah diproduksi.

6. Melancarkan Regenerasi Sel

Proses regenerasi sel dapat berjalan dengan baik dan lancar apabila tubuh mendapatkan asupan asam amino essensial dalam jumlah cukup setiap harinya, sel-sel tubuh yang telah mati dapat segera digantikan dengan sel yang baru. Pada akhirnya, tubuh pun akan memiliki tingkat kesehatan yang baik dan dapat beraktivitas dengan baik.

7. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Berkat kandungan protein yang sangat tinggi, kecambah kedelai juga sangat bermanfaat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk luka bekas operasi. Bekas luka akan segera sembuh, karena selain protein sel kulit juga akan mendapatkan asupan nutrisi seperti vitamin C dan D dalam jumlah cukup dari sayuran yang satu ini.

8. Mencegah Penuaan Dini

Munculnya penuaan dini bisa terjadi pada siapa saja, untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini dibutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang berasal dari sayuran. Salah satunya dengan mengkonsumsio kecambah kedelai, karena kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat lengkap dan baik untuk kulit.

9. Melancarkan Proses Metabolisme Energi

Konsumsi kecambah kedelai dapat membantu melancarkan proses metabolisme energi dalam tubuh anda, sehingga tubuh tidak akan mudah lelah dan nutrisi akan terserap lebih baik. Hal ini dikarenakan, di dalam kecambah kedelai mengandung potassium dan kalium yang sudah terbukti efektif berfungsi memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh.

10. Mencegah Resiko Keguguran

Konsumsi sayuran kecambah kedelai ini juga dipercaya bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya keguguran pada kehamilan, karena di dalam kecambah ini mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi dan mampu menangkan serangan radikal bebas berbahaya yang dapat mengganggu stabilitas dalam tubuh.

11. Melancarkan Sistem Pencernaan

Di dalam kecambah juga mengandung serat alami yang sangat tinggi, serat ini sangat baik untuk membantu melancarkan proses pencernaan makanan di dalam tubuh. Maka dari itu, kecambah ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil mengingat ibu hamil rentan sekali mengalami masalah susah BAB dan sembelit.

12. Menurunkan Berat Badan

Selain baik untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh, konsumsi kecambah kedelai juga sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

13. Menurunkan Kadar Gula Darah Berlebih

Kadar gula darah dalam tubuh yang terlampau tinggi sangat beresiko menyebabkan seseorang menderita penyakit diabetes, bahkan sebagian ibu hamil kerap mengalami peningkatan kadar gula darah berlebih dio dalam tubuh. Untuk menurunkan kadar gula darah berlebih dalam tubuh, anda bisa rutin mengkonsumsi sayuran kecambah kedelai secara rutin setiap hari. Hal ini dikarenakan, di dalam kecambah kedelai ini mengandung kalori yang sangat rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh anda yang menderia penyakit diabetes.

14. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Selain bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, konsumsi kecambah kedelai juga sangat bermanfaat untuk mencegah dan sekaligus mengatasi gangguan anemia. Hal ini dikarenakan, di dalam kecambah mengandung zat besi yang cukup tinggi dan juga mengandung beberapa mineral penting lainnya yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

15. Mencegah Penyakit Jantung

Kecambah kedelai juga mengandung zat bernama saponin, kandungan zat ini adalah sejenis zat kimia yang banyai ditemukan ndalam tumbuhan. Zat saponin bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam dararh, sehingga dengan rutin mengkonsumsi kecambah kedelai ini dapat menurunkan kemungkinan terkena bahaya kolesterol tinggi, penyakit jantung dan bahkan stroke.

16. Mencegah Kanker

Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa di dalam kecambah kedelai ini mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi dan kuat, sehingga tak heran jika kecambah kedelai ini disebut sebagai sayuran pencegah kanker. Selain  kaya akan kandungan antioksidan, kecambah kedelai juga mengandung canavanine, canavanine sendiri adalah sejenis zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menyusun asam amino arginin yang mampu membasmi sel-sel kanker dalam tubuh.

