24 Manfaat Pare untuk Kesehatan dan Kecantikan

24 Manfaat Pare untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat & Manfaat Sayur Pare untuk Kesehatan, Kecantikan Kulit, & Diet, Manfaat Pare untuk Kulit dan Kecantikan, Manfaat Pare Untuk Memutihkan Kulit, Manfaat Pare Untuk Diet - Untuk Darah Tinggi - Untuk Asam Urat - Untuk Wajah, Manfaat Jus Pare Mentah, Manfaat Buah Pare untuk Pria & Wanita, Efek Samping Pare.


Manfaat Pare untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Sayuran termasuk salah satu jenis makanan yang baik dan sehat untuk tubuh, karena di dalam sayuran mengandung serat dan berbagai jenis kandungan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran tidak hanya baik dikonsumsi oleh anak-anak saja, tetapi juga sangat baik dikonsumsi oleh orang dewasa.

Tubuh manusia sangat memerlukan konsumsi beragam jenis sayuran, terutama sayuran hijau agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang mengancam apabila kurang mendapatkan asupan sayuran dalam jumlah cukup setiap harinya.

Dari sekian banyak jenis sayuran, salah satu jenis sayuran yang sangat baik untuk dikonsumsi yaitu pare. Sayangnya, banyak orang yang tidak suka dengan sayuran ini terutama anak-anak. Hal ini dikarenakan, sayuran pare ini memiliki rasa yang pahit.

Namun tahukah anda, dibalik rasanya yang pahit ternyata pare atau yang lebih dikenal dengan paria ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan, karena di dalam sayur pare ini memiliki banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh manusia. Untuk anda yang ingin mengetahui lebih banyak manfaat pare, anda bisa simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Ragam Manfaat Pare untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi sayur pare untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Melegakan Saluran Pernapasan

Manfaat pare atau paria yang pertama yaitu bermanfaat untuk melegakan pernafasan, sehingga paria ini sangat baik dikosumsi oleh mereka yang menderita penyakit asma. Sesak nafas memang akan terasa sangat mengganggu dan meyebabkan kesulitan bernafas, dibalik rasa pahit pada paria ini sangat baik untuk melegakan pernafasan.

2. Mencegah Kehamilan

Tahukah anda, ternyata paria bisa kita manfaatkan sebagai KB alami. Sebab, rasa pahit pada paria ini dapat mengusir spermatozoid yang terdapat pada tubuh wanita. Maka bagi anda yang masih ingin menunda kehamilan namun dengan cara alami, anda bisa rutin mengkonsumsi pare sebagai solusinya.

3. Baik untuk Penderita Diabetes

Mungkin tidak semua orang tahu bahwa ternyata mengkonsumsi paria sangat baik untuk mereka yang menderita penyakit diabetes, rasa pahit pada paria menandakan tidak adanya kandungan gula pada sayuran ini. Hal ini dikarenakan, di dalam paria mengandung senyawa sulfonylurea yang banyak terkandung dalam obat diabetes. 

Selain itu, di dalam pare atau paria ini juga mengandung sterol glikosida yang sangat baik untuk penderita diabetes, sifat dari hipoglikemik yang terdapat pada paria ini terbukti efektif untuk mengobati penyakit diabetes.

4. Menambah Nafsu Makan

Meskipun paria memiliki rasa yang pahit, namun ternyata mengkonsumsi paria dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Hal ini dikarenakan, di dalam paria mengandung asam trichosanat dan momordicin yang baik untuk menambah nafsu makan dan mengoptimalkan kerja pencernaan. 

Dengan demikian, makanan yang kita konsumsi dapat tercerna dengan baik dan terserap nutrisinya secara optimal dalam tubuh. Maka dari itu, sayuran yang satu ini sangat baik diberikan kepada mereka yang baru sembuh dari sakit agar nafsu makannya kembali normal.

5. Mencegah Perkembangan Penyakit AIDS

Penyakit AIDS memang salah satu jenis penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi masyarakat, karena penyakit ini sangat berbahaya dan dapat menimbulkan efek mematikan bagi penderitanya. 

