15 Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Pengolahannya

15 Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Pengolahannya -- Khasiat dan Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan dan Pengobatan, Khasiat dan Manfaat Mahkota Dewa Untuk Wanita & Pria, Cara Mengolah Buah Mahkota Dewa, Manfaat Mahkota Dewa Untuk Kecantikan, Manfaat Daun Makota Dewa, Kandungan Zat pada Buah Mahkota Dewa.


Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Pengolahannya -- Tanaman Mahkota Dewa pada awal mulanya masyarakat kita menjadi tanaman obat ini sebagai tanaman hias atau sebagai peneduh jalan. Tanaman ini dapat tumbuh dengan subur pada kondisi tanah yang padat dan juga tanah gembur, tinggi dari pohon mahkota dewa sendiri bisa mencapai 3 meter atau lebih dengan memiliki daun yang berwarna hijau lebat.

Buah mahkota dewa sendiri biasanya tumbuh di bagian batang secara berkelompok atau sendiri, buahnya berwarna hijau pada saat masih muda dan kemudian akan berubah menjadi kemerahan apabila sudah tua dan matang. Aroma yang dihasilkan dari buah mahkota dewa begitu harum dan dikenal sangat berkhasiat, sehingga buah ini sering dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan jamiu atau obat tradisional.

Tanaman Mahkota dewa adalah jenis tumbuhan asli dari Papua dan kemudian di budidayakan di berbagai daerah yang ada di Indonesia, karena jenis tanaman obat ini dapat tumbuh dengan cepat dan mudah dalam hal perawatannya.

Penggunaan bahan dasar dari buah mahkota dewa sebagai obat tradisional pertama kali dipopulerkan oleh ahli pengobatan China dengan mengolah buah mahkota dewa ini untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Seiring perkembangan jaman dan teknologi, saat ini sudah dapat kita temukan buah mahkota dewa yang telah diracik dan dikemas menjadi jenis obat berbentuk kapsul, tablet dan serbuk.

Kandungan Zat Gizi / Nutrisi Buah Mahkota Dewa

Khasiat dari buah mahkota dewa memang tidak terlepas dari berbagai jenis kandungan zat yang ada di dalamnya. Banyak masyarakat yang tidak tahu akan kandungan dan manfaat dari buah mahkota dewa ini. Bagi anda yang ingin tahu kandungan zat apa saja yang ada dalam bua mahkota dewa, simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Ada beberapa kandungan zat penting yang sangat berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan, diantaranya yaitu :
  • Zat Alkaloid : Salah satu kandungan zat yang paling banyak terkadung di dalam buah mahkota dewa ini yaitu jenis zat Alkaloid, kandungan zat ini memiliki banyak sekali khasiatnya bagi kesehatan tubuh.
  • Flavonoid : Flavonoid adalah jenis zat yang terkandung di dalam buah mahkota, zat ini juga hampir terdapat pada semua jenis tanaman obat lainnya.
  • Polifenol : Polifenol adalah kandungan zat yang juga masih satu jenis dengan kandunga zat alkaloid, jenis zat ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.
  • Antioksidan : Di dalam kulit buah mahkota dewa memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi.

A. Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan

Hingga saat ini masih banyak masyarakat umum yang belum tahu sepenuhnya mengenai manfaat dari buah tanaman mahkota dewa yang sangat berkhasiat. Selain itu, masyarakat juga masih banyak yang belum tahu jika ternyata di dalam buah mahkota dewa mengandung zat racun yang cukup tinggi.

Maka dari itu, meskipun banyak sekali manfaat yang bisa anda rasakan dengan mengkonsumsi buah mahkota dewa untuk kesehatan tubuh dan mengobati penyakit, anda juga harus tetap berhati-hati dan membatasi jumlah buah yang dikonsumsi agar khasiatnya bisa optimal dan mengurangi efek samping dari pengunaan buah mahkota ini.

