22 Manfaat Tanaman Hias Bagi Lingkungan dan Kehidupan Manusia

22 Manfaat Tanaman Hias Bagi Lingkungan dan Kehidupan Manusia -- Manfaat Tanaman Hias Secara Umum, Manfaat Tanaman Hias dalam Ruangan, Manfaat Memelihara Tanaman Hias, Fungsi Tanaman Hias, Manfaat Tanaman Hias Bagi Kehidupan Manusia, Manfaat Tanaman Hias Bagi Kesehatan, Manfaat Tanaman Hias Bagi Kecantikan, Macam-macam Tanaman Hias dan Manfaatnya.


Manfaat Tanaman Hias Bagi Lingkungan dan Kehidupan Manusia -- Banyak orang yang senang merawat tanaman hias, namun sayangnya masih banyak orang yang belum tahu mengenai manfaat tanaman hias secara keseluruhan bagi kehidupan manusia.

Mungkin anda berpikitr jika tanaman hias hanya sebatas penghias halaman rumah saja, disamping itu tanaman hias juga dapat memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan, kecantikan dan lingkungan sekitar kita. Maka, jangan anggap remeh manfaat dari merawat tanaman hias ini.

Tanaman hias merupakan jenis tanaman yang termasuk ke dalam kelompok tanaman yang dapa berfungsi untuk mempercantik dan memperindah ruangan atau halaman rumah, setiap jenis tanaman hias memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada banyak sekali tanaman hias yang bisa anda rawat sesuai selera, karena setiap jenis tanaman hias memiliki bentuk, warna dan corak yang beragam dan terlihat sangat indah.

Bagi anda yang belum tahu banyak mengenai manfaat tanaman hias ini, akan kami bahas secara lengkap mengenai beragam manfaat tanaman hias ini baik untuk kesehatan, kecantikan dan juga lingkungan.

A. Manfaat Tanaman Hias secara Umum untuk Kesehatan dan Lingkungan

Berikut ini beberapa manfaat merawat tanaman hias untuk kesehatan dan juga lingkugan hidup yang lebih sehat, diantaranya yaitu :

1. Mengurangi Polusi Debu Di Dalam Ruangan

Apabila meletakan tanaman hias di dalam ruangan akan sangat bermanfaat untuk mengurangi polusi debu di dalam ruangan. Hal ini dikarenakan tanaman hias dapat menciptakan suhu udara yang lembab, kelembaban tersebut dapat mengurangi debu yang beterbangan di dalam ruangan. Selain itu, kelembaban juga dapat menyerap zat-zat polutan yang masuk ke dalam rumah.

2. Tidak Menyebabkan Kantuk

ketika meletakan bunga di dalam ruangan kerja di dalam rumah atau kantor, maka kita tidak akan mudah mengantuk. Hal ini dikarenakan, tanaman hias memiliki kadar karbondioksida atau CO2 yang cukup tinggi. manfaat dari meletakan tanaman hias di dalam ruangan tidak akan membuat kita mudah mengantuk, lelah dan lesu saat sedang bekerja.

dengan adanya tanaman hias di dalam ruangan dapat membantu proses penyerapan CO2 yang ada di dalam ruangan tersebut, karena dengan adanya tanaman hias ini dapat melakukan proses fotosintesis. Fotosintesis mampu menyerap zat karbondioksida dan menghilangkannya dari dalam ruangan, sehingga kita tidak akan mudah mengantuk.

3. Menyegarkan Udara di Dalam Ruangan

meletakan tanaman hias di dalam ruangan akan memberikan kesegaran, sehingga di dalam ruangan akan terasa lebih sejuk dan nyaman. Hal ini dikarenakan, tanaman hias akan melakukan proses fotosintesis, kemudian dia akan mengolah karbondioksida dan mengubahnya untuk menjadi oksigen.

Ruangan yang memiliki banyak oksigen akan terasa lebih segar dan sejuk dibandingkan dengan ruangan yang kurang mendapatkan asupan oksigan dan penuh dengan karbondioksida. Dengan demikian, ruangan di dalam rumah atau terasa lebih sejuk dan sehat untuk sistem pernapasan keluarga.

