17 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Efek Sampingnya

17 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan, dan Kecantikan -- Khasiat dan Manfaat Buah Nangka untuk Perawatan Kulit Wajah, Khasiat dan Manfaat Buah Nangka bagi Kulit Wajah & Tubuh, Manfaat Buah Nangka untuk Diet - untuk Ibu Hamil - untuk Pria - untuk Wanita, Manfaat Buah Nangka Muda, Khasiat & Manfaat Buah Nangka, Kandungan Buah Nangka, Efek Samping Buah Nangka.


Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan, dan Kecantikan -- Pada topik pembahasan kita kali ini akan mengulas tentang khasiat dan manfaat buah nangka. Pastinya anda semua sudah sangat mengenal jenis buah yang mempunyai aroma khas ini, bukan?

Buah nangka adalah jenis buah yang berukuran besar, memiliki kulit buah berwarna hijau dan dipenuhi dengan duri-duri kecil (yang tidak tajam) di seluruh kulit buahnya. Rasa buah ini sangat manis dan menyegarkan, sehingga buah ini sangat cocok dijadikan jus, manisan dan juga campuran dalam es buah.

Selain memiliki rasa yang lezat dan nikmat, buah nangka juga sering dijadikan olahan masakan dan bahkan di Yogyakarta dijadikan menu masakan khas yang dikenal dengan sebutan Gudeg Jogja. Di Indonesia sangat mudah menemukan buah ini, karena pohon buah nangka dapat tumbuh dengan subur di daerah yang memiliki kondisi iklim tropis.

Buah nangka sendiri dapat kita jadikan sebagai sumber gizi dan protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena jenis gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam buah nangka cukup lengkap dan sangat baik untuk tubuh.

Beragam Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Nangka

Berikut ini beberapa kandungan gizi / nutrisi yang terkandung di tiap 165 gram buah nangka, diantaranya yaitu :
  • Vitamin A sekitar 182 IU
  • Vitamin C sekitar 23 mg
  • Vitamin B6 sekitar 543 mcg
  • Total lemak sekitar 1.1 gram
  • Omega 3 sekitar 130 mg
  • Kalori sekitar 155 kalori
  • Protein sekitar 2,8 gram
  • Air sekitar 121 gram
  • Riboflavin sekitar 91 mcg
  • Omega 6 sekitar 25 mg
  • Magnesium sekitar 48 mg
  • Tiamin sekitar 173 mcg
  • Asam Folat sekitar 40 mcg
  • Fosfor sekitar 35 mg
  • Niacin sekitar 1,5 mg
  • Sodium sekitar 3.3 mg
  • Zinc sekitar 215 mcg
  • Selenium sekitar 0.99 mcg
  • Kalsium sekitar 40 mg
  • Tembaga sekitar 125 mcg
  • Zat besi sekitar 380 mcg
  • Kalium sekitar 739 mg
  • Mangan sekitar 71 mcg

Itulah beragam kandungan gizi dan nutrisi penting yang terkandung didalam buah nangka per 165 gram. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah nangka dalam jumlah cukup setiap harinya. Penasaran, apa saja manfaatnya? Simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat buah nangka dengan rutin mengkonsumsinya untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang sangat ditakuti oleh setiap orang, karena penyakit ini dianggap sebagai jenis penyakit yang sangat mematikan jika tidak segera diobati dengan baik dan cepat.

Di dalam buah nangka terdapat kandungan senyawa yang bernama fitonutrien, jenis senyawa tersebut terdiri dari saponin, soflafon dan juga lignin yang diduga sangat berkhasiat untuk menangkal pembentukan sel kanker di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, dengan rutin mengkonsumsi buah nangka dapat melindungi tubuh dari berbagai faktor pemicu penyakit kanker yang akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

2. Mencegah Penyakit Anemia

Anemia adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh karena tubuh mengalami kekurangan sel darah merah yang dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan letih. Mengkonsumsi buah nangka ini sangat dipercaya dapat membantu mencegah penyakit anemia, karena di dalam buah ini mengandung mineral penting yang mampu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh yang bernama zat besi. Buah nangka mengandung zat besi dalam jumlah yang cukup tinggi, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah nangka dapat membantu mencegah penyakit anemia.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah nangka memiliki sifat anti ulkus yang dapat membantu menjaga saluran pencernaan tetap lancar dan dapat bekerja dengan baik dalam mencerna makanan. Selain itu, buah nangka juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang dapat membantu usus besar untuk mengikat sisa makanan dan kemudian membuangnya dari dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi buah nangka secara rutin setiap hari, maka sistem pencernaan akan lebih sehat dan lancar.

4. Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Bagi sebagian masyarakat umum banyak yang beranggapan jika buah nangka sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil, karena dianggap dapat membahayakan janin dan bahkan buah nangka ini sering dianggap sebagai salah satu makanan yang menyebabkan keguguran.

Namun sebenarnya, anggapan tersebut terlalu berlebihan karena kandungan yang terdapat dalam buah nangka ini sedikit banyaknya berlaku juga bagi kesehatan ibu hamil. Tidak hanya untuk kesehatan ibu saja, tetapi juga bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan.

