17 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet

17 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet -- Khasiat dan Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet, Khasiat Nanas Untuk Wanita & Pria, Manfaat dan Bahaya (Efek Samping) Buah Nanas, Apa Saja Manfaat Dari Buah Nanas, Manfaat Nanas Madu, Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Nanas, Khasiat & Manfaat Buah Nanas untuk Pengobatan Penyakit.


Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet -- Apakah anda suka makan nanas? Sungguh beruntung jika anda suka makan nanas, karena ternyata buah nanas memiliki banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita. Meskipun terlihat biasa-biasa saja, ternyata buah nanas memiliki banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan tubuh serta dapat dimanfaatkan sebagai bahan dalam melakukan perawatan kecantikan secara alami.

Buah nanas sendiri dapat dikonsumsi secara langsung ataupun bisa diolah untuk dijadikan sebagai minuman jus. Rasa manis alami yang dihasilkan sehingga anda tidak perlu lagi untuk menambahkan gula tambahan ke dalam jus nanas yang telah anda buat, berbeda dengan jenis buah lainnya yang biasanya sering ditambahkan gula pada saat diolah menjadi jus.

Beragam Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Nanas

Buah nanas ini termasuk jenis buah yang sangat menyehatkan, karena di dalam buah ini memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam setiap 165 gram buah nanas mengandung Vitamin A sekitar 95.7 IU (2%), Aktivitas Retinol Setara 5.0 mcg, Beta karoten sekitar 57,8 mcg, Vitamin C sekitar 78. mg (131%), Vitamin K sekitar 1.2 mcg (1%), Thiamin sekitar,1 mg (9%), Riboflavin sekitar 0,1 mg (3%), Niasin sekitar 0,8 mg (4%), Vitamin B6 sekitar 0,2 mg (9%), Folat sekitar 29.7 mcg (7%), Karbohidrat sekitar 21.6g (7%), Serat Makanan sekitar 2.3g (9%), Gula sekitar 16.3g Makanan Folat sekitar 29.7 mcg, Aset Folat Setara sekitar 29.7 mcg, Asam pantotenat sekitar 0.4 mg (4%), Kolin sekitar 9.1 mg dan Betaine sekitar 0,2 mg.

Di dalam buah nanas juga mengandung berbagai jenis mineral penting yang sangat diperlukan oleh tubuh, seperi Kalsium sekitar 21.5 mg (2%), Zat Besi sekitar 0.5 mg (3%), Magnesium sekitar 19.8 mg (5%), Fosfor sekitar 13.2 mg (1%), Kalium sekitar 180 mg (5%), Sodium sekitar 1.7 mg (0%), Seng sekitar 0,2 mg (1%), Tembaga sekitar 0,2 mg (9%), Mangan sekitar 1.5 mg (76%), Selenium sekitar 0,2 mcg (0%) dan Protein sekitar 0.9 g (2%).

Selain itu, di dalam buah nanas juga mengandung berbagai kandungan zat penting yang bermanfaat untuk tubuh seperti Tryptophan sekitar 8.3 mg, Threonine sekitar 31.3 mg, Isoleusin sekitar 31.3 mg, Leusin sekitar 39,6 mg, Lisin sekitar 42.9 mg, Metionin sekitar 19.8 mg, Sistin sekitar 23.1 mg, Fenilalanin sekitar 34.7 mg, Tirosin sekitar 31.3 mg, Valin sekitar 39,6 mg, Arginine sekitar 31.3 mg, Histidin sekitar 16.5 mg, Alanine sekitar 54.5 mg, Asam aspartat sekitar 200 mg, Asam glutamat sekitar 130 mg, Glycine sekitar 39,6 mg, Proline sekitar 28.1 mg dan juga Serine sekitar 57,8 mg.