4. Meredakan Stres

Selain baik untuk menetralisir sirkulasi udara, manfaat tanaman hias juga sangat baik untuk meredakan stres. sebab, tanaman hias mempunyai corak, warna dan bentuk yang beragam serta terlihat indah sehingga sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, tanaman hias dapat menghasilkan oksigen yang banyak sehingga dapat menjadikan badan dan pikiran kembali segar. Makan dengan merawat tanaman hias di dalam rumah, pikiran stres pun akan hilang.

5. Mengatasi Migrain

Manfaat tanaman hias berikutnya yaitu dapat membantu meredakan sakit kepala aau migrain, salah satu dari penyebab seseorang terserang migrain yaitu karena tingginya kadar karbondioksida yang terhirup dan menyebabkan sakit kepala dan migrain. Fungsi dari tanaman hias dapat membantu menetralisir karbondioksida yang ada di dalam ruangan, sehingga jika kadar karbondioksidan menurun gejala sakit kepala dan migrain pun bisa hilang.

6. Mengobati Batuk

Batuk bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu disebabkan karena adanya reaksi tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan dan juga mengeluarkan dahak yang menempel pada tenggorokan.

Jenis tanaman hias yang efektif untuk menghilangkan batuk yaitu jenis tanaman hias Eucalyptus, dengan menghirup aroma dari tanaman hias ini dapat membantu melegakan saluran perapasan dan batuk pun akan hilang.

7. Meredakan Hidung Tersumbat

Manfaat dari tanaman hias berikutnya yaitu dapat mengatasi hidung tersumbat, hidung tersumbat sendiri disebabkan oleh karena tanda-tanda jika tubuh sedang terserang influenza. sama sepeti gejala batuk, menghirup aroma dari tanaman hias Eucalyptus ini akan membantu meredakan gejala influenza seperti hidung tersumbat.

8. Membunuh Bakteri

Selain dapat meredakan batuk dan hidung tersumbat, ternyata manfaat tanaman hias Eucalyptus juga sangat efektif untuk membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh, karena dengan menghirup aroma dari tanaman hias ini dapat berfungsi sebagai antiseptik alami yang ampuh membunuh bakteri. Maka, pada saat anda sedang pusing, batuk dan menderita gejala flu, anda bisa menghirup aroma dari bunga ini dan gejala tersebut sedikit-sedikit agar reda dan hilang.

9. Sebagai Aroma Terapi

Setiap jenis tanaman hias tertentu dapat berfungsi sebagai aroma terapi, karena aroma dari tanaman hias dapat memberikan sensai tenang dan memberikan sensasi segar pada tbuh. Banyak orang yang melakukan relaksasi dengan menggunakan aroma dari tanaman hias, salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai aroma terapi yaitu jenis tanaman hias lavender.

10. Obat Keluarga

Ada beberapa jenis tanaman obat yang sering dijadikan sebagai tanaman hias dipekarangan rumah dan berfungsi sebagai obat untuk keluarga. Beberapa jenis tanaman obat yang sering dijadikan sebagai tanaman hias yaitu seperti tanaman jahe, kunyit, lengkuas dan masih banyak lagi jenis tanaman hias lainnya yang bisa dijadikan sebagai tanaman obat untuk keluarga jika sewaktu-waktu diperlukan.

11. Meningkatkan Nafsu Makan

Jenis tanaman hias lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami yaitu kunyit, jenis tanaman ini bisa di manfaatkan untuk menambah nafsu makan bagi anak-anak. Rimpang kunyit yang ada pada tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masak untuk menyedapkan rasa masakan.

12. Memelihara Kesehatan Mata

Tanaman hias jenis mawar sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata dan menghilangkan mata panda. Mata panda merupakan keluhan yang sering dialami oleh mereka yang sering mengalami kelelahan dan kurang tidur, untuk menghilangkannya bisa dilakukan dengan melakukan perawatan dengan menggunakan air rendaman bunga mawar. Selain itu, air rendaman bunga mawar juga sangat efektif untuk membantu meredakan peradangan pada mata.

Caranya yaitu : Cukup teteskan air rendaman bunga mawar ini sebanyak 2-3 tetes, kemudian tutup mata selama 5 menit. Lakukan cara alami ini secara rutin setiap malam sebelum tidur, sehingga mata akan kembali segar dan sehat.

13. Meredakan Pembengkakan Pada Telapak Kaki

Tanaman hias yang bermanfaat untuk meredakan pembengkakan pada telapak kaki yaitu tanaman hias jenis bunga mawar, bagian yang digunakan untuk mengatasi pembengkakan yaitu dengan memanfaatkan air rebusan bunga mawar.

