28 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

28 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat dan Manfaat Teh Hijau Bagi Kecantikan dan Kesehatan, Kandungan Zat Gizi pada Teh Hijau, Khasiat dan Manfaat Green Tea untuk Kecantikan Kulit, Efek Samping Teh Hijau, Khasiat & Manfaat Teh Hijau untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak, Manfaat Alami Teh Hijau Untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Rambut.


Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Minum teh hangat sudah menjadi kebiasaan di Jepang. Namun tidak hanya di Jepang saja, saat ini masyarakat di Indonesia juga sudah banyak mulai sering membiasakan untuk minum teh hangan di pagi hari sebelum melakukan aktivitas atau pada saat berkumpul bersama keluarga.

Saat ini jenis teh sendiri terdiri dari banyak jenis, ada teh hijau, teh hitam, teh melati dan beberapa jenis teh lainnya. Pada setiap jenis teh memikiki cita rasa dan aroma yang berbeda-beda, salah satu jenis teh yang cukup diminati yaitu teh hijau.

Selain memiliki cita rasa yang nikmat dari aroma yang harum, ternyata di dalam teh juga mengadung berbagai kandungan nutrisi dan zat yang sangat baik untuk tubuh. Maka tak heran jika teh memiliki banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan.

Kandungan Zat Dalam Teh Hijau

Teh hijau atau yang lebih populer dengan nama green tea ini sudah sangat terkenal akan khasiatnya, baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan. Hal ini dikarenakan, di dalam teh hijau mengandung sejumlah kandugan zat dan nutrisi yang lengkap, diantaranya seperti polifenol, fluoride, vitamin C, vitamin K, L-teanin, katekin, kafein dan masih banyak lagi kandungan gizi dan nutrisi penting lainnya yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Beragam Manfaat Tanaman Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat teh hijau yang perlu anda ketahui bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Mencegah Radikal Bebas

Semua jenis teh menympan kandungan antioksidan, senyawa antioksidan tersebut dihasilkan dari kandungan vitamin dan juga kandungan utama dalam teh hijau yaitu katekin. Senyawa antioksidan dapat berperan dalam melawan serangan radikal bebas berbahaya yang masuk ke dalam tubuh, sehingga tubuh dapat terhindar dari serangan penyakit.

2. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Hampir sama dengan kandungan yang terdapat dalam kopi, kandungan kafein yang ada dalam teh memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Hanya saja, kandungan kafein yang terdapat dalam kopi sering kali menyebabkan sakit pada lambung atau menyebabkan sakit maag, kafein yang terkandung di dalam teh justru bermanfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan.

3. Membantu Meningkatkan Pembakaran Lemak

Anda tidak perlu takut minum teh hijau pada saat kondisi perut kosong, karena kandungan kafein yang terkandung dalam teh hijau justru akan bekerja secara optimal pada saat kondisi perut sedang kosong. Kafein merupakan kandungan yang berperan penting dalam membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh, sehingga teh hijau ini sangat cocok untuk di minum oleh anda yang sedang menjalani program diet.

4. Menyegarkan Tubuh

Selain baik untuk membantu menurunkan berat badan, minum teh hijau hangat setiap pagi dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar. Maka dari itu, sebelum melakukan aktivitas dipagi hari disarankan untuk minum secangkir teh hijau hanga agar tubuh menjadi lebih segar dan bugar. 

Selain itu, di dalam teh hijau juga mengandung mangan yang bermanfaat untuk mengurai kadar gula berlebih dan mengubahnya menjadi sumber energi. Maka selain dapat menyegarkan tubuh, minum teh hijau hangat secara rutin dan teratur setiap pagi sebelum beraktivitas dapat membuat tubuh lebih berenergi.

5. Mencegah Kanker

Kandungan katekin dan juga polifenol pada teh hijau dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat dengan efektif menangkal serangan radikal bebas. Selain itu, kandungan senyawa polifenol juga dapat bermanfaat untuk mencegah proses pembentukan sel kanker dan juga menghentikan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

6. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Manfaat teh hijau juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, karena di dalam teh hijau mengandung zat dan nutrisi penting yang efektif untuk menekan produksi kadar kolesterol jahat dan sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Peningkatan kadar kolesterol berlebih dalam darah akan meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Maka bagi ada yang menderita penyakit kolesterol tinggi, anda bisa rutin minum teh hijau hangat setiap pagi dan malam sebelum tidur.

7. Mencegah Kerusakan DNA

Kandungan senyawa polifenol yang terkandung di dalam teh hijau dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan DNA. Selain itu, hal ini juga ada kaitannya dengan kemampuan polifenol dalam menangkal serangan radikal bebas hidroksil dan juga OH.

8. Mencegah Karies Pada Gigi

Karies pada gigi akan berkembang dan dapat menyebabkan kerusakan pada gigi apabila tidak segera diatas, salah satu cara mengatasi karies pada gigi bisa kita lakukan dengan rutin minum teh hijau. Hal ini dikarenakan, di dalam teh hijau mengandung fluride yang mana fluride tersebut sangat baik untuk mmelihara kesehatan gigi termasuk mencegah karies gigi.