Berikut ini beberapa alasan kenapa buah nangka juga bermanfaat untuk ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan, yaitu :
  1. Mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat untuk mendukung perkembangan organ penglihatan pada janin.
  2. Mengandung kalsium dan magnesium yang sangat bermanfaat untuk membantu proses pembentukan tulang janin dan memperkuat tulang tubuh ibu hamil.
  3. Mengandung zat besi yang cukup tinggi, zat besi ini sangat baik untuk mencegah ibu hamil mengalami anemia.

Selain itu, sebenarnya masih banyak lagi manfaat buah nangka untuk ibu hamil. Anggapan jika buah nangka berbahaya bagi ibu hamil tidaklah sepenuhnya benar, asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

5. Menguatkan dan Menyehatkan Tulang

Kandungan lain yang ada dalam buah nangka yaitu mengandung kalsium dan magnesium, kedua kandungan tersebut sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Itulah kenapa dengan rutin mengkonsumsi buah ini sangat bermanfaat untuk orang-orang yang sudah berumur dan juga anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan untuk memaksimalkan pertumbuhan tulangnya. Selain itu, manfaat buah nangka juga sangat baik untuk mereka yang suka melakukan pekerjaan berat.

6. Menyehatkan Mata

Vitamin A yang terkandung di dalam buah nangka juga sangat berkhasiat untuk membantu menjaga kesehatan mata, sehingga dapat membuat daya penglihatan mata semakin jelas dan jernih. Maka bagi anda yang suka bekerja seharian di depan laptop, sebaiknya anda rutin mengkonsumsi buah nangka ini agar kesehatan mata anda senantiasa terjaga dan dapat mencegah berbagai gangguan mata seperti mata rabun, katarak dan juga degenerasi makula.

7. Menjaga Metabolisme Tubuh

Buah nangka juga mengandung tembaga yang berkhasiat untuk menjaga dan sekaligus meningkatkan kerja sistem metabolisme tubuh, sehingga ketika sistem metabolisme tubuh kita menjadi seimbang tentunya dapat membuat tubuh lebih sehat. Sistem metabolisme tubuh yang baik dan seimbang, maka dapat membuat hormon dalam tubuh kita juga ikut seimbang dan dapat membantu memaksimalkan proses penyerapan makanan. Manfaat mengkonsumsi buah nangka ini dapat menjadikan tubuh tetap sehat dan bugar.

8. Sumber Energi Bagi Tubuh

Kandungan fruktosa atau zat gula alami yang terkandung di dalam buah nangka sangat baik dan diperlukan oleh tubuh, karena kandungan gula alami yang ada dalam buah nangka ini dapat diolah untuk dijadikan sebagai sumber energi bagi tubuh. Selain mengandung fruktosa, buah nangka juga mengandung zat sukrosa yang khasiatnya hampir sama dengan zat fruktosa. Maka dari itu, jangan pernah menyepelekan khasiat buah nangka ini apalagi bagi anda yang mempunyai aktivitas cukup padat.

9. Mencegah Penyakit Jantung

Sama hal nya dengan penyakit kanker, penyakit jantung juga termasuk jenis penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang. Bahkan berdasarkan dari hasil riset membuktikan bahwa penyakit jantung adalah jenis penyakit pembunuh nomor 1 di dunia, karena penyakit jantung sering datang tanpa disadari dan menyerang secara tiba-tiba.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk senantiasa menjaga kesehatan jantung agar dapat terhindar dari resiko terkena penyakit jantung. Salah satu cara mencegah penyakit jantung yaitu dengan mengkonsumsi buah nangka, karena buah nangka mengandung kalium yang sangat baik untuk menjaga organ jantung agar tetap sehat dan dapat berfungsi dengan optimal.

10. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain mampu mencegah penyakit jantung, ternyata kandungan kalium yang terdapat pada buah nangka juga sangat baik untuk mengontrol dan sekaligus menurunkan tekanan darah yang terlampau tinggi dalam tubuh. Maka bagi anda yang menderita penyakit darah tinggi atau hipertensi, sebaiknya jadikan buah nangka ini sebagai menu makanan sehat harian anda.

B. Manfaat Buah Nangka untuk Kecantikan Kulit

Disamping bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata buah nangka juga terbukti bermanfaat untuk melakukan perawatan kecantikan kulit. Sehingga bagi para kaum wanita yang senang memanjakan kulit, maka anda wajib menyimak informasi yang kami bahas dibawah berikut ini.

1. Mencegah Kulit Keriput

Ladies, tahukah anda ternyata buah nangka juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk melakukan perawatan pada kulit wajah agar tidak mudah keriput. Untuk mencegah kulit keriput, maka anda bisa melakukan perawatan dengan mengolah buah nangka untuk dijadikan sebagai bahan membuat masker kulit.

Caranya cukup menghaluskan buah nangka yang telah matang secukupnya, lalu gunakan sebagai masker secara rutin dan teratur setiap malam selama 4 minggu. Minimal dalam 4 minggu anda sudah bisa melihat hasilnya, kulit wajah akan terlihat lebih segar dan kencang.

