20 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan dan Kecantikan

20 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat dan Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Buah Mangga Untuk Wajah - Untuk Diet - Untuk Ibu Hamil, Manfaat Mangga Muda & Mangga Masak, Efek Samping Buah Mangga, Kandungan Buah Mangga, Vitamin Buah Mangga, Tulisan Khasiat dan Manfaat dari Buah Mangga.


Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Semua orang pasti mengenai buah mangga, jenis buah yang termasuk buah favorit ini memang begitu diminati oleh banyak kalangan masyarakat. Maka tak heran jika banyak yang menantikan musim panen dari buah ini.

Warna kulit dari buah mangga umumnya berwarna hijau dan di bagian daging buahnya berwarna kuning atau orange, bahkan banyak orang yang masih keliru dalam membedakan antara buah mangga dengan buah bacang, karena kedua jenis buah ini hampir mirip nmaun buah mangga rasanya jauh lebih manis dan aromanya tidak begita tajam.

Buah mangga memiliki nama yang sama dengan nama pohonnya, yaitu pohon mangga. Buah mangga sendiri termasuk ke dalam keluarga Mangifera, yang spesiesnya terdiri dari 35 sampai dengan 40 anggota dan termasuk ke dalam suku Anacardiaceae. Pohon mangga juga termasuk jenis tumbuhan yang tumbuh tinggi dengan memiliki struktur batang habitus yang termasuk ke dalam kelompok Arboreus, yaitu jenis tumbuhan yang berkayu dengan ketinggian batang pohon yang dapat mencapai 10 hingga 40 meter.

Di balik rasanya yang manis dan menyegarkan, ternyata di dalam buah mangga ini mengandung banyak sekali kandungan nutrisi yang lengkap dan baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, buah mangga juga sering dijadikan sebagai bahan alami untuk melakukan perawatan kecantikan. Bukan tanpa alasan, karena di dalam buah mangga mengandung banyak sekali kandungan gizi dan nurisi yang sangat lengkap.

Penasaran, kandungan gizi dan nutrisi apa saja yang terkandung di dalam buah mangga ini? Untuk lebih mengenal manfaat buah mangga, simak ulasna selengkapnya dibawah berikut ini.

Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Mangga

Di dalam setiap 100 gram buah mangga mengandung berbagai gizi dan nutrisi penting, seperti mengandung energi sebanyak 65 kkal, protein sebanyak 0,51 gram, lemak sebanyak 0,27 gram, karbohidrat sebanyak 17,00 gram, betakaroten sebanyak 445 gram, gula sebanyak 14,8 gram, serat sebanyak 1,8 gram, Kalsium 10 mg, sebanyak 1%, Zat Besi, sebanyak 0,13 mg, Magnesium sebanyak 9 mg, Fosfor sebanyak 11 mg, Kalium sebanyak 155 mg, dan Seng sebanyak 0,04 mg.

Selain itu, dalam 100 gram buah mangga mengandung pula vitamin A sebanyak 38 mg, Thiamine / Vitamin B1, sebanyak 0.058 mg, Riboflavin / Vitamin B2 sebanyak 0,057 mg, Niacin / Vitamin B3 sebanyak 0,584 mg, Asam pantotenat / Vitamin B5 sebanyak 0,160 mg, Vitamin B6 sebanyak  0,134 mg, Folat / vitamin B9, sebanyak 14 mg, Vitamin C sebanyak 27,7 mg, dan masih banyak lagi kandungan nutrisi penting lainnya, meski jumlahnya hanya sedikit.

Banyaknya kandungan gizi / nutrisi buah mangga tentunya akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ulasan mengenai manfaat buah mangga untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan.

Beragam Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Berikut ini berbagai manfaat dan khasiat buah mangga untuk kesehatan, diantaranya yaitu :

1. Mencegah dan Mengatasi Penyakit Diebates

Di dalam buah mangga memiliki kadar glikemik yang tergolong rendah, sehingga tidak akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan para pasien penderita diabetes yang mengkonsumsinya.

