10 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

10 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya -- Khasiat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan, Efek Samping Daun Kumis Kucing, Khasiat Kumis Kucing dan Cara Pengolahannya, Cara Mengolah Daun Kumis Kucing, Cara Merebus Daun Kumis Kucing, Obat Herbal Kumis Kucing, Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Pengobatan Alami serta Kandungannya.


Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya -- Tanaman kumis kucing memang sudah sangat terkenal dan populer di kalangan masyarakat tidak hanya sebagai tanaman hias, tetapi juga sebagai tanaman obat yang sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Tanaman obat ini yang satu ini dikenal juga dengan nama latin Orthosipon stamineus. Disebut dengan nama kumis kucing dikarenakan pada bagian bunganya terdapat bagian yang hampir mirip dengan kumis kucing.

Untuk mendapatkan manfaat dari tanaman kumis kucing ini masyarakat dulu biasa mengolahnya dengan cara direbus, baik tanaman kumis kucing segar atau yang sudah dikeringkan. Setelah direbus, air rebusan ini diminum selagi hangat.

Bagian tanaman yang sering dijadikan obat oleh masyarakat yaitu bagian akar, batang, daun dan juga bunganya. Namun yang paling sering dimanfaatkan adalah daunnya.

Tanaman kumis kucing ini bisa dikembang biakan dengan mudah di mana saja, baik di halaman depan rumah atau di dalam pot bunga. Tanaman kumis kucing ini sudah sangat terkenal dari dulu hingga sekarang sebagai bahan dalam pembuatan obat tradisional, karena di dalam tanaman kumis kucing memiliki banyak kandungan zat dan senyawa yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk mengetahui kandungan zat dan senyawa apa saja yang ada di dalam tanaman kumis kucing, anda bisa lihat ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Kandungan Zat dan Senyawa Di Dalam Tanaman Kumis Kucing

Dibalik khasiatnya yang sangat luar biasa untuk pengobatan, ternyata di dalam tanaman kumis kucing ini memiliki banyak sekali kandungan zat dan senyawa penting yang terbukti sangat berkhasiat untuk mengatasi berbagai jenis penyaki dan masalah kesehatan. Beberapa kandungan senyawa yang terkandung di dalam tanaman kumis kucing terdiri dari alkaloid, myoinositol, flavonoid, minyak atsiri, zat samak, saponin dan orthosipon glikosida.

Tidak hanya itu, di dalam tanaman kumis kucing juga memiliki beberapa jenis kandungan mineral penting salah satunya mengandung kalium. Berbagai kandungan senyawa tersebut sangat berkhasiat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan dari berbagai jenis penyakit.

Berikut ini akan diulas manfaat dari tanaman kumis kucing, terutama sekali adalah manfaat daunnya. Untuk lebih jelasnya, langsung simak selengkapnya di bawah ini.

Beragam Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

A. Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat tanaman kumis kucing yang perlu anda ketahui untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Melancarkan Pengeluaran Air Kemih

Manfaat yang pertama dari daun kumis kucing ini yaitu dapat membantu melancarkan proses pengeluaran air kemih atau air seni. Seseorang yang mengalami masalah kesehatan sulit dalam mengeluarkan air seni, itu menandakan jika saluran kencingnya sedang mengalami infeksi.

Penyakit infeksi saluran kencing dapat terjadi pada saluran organ ginjal dan juga kandung kemih. Penyebab utama dari penyakit ini yaitu disebabkan oleh karena infeksi bakteri yang bernama escherishia coli, bakteri ini biasanya hidup dan berkembang biak di dalam saluran usus dan kotoran manusia.

Gejala infeksi saluran kencing, antara lain :
  • Muncul rasa sakit pada saat dan setelah buang air kecil.
  • Muncul rasa ingin buang air kecil, tetapi air seni tidak keluar.
  • Ketika buang air kecil, air seni berwarna pekat.
  • Sering mengalami sakit pinggang.
  • Jika sudah menginfeksi organ ginjal, biasanya penderitanya akan menderita demam dan menggigil.