2. Mencegah Munculnya Jerawat

Apakah saat ini anda sedang merasa stres akibat jerawat yang terus bermunculan dan tidak kunjung hilang? Jika anda sudah mencoba berbagai jenis obat jerawat dan belum ada hasilnya, maka hentikan pemakaian obat kimia dan beralihlah dengan melakukan perawatan secara alami menggunakan masker buah nangka.

Di dalam buah nangka mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan juga mengandung zat yang berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat. Dengan rutin melakukan perawatan dengan masker buah nangka ini, maka secara bertahap jerawat akan hilang dan kulit wajah pun akan terlihat lebih bersih.

3. Mengatasi Kulit Berminyak

Selain dapat menghilangkan jerawat, melakukan perawatan dengan menggunakan masker nangka ini juga sangat bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Seperti yang kita tahu bahwa, salah satu penyebab dari munculnya jerawat yaitu dikarenakan produksi minyak berlebih. Maka dengan melakukan perawatan wajah berminyak dengan masker nangka ini, selain dapat mengatasi kulit berminyak juga dapat mencegah munculnya jerawat.

4. Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit Wajah Kusam

Perawatan menggunakan masker buah nangka ini juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam, karena kandungan vitamin C yang terkandung di dalam buah nangka dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan juga meregenerasi sel kulit. Maka dengan rutin melakukan perawatan menggunakan masker alami ini, kulit wajah anda akan terlihat lebih cerah dan halus. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu.

5. Menyamarkan Flek dan Noda Hitam

Disamping bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam, melakukan perawatan dengan menggunakan masker alami yang terbuat dari buah nangka ini bermanfaat untuk menyamarkan flek dan noda hitam pada kulit wajah.

6. Melembabkan Kulit Wajah

Buah nangka memiliki kandungan vitamin E yang sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban alami pada kulit wajah, dengan rutin melakukan perawatan dengan masker alami ini maka kulit wajah anda akan terasa lebih lembab dan lembut. Untuk mencegah kulit kering, lakukan perawatan ini minimal 1 minggu sekali, namun untuk mengatasi kulit kering dan kasar sebaiknya lakukan perawatan alami ini 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil optimal.

7. Meringankan Pigmentasi Kulit

Manfaat lain dari buah nangka untuk kecantikan kulit juga bisa kita manfaatkan untuk membantu meringankan masalah pigmentasi kulit dan warna asli dari kulit kita, karena masalah kulit yang sering kali muncul dan dialami oleh para kaum wanita yaitu munculnya pigmentasi di sekitar mulut dan dagu.

Untuk mengatasinya, anda cukup mengoleskan masker buah nangka ini secara rutin pada area disekitar mulut dan lakukan pemijatan lembut selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

C. Efek Samping Terlalu Banyak Mengkonsumsi Buah Nangka

Meskipun buah nangka memiliki segudang manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan, justru akan berbalik menjadi bumerang apabila kita tidak bijak dalam memanfaatkannya, apalagi bagi ibu hamil. Berikut ini akan kami informasikan kepada anda semua beberapa efek samping yang mungkin bisa terjadi ketika mengkonsumsi buah nangka secara berlebihan, diantaranya yaitu :
  1. Konsumsi buah nangka secara berlebihan dapat memicu reaksi alergi terhadap tubuh, meskipun kasus ini hanya dialami oleh sebagian orang saja. Selain itu, memang sebagian orang ada yang mempunyai riwayat alergi terhadap buah nangka ini.
  2. Konsumsi buah nangka juga dapat memicu peningkatan koagulasi pada mereka yang menderita penyakit kelainan darah. Maka dari itu, buah nangka ini cukup berbahaya dan beresiko bagi mereka yang terdiagnosa memiliki penyakit kelainan darah.
  3. Buah nangka juga harus dihindari bagi mereka yang menderita penyakit diabetes, karena kadar gula yang terdapat di dalam buah nangka dapat merubah tingkat toleransi terhadap glukosa yang ada dalam darah.
  4. Mengkonsumsi buah nangka terlalu banyak dapat menyebabkan perut kembung dan begah.
  5. Konsumsi buah nangka secara berlebihan pada ibu hamil dapat meningkatkan suhu di dalam kandungan, sehingga dapat menyebabkan terjadinya kontraksi dini. Kondisi ini dapat menyebabkan bayi lahir prematur dan bahkan keguguran, sehingga harus diwaspadai. Jikapun anda tetap memaksa ingin mengkonsumsi buah nangka, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan.
  6. Konsumsi buah nangka terlalu banyak juga dapat menyebabkan seseorang mengalami diare.

Itulah pembahasan kita kali ini mengenai Beragam Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Efek Sampingnya.Semoga para pembaca sekalian dapat memperoleh manfaat dari pembahasan kita kali ini. Untuk memiliki tubuh sehat dan kulit yang sehat, tidak cukup hanya mengandalkan buah nangka saja, pola makan dan gaya hidup sehat juga sangat berpengaruh besar dalam hal ini.

Demikian pembahasan kali ini, semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Jangan lupa untuk Like halaman fb blog ini. Cukup sekian, terima kasih, dan salam sehat. Please share to your friends