Kadar glikemik yang rendah tidak akan menyebabkan kadar gula darah meningkat, sehingga meskipun rasanya sangat manis tetapi buah mangga ini sangat baik dikonsumsi oleh mereka untuk membantu mengedalikan dan mencegah peningkatkan kadar gula darah.

2. Mengatasi Peradangan Dalam Tubuh

Buah mangga juga bermanfaat untuk membantu mencegah dan mengatasi peradangan yang terjadi dalam tubuh, karena di dalam buah ini memiliki kandungan senyawa anti peradangan atau anti-inflamasi seperti vitamin C dan juga betakaroten. Menurut dari hasil penelitian, proses penguraian dari buah mangga ini dalam tubuh dapat menghasilkan berbagai jenis senyawa yang berperan penting dalam mengatasi peradangan.

Berdasarkan dari hasil penelitian menemukan adanya senyawa polifenol dalam buah mangga yang di duga mampu meredakan gejala inflamasi, sehingga berbagai peradangan pun bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah mangga secara rutin setiap hari, baik di konsumsi secara langsung maupun dijadikan jus.

3. Mencegah Degenerasi Makula

Manfaat buah mangga berikutnya bagi kesehatan tubuh kita yaitu dapat membantu mencegah terjadinya Degenerasi Makula, karena di dalam buah ini mengandung senyawa antioksidan bernama Zeaxathin yang dapat berfungsi untuk melindungi mata kita dari resiko terkena penyakit Degenerasi Makula.

Degenerasi Makula sendiri merupakan suatu kondisi dimana telah terjadi kerusakan pada makula, yaitu bagian yang terletak di tengah retina mata yang berfungsi sangat penting. Jika sudah terjadi kondisi seperti ini, maka akibatnya mereka yang menderita penyakit mata ini dapat mengalami kesulitan untuk dapat melihat dengan jelas suatu objek seperti wajah atau tulisan.

Maka dari itu, dengan adanya peran dari senyawa antioksidan ini dapat membantu melindungi mata dari bahaya degenerasi makula. Senyawa tersebut akan menyaring sinar biru yang berasal dari sumber cahaya seperti dari layar televisi atau komputer pada mata kita, sehingga resiki kerusakan pada mata pun bisa terhindarkan.

4. Mengandung Sumber Antioksidan yang Tinggi

Dari hasil sebuah studi yang telah dilakukan, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah mangga untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan, di dalam buah mangga memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi dan kuat, diantaranya mengandung vitamin C, vitamin D, betakaroten, mangiferin, fenolik dan masih banyak lagi kandungan senyawa antioksidan lainnya.

Selain itu, menurut hasil penelitian bahwa senyawa antioksidan dapat memberikan efek yang sangat kuat dalam melawan serangan radikal bebas berbahaya yang akan masuk ke dalam tubuh.

5. Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung

Mengkonsumsi buah mangga secara rutin juga sangat baik dan bermanfaat untuk mencegah dan sekaligus efektif untuk mengobati penyakit jantung. Hal ini dikarenakan, di dalam buah ini mengandung vitamin, serat dan juga kalium yang merupakan suatu perpaduan senyawa yang sangat baik untuk menjaga kesehatan organ jantung kita. Memiliki jantung yang sehat, maka dapat membuat kondisi tubuh semakin sehat.

6. Mencegah Tubuh Terinfeksi Virus

Kandungan senyawa mangiferin yang terkandung di dalam buah mangga dipercaya mampu mencegah tubuh terkena infeksi dari serangan virus tertentu, karena telah dilakukan penelitian terhadap senyawa mangiferin dan hasilnya menunjukan bahwa senyawa ini memiliki efek yang sangat kuat untuk mencegah serangan virus seperti virus herpes.

Selain itu, senyawa tersebut juga dapat menghambat proses perkembangan virus dalam tubuh, sehingga dapat mencegah dan menurunkan resiko terjangkit suatu jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus tersebut.