9. Mencegah Peradangan Pada Gusi

Selain dapat mencegah karies pada gigi, flouride juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gusi. Itulah kenapa pada setiap pasta gigi memiliki kandungan fluoride, namun tidak selalu fluoride tersebut baik untuk gigi tetapi juga baik untuk memelihara kesehatan mulut secara keseluruhan. Maka dari itu, rutin minum teh hijau sangat baik untuk menjaga gigi, gusi dan mulut serta dapat mencegah peradangan pada gusi.

10. Mengendalikan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Penyebab seseorang terkena penyakit diabetes yaitu disebabkan oleh karena terjadinya peningkatan kadar gula darah berlebih dalam tubuh, jika ingin terhindar dari penyakit diabetes kadar gula darah dalam tubuh harus stabil.

Salah satu cara mengendalikan kadar gula darah agar tetap stabil yaitu dapat dilakukan dengan minum teh hijau secara rutin. Maka dari itu, bagi anda yang menderita penyakit diabetes atau kencing manis, teh hijau ini dapat menjadi salah satu obat alami yang sangat baik untuk penderita penyakit diabetes melitus.

11. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Pada daun teh hijau mengandung sejumlah mineral penting yang dapat berperan penting untuk membantu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh, sehingga fungsi berbagai organ tubuh dapat tetap bekerja dengan baik dan normal.

12. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat teh hijau untuk kesehatan berikutnya yang penting untuk anda ketahui yaitu dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan, di dalam daun teh hijau mengandung kalium yang sangat efektif untuk melancarkan peredaran darah.

Penyakit hipertensi sendiri disebabkan oleh karena terjadinya penyempitan pada pembuluh darah arteri. Maka, dengan rutin minum teh hijau secara teratur setiap hari peredarah darah akan menjadi lancar dan tekanan darah pun akan berangsur-angsur turun.

13. Meningkatkan Daya Ingat

Seiring bertambahnya usia, maka fungsi dan kinerja otak akan mulai mengalami penurunan dan dapat mempengaruhi kemampuan dalam mengingat. Namun jika tubuh selalu terpenuhi asupan gizi dan nutrisi yang seimbang, maka fungsi dan kerja otak akan dapat terjaga dan terhindar dari resiko terkena penyakit alzheimer dan mencegah kepikunan. Hal ini disebabkan oleh karena di dalam teh hijau mengandung zat bernama l teaning yang dapat membantu meningkatkan fungsi dan daya ingat otak.

14. Mencegah Stres Berlebih

Masih berkaitan dengan otak, stres sering kali menimpa banyak orang akibat dari beban pikiran yang terlalu berat, sehingga menyebabkan seseorang mengalami stres. Selain dengan mengkonsumsi cokelat, ternyata minum teh hijau hangat juga efektif untuk mengurangi stres. Hal ini dikarenakan, kandungan l teanin dalam teh hijau bermanfaat untuk membantu memberikan efek relaksasi dan mengurangi stres yang sedang dialami.

15. Baik Untuk Tulang

Tulang merupakan salah satu bagian anggota tubuh yang memiliki peranan sangan penting dan utama dalam tubuh. Maka dari itu, sebaiknya kita selalu menjaga kesehatan tulang dari sekarang agar tulang dapat terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis.

Untuk memelihara kesehatan tulang, kita bisa minum teh hijau hangat secara rutin dan teratur. Hal ini dikarenakan, di dalam daun teh hijau mengandung vitamin K yang sangat baik untuk memelihara kesehatan tulang dan juga memperkuat tulang.

16. Mengoptimalkan Kerja Sistem Syaraf

Syaraf adalah salah satu bagian penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menggerakan seluruh anggota tubuh kita, karena ketika sistem syaraf tidak dapat bekerja dengan baik dalam menerima dan juga menyampaikan pesan yang berasal dari otak ke berbagai organ tubuh, maka organ dan juga anggota tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

Untuk membantu mengembalikan fungsi dan kerja dari sistem syaraf, maka tubuh membutuhkan asupan zat dan juga nutrisi penting yang baik untuk otak. Untuk mendapatkan sumber gizi dan nutrisi yang baik untuk otak, salah satu caranya yaitu dengan rutin dan teratur minum air teh hijau hangat setiap hari.

17. Menjaga Elektrolit Dalam Tubuh Agar Tetap Seimbang

Di dalam teh hijau mengandung mineral penting yang sangat baik untuk tubuh, salah satunya yaitu mengandung natrium. Mineral natrium ini bermanfaat untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, natrium dapat bekerja untuk menjaga tubuh agar tidak mengalami kekurangan elektrolit. Sebab, jika tubuh mengalami kekurangan elektrolit dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, sehingga tubuh mudah lemas, cepat lelah dan kurang bersemangat.

18. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang stabil dapat mencegah tubuh agar tidak mudah sakit dan terserang penyakit. Dalam prosesnya sistem kekebalan pada tubuh sangat membutuhkan asupan mineral seperti seng, karena mineral seng ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah sakit dan terhindar dari penyakit.

19. Mencegah Dan Mengobati Masuk Angin

Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau memiliki kadar yang sangat tinggi, tidak haya baik untuk menangkal radikal bebas saja, tetapi juga sangat efektif untuk mencegah dan mengobati masuk angin. Meskipun masuk angin sering dianggap sebagai penyakit ringan, tetapi jika tidak segera di obati akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

20. Memelihara Kesehatan Jantung

Berdasarkan dari hasil penelitian menjelaskan bahwa kandungan kalium yang ada dalam daun teh hijau ini sangat baik diminum secara rutin dan teratur setiap hari untuk menjaga organ jantung tetap sehat.

Hal ini dikarenakan, kandunga kalium dana daun teh hijau ini sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kedua penyakit tersebut sering menjadi pemicu dari penyakit jantung. Maka dengan rutin minum teh hangat, organ jantung dalam tubuh kita akan senantiasa terjaga dan bekerja dengan optimal.

21. Menjaga Kesehatan Sendi

Dari hasil penelitian juga menunjukan jika kandungan zat yang terkandung di dalam daun teh hijau sangat baik untuk menurunkan kadar asam urat dan mencegah munculnya penyakit rematik, karena dengan rutin minum teh hijau secara rutin dan teratur dapat menghentikan molekul yang dapat menjadi penyebab rematik dan juga penyakit asam urat. Untuk menjaga kesehatan sendi agar terhindar dari penyakit rematik dan asam urat, maka teh hijau bisa menjadi solusinya.

22. Mengatasi Insomnia

Dengan rutin minum teh hijau setiap sebelum tidur dapat membantu agar tubuh menjadi lebih rileks, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Kandungan katekin yang ada dalam daun teh hijau mampu membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, sehingga dapat mencegah gangguan insomnia yang menyebabkan sulit tidur.

23. Memelihara Kesehatan Mata

Manfaat teh hijau juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, karena di dalam teh hijau mengandung vitamin A yang berperan sebagai betakaroten. Kandungan yang ada dalam daun teh tersebut sangat baik untuk memelihara kesehatan mata, sehingga dapat membuat mata tetap sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan mata.

24. Meringankan Gejala Flu

Minum teh hijau hangat juga efektif untuk membantu meringankan gejala flu seperti batuk, pilek dan juga hidung tersumbat. Hal ini dikarenakan, di dalam daun teh hijau mengandung sejumlah zat dan nutrisi penting lainnya yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Maka dengan rutin minum teh hijau hangat setiap hari, maka gejala flu tersebut bisa segera hilang dan sembuh.

25. Mencegah Dan Meredakan Gejala Asma

Manfaat teh hijau selanjutnya yaitu dipercaya mampu mencegah dan meredakan gejala penyakit asma, karena di dalam daun teh hijau mengandung theophyline yang berkhasiat untuk membantu melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan yang berada di saluran bronkial. Jika otot pada bronkial lebih elastis, maka dapat mencegah dan mengatasi kambuhnya asma.

B. Manfaat Tanaman Teh Hijau untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata daun teh hijau juga bermanfaat untuk kecantikan. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

1. Mencegah Penuaan Dini

Berkat kandungan antioksidan yang terkandung dalam daun teh hijau, maka dengan rutin minum teh hijau dipercaya sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit wajah. Senyawa antioksidan sangat efektif untuk menangkal radikal bebas yang kerap menjadi salah satu penyebab terjadinya proses penuaan dini pada kulit.

2. Menghilangkan Jerawat

Di dalam daun teh hijau juga mengandung zat yang bersifat antiseptik dan antibakteri yang ampuh membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat. Maka teh hijau bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat, caranya cukup dengan rutin membasuh muka dengan menggunakan air teh hijau hangat secara rutin dan teratur setiap pagi dan malam sebelum tidur.

Selain ampuh untuk menghilangkan jerawat, teh hijau juga sangat efektif untuk membersihkan dan juga menghaluskan kulit wajah. Sebab, kandungan yang ada dalam daun teh hijau juga memiliki kemampuan dalam mengangkat sel kulit mati dan sekaligus menghaluskan kulit wajah.

3. Mencegah Rambut Rontok

Jika anda ingin memiliki rambut yang sehat dan kuat, disamping anda rajin melakukan keramas menggunakan shampo yang biasa anda pakai sehari-hari. Cobalah untuk melakukan perawatan dengan menggunakan air teh hijau.

Caranya cukup dengan membasuh rambut dengan air teh hijau, diamkan selama beberapa menit dan bilas. Lakukan minimal seminggu sekali, maka rambut agar terjaga kesehatannya dan terbebas dari rambut rontok.

Itulah pembahasan kali ini mengenai 28 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo bagikan juga pada teman lainnya. Like juga halaman fb blog ini. Cukup sekian dan salam sukses.