38 Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil

38 Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil -- Khasiat dan Manfaat Jambu Air Untuk Janin dan Ibu Hamil Muda & Tua, Manfaat Jambu Air untuk Kecantikan Kulit Wajah Alami, Manfaat dan Khasiat Jambu Air untuk Kesehatan, Manfaat Jambu Air Hijau - Jambu Air Merah - Jambu Air Putih, Efek Samping Jambu Air, Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Jambu Air.


Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil -- Jambu air merupakan jenis tanaman yang termasuk dalam keluarga myrtaceae, jambu air banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Buah jambu air memiliki kadar air yang sangat tinggi, sehingga selain enak buah ini juga sangat cocok untuk melepaskan dahaga.

Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Jambu Air

Selain itu, buah jambu air juga mengandung nutrisi yang lengkap dan sangat baik untuk tubuh. Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat di dalam jambu air diantaranya yaitu seperti vitamin A, vitamin C, serat, karbohidrat, asam sitrat, kalsium, magnesium, zat besi, potassium, zinc, thiamin, riboflavin dan masih banyak lagi kandungan nutrisi penting lainnya yang ada dalam buah jambu air ini.

Selain memiliki rasa manis dan menyegarkan saat dikonsumsi, jika dilihat dari kandungannya buah ini sangat baik dikonsumsi karena dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan, kecantikan dan juga ibu hamil.

Beragam Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil

A. Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah jambu air untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Mencegah Dehidrasi

Sesuai dengan namanya, buah jambu air ini memiliki kadar air yang sangat tinggi sama hal nya dengan buah semangka, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk membantu mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Selain itu, mengkonsumsi buah jambu air juga dapat membantu mengembalikan stamina tubuh yang hilang setelah lelah melakukan aktivitas seharian. Dengan mengkonsumsi jambu air ini, maka tubuh akan kembali segar dan berstamina, sehingga siap untuk kembali melakukan aktivitas denga normal.

2. Meningkatkan Kesuburan Pria

Masalah kesuburan tidak hanya dialami oleh kaum wanita saja, tetap juga bisa di alami oleh kaum pria. Maka dari itu, bagi pasangan yang masih belum diberikan keturunan tidak semata-mata masalahnya ada pada kaum wanita saja, tetapi juga bisa jadi ada pada kesuburan pria.

Maka salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan pada kaum pria, anda bisa mengkonsumsi buah jambu air secara rutin dan dalam jumlah cukup. Sebab, kandungan vitamin C yang terkandung di dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pada kaum pria yang berperan penting sebagai zat antioksidan, sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas sperma.

3. Menyehatkan Mata

Manfaat jambu air juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, sehingga buah ini sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang sering menghabiskan waktu bekerja di depan layar komputer, menonton televisi, bermain game dan aktivitas lainnya. Sebab, di dalam buah ini mengandung vitamin A yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan mata.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan mineral dan serat alami yang terkandung di dalam jambu air sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga manfaat mengkonsumsi buah jambu air ini dapat membantu mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan yang dapat menyerang pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar, diare dan juga disentri.

5. Mengatasi Pembengkakan

Tidak hanya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, tetapi mengkonsumsi buah jambu air juga sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi pada tubuh seperti tangan, kaki dan bagian tubuh lainnya. Hal ini dikarenakan, kandungan nutrisi yang ada dalam buah ini dapat memberikan efek tenang dan nyaman pada kulit, sehingga dapat membantu mengurangi pembengkakan.

6. Mencegah Infeksi Kulit

Di dalam jambu air juga mengandung senyawa yang bersifat sebagai anti mikroba dan juga anti inflamasi, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya infeksi dan juga alergi pada kulit yang disebabkan oleh beberapa faktor eksternal seperti di lingkungan.

7. Mencegah Osteoporosis

Manfaat mengkonsumsi jambu air berikutnya yaitu dapat membantu mengatasi masalah inflamasi pada persendian. Karena di dalam buah ini mengandung kalsium dan mineral penting lauinnya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan memperkuat tulang, sehingga dapat terhindar dari resiko terkena penyakit tulang seperti osteoporosis yang disebabkan oleh faktor usia yang terus menua.

8. Mengobati Penyakit Sore Eyes

Sore eyes adalah salah satu penyakit mata yang dapat terjadi disekitar mata akibat dari adanya cedera ringan, penyakit ini dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi buah jambu air karena di dalam buah ini mengandung vitamin A dan nutrisi penting lainnya yang bersifat anti inflamasi.

9. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli membuktikan bahwa dengan rutin mengkonsumsi buah jambu air dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif pada manusia, karena di dalam buah ini memiliki kandungan vitamin B kompleks dalam jumlah yang cukup tinggi dan dapat diserap oleh tubuh untuk menutrisi jaringan saraf, otak dan juga tulang belakang.

10. Menjaga Kesehatan Organ Hati dan Ginjal

Fungsi organ hati dan ginjal memang sangat penting dan vital bagi tubuh manusia, karena organ tubuh tersebut dapat bekerja untuk membersihkan zat-zat sisa yang bersifat racun dalam tubuh. Bebagai zat racun tersebut nantinya akan dikeluarkan dan dibersihkan pada saat proses sekresi sedang berlangsung. Maka dari itu, penting sekali untuk kita senantiasa menjaga kesehatan organ hati dan ginjal agar dapat berfungsi dengan optimal.

Salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan organ hati dan ginjal yaitu dengan mengkonsumsi buah jambu air, karena kadar air dari jambu air ini mampu membersihkan organ hati dan ginjal dari tumpukan zat-zat sisa yang bersifat racun.

11. Mencegah Penyakit Cacar

Manfaat jambu air juga sangat baik dikonsumsi untuk membantu mencegah dan sekaligus mengobati penyakit cacar, sehingga bagi anda atau anggota keluarga anda ada yang terkena penyakit cacar air untuk segera diberikan buah jambu air secara rutin setiap hari sampai sembuh. Kadar air yang tinggi dapat membuat suhu tubuh kembali normal dan mempercepat proses penyembuhan pada penyakit cacar.

12. Mencegah Kambuhnya Penyakit Epilepsi

Berdasarkan dari hasil penelitian membuktkan bahwa mengkonsumsi buah jambu air dapat membantu mencegah kambuhnya penyakit epilepsi, sebab di dalam buah ini mengandung beragam mineral penting yangb sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh pasien penderita epilepsi seperti mangan dan magnesium.

13. Mencegah Kanker Payudara

Manfaat buah jambu air juga ternyata sangat efektif untuk membantu mencegah kanker payudara, karena di dalam buah ini mengandung zat antioksidan dan nutrisi penting lainnya yang berkhasiat untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab utama dari pembentukan dan perkembangan sel kanker dalam tubuh, termasuk kanker payudara.

14. Menurunkan Kolesterol

Buah jambu air juga terbukti efektif dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah, karena di dalam buah ini memiliki kandungan vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi dan rendah lemak. Kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga dapat mencegah munculnya berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam darah seperti penyakit jantung dan juga stroke.

15. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terkandung di dalam buah jambu air ini juga ternyata sangat efektif untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dengan rutin mengkonsumsi jambu air tubuh akan lebih tahan terhadap serangan penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman, virus dan juga bakteri seperti demam, batuk, pilek dan juga influenza.

16. Mencegah Anemia

Manfaat berikutnya dari buah jambu air ini yaitu dapat membantu mencegah dan mengatasi penyakit anemia, karena di dalam buah ini mengandung zat besi yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Maka bagi anda yang ingin terhindar atau ingin sembuh dari penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah ini, sebaiknya mulai sekarang anda rutin mengkonsumsi atau mium jus buah jambu air setiap hari.

B. Manfaat Buah Jambu Air untuk Kecantikan Kulit

Buah jambu air ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit. Berikut ini beberapa manfaat jambu air untuk kecantikan kulit, diantaranya yaitu :

1. Meremajakan Kulit

Selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh, mengkonsumsi jambu air juga sangat bermanfaat untuk membantu proses peremajaan kulit dari dalam. Hal ini dikarenakan, di dalam jambu air mengandung vitamin C yang dapat menjadikan kulit tampak lebih sehat dan awet muda.

2. Menghambat Penuaan Dini

Vitamin C yang terkandung di dalam jambu air dapat berperan penting sebagai antioksidan yang dapat membantu menghambat proses penuaan dini pada kulit, sehingga rutin mengkonsumsi jambu air dapat membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kulit kusam, keriput dan munculnya garis-garis halus pada kulit. selain itu, sebaiknya anda juga melakukan perawatan secara rutin dan teratur dengan mengguakan masker wajah alami yang terbuat dari jambu air.

Caranya yaitu, siapkan buah jambu air secukupnya dan haluskan dengan blender. Setelah itu, gunakan masker wajah alami tersebut secara merata pada kulit wajah pada malam hari sebelum tidur. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur 2 kali seminggu.