17. Melancarkan Sirkulasi Darah

Konsumsi kecambah juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, sebab di dalam sayuran yang satu ini memiliki kemampuan dalam melakukan deoksidasi, sehingga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dikarenakan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Selain itu, sirkulasi darah yang lancar membuat wanita yang sedang menstruasi tidak merasakan rasa sakit.

B. Manfaat Kecambah Kedelai Untuk Kesuburan Pria dan Wanita

Selain baik untuk kesehatan tubuh, manfaat mengkonsumsi kecambah kedelai ini diduga mampu membantu meningkatkan kesuburan bagi kaum pria dan wanita, sehingga bagi anda yang ingin sekali memiliki keturunan sebaiknya rutin mengkonsumsi kecambah kedelai setiap hari. Sebab, di dalam kecambah kedelai ini mengandung asam folat dan juga zat besi yang sangat tinggi. Dengan rutin mengkonsumsi kecambah ini dapat meningkatkan kesuburan dan kualitas sperma maupun sel telur pada kaum wanita.

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi kecambah kedelai untuk kesuburan bagi para kaum pria dan wanita, diantaranya yaitu :

1. Sumber Vitamin E

Asupan vitamin E memang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu meningkatkan kesuburan bagi para kaum pria maupun wanita, sama hal nya dengan kandungan vitamin E yang terkandung di dalam kecambah kedelai. Selain dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, kecambah ini juga bermanfaat untuk menambah stamina bagi pasangan suami istri dalam melakukan hubungan intim.

2. Kaya Akan Asam Folat

Asam folat adalah kandungan yang memiliki peran paling penting dalam mendukung program kehamilan. Selain banyak terkandung di dalam aneka jenis buah-buahan, sumber asam folat juga banyak ditemukan di dalam kecambah kedelai. Peran dari asam folat juga memiliki peran yang sangat pentng dan dibutuhkan oleh tubuh seseorang yang sedang mencoba menjalankan program kehamilan agar bisa cepat hamil dan mendapatkan momongan.

Selain itu, asam folat atau vitamin B9 ini sanga baik untuk mendukung tumbuh kembang janin di dalam kandungam. Kebutuhan asam folat bagi wanita yang dianjurkan sebanyak 800 mcg perhari, sedangkan untuk wanita yang subur jumlah asam folat harian yang dibutuhkan yaitu sekitar 400 mcg perhari.

3. Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan merupakan sumber senyawa yang memilki peranan penting dalam meningkatkan kualitas dan jumlah sperma pada pria dan menjaganya agar tetap subur. Selain itu, konsumsi kecambah kedelai juga bermanfaat untuk menangkal serangan radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan dan penurunan kualitas sperma sehingga dapat berpotensi menyebabkan kemandulan.

4. Sumber Vitamin C

Tentunya sudah bukan rahasia lagi jika banyak sekali manfaat vitamin C untuk kesehatan, namun tahukah anda, ternyata tubuh yang tercukupi kebutuhan asupan vitamin C dalam tubuhnya dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah saki dan terserang berbagai jenis penyakit.

5. Mencegah Berbagai Gangguan saat Menstruasi

Berbagai gangguan pada saat menstruasi sering kali dialami oleh banyak wanita, kondisi tersebut bisa dikatakan sebagai hal yang sangat ditakuti oleh kebanyakan kaum wanita. Sebab, munculnya gangguan menstruasi dapat menjadi halangan bagi wanita untuk bisa mengalami kehamilan sesuai dengan apa yang diharapkannya. 

Hal ini dikarenakan, munculnya gangguan menstruasi akan menyulitkan bagi kita untuk dapat mengetahui masa-masa paling subur ketika akan melakukan hubungan intim dengan pasangan, karena berhubungan intim ketika masa subur dapat meningkatkan potensi terjadinya kehamilan.