Selain itu, hingga saat ini masih belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya. Meski dalam dunia medis cukup sulit untuk mendapatkan obat untuk pasien penderita AIDS, namun setidaknya ada beberapa jenis makanan yang baik untuk membantu menghambat perkembangan penyakit AIDS agar tidak cepat menyebar. Di dalam sayur pare atau paria ini mengandung protein alpha-momocharin atau MAP 30, setelah diteliti kandungan nutrisi tersebut memiliki kemampuan menghambat perkembangan penyakit AIDS.

6. Baik Untuk Melancarkan Pencernaan

Pare atau paria adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan serat, sehingga sayuran ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh semua orang. Dengan rutin mengkonsumsi paria terbukti dapat membantu melancarkan pencernaan, karena kandungan serat pada paria dapat membantu lambubg dan juga usus untuk mencerna makanan dengan cepat dan baik.

Selain itu, manfaat rutin mengkonsumsi paria juga sangat baik untuk mencegah dan mengatasi berbagai gangguan pada pencernaan seperti sembelit, kesulitan buang air besar, diare dan berbagai gangguan kesehatan pencernaan lainnya.

7. Mencegah Kanker

Kanker juga termasuk salah satu jenis penyakit yang ditakuti olah banyak orang, karena penyakit kanker adalah jenis penyakit paling mematikan di dunia seperti penyakit jantung. namun jika tingkat keparahannya masih pada stadium awal, maka masih besar kemungkinan untuk bisa sembuh.

Salah satu makanan sehat yang baik untuk membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit kanker ini, anda bisa rutin mengkonsumsi paria. Kandungan zat yang terdapat pada paria sangat baik untuk menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh, sehingga disamping menjalani pengobatan media sebaiknya anda rutin mengkonsumsi paria untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

8. Membersihkan Darah Kotor

Manfaat pare atau paria selanjutnya yaitu diyakini bermanfaat untuk membersihkan darah kotor. Untuk membersihkan darah memang bukan cara yang mudah untuk dilakukan, terutama untuk para kaum pria yang tidak mengalami masa menstruasi seperti pada kaum wanita. Salah satu cara alami untuk membersihkan darah kotor yaitu bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi sayur paria.

9. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Bagi anda yang menderita penyakit kolesterol tinggi, disarankan agar anda rutin mengkonsumsi sayur pare. Sebab, kandungan zat dan nutrisi yang terkandung di dalam pare sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Selain itu, kandungan lemak yang ada pada paria sangat rendah, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh anda yang memiliki kolesterol tinggi.

10. Menyembuhkan Penyakit Bronkhitis

Sama hal nya dengan penyakit asma, bronkhitis juga termasuk jenis penyakit yang cukup mengkhawatirkan karena menyebabkan penderitanya mengalami sesak nafas. Salah satu cara mengobati bronkhitis secara alami, anda bisa mengkonsumsi sayur paria secara rutin dan teratur. Sebab, kandungan Albiminoid, karbohidrat dan juga zat lain yang terkandung di dalam paria sangat baik meredakan gejala brokhitis.

11. Mengobati Disentri

Disentri adalah jenis penyakit yang harus dihindari, terutama pada bayi dan anak-anak. Hal ini dikarenakan, seseorang yang menderita penyakit disentri dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan dan bahkan dehidrasi. Kandungan zat asam momordial yang terdapat pada sayur paria ini dapat dengan efektif untuk mengobati penyakit disentri.

12. Mengobati Penyakit Malaria

Penyakit malarian memang termasuk jenis penyakit berbahaya yang harus segera diobati, bahkan jika tidak segera mendapatkan penanganan medis bisa berakibat fatal dan bahkan berujung pada kematian.

Penyakit malaria sendiri satu tingkat lebih tinggi dari penyakit DBD, sehingga jangan anggap sepele jika anda atau salah satu anggota keluarga anda ada yang terjangkit penyakit malaria. Disamping mendapatkan pengobatan medis, anda bisa mengkonsumsi paria sebagai obat alami untuk mempercepat penyembuhan penyakit malaria ini.