Caranya yaitu, rebus 1-2 kuntum bunga mawar segar dengan 600 ml air, lalu rendamkan kaki pada air rebusan bunga mawar tersebut selagi hangat selama beberapa menit sampai airnya dingin. Lakukan pengobatan ini secara rutin 2 kali sehari sampai pembengkakan pada telapak kaki kempes dan sembuh.

14. Menurunkan Tekanan Darah Dan Kolesterol Tinggi

Jenis tanaman hias bunga mawar juga sangat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol tinggi dalam tubuh. Cara untuk mendapatkan manfaat dari bunga mawar ini yaitu dengan rutin minum air rebusan bunga mawar, cara membuatnya cukup dengan merebus 1 kuntum bunga mawar segar dengan 2 gelas air, lalu rebus sampai mendidih dan biarkan sampai air rebusannya hanya tersisa 1 gelas saja. Minum air rebusan bunga mawar tersebut 2 kali sehari.

15. Melancarkan Sistem Pencernaan

Salah satu jenis tanaman hias yang berfungsi sebagai obat alami untuk melacarkan pencernaan yaitu tanaman lidah buaya. Jenis tanaman ini sangat efektif untuk mencegah dan mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada pencernaan seperti susah BAB, sembelit, konstipasi dan diare. Hal ini dikarenakan, di dalam tanaman ini mengandung jumlah serat yang sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

B. Manfaat Tanaman Hias Tertentu

Selain manfaat secara umum dari tanaman hias seperti yang dijelaskan di atas, berikut ada manfaat secara spesifik dari manfaat tanaman hias tertentu.

1. Manfaat Tanaman Hias Bunga Pagoda

Jenis tanaman hias pagoda memiliki bunga berwarna merah yang segar, ukuran dari bunganya kecil-kecil dan pada bagian batang tanamannya dipenuhi dengan rambut-rambut halus. Bunga pagoda sendiri memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

* Manfaat Akarnya

Akar dari tanaman hias ini dipercaya sangat bermanfaat untuk membantu meredakan peradangan, mengatasi pembengkakan, mencegah pembekuan darah dan menjadi peluruh dari air kemih. Selain itu, pada bagian akar tanaman hias yang satu ini juga sangat berkhasiat untuk mengobati beberapa jenis penyakit seperti rematik, asam urat, wasir, TBC, asma, batuk dan sakit pinggang.

* Manfaat Daunnya

Selain akar tanaman bunga pagoda, bagian daun dari tanaman hias ini juga dipercaya sangat efektif untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit seperti gatal-gatal, bisul, jerawat, koreng dan juga luka memar. Cara menggunakannya yaitu dengan menumbuk daun bunga pagoda dan kemudian menempelkannya pada bagian kulit yang terkena penyakit. Diamkan sampai kering, lalu basuh dengan air hangat.

* Manfaat Bunganya

Sedangkan untuk bagian bunganya, bunga pagoda dapat mengobati penyakit anemia, insomnia dan mengatasi keputihan.

2. Manfaat Tanaman Hias Jengger Ayam

Jenis tanaman hias yang bermanfaat untuk kesehatan lainnya yaitu tanaman jengger ayam, bentuk dan warna dari daun tanaman hias ini mirip dengan jengger ayam dan tanaman hias ini sering dijadikan sebagai tanaman hias outdoor. Ada banyak manfaat dari tanaman hias jengger ayam ini untuk kesehatan, di dalam tanaman hias ini memilki beberapa kandungan seperti lemak, amaranthin, kemfreritfin dan juga pinitol. beberapa kandungan tersebut membuat rasa dari daun tanaman ini memiliki rasa manis.

Selain rasanya manis, daun jengger ayam ini sangat berkhasiat untuk mencegah terjadinya peradangan, menghentikan pendarahan, mengatasi keputihan dan juga menjadikan penglihatan lebih jelas dan terang. Selain itu, daun jengger ayam ini bermanfaat untuk mengobati mimisan, muntah darah, wasir atau ambeien dan sariawan.

3. Manfaat Tanaman Hias Bunga Melati

Siapa saja pasti sudah kenal dengan bunga melati. Jenis tanaman hias bunga melati ini memiliki aroma yang harum dan warna yang cantik, sehingga jenis tanaman hias ini sangat diminati oleh banyak orang untuk merawatnya. Selain memiliki warna yang cantik, ternyata bunga melati memiliki banyak khasiatnya untuk kesehatan.