Cara Penggunaan :
  • Ambil 25 gram daun kumis kucing segar atau yang sudah dikeringkan,
  • lalu rebus dengan 2 gelas air puih sampai airnya mendidih dan hanya tersisa 1 gelas saja.
  • Angkat dan saring airnya
  • Lalu minum air rebusan daun kumis kucing tersebut sebanyak setengah gelas secara rutin dan teratur 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

2. Mengobati Penyakit Rematik

Rematik yaitu salah satu jenis penyakit yang biasanya sering menyerang area persendian, otot dan juga urat. salah satu cara mengobati penyakit rematik secara alami bisa dilakukan dengan menggunakan daun kumis kucing, karena pada tanaman ini mengandung zat-zat yang efektif untuk meredakan rasa sakit, mengatasi peradangan dan juga menjaga persendian agar tetap berfungsi dengan baik.

Penyakit rematik sendiri sering disebabkan oleh beberapa faktor seperti, faktor keturunan, infeksi virus dan bisa juga disebabkan oleh karena adanya perubahan hormonal dalam tubuh.

Gejala yang biasanya di alami oleh mereka yang menderita penyaki rematik, yaitu seperti :
  • Terasa nyeri ketika menggerakan tubuh
  • Terjadi pelemahan otot
  • Terjadi peradangan dan pembengkakan di area persendian
  • Persendian terasa kaku
  • Mengalami kontraksi otot
  • Fungsi dari persendian mengalami gangguan
  • Muncul bunyi pada sendi saat digerakan
  • Sendi menjadi goyah
  • Perubahan postur tubuh
  • Muncul benjolan atau yang disebut dengan nodul

Cara mengobati penyakit rematik dengan daun kumis kucing, yaitu :
  • Pertama-tama siapkan daun kumis kucing sebanyak 5 lembar
  • Kemudian tambahkan daun meniran secukupnya dan rebus dengan 3 gelas air putih
  • Rebus bahan-bahan tersebut sampai mendidih dan biarkan sampai airnya hanya tersisa 2 gelas saja
  • Setelah itu, angkat dan dinginkan airnya
  • Minum air rebusan daun kumis kucing tersebut secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari sebanyak 1 gelas per hari sampai sembuh.

3. Meredakan Batuk

Manfaat daun kumis kucing juga ternyata berkhasiat untuk membantu meredakan batuk, beberapa jenis batuk yang efektif diobati dengan daun kumis kucing ini diantaranya yaitu seperti batuk pilek, batuk rejan, batuk asma, batuk kering, batuk berdahak dan juga bronchitis. Jenis-jenis batuk tersebu biasanya dapat menimbulkan gejala seperti gatal di tenggorokan dan terkadang juga sering disertai dengan demam dan sesak napas.

Dengan rutin minum air rebusan bunga dan daun kumis kucing, berbagai jenis penyakit tersebut bisa diatasi tanpa perlu mengkonsumsi obat-obatan kimia yang justru jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek samping.

Cara membuat obat batuk dengan daun kumis kucing, yaiu :
  • Siapkan 15 lembar daun dan bunga kumis kucing yang masih segar langsung dari tanamannya, lalu cuci sampai bersih dengan air mengalir.
  • Setelah itu, rebus bahan alami tersebut dengan 3 gelas air puih bersih sampai mendidih dan biarkan sampai airnya hanya tinggal tersisa 2 gelas saja.
  • Saring dan tuangkan airnya ke dalam gelas, tunggu hingga cukup hangat dan minum sebanyak 1 gelas secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari.

4. Mengatasi Masuk Angin

Bagi anda yang sering bekerja malam dan bepergian dengan menggunakan sepeda motor, mungkin anda sering mengalami terserang masuk angin. Masuk angin adalah kondisi dimana di dalam tubuh terdapat banyak gas yang berkumpul dan tidak teratur, sehingga sering menimbulkan gejala seperti pusing, mual, perut kembung, demam, panas dingin dan beberapa gejala masuk angin lainnya

Selain itu, masuk angin juga dapat disebabkan oleh karena tubuh yang terlalu mengalami kelelahan, kurang tidur, telat makan dan faktor cuaca ekstrem.

Untuk mengatasi tubuh yang mengalami masuk angin, anda bisa minum obat masuk angin yang dijual bebas di apotik-apotik terdekat, namun jika anda tidak sempat membelinya dan di belakang rumah anda ada tanaman kumis kucing, maka anda bisa memanfaatkan tanaman obat ini untuk mengatasi gejala masuk angin yang sedang anda alami.