Berkat kandungan gizi dan nutrisi penting tersebut, maka tak heran jika dibalik rasanya yang manis (agak asam) dan menyegarkan, buah nanas ini memiliki segudang manfaat, baik untuk kesehatan, kecantikan, maupun untuk diet. Penasaran, apa saja manfaatnya? Mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet

A. Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat kita rasakan dengan rutin mengkonsumsi buah nanas secara rutin dan teratur untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Mencegah Penyakit Asma Kambuh

Sama hal nya dengan jenis buah-buahan lainnya seperti pepaya, mangga atau buah melon, ternyata buah nanas juga masih termasuk ke dalam keluarga labu-labuan dan wortel. Di dalam buah nanas ini mengandung beta karoten yang merupakan suatu zat yang sangat efektif untuk membantu mencegah penyakit asma kembali kambuh.

2. Mencegah Penyakit Kanker dan Menghentikan Perkembangannya

Di dalam buah nanas juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi, vitamin C sendiri berperan aktif sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang sering menjadi pemicu pembentukan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, di dalam buah nanas juga mengandung Bromelain yang bermanfaat untuk membantu menghentikan perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi anda yang memiliki mengidap penyakit darah tinggi atau hipertensi, maka cobalah untuk rutin mengkonsumsi buah nanas secara rutin dan teratur setiap hari. Hal ini dikarenakan, di dalam buah nanas mengandung zat kalium yang cukup tinggi, zat kalium inilah yang nantinya akan membantu menurunkan tekanan darah berlebih dalam tubuh anda.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah Berlebih pada Penderita Diabetes

Meskipun buah nanas memiliki rasa yang manis, akan tetapi rasa manis yang dihasilkan berasal dara kadar gula alami yang tidak berbahaya dan baik dikonsumsi oleh penderita penyaki diabetes melitus. Bagi ada yang menderita penyakit diabetes, maka rajin-rajinlah untuk mengkonsumsi buah nanas atau minum jus nanas setiap pagi dan sore hari. Karena dengan rutin mengkonsumsi buah nanas ini mampu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga kadar gula darah anda tetap stabil.

Sedangkan untuk takaran idealnya, sebaiknya kaum wanita yang menderita diebetes mengkonsumsi buah nanas sebanyak 21 sampai dengan 25 gram per hari, sementara untuk wanita sebaiknya mengkonsumsi buah nanas sebanyak 30 sampai dengan 38 gram per hari.

5. Meningkatkan Kesuburan Bagi Wanita

Manfaat buah nanas juga sangat baik untuk membantu meningkatkan kesuburan, ganggua kesuburan ini disebabkan oleh karena radikal bebas. Oleh karenanya, jika anda sedang mencoba merencanakan kehamilan sebaiknya rajin-rajinlah mengkonsumsi buah nanas. Hal ini dikarenakan, kandungan antioksidan yang terkandung di dalam buah nanas mampu menghalau serangan radikal bebas di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan zat lain yang ada dalam buah nanas seperti beta karoten, vitamin dan juga mineral penting dapat memabntu meningkatkan kesuburan pada reproduksi wanita, sehingga dapat mendukung keberhasilan program kehamilan yang sedang anda jalankan.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi atau minum jus buah nanas dipercaya dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung, karena di dalam buah nanas ini mengandung kalium dan juga potasium yang ampuh untuk menurunkan angka kematian akibat serangan penyakit jantung. Ada banyak sekali jenis makanan yang kaya akan kandungan kalium, salah satunya buah nanas. Maka dari itu, jagan ragu untuk mengkonsumsi buah nanas untuk menjaga kesehatan jantung kita.

7. Mengurangi Rasa Sakit

Kandungan Bromelain yang terdapat di dalam buah nanas diduga mampu mengurangi rasa sakit, mengurangi pembengkakan dan mempercepat proses penyembuhan. Oleh karena itu, apabila anda mengalami keseleo, luka pada otot ringan atau mengalami peradangan pada area persendian, sebaiknya sering-seringlah mengkonsumsi buah nanas dalam jumlah cukup secara rutin setiap hari.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Di dalam buah nanas mengandung vitamin A dan beta karoten yang sangat tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Berdasarkan dari studi yang dilakukan oleh para ahli menjelaskan bahwa kandungan vitamin tersebut sangat efektif untuk mencegah mata katarak dan mencegah gangguan mata seperti mata rabun. Selain itu, rutin mengkonsumsi buah nanas juga dipercaya mampu menurunkan resiko terkena penyakit degenerasi makula.

9. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah nanas memiliki kandungan serat dan kadar air yang tinggi, kedua kandungan tersebut dapat berperan penting dalam membantu mencegah mengalami sembelit dan juga sekaligus membantu menjaga kesehatan pada saluran pencernaan. Selain itu, buah nanas juga mengandung zat enzim bromealin yang jika dikonsumsi bersama dengan makanan lain akan sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya bergagai gangguan pada pencernaan seperti membantu mengurangi kembung, pencernaan protein dan berbagai gangguan pencernaan lainnya.

10. Membantu Mengatasi Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah suatu kondisi dimana terjadi gangguan kesehatan pada persendian dengan munculnya rasa nyeri pada sendi, rasa nyeri ini biasanya disebabkan oleh penurunan kualitas bantalan sendi tulang rawan yang terletak di bagian setiap ujung tulang yang terjadi secara bertahap.

Kondisi kesehatan tersebut biasanya sering menyerang sendi-sendi yang ada di bagian tangan, lutut dan juga tulang belakang. Disisi lain, buah nanas juga memiliki kandungan zat yang bersifat anti-inflamasi berkat adanya kandungan enzim bromealin yang sudah sangat dipercaya mampu mengatasi kondisi Osteoarthritis.

B. Manfaat Buah Nanas untuk Kecantikan

Selain baik untuk kesehatan tubuh, konsumsi buah nanas juga sangat baik untuk kecantikan. Namun untuk melakuakan perawatan kecantikan kulit tidak cukup hanya dengan mengkonsumsinya, tetapi juga bisa dioptimalkan dengan memanfaatkan buah nanas ini sebagai bahan alami untuk dijadikan sebagai masker wajah alami.

Berikut ini beberapa manfaat buah nanas untuk kecantikan dan cara perawatannya, yaitu :

1. Meremajakan Kulit dan Menjadikan Kulit Tampak Awet Muda

Siapa coba yang tidak mau mempunyai kulit yang cantik, sehat dan tampak awet muda. Anda semua tentu mengnginkannya, bukan? Dengan rutin mengkonsumsi jus buah nanas setiap hari dapat membantu proses peremajaan kulit dan membantu proses pembentukan kolagen dalam kulit, karena di dalam buah nanas ini sangat kaya akan kandungan vitamin C yang dapat menutrisi kulit.

Memenuhi asupan kolagen adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlihat awet muda, karena kandungan zat tersebut sangat diperlukan untuk memperbaiki tektur kulit, mengurangi kerutan dan mencegah terjadinya kerusakan kulit yang diakibatkan terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara lansung.

2. Menjaga Tingkat Elastisitas Kulit

Buah nanas dapat memberikan dukungan terhadap sintesis kolagan yang ada dalam tubuh, karena sintesis kolagen yang semakin tinggi dapat membuat kulit menjadi lebih elastis. Selain itu, kandungan nutrisi lain yang ada dalam buah nanas ini seperti kandungan asam amino dan juga beragam jenis vitamin dapat mempengaruhi sel-sel dan juga jaringan yang telah rusak agar segera diperbaiki.

Cara perawatannya yaitu dengan menghaluskan buah nanas secukupnya, lalu gunakan sebagai masker wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Sebaiknya perawatan ini dilakukan pada malam hari sebelum tidur, lakukan minimal 2 kali seminggu.

3. Memperbaiki Kulit Kaki

Buah nanas juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat scrub alami yang bermanfaat untuk mengatasi kulit kaki kering dan bersisik, kulit kaki kepalan dan mengembalikan kondisi kulit kaki agar kembali halus dan lembut. Selain itu, scrub buah nanas juga bermanfaat untuk menenangkan peradangan dan mengurangi pembengkakan pada telapak kaki yang dipicu oleh karena kulit kaki yang pecah-pecah.

Cara membuat scrub alami dari buah nanas cukup mudah, anda cukup menghaluskan buah nanas secukupnya dan tambahkan 1-2 sendok minyak zaitun. Setelah itu, balurkan pada telapak kaki yang kering dan pecah-pecah secara merata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bersihkan. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap malam, namun pastikan kaki dibersihkan terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan kulit ini dengan air hangat. Dengan rutin melakukan perawatan diatas, maka kulit kaki anda akan kembali halus dan lembut.