Di dalam bunga melati memiliki beberapa kandungan zat dan senyawa kimia yang sangat berkhasiat seperti asam benzoat, asam format, asam salicylat, asam asetat dan beberapa jenis senyawa kimia lainnya. Dengan adanya kandungan zat tersebut membuat bunga melati memiliki rasa manis, pedas dan juga mengandung racun. Banyak masyarakat yang memanfaatkan bunga melati ini untuk mengatasi peradangan pada mata, mengatasi sengatan lebah atau serangga dan juga meredakan sesak napas.

Kemudian di bagian daun dari tanaman hias bunga melati ini juga bermanfaat untuk membantu menghentikan produksi ASI yang berlebihan. Sedangkan bagian akar tanaman hias ini sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat ramuan obat tradisional untuk mengatasi insomnia.

4. Manfaat Tanaman Hias Kembang Sore

Kembang sore merupakan jenis tanaman yang tergolong unik, karena pada tanaman ini bunganya hanya akan mekar pada saat sore hari saja. Selain memiliki aroma yang wangi dan warna yang cantik, ternyata bunga kembang sore memiliki banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan.

Manfaat Bunga Kembang Sore Untuk Kesehatan, diantaranya yaitu :
  • Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak
  • Mengobati cacingan pada anak
  • Mengobati penyakit rematik dan asam urat
  • Mengobati penyakit kencing batu
  • Mengobati penyakit TBC tingkat ringan
  • Mengatasi peradangan pada telinga
  • Mengobati bisul
  • Mengobati ambeien atau wasir

Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat dari bunga kembang sore ini yaitu biasanya masyarakat merebus akar tanaman dan bunga kembang sore ini untuk diminum airnya.

B. Manfaat Tanaman Hias untuk Kecantikan

Selain baik untuk kesehatan dan lingkungan hidup, tetapi ada juga beberapa jenis tanaman hias yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat tanaman hias untuk kecantikan, diantaranya yaitu :

1. Menghilangkan Jerawat

Salah satu jenis tanaman hias yang sering dijadikan sebagai bahan untuk merawat kecantikan kulit yaitu bunga mawar, bunga ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Hal ini dikarenakan, kandungan zat yang ada di dalam bunga mawar sangat efektif untuk membasmi bakteri dan kuman penyebab jerawat.

Selain dapat menghilangkan jerawat, rutin melakukan perawatan tersebut juga dapat bermafaat untuk menghilangkan flek dan noda hitam bekas jerawat pada kulit wajah.

Cara menghilangkan jerawat dengan bunga mawar yaitu cukup dengan rutin membersihkan kulit wajah yang berjerawat dengan air rebusan bunga mawar dalam kondisi hangat.

2. Melembabkan Kulit

Manfaat meletakan tanamam hias di dalam rumah dapat membuat ruangan di rumah anda menjadi lembab dan sejuk, manfaatnya tidak hanya pada udara saja yang menjadi lebih bersih dan bebas polusi tetapi juga bermanfaat untuk melembabkan kulit. Salah satu jenis tanaman hias yang mampu menurunkan suhu di dalam ruangan yaitu jenis tanaman hias bunga mawar.

Selain itu, cara melembabkan kulit dengan tanama hias lainnya yaitu bisa dengan memanfaatkan air rebusan bunga mawar. Hal ini dikarenakan, manfaat air mawar dapat menjaga agar tingkat keasaman kulit tetap seimbang.

3. Menjaga Kesehatan Rambut

Air rebusan bunga mawar juga bisa anda manfaatkan sebagai bahan alami untuk merawat kesehatan rambut, karena air mawat ini efektif untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan rambut seperti rambut rontok, rambut kering, bercabang, patah-patah dan berbagai masalah pada rambut lainnya.

Caranya cukup dengan rutin membilas rambut dan kulit kepala dengan air rebusan bunga mawar yang sudah didinginkan secara rutin minimal seminggu sekali.

Itulah 22 Manfaat Tanaman Hias Bagi Lingkungan dan Kehidupan Manusia. Setelah mengetahui banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dengan memelihara tanaman hias, ayo siapkan tanaman hias di rumah anda. Demikian informasi ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.