7. Mengendalikan Berat Badan

Rasa manis yang dihasilkan dari buah mangga ini berasa dari kandungan gula alami dan di dalam buah ini juga mengandung kadar air yang sangat tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang ingin menjaga berat badan tetap ideal.

Hal ini dikarenakan, di dalam buah mangga mengandung sekitar 24 gram glukosa dan dapat diolah untuk dijadikan sebagai sumber energi bagi tubuh. Selain itu, rutin mengkonsumsi buah mangga juga dapat membantu untuk mengurangi kecanduan terhadap makanan manis seperti permen.

Manfaat lainnya dari buah mangga ini yaitu dapat mengendalikan berat badan, karena di dalam buah mangga memiliki kadar air yang sangat tinggi yang dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama setelah mengkonsumsinya. Efek tersebut dapat membuat kita tidak ingin makan terlalu banyak, sehingga resiko mengalami kenaikan berat badan berlebih pun bisa terhindarkan.

8. Mencegah Kanker

Kandungan senyawa yang terdapat di dalam buah mangga ini seperti asam galat dan juga fisetin sangat berkhasiat untuk mencegah pembentukan dan menghambat perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah mangga ini mampu melindungi berbagai organ dalam tubuh yang berpotensi terkena penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker usus dan beberapa jenis kanker lainnya.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah mangga juga sangat baik untuk memperkuat dan meningkatkan pertumbuhan tulang. Hal ini dikarenakan, di dalam buah mangga mengandung kalsium dan vitamin K yang sangat baik untuk memelihara kesehatan tulang. Maka dari itu, manfaat buah mangga ini tidak hanya baik untuk orang dewasa, tetapi juga baik dikonsumsi oleh anak-anak untuk mendukung  masa pertumbuhannya.

10. Melancarkan Pencernaan

Buah mangga juga sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan, karena di dalam buah mangga mengandung serat yang cukup tinggi. Maka dengan rutin mengkonsumsi buah mangga, tubuh akan terhindar dari resiko mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar dan berbagai gangguan pencernaan lainnya.

11. Mencegah dan Mengobati Anemia

Di dalam buah mangga mengandung banyak sekali zat-zat yang sangat penting di dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya yaitu zat besi. Kandungan zat besi ini sangat baik untuk mencegah tubuh mengalami enamia atau kekurangan sel darah merah yang menyebabkan tekanan darah menjadi rendah, gejala yang ditimbulkan akibat terkena anemia diantaranya yaiu seperti sering pusing, cepat lelah dan kurang bertenaga.

Selain itu, ibu hamil juga sangat rentan terkena penyakit anemia. Maka untuk mencegah atau mengobati anemia, anda bisa rutin mengkonsumsi buah mangga setiap hari. Dengan demikian, tubuh anda akan lebih sehat dan terbebas dari anemia.

12. Mencegah dan Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Buah mangga mengandung vitamin C dan juga kandungan serat yang tinggi, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah mangga diduga mampu mengendalikan kadar kolesterol yang diproduksi oleh tubuh. Kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kemunculan berbagai resiko penyakit serius, salah satu cara alami untuk mencegahnya dan menurunkan kadar kolesterol berlebih bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah mangga secara rutin dan teratur setiap hari.

13. Meningkatkan Daya Ingat

Buah mangga juga ternyata dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat, karena di dalam buah mangga ini memiliki kandungan asam glutamin yang cukup tinggi.

Kandungan senyawa tersebutlah yang berperan penting dalam membantu meningkatkan daya ingat otak, sehingga buah mangga ini sangat disarankan untuk diberikan kepada anak-anak untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak anak. Maka mulai sekarang sering-seringlah anda memberikan anak anda buah mangga dalam jumlah cukup setiap harinya, sehingga anak akan tumbuh lebih sehat dan cerdas.

14. Baik Untuk Ibu Hamil

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa buah mangga ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena di dalam buah ini mengandung banyak sekali nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil dan janin di dalam kandungan yang berfungsi untuk menjaga kesehatannya.