4. Melembabkan Kulit

Sama hal nya dengan kandungan vitamin yang ada dalam buah semangka dan mentimun, buah nanas juga dapat membantu mengatasi masalah kekurangan cairan pada tubuh dan kulit. Kulit yang kering akan terlihat kusam dan kurang menarik, sehingga dengan mengkonsumsi dan melakukan perawatan kulit dengan buah nanas dapat membantu menghidrasi kulit.

Caranya yaitu dengan mencampurkan 3 sendok makan buah nanas segar yang sebelumnya telah dihaluskan terlebih dahulu dengan blender, lalu tambahkan satu butir kuning telur dan sedikit susu bubuk. Aduk semua bahan hingga tercampur merata dan membentuk pasta atau krim. Setelah itu, oleskan krim tersebut secara merata pada kulit yang kering dan biarkan selama 15-30 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air hangat. Lakukan perawatan kulit ini secara rutin minimal 2 kali seminggu, lakukan pada malam hari sebelum tidur.

5. Mengembalikan Kesehatan Bibir

Buah nanas yang dikombinasikan dengan minyak zaitun dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi kulit bibir yang kering dan pecah-pecah. Nanas dan minyak zaitun dapat menutrisi kulit bibir dan melembabkan kembali kulit bibir yang kering dan pecah-pecah. Selain itu, perpaduan kedua bahan alami ini dapat bermanfaat dengan memberikan kilau alami pada kulit bibir anda, sehingga kulit bibir terlihat lebih sehat dan cantik.

6. Menghaluskan dan Memperkuat Kuku

Kekurangan asupan vitamin A tidak hanya dapat mempengaruhi penurunan kesehatan mata saja, tetapi juga dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh dan terasa kasar. Kondisi tersebut akan bertambah buruk apabila tubuh kurang mendapatkan asupan vitamin B, karena dapat membuat kuku menjadi mudah retak dan belah. Untuk mencegah dan mengatasi kondisi tersebut, anda tidak perlu mengkonsumsi multivitamin, cukup dengan rutin mengkonsumsi buah nanas dapat membantu menghaluskan dan memperkuat kembali kuku anda.

C. Manfaat Buah Nanas untuk Diet

Manfaat lain dari buah nanas ini ternyata sangat efektif untuk membantu mempercepat proses penurunan berat badan bagi mereka yang sedang menjalani program diet sehat, caranya yaitu dengan rutin minum jus nanas setiap hari, karena buah nanas memiliki kandungan vitamin A, C, tembaga, serat dan juga tiamin yang manfaatnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun salah satu kandungan zat yang banyak andil dalam membantu menurunkan berat badan yaitu enzim bromelain.

Kandungan enzim inilah yang dapat membantu proses pembakaran lemak berlebih di dalam tubuh, terutama di derah perut, pinggang dan pinggul.

Lalu, bagaimana cara kerjanya?

Enzim bromelain ini dapat membantu melancarkan proses pencernaan pada usus. Maka dengan rutin mengkonsumsi jus nanas setiap hari dapat membantu membakar lemak tubuh, karena kandungan enzim ini dapat bekerja sama dengan jenis enzim lainnya yang ada di bagia perut yaitu enzim lipase, enzim ini akan mencerna kadar lemak yang ada pada makanan yang kita makan.

Selain itu, kedua enzim ini dapat membantu menurunkan nafsu makan dan membantu sekresi lemak menjadi semakin optimal. Berkat kedua zat tersebut tumpukan lemak akan dapat dikeluarkan dari dalam tubuh, sehingga keinginan anda untuk memiliki perut ramping tanpa lemak pun sudah bukan impian lagi.

Bagaimana, banyak bukan manfaat dari buah nanas?

Demikian ulasan kami mengenai Beragam Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet. Semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk anda semua. Cukup sekian ulasan ini. Silahkan berbagi pada teman lainnya. Like juga halaman fb blog ini. Terima kasih dan salam sehat.