13. Menyembuhkan Wasir

Wasir memang termasuk jenis penyakit yang umum diderita banyak orang, ketika menderita wasir dapat membuat aktivitas menjadi terganggu, terutama bagi anda yang sering beraktivitas dengan posisi duduk. Cara mengobati wasir memang tidaklah mudah, karena meskipun sudah tidak lagi menderita rasa sakit wasir sawaktu-waktu masih bisa kambuh. Jika kondisinya sudah sangat parah, maka harus segera dilakukan tindakan operasi untuk mengatasinya.

Namun jika masih para tahapan awal, anda bisa mengobati wasir dengan rutin mengkonsumsi paria, karena kandungan zat seperti asam momordial dan asam aleonolat pada paria dapat meredakan pembengkakan dan mengurangi rasa sakit yang diderita.

14. Memgobati Penyakit Kuning

Penyakit kuning biasanya sering diderita oleh bayi yang baru lahir, namun tidak menutup kemungkinan juga jika penyakit kuning menyerang anak-anak dan orang dewasa. Penyakit kuning ini biasanya disebabkan oleh karena tubuh kurang mendapat nutrisi dari sinar matahari pagi. Sesuai dengan namanya, gejala dari penyakit ini dapat ditandai dengan warna kulit berubah menjadi kekuning-kuningan, termasuk pada bagian bola mata.

Salah satu cara alami untuk mengatasi penyakit kuning ini, anda bisa rutin mengkonsumsi paria secara rutin setiap hari sampai penyakit kuning sembuh. Jika di alami oleh bayi, maka ibu hamil bisa mengkonsumi pare dan bayi anda akan mendapatkan manfaat pare ini dari ASI.

15. Menurunkan Berat Badan

Manfaat mengkonsumsi pare atau paria juga ternyata sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, kandungan kalori dan juga karbohidrat yang ada dalam sayur paria ini sangat baik untuk menghilangkan kadar lemak dalam tubuh. Maka dari itu, paria ini cocok untuk anda masukan ke dalam daftar menu diet harian anda.

16. Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Penyakit ginjal atau batu ginjal bisa diderita oleh siapa saja dan semua usia, namun orang paling banyak terkena penyakit ini yaitu orang dewasa dan orang tua. Batu ginjal termasuk salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya, karena organ ginjal sendiri berfungsi sebagai organ tubuh yang dapat membersihkan tubuh dan juga menyaring air seni yang ada dalam tubuh. 

Disamping melakukan pengobatan medis, untuk mempercepat proses penyembuhannya anda bisa rutin mengkonsumsi paria setiap hari, karena kandungan zat dan nutrisi pada paria diduga mampu menghancurkan batu ginjal dan mengeluarkannya melalui urine.

17. Mengatasi Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)

Mengkonsumsi paria ternyata efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh, sehingga mengkonsumsi paria sedikit dilarang oleh mereka yang menderita penyakit anemia. Meskipun di dalam paria mengandung vitamin B yang sangat baik untuk penderita anemia, tetapi sebenarnya paria ini tidak baik dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit anemia.

Di dalam paria memiliki kandungan zat rasa pahit yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan juga menurunkan tekanan darah, sehingga untuk anda yang menderita penyaikit darah tinggi disarankan untuk mengkonsumsi paria rebus

18. Mengobati Cacingan

Pare atau paria juga dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengobati cacingan, karena efek dari antihelmintik pada paria dapat membantu dalam membasmi nematoda yang dapat menjadi penyebab tubuh cacingan. Maka jika anak anda menderita cacingan, anda bisa memberikan mereka minum air rebusan paria sebanyak setengah gelas 2 kali sehari selama 3 hari.

19. Menurunkan Demam

Mengkonsumsi paria juga ternyata sangat berkhasiat untuk membantu menurunkan demam. Meskipun rasa dari sayuran ini sangat pahit, namun efek dingin dari sayuran ini sangat baik untuk membantu menurunkan suhu tubuh yang sedang terserang demam. Maka ketika anda atau anak anda sedang demam, maka paria dapat menjadi salah satu makanan yang sangat efektif untuk menurunkan demam.