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah mahkota dewa untuk kesehatan tubuh dan mengobati berbagai jenis penyakit, diantaranya yaitu :

1. Melakukan Detoksifikasi

Saat ini sudah banyak orang yang sadar akan pentingnya untuk melakukan upaya detoksifikasi. Detoksifikasi sendiri merupakan suatu upaya atau tindakan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia yaitu dengan mengurangi kadar racun dalam tubuh. Namun sayangnya, upaya ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja karena biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya detok ini cukup mahal.

Berikut ini beberapa hal yang berkaitan dengan proses detoksifikasi, yaitu :
  • Mengeluarkan racun yang mengendap dalam tubuh.
  • Zat racun yang mengendap dalam tubuh dan tidak segera dikeluarkan dapat menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya dalam tubuh.
  • Biasanya racun sering mengendap di dalam saluran usus, oleh karena itu orang yang jarang melakukan detoksifikasi akan mudah sekali terkena berbagai jenis penyakit usus dan yang paling dikhawatirkan adalah terkena penyakit kanker usus.
  • Namun anda tidak perlu khawatir, karena untuk melakukan detok saat ini sudah tidak perlu dilakukan secara modern, tetapi telah ditemukan cara untuk melakukan detoksifikasi secara alami dengan menggunakan buah mahkota dewa. Penasaran, bagaimana caranya? Simak baik-baik caranya dibawah berikut ini.

Cara pengolahan buah mahkota dewa untuk melakukan Detoksifikasi :
  • Pertama-tama, siapkan beberapa biji buah mahkota dewa dan cuci sampai bersih.
  • Rebus buah mahkota dewa tersebut dengan 2 gelas air sampai mendidih dan  biarkan sampai airnya tersisa sekitar 1 gelas saja.
  • Dinginkan dan minum air rebusan buah mahkota dewa ini minimal semiggu sekali sebanyak 1 gelas sekali minum.
  • Selama melakukan pengobatan ini, racun yang mengendap dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urin, feses dan juga keringat.

2. Melawan Bakteri dan Perkembangannya dalam Tubuh

Kandungan zat alkaloid yang terdapat di dalam buah mahkota dewa diduga sangat berkhasiat untuk melawan serangan bakteru yang masuk ke dalam tubuh, sehingga membuat tubuh lebih tahan dan kebal terhadap serangan berbagai infeksi bakteri. Selain itu, berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang akibat dari infeksi bakteri pun bisa teratasi dengan minum ramuan obat yang terbuah dari buah mahkota dewa.

3. Sebagai Anti Virus Alami

Selain dapat berfungsi sebagai anti bakteri, kandungan alkaloid yang terdapat di dalam buah mahkota dewa juga sangat berkhasiat untuk menangkal infeksi virus. Sifat anti virus yang ada pada buah mahkota dewa ini dapat menangkal berbagai jenis virus yang dapat masuk dan menyerang organ dalam tubuh.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah mehkota dewa juga sangat berkhasiat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apabila sistem kekebalan tubuh meningkat, maka tubuh tidak akan mudah sakit dan terserang berbagai jenis penyakit. Kandungan zat yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yaitu zat saponin yang ada dalam buah mahkota dewa.

5. Meningkatkan Vitalitas Pria Dewasa

Manfaat lain dari mengkonsumsi buah mahkota dewa ini sangat baik untuk membantu mendongkrak vitalitas pria dewasa, karena di dalam buah mahkota dewa memiliki kandungan saponin yang cukup tinggi.

Cara mengolah ramuan tradisional untuk meningkatkan vitalitas, maka anda dapat membuat ramuan dengan merebus buah mahkota dewa yang sudah dikeringkan. Rebus beberapa biji buah mahkota dewa dengan dua gelas air dan rebus sampai airnya hanya tersisa satu gelas saja, lalu angkat dan dinginkan. Setelah itu, minum air rebusan buah mahkota dewa tersebut satu jam sebelum melakukan hubungan intim bersama dengan istri.

6. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Buah mahkota dewa juga dipercaya sangat ampuh untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga buah mahkota dewa ini sangat baik diberikan kepada mereka yang menderita penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan, di dalam buah mahkota dewa mengandung zat saponin yang berkhasiat untuk menurunkan dan sekaligus mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Berikut ini cara mengolah ramuan herbal dari buah mahkota dewa untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes, yaitu :
  • Siapkan 5 biji buah mahkota dewa, jemur hingga kering selama 1-2 hari.
  • Setelah itu, memarkan dan rebus dengan 3 gelas air dan biarkan sampai air rebusannya hanya tinggal tersisa 2 gelas saja.
  • Angkat dan biarkan hingga dingin, lalu minum air rebusan buah mehkota dewa tersebut pada pagi dan sore satu gelas sekali minum.

7. Memperlencar Sirkulasi Darah Dalam Tubuh

Minum air rebusan buah mahkota dewa juga sangat berkhasiat untuk membantu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh, karena di dalam buah mahkota dewa memiliki kandungan zat flavonoid yang tinggi.

Seperti yang kita tahu bahwa, jika peredaran darah dalam tubuh tidak berjalan dengan baik dan lancar, maka dapat beresiko terkena penyakit yang serius seperti hipertensi, kolesterol tinggi, penyakit jantung dan juga terserang stroke.

8. Meningkatkan Sistem Metabolisme dalam Tubuh

Proses metabolisme dalam tubuh adalah kerja tubuh yang berperan sangat penting dalam memelihara kesehatan tubuh, tubuh akan selalu fit jika proses dan kerja sistem metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik dan lancar. Namun jika kerja sistem metabolisme tubuh buruk, maka tubuh akan mengalami gangguan kesehatan dan salah satu gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh kerja sistem metabolisme tubuh yang buruk yaitu terjadi penurunan terhadap kognitif tubuh.

Untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh anda bisa minum ramuan herbal dari buah mahkota dewa, karena di dalam buah mahkota dewa mengandung zat flavonoiud yang sangat berperan penting dalam meningkatkan kerja dari sistem metabolisme tubuh.

9. Mencegah Peradangan

Kandungan zat flavonoid dalam buah mahkota dewa bersifat sebagai zat anti peradangan, dengan rutin minum air rebusan buah mahkota dewa ini tubuh akan lebih tahan terhadap serangan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh inflamasi.

10. Menghilangkan Rasa Sakit

Minum ramuan air rebusan buah mahkota dewa sangat efektif untuk membantu mengurangi rasa sakit yang sedang diderita oleh tubuh, karena buah mahkota dewa ini memiliki kandungan senyawa flavonoid yang sudah terkenal sebagai zat yang dapat meredakan rasa sakit.

11. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Selain bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, ternyata buah mahkota dewa juga sangat efektif untuk membantu menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam darah. Penyakit koleserol tinggi memang menjadi salah satu penyakit yang harus diwaspadai, karena jika dibiarkan saja dapat meningkatkan resiko terkena penyakit komplikasi yang sangat membahayakan kesehatan tubuh.

Cara untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, anda bisa minum ramuan atau air rebusan buah mahkota dewa, karena kandungan zat flavonoid yang ada di dalamnya mampu menurunkan dan sekaligus mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh agar tidak kembali mengalami kenaikan.

12. Mencegah Kanker

Di dalam buah mahkota dewa sangat terkenal akan kandungan zat antioksidan yang sangat tinggi, senyawa ini sangat berperan aktif dalam menangkal radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas sendiri merupakan zat yang dapat meningkatkan resiko pembentukan sel kanker dan mempercepat perkembangannya di dalam tubuh.

Maka dengan rutin minum ramuan atau air rebusan buah mahkota dewa secara rutin dan teratur dua kali seminggu pada pagi dan sore hari, maka tubuh akan terhindar dari resiko terkena penyakit kanker.