Cara mengobati masuk angin dengan tanaman kumis kucing, yaitu :
  • Ambil daun dan bunga kumis kucing sebanyak 15 lembar, lalu cuci bersih dan rebus dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih.
  • Biarkan hingga air rebusan rebusannya tinggal tersisa 1 gelas saja, lalu saring airnya dan tuangkan ke dalam gelas.
  • Tunggu beberapa menit sampai air rebusan daun kumis kucing tersebut cukup hangat untuk di minum, minum secara rutin dan teratur setiap hari 2 kali sehari sebanyak 1 gelas setiap kali minum.

5. Mengobati Penyakit Asam Urat

Asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang sering menyerang persendian, hampir sama dengan penyakit rematik, hanya saja penyakit asam urat ini hanya menyerang bagian sendi tertentu saja seperti sendi pada jari tangan, pergelangan tangan, jari kaki, siku, dengkul dan juga tumit kaki.

Penyebab dari penyakit ini yaitu biasanya dikarenakan adanya penumpukan asam urat berlebih dalam tubuh, sehingga organ ginjal tidak mampu untuk mengeluarkan zat tersebut dari dalam tubuh. Jika kondisi ini dibiarka saja, maka dapat menyebabkan pengkristalan pada zat-zat asam urat tersebut yang kemudian dapat menyebabkan rasa nyeri, pembengkakan dan juga peradangan pada salah satu bagian sendi tubuh.

Cara mengobati penyakit asam urat dengan tanaman kumis kucing, yaitu :
  • Siapkan 10 lembar daun dan bunga kumis kucing segar langsung dari tanamannya, lalu cuci bersih.
  • Setelah itu, rebus dengan 1 gelas air putih sampai mendidih dan biarkan sampai airnya tinggal tersisa setengah gelas saja.
  • Minum air rebusan obat tradisional tersebut selagi hangat secara rutin dan teratur 3 kali sehari.

6. Ampuh Mengobati Penyakit Kencing Batu

Penyakit kencing batu atau yang lebih akrab dikenal dengan penyakit batu ginjal yaitu termasuk ke dalam salah satu jenis penyakit gangguan saluran kemih. Batu ginjal sendiri merupakan massa bertekstur keras seperti batu yang ada dalam saluran kemih, jika kondisi ini terjadi pada kita maka akan menimbulkan gejala seperti rasa nyeri, terjadi pendarahan, penyumbatan saluran kemih dan juga infeksi.

Gejala yang ditimbulkan akibat penyakit batu ginjal, yaitu :
  • Muncul rasa nyeri yang sangat hebat di area tulang rusuk, tulang pinggang, perut, kemaluan dan juga paha bagian dalam.
  • Sering mengalami mual dan muntah.
  • Mengalami perut kembung.
  • Menderita demam tinggi dan tubuh menggigil.
  • Keluar darah pada saat buang air kecil.

Untuk mencegah penyakit ini, sebaiknya perbanyak minum air putih dan hindari minum suplemen.

Cara mengobati penyakit batu ginjal dengan tanaman kumis kucing, yaitu :
  • Pertama-tama siapkan 90 gram daun kumis kucing beserta dengan bunganya, lalu cuci bersih dengan air mengalir.
  • Setelah itu, rebus dengan segelas air putih bersih sampai mendidih dan biarkan sampai airnya hanya tinggal tersisa setengah gelas saja.
  • Minum ramuan tradisional tersebut secara rutin dan teratur 3 kali sehari.

7. Mencegah dan Mengobati Penyakit Diabetes

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya jika tidak segera ditangani dengan baik dan rutin, sebab penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi dan menyebabkan resiko terkena penyakit hipertensi, penyakit jantung dan stroke. Penyebab dari penyakit diabetes sendiri dikarenakan terlalu tingginya kadar glukosa dalam darah, sehingga dapat membuat organ pankreas tidak mampu lagi untuk memproduksi hormon insulin yang berkualitas dan cukup sesuai kebutuhan tubuh.