6. Mengatasi Masalah Kewanitaan

Masalah kewanitaan yang paling sering kali dialami oleh para kaum wanita yaitu munculnya gejala pra-menopause dan gangguan mentruasi yang tidak teratur. Kondisi demikian memang tidak dapat dipungkiri, karena masalah yang muncul karena pra-menopause dapat mengakibatkan seorang wanita mengalami hal-hal yang tidak pernah diharapkannya. Munculnya masalah menopause ini akan terasa berat apabila kita masih belum memiliki keturunan, sementara usia terus bertambah tua.

Biasanya, munculnya menopause akan muncul ketika seorang wanita sudah memasuki usia diatas 40 tahun. Tentu saja hal seperti ini akan menjadi masalah yang cukup pelik, terlebih bagi anda yang yang masih belum pernah hamil dan memiliki keturunan. Maka dari itu, bagi anda yang rutin mengkonsumsi kecambah kedelai ini dapat terhindar dari resiko mengalami haid yang tidak teratur, pra-menopause, menapause dini, dan juga resiko terjangkit penyakit kanker payudara.

7. Meningkatkan Kesuburan

Bagi pria dan wanita yang rutin mengkonsumsi kecambah kedelai setiap hari, maka dapat membantu meningkatkan kesuburan sehingga dapat mempercepat terjadinya proses kehamilan. Maka bagi anda yang ingin cepat hamil dan memiliki anak, sebaiknya rutin-rutinlah mengkonsumsi kecambah kedelai dan imbangi dengan makanan sehat lain yang berasal dari buah-buahan dan sayuran.

C. Bahaya Konsumsi Kecambah Kedelai Mentah

Dibalik manfaat kecambah kedelai ini, ternyata konsumsi yang salah dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Kecambah ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi mentah, karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan. 

Hal ini dikarenakan di dalam kecambah kedelai ini mengandung bakteri salmonella, sehingga jika terkena infeksi bakteri ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti sakit perut, diare, pusing, sakit kepala, mual, muntah dan juga demam tinggi. Maka dari itu, kecambah kedelai ini tidak baik dikonsumsi dalam keadaan mentah, apalagi jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Selain itu, di dalam kecambah ini juga mengandung bakteri jahat bernama Eschericia coli yang dapat menyebabkan infeksi yang cukup serius. Kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh pemilihan biji yang kurang terjaga kesbersihannya, sanitas yang buruk atau dikarenakan telah terkontaminasi dengan zat berbahaya lain ketika dilakukan proses sprouting. 

Disamping itu, ketika dalam proses pembuatan kecambah ini dalam suhu lembab dan hangat dapat membuat bakteri tetap bertahan hidup di dalamnya.

D. Cara Mengkonsumsi Kecambah Kedelai yang Aman

Berikut ini cara aman mengkonsumsi kecambah kedelai, diantaranya yaitu :
  1. Sebelum anda membeli kecambah ini, sebaiknya periksa terlebih dahulu kondisi dari kecambah tersebut. Jika kecambah tersebut tidak berbau anda bisa membelinya, tetapi jika tercium aroma tidak sedap pada kecambah tersebut sebaiknya anda tidak membelinya.
  2. Segera masukan kecambah kedelai yang sudah anda beli ke dalam kulkas atau pada lemari pendingan, tujuannya yaitu untuk membunuh bakteri berbahaya yang terkandung di dalamnya.
  3. Cuci terlebih dahulu sebelum dimasak, hindar mengkonsumsi kecambah kedelai ini dalam keadaan mentah, tujuannya untuk mencegah adanya kontaminasi.
  4. Cuci sampai bersih sebelum memasaknya, masak sesuai selera namun jika ingin lenbih sehat dan aman sebaiknya dimasak dengan cara direbus.

Ada banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi penting yang bisa kita dapatkan dari kecambah kedelai ini. setelah mengetahui berbagai manfaatnya untuk kesehatan maupun kesuburan, jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi sayuran murah bermanfaat yang satu ini.

Demikian penyampaian artikel tentang Manfaat Kecambah Kedelai untuk Kesuburan dan Kesehatan. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Silahkan baca juga artikel lainnya di blog ini.