20. Meluruhkan Dahak

Konsumsi paria juga ternyata sangat efektif untuk membantu meluruhkan dahak. Meskipun masih jarang orang yang mengetahui manfaat paria ini, tetapi di dalam paria memiliki kadar air yang cukup tinggi dan mengandung zat pahit yang sangat berkhasiat untuk membantu melegakan tenggorokan serta mengeluarkan dahak ketika sedang batuk.

21. Mengatasi Impotensi

Impotensi adalah salah satu jenis penyakit yang sangat ditakuti oleh para kaum pria dewasa, karena penyakit impotensi ini dapat mempengaruhi keharmonisan dalam rumah tangga. Maka dari itu, banyak para kaum pria yang lebih memilih mengkonsumsi obat kuat untuk mengatasinya. Namun tidak berlaku untuk anda yang lebih senang menerapkan pola hidup sehat, salah satu makanan sehat alami yang baik untuk mengatasi impotensi yaitu dengan mengkonsumsi sayur paria atau pare.

22. Mengatasi Panas Dalam

Manfaat paria atau pare berikutnya yang perlu anda ketahui yaitu dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi panas dalam, karena kandungan air dan sifat paria yang dingin dapat membantu mengatasi gejala panas dalam. Selain itu, cara mengatasi panas dalam dengan paria juga terbukti aman tanpa efek samping berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Itulah beberapa manfaat pare untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata sayuran hijau yanh satu ini juga sangat bermanfaat untuk merawat kecantikan dan mengatasi berbagai masalah kulit. untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

B. Manfaat Pare untuk Kecantikan Kulit

Berikut ini beberapa manfaat pare atau paria untuk kecantikan kulit, diantaranya yaitu :

1. Mencegah dan Mengatasi Penuaan Dini

Bagi anda yang merasa resah dengan kemunculan tanda-tanda penuaan dini, maka sebaiknya anda mengkonsumsu paria secara rutin. Hal ini dikarenakan, di dalam paria mengandung vitamin C dan nutrisi penting lainnya yang sangat baik untuk menutrisi kulit, sehingga kulit akan terhidar dari proses penuaan dini seperti kulit kering, kulit kusam, garis-garis halus, kerutan dan flek hitam.

2. Menghilangkan Jerawat

Kemunculan jerawat pada kulit wajah memang akan sangat mengganggu dan dapat membuat kita merasa kurang percaya diri. Selain itu, jerawat juga akan meninggalkan bekas berupa noda hitam yang biasanya akan lebih sulit untuk dihilangkan. Salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami yaitu bisa dilakukan dengan cara melakukan perawatan kulit wajah menggunakan masker paria.

Cara menghilangkan jerawat dengan paria sangatlah mudah, anda cukup menghaluskan paria dengan menggunakan parut. Setelah itu peras airnya, lalu gunakan air perasan tersebut untuk dioleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat. Diamkan kurang lebih selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan cara alami ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur sampai jerawat hilang.

3. Menyamarkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Cara diatas juga tidak hanya dapat menghilangkan jerawat, tetapi dengan rutin melakukan perawatan tersebut dapat membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Hal ini dikarenakan, di dalam paria mengandung zat pahit dan juga vitamin C yang sangat baik untuk menutrisi kulit dengan baik. Selain itu, rutin melakukan perawatan kulit wajah dengan masker paria dapat menjadikan kulit wajah terlihat lebih bersih dan cerah.

Setelah mengetahui berbagai manfaat pare untuk kesehatan dan kecantikan yang telah kami bahas dalam artikel diatas, maka anda tidak ragu untuk mengkonsumsi pare. Meskipun rasanya sangat pahit, namun dibalik itu semua ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan untuk tubuh kita. Mengenai rasa yang pait, maka bisa di atasi dengan pengelolaan yang benar agar berkurang pahitnya.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai 24 Manfaat Pare untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk anda semua. Cukup sekian dan salam sehat. Terima kasih.