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit diabetes sendiri cukup bervariasi, seperti :
  • Sering buang air kecil dalam jumlah yang banyak.
  • Sering merasa haus berlebih.
  • Terjadi penurunan berat badan secara drasitis, pada sebagia orang.
  • Tubuh terasa cepat lelah dan kurang berstamina.
  • Sering mengalami kesemutan.
  • Penurunan daya penglihatan.
  • Masih banyak lagi gejala lainnya, tergantung dari tingkat keparahannya.

Sebagai langkah pencegahan agar terhindar dari penyakit ini yatu perbanyak mengfkonsumsi makanan rendan lemak dan kalori, rutin dan teratuir berolahraga dan jaga berat badan agar tetap ideal.

Cara mengobati penyakit diabetes dengan daun kumis lucing

Berikut ini langkah-langkah dalam melakukan pengobatan pada penderita penyakit diabetes dengan menggunakan daun kumis kucing, caranya yaitu :
  • Siapkan 15 lembar daun kumis kucing, cuci sampai bersih dengan air mengalir.
  • Setelah itu rebus daun kumis kucing tersebut dengan 2 gelas air dan biarkan seperti biasa sampai airnya hanya tinggal tersisa 1 gelas saja.
  • Tunggu sebentar sampai airnya cukup hangat untuk diminum, lalu minum secara rutin dan teratur 3 kali sehari sebanyak 1 gelas sekali minum sampai habis.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Hipertensi adalah jenis penyakit yang lebih akrab dikenal masyarakat dengan sebutan penyakit darah tinggi, penyakit ini bisa muncul disebabkan oleh karena terjadi penyempitan pada pembuluh darah arteri. Dengan demikian, darah yang dimpompa oleh organ jantung akan tersendat, sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat dengan tajam. Jika kondisi ini dibiarkan saja, maka dapat meimbulkan komplikasi sepeti terkena penyakit jantung dan sroke.

Gejala penyakit hipertensi

Bagi seseorang yang terkena penyakit hipertensi, maka dapat muncul gejala-gejala seperti sakit kepala, mimisan, kulit menjadi kemerahan terutama pada kulit wajah, sering mengalami kelelahan meskipun tubuh jarang melakukan aktivitas berat.

Cara mengobati penyakit hipertensi, yaitu :
  • Ambil dan bersihkan 50 gram daun kumis kucing yang sudah dikeringkan terlebih dahulu dibawah panas matahari, kemudian rebus dengan air putih sebanyak 3 gelas.
  • Rebus sampai mendidih dan biarkan sampai airnya tersisa 2 gelas saja, tunggu sebentar sampai airnya hangat dan siap untuk di minum.
  • Minum ramuan herbal tersebut secara rutin dan teratur 3 kali sehari, 1 gelas sekali minum dan minum selagi hangat.

9. Mengobati Sakit pinggang

Manfaat tanaman kumis kucing juga sangat berkhasiat untuk mengobati sakit pinggang, sakit pinggang sendiri bisa terjadi akibat terlalu sering melakukan pekerjaan berat atau mengalami salah posisi pada saat mengangkat beban berat.

Cara mengobati sakit pinggang dengan tanaman kumis kucing bisa anda lakukan dengan rutin minum air rebusan daun kumis kucing 3 kali sehari.

10 Menghilangkan Gatal-Gatal Akibat Gigitan Serangga

Untuk mengobati gatal-gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga bisa anda lakukan dengan menggosok kulit yang terkena gigitan serangga menggunakan daun kumis kucing. Bahkan daun kumis kucing juga sangat efektif untuk mengobati luka iris atau terjatuh, karena di dalam daun kumis kucing mengandung zat antiseptik dan zat-zat lainnya yang terbukti efektif untuk menghilangkan gatal-gatal pada kulit.

Bagaimana, sangat banyak bukan manfaat tanaman kumis kucing ini?

Demikian ulasan yang dapat kami bahas pada kesempatan kali ini mengenai 10 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi kita semua. Dan bagi anda yang sedang sakit, semoga penyakitnya bisa lekas sembuh. Dan bagi anda yang sehat, teruslah jaga kesehatan anda dengan berolahraga dan mengkomsumsi makanan minuman sehat bergizi.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo bagian artikel ini pada teman lainnya yang membutuhkan. Like juga halaman fb blog ini. Cukup sekian dan salam sehat untuk semua.