3. Meregenerasi Kulit

Mengkonsumsi buah jambu air dapat membantu mengoptimalkan proses regenerasi sel kulit, karena di dalam jambu air mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting yang sangat baik untuk menutrisi kulit serta  mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit.

4. Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah jambu air juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit, terutama kulit wajah secara alami. Selain dilakukan dengan cara dikonsumsi langsung buahnya, agar mendapatkan hasil lebih cepat dan optimal sebaiknya anda melakukan perawatan kulit wajah dengan menggunakan masker jambu air.

Caranya yaitu, anda cukup menghaluskan buah jambu air secukupnya dengan mengguakan blender tanpa tambahan air. Setelah itu, gunakan jus jambu air tersebut sebagai masker wajah dengan mengoleskannya secara merata pada permukaan kulit wajah anda. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas hingga bersih. Sebelum melakukan perawatan alami ini, sebaiknya bersihkan kulit wajah anda dengan air hangat agar hasilnya lebih cepat dan optimal dalam mencerahkan kulit wajah.

5. Menghilangkan Jerawat

Selain dapat mencerahkan kulit wajah, cara alami diatas juga dapat bermanfaat untuk membantu menghilangkan jerawat. Sebab, di dalam buah ini mengandung vitamin C dan juga nutrisi penting lainnya yang bersifat antibakterial yang sangat ampuh untuk membasmi kuman dan bakteri penyebab jerawat. Dengan rutin melakukan perawatan menggunakan masker jambu air setiap malam, maka jerawat akan berkurang dan berangsur-angsur hilang.

6. Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Meskipun jerawat sudah hilang, bukan berarti masalah sudah selesai. Sebab, biasanya jerawat akan hilang dengan meninggalkan bekas berupa noda hitam dan bopeng.

Cara mengatasinya, teruskan perawatan dengan menggunakan masker buah jambu air diatas sampai noda hitam bekas jerawat memudar dan hilang. Disamping itu, jangan lupa anda tetap rutin minum jus buah jambu air ini untuk membantu melakukan perawatan kulit dari dalam.

7. Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Penggunaan masker wajah alami yang terbuat dari jambu air ini juga terbukti efektif untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Kulit wajah yang berminyak menjadi penyebab utama dari munculnya masalah kulit seperti jerawat, komedo dan kulit kusam.

Untuk mengatasinya, disampaing anda rutin mengkonsumsi buah jambur air juga disarankan untuk rutin melakukan perawatan kulit berminyak dengan menggunakan masker jambu air secara rutin 2-3 kali seminggu.

C. Manfaat Jambu Air untuk Ibu Hamil

Tahukah anda, ternyata buah jambu air juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan, di dalam jambu air mengandung nutrisi penting yang sangat baik dan dibutuhkan oleh ibu hamil. Untuk mengetahui apa saja manfaatnya, anda bisa simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

1. Bermanfaat untuk membantu mencukupi asupan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata ibu hamil dan janin.

2. Mencegah ibu hamil mengalami dehidrasi.

3. Membantu melancarkan sistem pencernaan pada ibu hamil, sehingga dapat melancarkan BAB dan mengurangi sembelit yang biasanya sering di alami oleh ibu hamil.

4. Membantu meningkatkan pembentukan dan perkembangan otak janin dalam kandungan, karena di dalam buah ini mengandung asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6 yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin.

5. Mengandung vitamin C yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat mencegah ibu hamil terserang penyakit.

6. Meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

7. Menjaga kesehatan pembuluh darah kapiler.

8. Membantu melancarkan peredaran darah dan mencegah tekanan darah tinggi.

9. Mencegah konstipasi pada ibu hamil.

10. Mencega ibu hamil menderita diare.

11. Menjaga stamina tubuh ibu hamil agar tidak mudah lelah dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

12. Mencegah anemia pada ibu hamil, karena di dalam jambu air mengandung zat besi yang cukup tinggi.

13. Mengurangi pembengkakan pada tangan dan kaki yang biasa di alami oleh ibu hamil.

14. Mengobati sakit kepala.

15. Mengurangi mual dan muntah.

Dilihat dari ulasan di atas, ada banyak sekali manfaat jambu air untuk kesehatan tubuh, kecantikan, dan juga ibu hamil, bahkan ibu hamil yang rutin mengkonsumsi jambu air dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan sekaligus membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih fresh.

Bagaimana, sangat melimpah bukan manfaat jambu air ini?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 38 Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil. Semoga dengan anda membaca artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia kesehatan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kita semua. Cukup sekian, terima kasih, dan salah sehat. Like anda share.