Selain itu, mengkonsumsi buah mangga juga dapat mengurangi efek mual dan muntah yang sering kali di alami oleh ibu hamil pada awal-awal kehamilannya, namun untuk mengurangi rasa mual dan muntah sebaiknya anda mengkonsumsi buah mangga yang masih muda.

15. Mencegah Asma Kambuh Kembali

Bagi anda atau anggota keluarga anda yang mengidap penyakit asma, untuk mencegah asma sering kambuh disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah mangga, baik dikonsumsi secara langsung atau bisa juga dijadikan jus mangga. Hal ini dikarenakan, di dalam buah mangga mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan beberapa zat lainnya yang dipercaya sangat efektif untuk mencegah penyakit asma agar tidak mudah kambuh.

B. Manfaat Buah Mangga untuk Kecantikan Kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mengobati berbagai jenis penyakit, ternyata mengkonsumsi buah mangga juga sangat bermanfaat untuk memelihara kecantikan kulit. Penasaran, apa saja manfaatnya? Berikut informasinya!

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Jika anda ingin memiliki kulit wajah yang bersih dan putih bercahaya, anda bisa mencoba cara memutihkan kulit wajah secara alami dengan menggunakan buah mangga.

Selain dapat mencerahkan, perawatan dengan menggunakan buah manggu juga sangat bermanfaat untuk menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan bintik-bintik hitam pada kulit wajah. Hal ini dikarenakan, di dalam buah mangga mengandung vitamin A dan vitamin C yang sangat efektif untuk membantu mencerahkan, meremajakan dan sekaligus menghaluskan kulit wajah.

2. Menghilangkan Jerawat Membandel

Selain dapat mencerahkan kulit wajah, ternyata dengan melakukan perawatan kulit wajah secara rutin dan teratur dapat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Cara menghilangkan jerawat membandel dengan buah mangga sangat mudah, anda cukup mengolah buah mangga ini untuk dijadikan scrub alami.

Caranya yaitu :
  • Siapkan daging buah mangga secukupnya, lalu tambahkan sau setengah sendok teh susu bubu dan satu sendok teh madu.
  • Aduk semua bahan alami tersebut hingga tercampur merata, lalu masukan ke dalam kulkas atau lemari es. Setelah scrub alami tersebut dingin, oleskan dan gosok-gosokan secara merata dan perlahan pada kulit wajah dengan gerakan melingkar.
  • Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.
  • Lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap malam.

3. Menghilangkan Komedo

Selain dapat menghilangkan jerawat, cara alami yang dijelaskan pada poin nomor dua diatas juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo. Maka cara di atas juga bisa anda lakukan, karena penggunaan scrub alami tersebut dapat mengangkat sel kulit mati dan komedo dengan optimal. Selain itu, perawatan wajah tersebut juga dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah yang menjadi penyebab utama munculnya jerawat dan komedo.

4. Mencegah Penuaan Dini

Melakukan perawatan kulit dengan menggunakan masker buah mangga ini, maka kulit wajah anda akan terhindar dari munculnya tanda-tanda panuaan dini seperti munculnya keriput dan pigmentasi pada kulit, selain itu, perawatan dengan menggunakan masker wajah alami yang terbuat dari buah mangga ini juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang berbahaya.

5. Melembabkan Kulit Wajah

Perawatan kulit dengan masker buah mangga juga bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah, karena di dalam buah mangga juga mengandung nutrisi penting yang dapat menutrisi kulit.

Caranya yaitu, siapkan daging buah mangga secukupnya dan tuangkan ke dalam mangkuk, tambahkan satu sendok teh madu atau minyak zaitun dan haluskan. Setelah itu, oleskan masker wajah alami ini secara merata dan diamkan selama 15-30 menit. Kemudian bilas sampai bersih, lakukan rutin dan teratur pada malam hari minimal 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil optimal.

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat buah mangga?

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 20 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga anda semua dapat memetik manfaat dari informasi yang telah kami bahas di atas. Silahkan baca juga postingan bermanfaat lainnya di blog ini. Thanks very much.