13. Mengobati Asam Urat

Kandungan zat flavanoid yang terdapat di dalam buah mahkota dewa sangat efektif untuk menurunkan kadar asam urat berlebih dalam tubuh, jika kadar asam urat ini diturunkan tentu penyakit asam urat akan berangsur-angsur sembuh dan rasa sakit saat bergerak pun tidak akan terasa lagi.

14. Mengobati Penyakit Disentri

Disentri adalah suatu jenis penyakit yang kemunculannya disebabkan oleh karena adanya kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan berkembang biak di dalamnya. Salah satu cara mengobati penyakit disentri yaitu bisa dilakukan dengan cara alami, yaitu dengan minum ramuan buah mahkota dewa secara rutin dan teratur setiap hari sampai penyakit disentri yang di derita sembuh.

Cara pengolahan ramuan obat disentri menggunakan buah mahkota dewa, yaitu :
  • Pertama-tama siapkan 5-6 biji buah mahkota dewa yang sudah dikeringkan terlebih dahulu selama beberapa hari.
  • Jangan lupa siapkan juga air putih bersih sebanyak 3 gelas, kemudian rebus buah mahkota dewa tersebut sampai mendidih dan airnya setengahnya saja.
  • Minum ramuan ini secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari sampai sembuh.

15. Mengobati Penyakit Hepatitis

Kemunculan dari penyakit hepatitis ini biasanya disebabkan oleh karena infeksi virus. Penyakit ini cukup serius, sehingga tidak boleh dibiarkan berlarut-larut tanpa dilakukan pengobatan, baik pengobatan medis ataupun tradisional. Namun jika kondisinya belum terlalu parah atau masih tahap gejala, segera obati dengan minum ramuan obat herbal dari mahkota dewa. Anda bisa membeli obat herbal buah mahkota dewa yang sudah jadi di apotik atau bisa juga membuatnya sendiri dirumah.

Jika ada ingin membuatnya sendiri, anda bisa ikuti caranya dibawah berikut ini :

Bahan :
  • Siapkan buah mahkota dewa yang sudah dikeringkan sebanyak 5 gram.
  • Siapkan juga pegagan sebanyak 15 gram.
  • Siapkan daun sambiloto kering sebanyak 10 gram.
  • Air bersih sebanyak 5 gelas.

Cara Pengolahannya :

Pertama-tama cuci sampai bersih semua bahan dengan air mengalir, lalu tiriskan. Setelah itu, rebus semua bahan dengan 5 gelas air sampai mendidih, biarkan airnya hingga tersisa sekitar 3 gelas saja. Setelah itu, angkat dan diamkan sampai cukup hangat untuk diminum. Minum air ramuan herbal tersebut secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari sampai sakit sembuh.

B. Efek Samping Pengobatan dengan Buah Mahkota Dewa

Berikut ini beberapa efek samping yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi buah mahkota dewa, diantaranya yaitu :
  • Konsumsi terlalu berlebihan dapat menimbulkan efek pusing, mengantuk dan juga sakit kepala yang cukup parah
  • Di dalam buah mahkota dewa mengandung zat beracun yang dapat menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam dosis yang berlebihan
  • Konsumsi buah mahkota dewa secara berlebihan juga dapat menyebabkan reaksi mengalami kejang-kejang dan juga mengalami kekurangan oksigen, sehingga orang yang mengkonsumsinya akan mudah pingsan.

Itulah informasi yang dapat kami bagikan kepada anda semua mengenai 15 Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Pengolahannya. Namun sebelum anda melakukan pengobatan dengan buah mahkota dewa ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini mengingat di dalam buah mahkota dewa juga mengandung beberapa kandungan zat racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh jika salah dalam mengkonsumsinya.

Semoga kita semua dapat memetik manfaat baik dari informasi yang telah kami sampaikan di atas. Terima kasih telah membaca artikel ini. Silahkan baca juga artikel lainnya di blog ini. Like juga halaman fb blog ini. Cukup sekian dan salam sehat.